Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142013 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arya Sena Subyakto
"ABSTRAK
Pemerintah Indonesia menyadari bahwa ekspor migas di masa yang akan datang tidak dapat lagi diandalkan sebagai sumber devisa. Oleh sebab itu pemerintah bertekad untuk meningkatkan pengembangan pariwisata nasional sebagai sektor pembangunan yang dapat diandalkan untuk memperbesar penerimaan devisa, memperluas kesempatan kerja dan lapangan usaha, mendorong pembangunan daerah dan meningkatkan kegiatan ekonomi, serta memperkenalkan alam dan nilai budaya bangsa kepada masyarakat dunia. Salah satu jenis wisata yang dapat diandalkan ialah pariwisata bahari. Hal ini sesuai dengan potensi alam Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang sangat berpotensi untuk pengembangan wisata bahari. Tidaklah mengherankan apabila peningkatan wisata bahari dicantumkan ke dalam Sapta Kebijaksanaan Pengembangan Kepariwisataan. Salah satu jenis wisata bahari yang banyak menyedot wisatawan ialah dari jenis olahraga berselancar, yang ternyata sebagian besar mengenal Indonesia dari majalah SURFER yang bermarkas di Amerika Serikat. Maka kemudian timbul pertanyaan utama penelitian ini: pertama, bagaimana kecenderungan isi pemberitaan wisata bahari selancar di Indonesia pada SURFER magazine. Kedua, bagaimana penekanan isi majalah itu bila dihubungkan dengan keenam hal pokok informasi pariwisata (atraksi, fasilitas, prasarana. transportas i, kesehatan dan sikap penduduk). Ketiga, bagaimana kecenderungan arah pemberitaannya bila dihubungkan dengan keenam hal pokok informasi pariwisata tersebut. Dalam penelitian ini karena yang menjadi pusat perhatian adalah isi majalah, maka metode penelitian yang dipakai ialah metode analisis isi. Sampel penelitian ini adalah seluruh artikel travelling issuas pada najalah SURFER yang memuat tentang Indonesia sejak bulan Juli 1989 sampai dengan Juli 1991, yang ternyata terdiri dari tujuh artikel yang dimuat pada enam edisi yang berbeda. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa kecenderungan isi pemberitaan wisata bahari selancar Indonesia pada majalah SURFER secara garis besar adalah positif. Sedangkan penekanan pemberitaanya bila dihubungkan pada keenam faktor informasi pariwisata ialah pada kategori atraksi, kedua transportasi, ketiga fasilitas, keempat sikap penduduk, kelima kesehatan dan terakhir prasarana. Selain itu bila dtinjau dari sudut kecenderungan isi pemberitaannya, maka untuk kategori atraksi dan fasilitas ialah positif, sedangkan kategori lainnya (prasarana, transportasi, kesehatan dan sikap penduduk) negatif."
1992
S3958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elfie Sylviana
"ABSTRAK
Lingkungan hidup merupakan salah satu masalah penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kita memberi perhatian khusus terhadap hal tersebut. Dewasa ini, di dunia banyak orang membicarakan dan membahas masalah lingkungan hidup yang terjadi sekitar kita, demikian pula Indonesia tidak ketinggalan di untuk turut memberi perhatian yang besar terhadap masalah ini. Sebagai sarana/saluran yang tepat untuk menyebarkan informasi mengenai program-program pemerintah dalam bidang lingkungan, suratkabar merupakan sarana yang cukup ampuh disamping media lainnya. Suratkabar juga dapat pemerintah dengan masyarakat jalan keluar bersama timbul. menjadi penghubung antara dalam membahas ataupun menemukan suatu permasalahan lingkungan ini memusatkan perhatian pada pemberitaan dan pembahasan lingkungan hidup beserta masalah-masalahnya yang terhadap yang Penelitian f, meliputi beberapa kategori. Berita-berita lingkungan hidup yang diteliti, fT adalah yang dimuat suratkabar harian Kompas, periode Juni 1990 sampai dengan Juni 1991. Penelitian yang didasarkan pada metode analisis isi ini, menunjukkan bahwa raasalahrnasalah yang banyak muncul dewasa ini adalah masalah pencemaran air, terutama yang berasal dari limbah industri, mengenai hutan dan mengenai UU yang berlaku. Karena suratkabar yang diteliti ini terbit di Jakarta dan Jakarta merupakan kota metropolitan dan pusat industri tentunya berita/tulisan maupun masalah yang timbul pun kebanyakan dari .Jakarta/DKI Jaya. Adanya tanggapan. yang diberikan masyarakat terhadap kasus lingkungan menunjukkan bahwa semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup. Begitu juga terhadap program-program pemerintah, menunjukkan bahwa pemerintah -cukup serius dalam menanggulangi kasus-kasus pencemaran yang ada dan peninjauan, kembali UU yang berlaku. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kompas turut berperan sebagai pemberi informasi dan saluran penghubung berjalan cukup baik."
1992
S3959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1991
S4476
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuswil Iswantara Karim
"Pariwisata merupakan bidang pembangunan yang mempunyai arti penting bagi perekonomian negara maupun peningkatan kese¬jahteraan masyarakat Oleh sebab itu pada PELITA IV dewasa ini pengembangan pariwisata terus ditingkatkan agar semakin berperan sebagai sumber penerimaan devisa negara yang ditargetkan bisa mencapai kedudukan kedua setelah migas, sarana untuk memperluas kesempatan kerja dan kesempatan berusaha serta meningkatkan kencintaan terhadap alam dan kebudayaan Indonesia terutama dikalangan generasi muda.
Agar tujuan pengembangan pariwisata diatas dapat terlaksana maka salah satu cara yang ditempuh adalah dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing Untuk itulah diperlukan kegiatan promosi yang semakin meningkat Salah satu jenis promosi yang dilakukan adalah melalui periklanan di media cetak/majalah Dimana periklanan dalam hal ini mempunyai fungsi sebagai sarana penyampaian informasi, persuasi serta menumbuhkan citra pariwisata Indonesia dikalangan wisatawan asing.
Sejalan dengan kegiatan promosi melalui periklanan ini dalam skripsi ini penulis bermaksud untuk mengetahui bagaimana cara penyampaian informasi yang terdapat dalam media dan pesan iklan Pemilihan media cetak sebagai obyek penelitian karena media ini bersifat praktis, mudah didapatkan wisatawan dan mempunyai kualitas reproduksi pesan yang memadai Metode penelitian yang diterapkan adalah melalui analisa isi informasi dalam media dan pesan iklan yang digolongkan kedalam dua kategori, yakni informasi tentang DTW/Obyek wisata dan informasi tentang industri pariwisata
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa informasi yang terdapat dalam media cenderung berimbang antara informasi tentang DTW/Obyek wisata dengan informasi mengenai kegiatan industri pariwisata Sedangkan dalam pesan iklan ternyata sangat didominasi oleh informasi tentang kegiatan industri pariwisata."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987
S3730
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Caecilia Kusumowinahyu
"ABSTRAK
Masyarakat membutuhkan informasi yang tak terbatas. Hal ini menimbulkan hadirnya media-media massa, seperti media cetak. dan elektronik. Sementara itu, informasi yang bersifat ilmu dan teknologi biasanya berasal dari negara-negara maju. Untuk memenuhi kebutuhan ini, didatangkan media asing ke Indonesia, seperti Far Eastern Economic Review. Dalam perkembangannya, alasan kehadiran media massa asing di Indonesia semakin beragam Dilain pihak, Indonesia semakin diperhatikan dalam peliputan di media asing. Namun demikian, dalam catatan perkembangannya terjadi masalah dengan peliputan Indonesia di media asing yang dianggap tidak sesuai, tetapi jumlah khalayak pembacanya juga bertambah. Peneliti berasumsi, minat terhadap media asing berhubungan dengan isi medianya. Pokok permasalahannya adalah bagaimana sebuah media asing melihat isu-isu Indonesia dalam medianya, atau bagaimana visi pengamat asing tentang Indonesia. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti mengunakan metode analisis isi dengan mengambil sampel majalah Far Eastern Economic Review selama tahun 1990 guna melihat isu-isu Indonesia apa yang dimuat dalam media ini. Dari hasil analisis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa yang masalah dalam peliputan media asing adalah cara peliputannya dan cara pendekatannya. Selain itu, visi media selalu independen terhadap apa yang ditulis dalam surat kabarnya. Seringkali FEER cenderung dengan peliputan isu-isu ekonomi dengan lebih banyak menekankan pada kepentingan khalayak pembaca asing. Di lain pihak masalah ini kadang-kadang terjadi karena kurangnya saja menjadi tidak keterbukaan pihak pemerintah terhadap pers."
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
P. Resitomo Graito
"Penelitian ini ingin memberikan gambaran mengenai
baga imana surat kabar Kompas. Media Indonesia dan Herdeka
memberikan suatu masalah, dalam hal ini kasus Bank Summa.
He to de pene 1 i tian yang dipakai adalah Conten t Analysi s a tau
Ana lisis rs· enel 1tian untuk mendapatkan
gambaran yang obyektif, si s ematisS dan kuan t i t atif dari isi
·komunikasi yang nyata. Skripsi i ni menggunakan pend eka~an
kual itat:..if.
Obyek penelitiannya adalah ha.tian Kompas. Media Indonesia
dan Herdeka. Ketiganya adalah· suratkabar yang mempunyai
perbedaan visi, berlingkup nasional. beredar luas di kalangan
masyarakat dan bersifat harian umum.
Populasi penelitian ini adalah semua berita kasus Bank
S umm a di ketiga suratkabar tersebut mulai tanggal 14 November
1992 sampai dengan 16 Januari 1993. Sedang sampel penelitian
in i ad a l ah be rita- be r i t.a dari ketiga :=-•1rat kabar te rsebut
yan g mewakili delapan buah isyu yang diangkat dalam kurun
vl a k t u t e r s e but .
Dari p e nelit i an ini diperol eh has il bahwa Kompas dalam
pemberitaann ya selal u menjaga kes eimbangan be r i ta, dengan
men ampi lka n pendapat s emua ~ih a y a n g te rlibat . Media Indomen
j aga k.e se i mba ngan , namun se ringkal i me nggunakan
yang tidak j e l a s, se hi ngga me lemahkan ni lai be rita
. Bafikan d alam bebera p a mas a l ah Medi a In do nes~ a kurang
ha ti - ha ti dal am membe ri t aka nnya s eh ingga dapa t me nimbulkan
ker esahan pe mbacanya. S e d a ngkan He deka pembe r i t aannya cenderun
g membe l a nasabah Bank Summa , namun pada bebe rapa b eritanya
sikap tersebu ju:: ::.ru dapat me nimbulka n keresahan nasabah.
Dari penelitian ini pu la , dapat dilihat balnva b eritab
e rita yang diturunkan suatu suratkabar ternyata tidak hanya
sekedar dap a t memberikan informasi bagi pembacanya, namun
sering kali justru dapat menimbulkan kebingungan dan bahkan
cend e rung dapat ~enimbulkan keresahkan bagi pembaca"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1994
S4035
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Kadir
"ABSTRAK
Dari sejarah perjalanan pers dan tindakan penertiban terhadapnya, terlihatlah bahwa jika berhadapan dengan penguasa, pers kita dinilai sangat hati-hati dalam mengemukakan fakta dan opininya. Sebaliknya dalam kasus-kasus yang bersifat pribadi, pers kita kadang-kadang dapat dinilai terlalu berani dan secara yuridis sering kurang dapat dibenarkan. Atas dasar hal-hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang teori-teori pers yang ada di dunia, dan penerapannya di Indonesia, mendapatkan pengetahuan secara mendalam tentang sistem pertanggungjawaban pidana menurut KUHP dan menurut Undang-undang Pers (UU No. 21 Tahun 1982); memperoleh gambaran secara mendalam tentang penyelesaian kasus-kasus delik pers oleh pengadilan; mengetahui dasar pertimbangan Pemerintah melakukan tindakan pembreidelan / pembatalan SIUPP ; mendapatkan data tentang persepsi wartawan terhadap penyelesaian kasus-kasus pidana pers oleh Pengadilan; mendapatkan data tentang persepsi wartawan terhadap pembreidelan / pembatalan SIUPP"
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratnesia Nurul Syamsi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat isi acara informasi Seputar Indonesia yang merupakan berita berbentuk feature ditayangkan oleh televisi swasta RCTI. yang Bertolak dari berita yang selama ini ditayangkan oleh TVRI yang lebih cenderung sebagai humas pemerintah maka penelitian ini justru ingin menampilkan segi lain dari berita feature atau informasi Seputar Indonesia. Penelitian analisis ini dibuat berdasarkan penyajian yang dilihat dari beberapa kategorisasi serta News Value (Nilai Berita) yang dikemukakan oleh pakar komunikasi (Charnley bersaudara) bahwa sebuah berita layak tidaknya tergantung dari nilai berita tersebut. Semakin banyak nilai berita yang disandang suatu informasi maka semakin berbobotlah informasi tersebut. Informasi yang disampaikan dalam Seputar Indonesia sebagian besar mengandung nilai berita lebih dari satu atau dua segi. Dan ini terlihat jelas pada topik-topik tertentu seperti topik ekonomi, topik sosial, topik kriminalitas hukum dan topik lingkungan dengan mengacu dari kategori Orientasi Kritik, Orientasi Edukatif, Berimbang, Sifat dan Daerah. Dari hasil analisis penelitian ini didapat bahwa informasi ditampilkan kebanyakan mengandung visi sosial atau terjadi didalam masyarakat. Sumber berita yang lebih banyak dari non pemerintah yakni Profesi menyalurkan aspirasi Tersebarnya kategori yang merata dari sumber berita artinya tidak hanya Pemerintah saja, tetapi juga Profesi dan gabungannya menggambarkan fungsi pers, meluaskan komunikasi partisipasi masyarakat. yang realitas yang ditampilkan dan Masyarakat. Ini mecerminkan fungsi pers, rakyat. Masyarakat atau dan Informasi yang disajikan kebanyakan berfungsi pengawasan sosial artinya memberikan peringatan dan ancaman tentang bahaya yang terjadi disekeli1ing. Hal ini didapat dari banyaknya sifat negatip. Informasi yang disajikan kebanyakan bersifat kontrol sosial dan bersifat edukatif berdasarkan kategori Orientasi Kritik. Informasi yang muncul ada yang berfungsi korelasi, dilihat dari kategori Berimbang. Adanya informasi yang bersifat Netral pada topik Pariwisata-Kebudayaan, Olah Raga, dan Hiburan mencerminkan fungsi Hiburan dari media massa. Fungsi hiburan juga terlihat dari Kebudayaan serta Agama tercermin fungsi transmisi dari media massa. Dan terakhir meskipun sedikit informasi yang bersifat netral berarti mempunyai fungsi pers yang bersifat obyektif. Berdasarkan nilai berita yang diangkat dari kategori topik dan subyek lainnya dalam acara informasi Seputar Indonesia maka terlihat pula secara jelas fungsi media massa dan fungsi pers dari acara ini. Sehingga bisa dikatakan bahwa acara informasi Seputar Indonesia menjalankan peran jurnalistinya dengan baik."
1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjahyasuratman
"ABSTRAK
Disamping POLKAM, stabilitas ekonomi nasional merupakan salah satu prasyarat penting untuk menciptakan iklim investasi agar dapat merangsang para penanam modal melakukan aktivitas usahanya di Indonesia. Upaya pemahaman mengenai stabilitas ekonomi itu kepada masyarakat luas, memerlukan peran serta media massa, dengan memberitahukan informasi pertumbuhannya yang positif dari pemerintah. Untuk masyarakat ekonomi asing, upaya pemahaman itu dapat terlaksana melalui peran serta surat kabar berbahasa Inggris yang terbit di Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Wulandari
"Selain sebagai salah satu sumber informasi tentang produk, ikian juga mengandung muatan persuasif. Bahkan dalam persaingan yang semakin ketat, seringkali fungsi persuasi ini lebih diutamakan daripada fungsinya sebagai pembawa informasi. Sebetulnya informasi dan persuasi dalam iklan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena dalam usaha mempersuasi konsumen seringkali informasi tentang produk digunakan sebagai alat persuasi. Maka menjadi sulit ditemukan informasi yang secara murni berfungsi sebagai informasi dalam sebuah ikian. Melihat kenyataan ini, fungsi persuasi dari sebuah ikian menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan bentuk persuasi yang digunakan pada verbal ikian. Unsur verbal yang dianalisa adalah headline, subheadline, body copy, dan slogan. Ada beberapa pembatasan yang dilakukan dalam penelitian ini. Pertama, ikian yang diteliti adalah ikian produk non- 'durable, karena biasanya khalayak cenderung mengandalkan iklan sebagai rujukan tentang produk sebelum memutuskan untuk membeli produk non-durable. Kedua, produk non-durable yang diteliti adalah yang hanya ditujukan kepada wanita dengan pertimbangan wanita memiliki tingkat persuasibilitas yang lebih tinggi, wanita lebih sering melihat iklan, dan wanita adalah pengambil keputusan utama dalam pembelian produk nondurable. Sampel yang diambil adalah iklan-iklan produk nondurable yang muncul di majalah Femina selama periode Januari- Maret 1994. Produk non-durable ini akan digolongkan ke dalam 4 kelompok yang lebih kecil, yaitu produk kebersihan rumah tangga, obat-obatan, makanan-minuman, dan produk perawataan pribadi, untuk melihat apakah karakteristik produk yang berbeda-beda mempengaruhi teknik persuasi yang dipakai. Merujuk pada hasil penelitian, ditemukan bahwa secara umum iklan produk non-durable menggunakan teknik intensify, dengan taktik association. Pembedaan produk ke dalam empat kelompok tidak membawa pengaruh terhadap teknik dan taktik persuasi yang dipakai. Perbedaan justru terlihat pada tingkat yang lebih spesifik, yaitu sifat asosiasi yang muncul pada tiap-tiap kelompok produk. Perbedaan ini muncul karena setiap produk memiliki karakteristik dan fungsi dari yang berbeda. Pemisahan unsur-unsur verbal dalam penganalisaan membawa temuan adanya satu bentuk pesan yang disebut sebagai pernyataan netral, dalam arti belum menyebutkan pengasosiasian produk kepada seguatu. PernyaLaan heLLd1 hanya muncul pada headline dan subheadline saja. Dalam hal ini bisa dikatakan pernyataan netral merupakan unsur informasi dalam iklan. Tidak munculnya pernyataan netral pada unsur body copy dan slogan sesuai dengan fungsi kedua unsur tersebut, yakni sebagai sarana menjelaskan produk, dan sebagai pencerminan image yang ditanamkan dalam produk."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4185
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>