Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74210 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gracia Lestari T.
"Setiap jenjang usia memiliki tahap perkembangan masing-masing. Mahasiswa FIK UI reguler 2003 berada pada tahap perkembangan dewasa muda. Salah satu dari tugas pekembangan yang seorang dewasa muda penuhi untuk memenuhi tugas perkembangan merencanakan karir. Merencanakan karir adalah sebuah proses dimana seorang individu menetapkan tujuan-tujuan karir dan mengetahui bagaimana mencapainya. Fokus utama dari perencanaan karir harus disesuaikan oleh tujuan pribadi seorang individu dan kesempatan yang tersedia. Abraham Maslow dalam teori hirarki kebutuhannya rnenyatakan jika seseorang memilki kebutuhan maka akan muncul dalam dirinya sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu demi mencapai hal tersebut. Dorongan itu disebut motivasi. Untuk mendapatkan sebuah karir yang baik tentunya seseorang harus membuat perencanaan karir yang baik. Salah satu persiapan yang baik adalah dengan mendapatkan komptensi dan kapabilitas yang baik yang dibutuhkan pada lapangan karir yang diinginkan.
Untuk mencapai kompetensi tersebut maka seseorang harus mempcrsiapkan diri dengan baik secara kognitii psikomotor afektif dan lain sebagainya. Melalui penelitian yang menggunakan desain kolerasi ini peneliti mencoba mencari hubungan antara merencanakan karir sebagai seorang perawat dengan motivasi belajar mahasiswa FIK Ul reguler 2003. Dengan menggunakan rumus chi-square peneliti menganalisis data dan mendapatkan hasil nilai P sebesar 0,172 sedangkan nilai a 0,05. Sehingga penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa ada hubungan yang hermakna antara merencanakan karir dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut disebabkan oleh banyak Faktor antara lain ternyata memang ada banyak mahasiswa keperawatan yang ternyata tidak merencanakan karir sebagai seorang perawat dan juga informasi yang kurang mengenai profesi keperawatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5301
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manik, Febryani Dwilista
"Fungsi afektif keluarga berupa dukungan dan kasih sayang dapat mendukung gaya belajar mahasiswa. Gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini meliputi visual (belajar melalui apa yang dilihat), auditorial (belajar melalui apa yang didengar) dan kinesterik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Peneiitian ini merupakan penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola/gaya belajar dengan fungsi afektif keluarga dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 96 mahasiswa regular angkatan 2008 FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah random sederhana. Diperoleh bahwa fungsi afektif keluarga untuk mendukung gaya belajar mahasiswa adekuat pada 55 orang mahasiswa dan 41 orang mahasiswa tidak adekuat.
Dari penelitian disimpulkan tidak ada hubungan pola belajar dengan fungsi afektif keluarga pada mahasiswa reguler angkatan 2008 (p = 0,145). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan keluarga terkait gaya belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas area penelitian.

The form of family affection function are support and affection. It can support the learning style of student Learning style which is discussed in this research are visual leaming, auditorial learning and kinestetik Ieaming. This research was a correlative researched and used cross sectional design which has a purpose to know relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. The sample in this research was 96 student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. Sampling technique which is used in this research was simple nandom. The result is that family affection function to support the student?s learning style student is adekuat of 55 student and 41 student do not adekuat.
The conclusion from this research, there was not a relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008 (p=0,145). The result from this research can be used for give knowledge to student in college and family from learning style. Recommend for next researcher research area become wider.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5872
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Isti Cahyani
"Skripsi ini membahas hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap mahasiswa reguler FIK terhadap RUU Keperawatan. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, angkatan, keikutsertaan dalam BEM FIK UI, dan sumber informasi tentang RUU Keperawatan. Tingkat pengetahuan dan sikap sebagai variabel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif korelatif. Sampel berjumlah 213 orang yang dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Kesimpulan penelitian ini bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan sikap mahasiswa reguler FIK UI terhadap RUU Keperawatan (p value 0,551; α 0,05). Ini memberikan saran kepada FIK UI agar dapat memfasilitasi informasi RUU Keperawatan kepada seluruh mahasiswa FIK UI.

The aim of this research is to analize the relationship between knowledge and attitude of bachelor degree students majoring nursing at Universitas Indonesia about Nursing Act Plan. Respondent characteristics on this research are gender, age, year of college, participation in Student Executive Board FIK UI and sources information related to Nursing Act Plan. Knowledge and attitude are as variable research. Correlative descriptive design is used in this research. The samples are 213 people and taken with stratified random sampling. The conclusion of this research that there is no relation between knowledge and attitude of bachelor degree students majoring nursing at Universitas Indonesia about Nursing Act Plan. It gave asuggestion to Faculty of Nursing Universitas Indonesia to give more informations related to Nursing Act Plan for all nursing students at FIK UI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S1984
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Seperti diketahui bahwa keberadaan keluarga merupakan dukungan yang sangat berarti
bagi setiap individu, termasuk dalam hal pencapaian prestasi belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengotahui adanya hubungan antara keberadaan keluarga dengan
prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Responden pada penelitian ini berjurnlah
133 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa Program Ekstensi Pagi dan 68 mahasiswa
Program Ekstensi sore. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi
dengan alat ukur kuisioner dan daftar nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama
semester I dan II dari mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 FIK UI. Analisis data
yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Chi-square unruk menganalisis
hubungan antara variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang
bormakna antara keberadaan keluarga dan prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi
angkatan 2004 FIK-UI (0,01

agar setiap individu sebagai anggota keluarga dan keluarga pada umumnya Iebih
mengoptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai wujud dukungan positif
bagi perkembangan setiap anggota keluarganya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5507
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelatif. Responden sebanyak 158 orang merupakan mahasiswa reguler dari angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang diukur kualitas tidumya menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif dihitung menggunakan uji korelasi pearson dengan nilai r = 0,059. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

This study was aimed at identifying the relationship between the quality of sleep and a grade point average a student in the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia. This research used a quantitative research design with correlative approach. Respondents were 158 people regular students of the class of 2006, 2007 and 2008. The quality of sleep were measured by using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). The relationship between quality of sleep with a grade point average is calculated by using the Pearson correlation test with r = 0.059. The results stated that there was no relationship between quality of sleep with the grade point average of regular students of the faculty of Nursing, Universitas Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5846
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Salah satu stressor yang dihadapi mahasiswa pada semester akhir program akademik
adalah penyusunan laporan penelitian. Stressor tersebut mengakibatkan mahasiswa
tampak mengalami stress. Mekanisme koping yang digunakan meliputi mekanisme
koping konstruktif dan mekanisme koping destruktif. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi mekanisme koping mahasiswa FIK UI regular 2003 dalam menghadapi
stress saat penyusunan laporan penelitian. Jumlah responden dalarn penelitian ini
sebanyak 54 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana.
Kuesioner terdiri dari data demografi dan mekanisme koping rnahasiswa. Pada uji coba
kuesioner didapatkan r Alpha 0,8104 dan r tabel 0,36. Analisa data yang digunakan
adalah analisa univariat Dari hasil penelitian didapatkan sebesar 42,6% mahasiswa
menggunakan mekanisme koping konstruktif dan 57,4% mahasiswa menggunakan
mekanisme koping destruktif Saran bagi penelitian selanjutnya adalah perlu
penggunaan desain penelitian yang lain sehingga dapat mengeksplorasi faktor - faktor
yang berhubungan dengan mekanisme koping, area penelitian yang lebih luas dan
pengembangan instrumen yang lebih spesifik."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5580
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Neti Hendrayati
"Penelitian membuktikan kebanyakan remaja tidak memenuhi angka kebutuhan gizi terkait kalori dan intake nutrisi mereka.Remaja memiliki kebiasaan melewatkan waktu makan karena jadwal yang tidak teratur dan aktivitas yang padat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran pola makan mahasiswa Reguler FIK UI yang dikategorikan remaja.
Tujuan khusus penelitian mengidentifikasi jenis, jumlah, dan frekuensi makan yang dikonsumsi dan rnengidentifikasi kebutuhan gizi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan distribusi frekuensi. Penelitian dilakukan di FIK UI antara tanggal 30 April-23 Mei 2007 dengan responden 90 orang.
Hasil yang didapat menyatakan, 95,56% mahasiswa Regular FIK-UI memiliki pola makan tidak sehat dengan kategori gizi tidak seimbang. Hanya 2,22% responden yang memiliki intake yang cukup (sehat) dan 2,22% lainnya memiliki intake lebih tetapi menurut IMT, mereka termasuk kategori kurus sehingga mereka digolongkan ke dalam responden yang memiliki pola makan sehat."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5585
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Octaviani Rosita
"Asuhan keperawatan bermutu dapat dicapai apabila perawat yang memberikan asuhan keperawatan tersebut memiliki kompetensi dan kewenangan yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan yang sesuai (Nurachmah, 2001). Lebih lanjut Lyndia Hall dan Handerson dalam Marriner-Tomey (1994) menjelaskan bahwa hanya perawat yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi keperawatan yang mampu memberikan asuhan keperawatan profesional, karena mereka telah dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan penyelesaian masalah klien secara mandiri, Tujuan penelitian adalah mengidentitikasi tingkat motivasi mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2002 untuk mcngikuti program pendidikan profesi. Penclitian dilakukan di kampus baru UI Depok dengan jumlah responden 51 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sedcrhana dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Analisa data yang diglmakan adalah distribusi Ii-ekuensi dengan ukuran prosentase/proporsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan tingkat motivasi mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2002 untuk mengikuti program profesi adalah tingkat rniotivasi tinggi (56,86%) dan tingkat molivasi rcndah (43,14%). Penelitian ini merekomendasikan kepada peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian lebih Ianjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk mengikuti program profesi dan kepada pihak FIK UI sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan upaya pcngembangan program pendidikan profesi."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5487
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Seorang perawat bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan keperawatan secara
profesional (Rohmat, 1993). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan
persepsi autara mahasiswa reguler dan ekstensi FIK UI angkatan 2005 tentang figur
perawat profesional. Penelitian dilakukan di FIK UI Depok pada 130 responden
mahasiswa angkatan 2005 yang terdiri dad rnahasiswa reguler sebanyak 69 responden
dan mahasiswa ekstensi sebanyak 61 responden. Desain dalam penelitian ini adalah
deskriptif perbandingan dengan alat berupa kuisioner. Analisa data yang digunakan
adalah distribusi iiekuensi dan uji chi square. Hasil penelitian mendapatkan bahwa
78.3% mahasiswa reguler memiliki persepsi yang tidak tepat dan 50.8% mahasiswa
ekstensi memiliki persepsi yang tepat tentang figur perawat profesional serta ada
perbedaan yang bermakna antara persepsi mahasiswa reguler dan ekstensi tentang figur
perawat profesional (p value < 0.001; a = 0.05). Rekomendasi dari penelitian ini
pengetahuan mahasiswa tentang figur perawat profesional perlu ditingkatkan sehingga
pada akhir masa pendidikan mereka sudah dapat bertingkah laku profesional."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5556
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Andini
"ABSTRAK
Mahasiswa keperawatan memiliki tanggung jawab dalam memberikan asuhan keperawatan dengan berlandaskan kode etik keperawatan. Kode etik keperawatan berfungsi sebagai pedoman dalam memberikan asuhan keperawatan yang kompeten, etis, dan dapat dinilai. Namun masih terdapat banyak fenomena mahasiswa keperawatan melalaikan peran serta tanggung jawab profesinya dengan bersikap tidak etis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik responden dan hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kode etik dengan sikap etis sebagai perawat pada mahasiswa FIK UI. Penelitian menggunakan metode cross-sectional dengan rancangan deskriptif korelatif dan pendekatan secara stratified random sampling terhadap 147 mahasiswa keperawatan FIK UI. Analisis data menggunakan uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan kode etik dengan sikap etis responden (p value=0,731). Mengetahui bahwa pendidikan secara formal saja tidak cukup untuk membentuk sikap etis sebagai perawat maka perlu ditindaklanjuti lebih serius khususnya bagi institusi pendidikan keperawatan dengan mengintegrasikan program pengembangan sikap etis terhadap seluruh kurikulum mata ajar.

ABSTRACT
Nursing students have a responsibility to provide nursing care based on the ethic code of nursing. The ethical code of nursing is used as a guideline to provide the competent, ethical, and valuable nursing care. Nonetheless, nursing students face unique challenges in applying ethical care for their patient.The purpose of this study was to determine the characteristics of respondents and the relationship between level of knowledge about the ethical code of nursing with the nursing ethical attitude of students at FIK UI. The study used cross-sectional methods with correlative descriptive design, and stratified random sampling of 147 nursing students at FIK UI. Data analysis using a chi-square test showed no significant relationship between level of knowledge about the ethical code of nursing with the nursing ethical attitude of the respondents (p value = 0.731). Knowing that formal education is not enough to establish the ethical attitudes of nurses, this study recommended the integration for the ethical attitude development program entire the course curriculum for nursing institutions."
2016
S62793
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>