Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166696 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tricia Oktavia
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5131
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Beta
"PT Bank Tabungan Negara adalah suatu perusahaan yang memberikan pelayanan jasa di bidang perbankan. Sebagai suatu perusahaan yang membutuhkan kepercayaan publik, diperlukan adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan dapat dipercaya. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan adanya kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada karyawan agar dapat tercipta suatu rasa disiplin, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, yang dapat tercipta jika terdapat rasa turut memiliki perusahaan atau sense of belonging pada diri karyawan. Sense of belonging tersebut dapat tumbuh jika karyawan merasa dirinya diakui, dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kegiatan-kegiatan employee relations yang telah dilakukan di PT BTN cabang Jakarta Harmoni dan untuk melihat dampak dari kegiatan-kegiatan tersebut terhadap rasa turut memiliki perusahaan (sense of belonging) karyawan PT BTN cabang Harmoni Jakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data mengenai kegiatan employee relations di PT BTN cabang Harmoni Jakarta diambil dari berbagai sumber, baik literatur maupun dokumen perusahaan. Wawancara dengan karyawan maupun kepala divisi SDM selaku divisi yang melakukan kegiatan kehumasan juga dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai fakta yang diperlukan. Data tersebut diperlukan untuk melihat kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta agar dapat digambarkan sejelas dan secermat mungkin sehingga dapat dikaji dan dilihat dampak dari kegiatan employee relations tersebut terhadap sense of belonging karyawan terhadap perusahaan. Dad hasil pengamatan ditemukan bahwa kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta sangat bervariasi, meliputi kebutuhan fisik dan jiwa, yaitu kegiatan olahraga, darmawisata, kegiatan kerohanian, pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi dan kegiatan pelatihan (training). Kegiatan olahraga terdiri atas olahraga sepakbola, bowling, senam, bulu tangkis, dan tennis meja. Melalui kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh Bank Tabungan Negara cabang Harmoni Jakarta tersebut, karyawan dapat merasakan dampak yang positif dari kegiatan tersebut, antara lain perasaad bangga dan merasakan adanya dukungan dari rekan kerja maupun dad pimpinan. Kedua pihak, balk perusahaan maupun karyawan mendapatkan keuntungan yang sama dalam bentuk yang berbeda. Karyawan dapat merasakan dampak positif dari kegiatan yang dilakukan, seperti perasaan bangga, bahagia, puas karena rasa dibutuhkan oleh perusahaan. Sedangkan perusahaan diuntungkan karena memiliki karyawan yang memiliki dedikasi tinggi, disiplin, loyalitas terhadap perusahaan dan tentu saja Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sumber Daya Manusia yang berkualitas dapat berbentuk inisiatif dari karyawannya untuk memberikan sumbangan ide, masukan dan kritik membangun yang ditujukan kepada perusahaan demi kemajuan perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4252
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marcya Nuraini
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5214
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Venina Armeylinda Putri
"Pada pelaksanaan magang, para pihak-pihak yang terlibat perlu menjalani dengan baik hak dan kewajiban masingmasing agar manfaat dari kegiatan magang dapat tersampaikan. Namun, beberapa penelitian ditemukan adanya penyalahgunaan kepentingan pihak-pihak yang terlibat dengan tidak memenuhi hak dan kewajiban mereka. Berangkat dari permasalahan ini, saya pernah terlibat langsung dengan konteks magang serupa di tahun 2021. Pada tulisan ini, saya akan berfokus pada pembahasan hubungan user-intern yang terjalin selama magang di PT. EDUKREATIF & PT. LOGI INDO dalam berperan menanamkan pengetahuan intern selama magang di tempat kerja beserta refleksi pribadi saya terhadap berjalannya kegiatan tersebut. Kerangka konsep utama yang saya digunakan pada tulisan ini adalah mentoring relationships, budaya organisasi, sosialisasi/enkulturasi, dan belonging. Data yang digunakan pada tulisan ini menggunakan pengalaman pribadi saya saat terlibat langsung dalam praktik magang perusahaan. Hasil temuan pada tulisan ini menyimpulkan bahwa hubungan mentoring user-intern berperan penting dalam keberlangsungan kegiatan magang intern. Terjalinnya hubungan mentoring antara userintern yang ideal akan mendukung proses pembelajaran intern (sebagai anggota baru) dalam memperoleh pengetahuan yang menyeluruh tentang perusahaan. Proses pembelajaran tersebut akan membawa intern pada pemahaman peran dan fungsi dirinya di tempat kerja. Pemahaman baik yang diperoleh intern mengenai peran dan fungsinya tersebut dapat menumbuhkan dengan baik sense of belonging mereka di tempat kerja.

In the implementation of the internship, the parties involved need to properly carry out their respective rights and obligations so that the benefits of the internship can be conveyed. However, several studies have found that there is an abuse of the interests of the parties involved by not fulfilling their rights and obligations. Departing from this problem, I have been directly involved with the context of a similar internship in 2021. In this paper, I will focus on discussing the user-interns relationship that existed during my internship at PT. EDU-KREATIF & PT. LOGI INDO plays a role in instilling internal knowledge during internships at work as well as my personal reflection on the progress of these activities. The main conceptual frameworks that I use in this paper are mentoring relationships, organizational culture, socialization/enculturation, and belonging. The data used in this paper uses my personal experience when directly involved in the company's internship practice. The findings in this paper conclude that the user-interns mentoring relationship plays an important role in the sustainability of intern’s internship activities. The establishment of an ideal mentoring relationship between user-intern will support the intern's learning process (as new members) in obtaining comprehensive knowledge about the company. The learning process will bring the intern to understand his role and function in the workplace. The good understanding gained by intern regarding their roles and functions can foster a good sense of belonging to them in the workplace."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Aisyah
"Skripsi ini membahas rasa memiliki dalam komunitas cosplay. Pembahasan dalam skripsi ini menggunakan konsep fandom atau budaya penggemar oleh Susan. J. Napier. Penelitian ini difokuskan pada komunitas cosplay dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskripsi analisis. Komunitas cosplay seperti komunitas-komunitas lainnya dalam subkultur penggemar, memberikan rasa memiliki. Terlebih lagi, adanya stigma sosial yang diterima oleh cosplayer di masyarakat membuat cosplayer tidak dapat terbuka dengan orang lain di luar komunitas. Hal inilah yang menyebabkan mengapa para penggemar anime dan manga begitu tertarik untuk bergabung dalam komunitas cosplay yang merupakan wadah yang menerima siapa pun yang memiliki minat yang sama dan pada saat yang sama, memberikan rasa memiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rasa memiliki dalam komunitas cosplay yang merupakan salah satu komunitas dalam fandom anime di Jepang.

This study reports about the sense of belonging found in a cosplay community. The study employed a qualitative research method and uses the descriptive analysis technique. Susan J. Napier?s concept of fandom or fan subculture is used as the base of this study. Just like any other communities inside the fan subculture, cosplay community offers a sense of belonging. The existence of a social stigma received by cosplayers, anime and manga fans causes them not being able to open themselves to other people outside the community and share their interests. That is why they are so gravitated to join a community for these communities accepts anyone with the same interest, and most of all offers the sense of belonging fans are looking for. The aim of this study is to analyze the sense of belonging in one of the community inside the Japanese anime fandom which is the cosplay community."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42607
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Frida W.
"Penelitian ini membahas tentang Sosialisasi Rebranding yang diterapkan pada station radio di Jakarta. Rebranding stasion yang menerapkan konsep ini merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk melakukan diferensiasi dan bertahan dari persaingan. Sosialisasi rebranding dan perubahan program itulah yang akan mengikat para pendengar dan memberikan kepuasan terscndiri bagi mereka. Konsep utamanya yaiiu rebranding, sosialisasi, hubuugan, pengalaman, persaingan dan efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan konsep rebranding pada sebuah stasion radio dapat membangun loyalitas pendengar yang befdampak pada kenaikan pendapatan iklan dan .sponsorshp Metodelogi yang digunakan adalah kualitatif dengan mcnggunakan wawancara mendalam kepada narasumber yang dipilih seoara pmposive. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sosialisasi rebranding yang digunakan oleh Green radio terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah pendengar dan share iklan
This research thoroughly describes the social re-branding that has been applied in radio stations in Jakarta. The radio station re-branding activities appbfing this concept is one Qf the proven qjective ways to tiferentiate and survive the radio competition. The social re-braming and program modifications will expectedly attract more audience and present them satijaction in listening to radio programs. the main concept is re-branding socialization, relationship, experience, competition and efectivity This research is meant to be conducted to _/ind out the way the re-branding is applied in a ratio station that is hoped to be attracting and increasing audienceis interest and loyalty that results in the increase in advertisement and sponsorship gains. Yhe methodology used is the quantitative methodology by udng in depth interviews to sources of irgbrmation chosen ptttpodvely. As the result of this research, it is found that the re-branding socialization applied by green radios was proven ejective in increasing the member of audience and advertisement share gains."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chatherine Rafa Amadea
"TikTok adalah media sosial dengan tujuan utama menciptakan dan menyebarkan video berdurasi pendek. Ada beberapa faktor yang mungkin berkorelasi dengan konsumsi TikTok, termasuk injunctive norms dan sense of belonging seorang individu. Maka dari itu, studi ini dilaksanakan untuk menemukan hubungan antara konsumsi TikTok dengan injunctive norms serta sense of belonging. Studi korelasional ini melibatkan 281 partisipan yang direkrut melalui convenience sampling. Hasil analisis korelasi Pearson menemukan korelasi positif antara konsumsi TikTok dan injunctive norms, namun konsumsi TikTok tidak memiliki korelasi dengan sense of belonging. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan pengaruh dari ekspektasi sosial, dan rasa memiliki seorang individu mungkin tidak ditentukan oleh penggunaan TikTok. Akan tetapi, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan.

TikTok is a social media with a main focus on creating and sharing short videos. There are several factors that may be correlated with TikTok consumption, including injunctive norms and an individual's sense of belonging. Therefore, this study was conducted to find the correlation of TikTok consumption with injunctive norms and the sense of belonging. This correlational study involved 381 participants recruited through a convenience sampling. Results of Pearson’s correlational analyses found a positive correlation between TikTok consumption and injunctive norms, but no correlation between TikTok consumption and a sense of belonging. Based on the results, it can be concluded that there is a possible influence of social expectations, and that an individual's sense of belongingness may not necessarily be determined solely by TikTok usage. However, further research is needed to investigate the topic further."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Riandita
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marcya Nuraini
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5934
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Helena Yustika Indrawati Prastito
"Visual marketing merupakan salah satu strategi yang efektif dalam beriklan. Kemenparekraf melalui akun Instagram @indtravel merupakan salah satu pengguna strategi visual marketing. @indtravel dalam kampanyenya yaitu “Wonderful Indonesia” harus memperlihatkan keunggulan pariwisata Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain. Indonesia yang sudah cukup unggul dan memenangkan banyak penghargaan dari bidang pariwisata tetap harus mempertahankan posisi tersebut bahkan harus terus berkembang. Hal tersebut menjadi penting karena dunia pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan Indonesia terbesar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana @indtravel menerapkan visual marketing dan termasuk mempelajari bagaimana pembentukan destination image di dalamnya sehingga consumer behaviour khalayak terpengaruhi. Melalui metode content analysis, didapatkan bahwa @indtravel sangat maksimal dan konsisten dalam menjalankan strategi visual marketing. Jadi, dengan visual yang menarik dan termasuk didalamnya terbentuknya destination image yang berupa natural, cultural, sensory, modern, dan adventurous wonders, tahapan pra-kunjungan khalayak dalam teori consumer behaviour terpengaruhi sehingga dengan melihat-lihat Instagram @indtravel saja timbul rasa untuk berlibur ke Indonesia bagi khalayak asing.

Visual marketing is one of the most effective strategy in marketing. Kemenparekraf through their Instagram account, @indtravel, is one of the visual marketing practitioner. With their campaign “Wonderful Indonesia’, @indtravel have to present the excellence of Indonesia’s tourism site in order to compete with other countries. With all the awards and advantages that Indonesia’s tourism have, Indonesia still have to maintain the position and have to achieve more. That becomes important because tourism is one of the biggest income source that Indonesia have. The aim of this research is to study how @indtravel implement their visual marketing strategy, including how they construct the destination image that could affect audience’s consumer behaviour. With content analysis method, the result shows that visual marketing that @indtravel execute is very good and consistent. With the attractive visual content including the destination image that they build (natural, cultural, sensory, modern, and adventurous wonders), the pre-visitation stage in their consumer behaviour is affected. So, the foreign audiences would travel to Indonesia someday just by looking at @indtravel Instagram site."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>