Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126936 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuti Maslianah
"Berbagai macam acara kuis dengan beragam format kini hadir dengan marak di pertelevisian Indonesia. Kemarakan itu kemudian disambut oleh berbagai pendapat tentang keberadaan acara tersebut. Tulisan pro kontra tentang banjirnya acara kuis di televisi kemudian bermunculan. Ini menandakan bahwa jenis acara ini sudah menjadi perhatian banyak orang. Dari fenomena inilah peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penggunaan acara kuis televisi dan pemenuhan kebutuhan yang diperoleh khalayak dari jenis acara tersebut. Penelitian ini dilihat melalui pendekatan Uses and Gratifications. Konsep "penggunaan acara kuis" dilihat melalui variabel jenis acara kuis yang paling , disukai, frekuensi menonton dan keutuhan menonton. Sedangkan untuk konsep "pemenuhan kebutuhan", peneliti menetapkan empat kebutuhan yang mungkin dapat dipenuhi oleh acara kuis, yaitu kebutuhan akan bahan berinteraksi sosial, hiburan, pendidikan dan penilaian. diri. Keempat kebutuhan tersebut diambil dari hasii penelitian Denis McQuail dan kawan-kawan tentang Uses of £?uiz Programmes. Dalam penelitian ini dilakukan penggolongan acara kuis berdasarkan asal kuis - impor), segmentasi kuis (anak - remaja - dewasa - keluarga), dan materi kuis (pengetahuan game - pengetahuan dan game). Hasil penelitian ini antara lain menunjukkan bahwa acara kuis produksi lokal lebih diminati dibandingkan dengan kuis impor. Jenis kuis lokal ini paling banyak diminati oleh mereka yang berada pada kelompok umur 31 tahun ke atas, pria maupun wanita, dan dari semua golongan pendidikan. Kuis bersegmen dewasa dan kuis yang memiliki materi pengetahuan, ternyata juga lebih disukai khalayak dibandingkan dengan jenis kuis lain. Kuis bersegmen dewasa disukai oleh orang dewasa dari semua kelompok umur, baik pria maupun wanita, dan rata-rata berpendidikan menengah ke atas. Kuis bermateri pengetahuan disukai oleh khalayak dewasa pada kelompok umur 21 - 30 tahun, baik pria maupun wanita, dan rata-rata berpendidikan tinggi. Temuan lainnya adalah bahwa lebih dari separuh responden terpenuhi empat kebutuhan sekaligus dari acara kuis televisi. Namun, jika dilihat secara khusus, dari keempat kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh acara kuis, kebutuhan akan pendidikan dan hiburan yang paling banyak dirasakan pemenuhannya. Dahkan, dart pemenuhan kebutuhan variasi sate jenis,-hanya kebutuhan akan hiburan-lah yang lebih banyak dirasakan responden. Data ini mendukung temuan penelitian-penelitian sebelumnya tentang televisi, yang menyebutkan bahwa sifat dasar televisi adalah menghibur."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1994
S4134
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farida Milhana
"Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya memiliki potensi yang besar untuk industri televisi. Argumen ini tidak lepas dari faktor jumlah penduduk Surabaya yang besar dan ditunjang dengan konsumsi media mereka yang cukup tinggi, terutama untuk media audio visual. Dengan demikian, untuk memenangkan kompetisi dalam menarik perhatian khalayak Surabaya, pengelola televisi perlu mengenali kebutuhan khalayak Surabaya terhadap program acara televisi. Penelitian ini menggali lebih jauh tentang kebutuhan khalayak Surabaya terhadap program acara televisi dan psikografisnya. Populasi penelitian ini adalah penduduk Surabaya dengan jumlah sampling sebanyak 250 orang.
Penelitian ini berangkat dari teori atau pendekatan uses and gratification tentang media menyatakan bahwa audiens bersifat aktif dalam memilih media untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan tersebut dapat terpuaskan melalui penggunaan media maupun non-media (Katz, 1974). Penelitian ini menggunakan metoda penelitian survey dengan analisis deskriptif. Pemilihan sampel dengan cara multistage cluster sampling.
Dari pengolahan hasil penelitian menunjukkan bahwa penduduk Surabaya terdiri dari 3 cluster psikografis dimana diantara ketiga cluster tersebut tidak terdapat perbedaan yang terlalu menonjol terhadap program acara televisi yang dibutuhkan. Selain itu secara garis besar, khalayak Surabaya telah merasa puas dengan program acara televisi yang ada saat ini. Dengan demikian hasil penelitian ini mendukung klaim yang diberikan oleh pihak televisi bahwa program-program acara tersebut berangkat dari permintaan pemirsa. Sementara bagi pelaku indutri televisi baru yang ingin memasuki pasar Surabaya sebagai televisi lokal masih memiliki peluang yang besar.
Secara umum, hasil penelitian ini memperkuat teori uses and gratifications. Penelitian ini memberikan kontribusi akademis dengan memperkaya teori dan temuan-temuan yang telah dihasilkan pada penelitian sebelumnya. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan atas temuan data, diketahui bahwa khalayak Surabaya dalam memilih acara televisi didasarkan pada kemampuan program acara tersebut dalam memenuhi harapan mereka. Dan dari temuan data pula, dapat diketahui bahwa mayoritas khalayak Surabaya telah puas dengan format acara yang disajikan oleh berbagai stasiun televisi dewasa ini. Dengan kata lain, pihak televisi lokal perlu menyusun strategi produksi acara dengan memadukan kandungan lokal dengan kemasan nasional.
Xii + 199 halaman + 58 tabel + 59 gambar + 6 lampiran + daftar pustaka : 33 buku (1976-2000) + lain-lain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T13751
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4392
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.G. Sudibyo
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Victorina A.
"Semakin banyaknya jumlah media dan semakin banyaknya jenis media akhir-akhir ini menunjukkan perkembangan media yang semakin dinamis, begitupula industri yang berhubungan dengan penggunaan media. Dinamika media yang sangat cepat ini khususnya terjadi di media televisi. Secara kasat mata teramati makin beragamnya program dan semakin banyaknya program-program yang serupa. Perubahan ini menimbulkan dan sekaligus disebabkan oleh terjadinya persaingan diantara stasiun televisi.
Kondisi ini menyebabkan terbagi-baginya penonton ke program-program yang semakin banyak, sehingga jumlah penonton semakin sedikit untuk suatu program. Hal inilah yang disebut dengan fragmentasi. Di sisi lain terjadi segmentasi di masyarakat, yaitu masyarakat semakin terbagi-bagi dalam berbagai segmen dengan pola hidup, cara berpikir dan cara mengkonsumsi media yang berbeda-beda. Masyarakat saat ini semakin mempunyai banyak pilihan dan semakin dapat menentukan pilihan sendiri.
Bagi pengiklan kondisi ini membawa dampak yaitu semakin suiitnya menggapai para konsumen yang hendak menjadi target. Semakin sulit menentukan media mana yang paling tepat. Sehingga diperlukan ukuran yang Iebih akurat dan tajam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah ukuran yang saat ini dipergunakan masih relevan dalam kondisi fragmentasi media dan segmentasi masyarakat atau khalayak.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada para perencana media yang melakukan pemilihan dan penempatan iklan ke media-media melalui suatu pengolahan perencanaan media dan sehari-hari dalam pekerjaannya menggunakan data pemeringkatan acara televisi.
Sebagai kerangka berpikir dari penulisan tesis ini digunakan tiga jenis teori yaitu pertama teori fragmentasi media yang menjelaskan adanya perubahan di media yaitu terjadinya kondisi fragmentasi di media, kedua teori segmentasi khalayak yang menjelaskan perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat, dan ketiga yaitu teori-teori yang digunakan dalam perencanaan media terutama yang berhubungan dengan pengukuran khalayak.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemeringkatan acara teievisi sebagai ukuran dalam perencanaan media sangat diperlukan, namun saat ini dianggap masih kurang tajam sehingga tidak sepenuhnya membantu para perencana media dalam kondisi masyarakat yang semakin tersegmen dan media yang semakin banyak atau semakin terfragmentasi. Bahkan ada perencana media yang sudah tidak menggunakan data pemeringkatan acara televisi yang ada sekarang ini.
Peneiitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada para perencana media dan klien-kliennya serta patnernya yaitu dalam hal ini pihak televisi dan badan research mengenai kebutuhan akan data khalayak yang lebih tajam untuk suatu kampanye iklan."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T22616
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Saffita Amelia S.
"Meningkatnya jumlah radio siaran swasta niaga di jalur FM ditambah dengan munculnya televisi swasta menjadikan persaingan antar radio siaran swasta semakin ketat dalam memperebutkan angsa iklan. Masing-masing radio perusaha untuk menarik khalayak pendengar yang menjadi sasarannya melalui program-program yang menarik. Melalui program-program yang menarik tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah pendengar sehingga pada gilirannya akan menarik minat sponsor untuk menyiarkan iklannya di radio tersebut.
Salah satu acara yang diandalka untu menarik minat pendengar adalah acara kuis berhadiah. Dengan mengasumsikan bahwa tawaran hadiah akan menjadi faktor penarik minat pendengar maka acara kuis berhadiah ini seringkali menjadi acara andalan bagi radio siaran swasta
maga.
Studi ini ingin melihat sikap khalayak pendengar Radio DMC, sebagai salah satu radio siaran swasta niaga dijalur FM, terhadap lima acara kuis berhadiah yang menjadi acara andalan, yaitu kuis Rock & Roll, Chez Gado-Gado, Kupel 3 in 1, Tek Tok dan Jakasia. Dengan mengetahui sikap khalayak pendengar terhadap acara kuis berhadiah tersebut sekaligus dapat diperoleh garnbaran evaluatif sejauh mana acara kuis berhadiah tersebut telah berhasil mencapai sasarannya sebagai media promosi. Studi ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan teknik semantik diferensial sebagai alat untuk mengukur sikap. Sikap responden terhadap acara kuis berhadiah diukur melalui lima atributnya, yaitu: gaya penyiar, suasana yang diciptakan, materi kuis, hadiah yang disediakan serta hiburan. Untuk: tiap atribut ditetapkan empat ajektif berupa pemyataan bipolar (dua kutub) dengan skala 7, yang oapat menggambarkan apakah responden memiliki tanggapan
yang positif (favorable) atau ah negati (Unfavorable) terhada atribut yang bersangkutan. Untuk me dukun serta mernpertajam data kuantitatif digunakan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion!FGD) terhadap beberapa sampel terpilih. Hasil penelitian terhadap sejumlah 52 responden yang dijadikan sarnpel dari studi ini
memperlihatkan adanya sil(ap yang pos.tif dari responden terhadap acara kuis berhadiah di radio DMC (skor: 4.21). Dari lima kuis yang ditel:iti ku·s Kupel 3 in 1 memperoleh sko yang tertinggi
(5.16) sedangkan yang memperoleh skor terendah adala kuis Rock & Roll ( 4.61 ).
Atribut yang paling mendapat tanggapan positif dari responden adalah atribut suasana yang diciptakan oleh penyiar (skor: 5.35), artinya, secara umum responden menyukai kesan akrab, santai, komunikatif dan menyenangkan yang terasa pad a acara kuis berhadiah.
Hal lain yang menarik sebagai temuan studi ini adalah bahwa gaya penyiar yang dipilih oleh responden sebagai prioritas utama dalam rnendengarkan suatu acara temyata menjadi atribut yang mernperoleh skor yang paling rendah dalam pengukuran sikap responden. Dari sini dapat dikatakan bahwa atribut yang dianggap paling penting belum tentu, dalam kenyataannya, akan
menjadi atribut yang paling mendapat tanggapan positif dari responden.
Dari gambaran sikap responden yang cenderung positif terhadap acara kuis berhadiah dapat dikatakan bahwa acara kuis berhadiah yang disiarkan oleh radio DMC sebagai salah satu kegiatan promosi dapat dikatakan cukup berhasil"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1994
S4094
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryo Abdurrahman
"ABSTRAK
Dalam dunia modern yang semakin kompleks sekarang ini, tampak kebutuhan dan ketergantungan manusia terhadap media massa semakin besar. Kebutuhan dan ketergantungan ini erat kaitannya dengan fungsi media massa yang dirasakan dapat melayani beberapa kebutuhan masyarakat tersebut. Secara Umum fungsi media massa adalah untuk hiburan, informasi, pendidikan dan fungsi editorial. Banyak . ahli-ahli komunikasi yang mengemukakan fungsi media massa dengan istilah yang berbeda, namun artinya sama saja. Bila seseorang menggunakan suatu media, dalam arti memakai suatu isi pesan, tentu ada suatu keinginan yang diharapkan dapat terpenuhi oleh media dan isi pesannya itu. Apakah itu berhubungan dengan terpenuhinya kebutuhan akan informasi, hiburan atau lainnya, sehingga bukan hal yang mengherankan bila setiap orang mempunyai pilihan media dan isi pesan yang berbeda untuk untuk kebutuhan yang berbeda tergantung dari fungsi media yang ia butuhkan. Kebutuhan seseorang yang bisa dipenuhi oleh media massa, bisa dibagi dalam kebutuhan yang berhubungan dengan fungsi media massa yang dalam penelitian ini dibagi menjadi fungsi Diversi atau fungsi hiburan, personal relationship atau fungsi * personal, fungsi personal identity atau fungsi identitas fungsi hubungan personal dan terakhir fungsi surveillance atau pengawasan (informasi). Jadi apabila seseorang menggunakan suatu media massa atau isi pesan tertentu dari media ini bukanlah suatu hal yang kebetulan, tapi ini memang karena media atau isinya itu memberinya kepuasan atau gratifikasi tertentu untuk dirinya. Pendekatan inilah yang dikenal dengan nama Uses and Gratification. Dengan pendekatan ini penulis berusaha mengungkapkan kegemaran remaja terhadap suatu acara radio, dengan kasus yang dipilih adalah acara Catatan si Boy. Acara ini sangat populer dikalangan remaj a pendengar radio Prambors, terutama anggota Prambors Listeners Club (PLC). Kegemaran anggota PLC terhadapa acara ini bukanlah hal yang kebetulan, mereka mengikuti acara ini karena didorong oleh motif tertentu dan tentu ada Kepuasankepuasan yang mereka dapatkan dari mengikuti acara ini. Dalam penelitian antara motif-motif dan kepuasankepuasan akan dilihat hubungannya yang dikaitkan dengan fungsi media massa tadi di atas. Dari hasil yang diperoleh ternyata antara motif mendengarkan Catatan si Boy dan kepuasan yang diperoleh dari acara itu hanya berhubungan pada fungsi diversi saja. Sedang pada tiga fungsi lainnya yaitu fungsi personal relationship, personal identity dan surveillance, hubungan antara motif dan kepuasan ternyata tidak signifikan atau tidak ada hubungan satu sama lain."
1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marina Chiara
"Maraknya stasiun televisi swasta di Indonesia saat ini, membuat masyarakat bebas menentukan program acara seperti apa yang ingin ditontonnya. Dengan berbagai pilihan program acara dan waktu siaran yang terpancar lebih dari 18 jam/hari. Penonton disajikan berbagai tayangan yang sangat variatif, mulai dari tayangan yang bersifat informatif sampai dengan tayangan yang bersifat menghibur. Sehingga penonton dapat dengan bebas memilih program-program acara yang diminati dan sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu jenis tayangan yang diminati penonton Indonesia saat ini adalah jenis acara misteri atau yang bertema dunia supernatural. Hal ini dapat diketahui dari tingginya rating program acara tersebut. Sehingga tayangan program acara bertema misteri/dunia supernatural di stasiun televisi swasta akhir-akhir ini sangat marak. Gejala ini ditandai dengan jumlah program acara yang ditayangkan dalam setiap minggu, dimana minimal satu judul program acara bertema misteri/dunia supernatural diputar di masing-masing stasiun televisi swasta. Format acaranya pun berbeda-beda. Ada yang berformat sinetron, film lepas, drama seri, reality show, serta infotaintment yang berisi perbincangan dan rekonstruksi. Tayangan-tayangan bertema misteri/dunia supernatural tersebut kebanyakan merupakan produk lokal, namun terdapat juga produk asing, seperti film-film horor Barat, India serta Mandarin. Melihat semakin tinggi kuantitas tayangan program acara misteri/dunia supernatural di televisi, menjadi nnenarik untuk mengetahui bagaimana pemetaan persepsi khalayak remaja terhadap image program acara misteri tersebut di beberapa stasiun televisi swasta dikaitkan dengan gaya hidup remaja tersebut. Sehingga nantinya terbentuk 3 cluster (kelompok remaja), yaitu cluster hedonis, cluster achiever, dan cluster activist. Setelah terbentuk ketiga cluster tersebut maka akan dibandingkan pemetaan persepsinya terhadap image program acara misteri yang ada balk sebelum terbentuk cluster maupun setelah terbentuk cluster. Dalam penelitian ini program acara misteri yang akan dibandingkan ada sepuluh program acara misteri, yaitu Kismis (RCTI), Antara Dua Alam (SCTV), Gentayangan (TPI), Gaib (TPI), Percaya Nggak Percaya (ANTV), Scariest Places On Earth (Metro TV), Dunia Lain (Trans TV), Ekspedisi Alam Gaib (TV 7), Rahasia Alam Gaib (Lativi), dan Saksi Misteri (Lativi). Penelitian dilakukan terhadap remaja SMUN di wilayah Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap 120 orang siswa SMUN kelas 1, 2 dan 3. Dengan pertimbangan usianya yang berkisar antara 14-18 tahun. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel probabilita, menggunakan multistage cluster sampling. Tahap 1, memilih satu secara acak kota madya yang ada di DKI Jakarta. Tahap 2, memilih dua secara acak kecamatan. Tahap 3, memilih dua secara acak kelurahan masing-masing satu dari kecamatan yang sudah terpilih. Tahap 4, memilih dua secara acak SMUN masing-masing satu dari tiap kelurahan yang telah terpilih. Tahap 5, memilih tiga secara acak dari masing-masing SMUN yang telah terpilih (kelas1,2 dan 3). Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa multivariate, yaitu Cluster Analysis dan Multidimensional Scaling (MDS). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tayangan program acara misteri dapat dikatakan memiliki kredibilitas yang tinggi apabila informasi yang disajikan berdasarkan kisah nyata/pengalaman seseorang dan seluruh informasi program acara misteri ini berasal dari sumber yang terpercaya. Tayangan program acara misteri dapat menarik/memiliki daya tarik yang tinggi apabila program acara misteri ini selalu menyajikan cerita yang berbeda setiap episodenya, lokasi/tempat yang dipilih untuk syuting selalu menyeramkan, dapat memberikan informasi mengenai tempat-tempat mana saja yang menyeramkan/angker, serta program acara misteri yang tidak hanya memberikan rasa takut tetapi juga dapat memberikan pelajaran buat penontonnya agar selalu bertaqwa kepada Tuhan YME. Program Acara Misteri yang paling kredibel menurut responden (dimana hampir semua indikatornya yang digunakan untuk mengukur nilai kredibilitas, memiliki persentase tertinggi), adalah Dunia Lain (Trans TV). Program Acara Misteri yang paling tidak kredibel menurut responden (dimana hampir semua indikatornya yang digunakan untuk mengukur nilai kredibilitas, memiliki persentase terendah), adalah Antara Dua Alam (SCTV). Program Acara Misteri yang paling menarik menurut responden, adalah Dunia Lain (Trans TV). Program acara misteri yang paling tidak menarik menurut responden, adalah Antara Dua Alam (SCTV). Program Acara Misteri yang paling disukai oleh responden adalah Scariest Places On Earth ( Metro TV ). Program Acara Misteri yang paling sering ditonton oleh responden adalah Dunia Lain ( Trans TV ) Serta faktor pembentukan cluster mempengaruhi pemetaan persepsi khalayak remaja terhadap image program acara misteri di beberapa stasiun televisi swasta."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4351
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theresia Y. Ellasari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1991
S4036
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>