Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13904 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Japan : University of Library and Information Science
050 ULIS 17:2 (1999)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Prabu Wibowo
"Pemanfaatan dan pengelolaan Teknologi Informasi (TI) sekarang ini sudah menjadi perhatian di bidang perpustakaan dikarenakan nilai aset yang tinggi yang mempengaruhi secara langsung kegiatan dan proses bisnis perpustakaan. Kinerja TI terhadap otomasi pada sebuah perpustakaan perlu selalu diawasi dan dievaluasi secara berkala agar seluruh mekanisme manajemen TI berjalan sesuai dengan perencanaan, tujuan, serta proses bisnis perpustakaan. Selain itu, kegiatan pengawasan dan evaluasi tersebut juga diperlukan dalam upaya pengembangan yang berkelanjutan agar TI bisa berkontribusi dengan maksimal di lingkungan kerja perpustakaan. COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah standar internasional untuk tata kelola TI (IT governance) yang dikembangkan oleh ISACA (Information System and Control Association) dan ITGI (IT Governance Institute) yang bisa dijadikan model pengelolaan TI mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan model kematangan dan Control objectives Monitor and Evaluate IT Performance (ME 1) COBIT sebagai pedoman kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI. Penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu: penelitian kesadaran pengelolaan (management awareness) dan tingkat kematangan (maturity level). Penelitian kesadaran pengelolaan ditujukan untuk mendapatkan opini dari pihak pengelola TI perpustakaan UI melalui kuesioner dan wawancara mengenai tingkat keperluan penerapan kegiatan yang berhubungan dengan pengawasan dan evaluasi kinerja TI yang tercakup dalam COBIT. Hasil penelitian kesadaran pengelolaan menunjukkan bahwa tingkat keperluan penerapan kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI di perpustakaan UI tergolong tinggi karena 61 % responden beropini kegiatan-kegiatan tersebut sangat perlu dan 39% perlu untuk dilakukan. Beberapa responden beropini agar terdapat koordinasi di antara bagian-bagian di perpustakaan UI mengenai pelaksanaannya. Penelitian tingkat kematangan ditujukan untuk memperoleh data kondisi aktual pengelolaan proses pengawasan dan evaluasi kinerja TI di perpustakaan UI melalui kuesioner dan wawancara. Dari penelitian tingkat kematangan ini, diketahui bahwa untuk kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI telah mencapai tingkat 2 (2.68). Dengan mempertimbangkan hasil penelitian kesadaran pengelolaan, visi, misi, dan tujuan perpustakaan, serta wawancara responden maka ditetapkan bahwa model pengembangan tingkat kematangan mengenai kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI ke depannya adalah tingkat 4. Dalam upaya mencapai tingkat kematangan dari tingkat 2 ke 4, terdapat analisis kesenjangan (gap analysis) yang berupa usulan-usulan kegiatan yang perlu dilakukan oleh perpustakaan UI"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15194
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kuala Lumpur : Jurnal Fakulti Sastera dan Sains Sosial Universiti Malaya
050 SAJ
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Irawati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi tentang jasa penyebaran informasi majalah oleh delapan perpustakaan perguruan tinggi negeri yang menjadi Pusat Layanan Disiplin Ilmu (Pusyandi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi yang menjadi Pusyandi, yaitu UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, UPT Perpustakaan Universitas Gajah Mada, UPT Perpustakaan Universitas Airlangga, UPT Perpustakaan IPB, UPT Perpustakaan ITB, UPT Perpustakaan ITS, UPT Perpustakaan IKIP Bandung, dan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu pertama, wawancara tidak berstruktur terhadap kepala UPT Perpustakaan dan atau Kepala Bagian Layanan Majalah. Cara kedua yaitu pengumpulan data tertulis dari perpustakaan yang diteliti dan dokumen terbitan UKKP yang berhubungan dengan Pusyandi. Teknik analisis data yang dipakau dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan data yang di peroleh, diketahui bahwa koleksi majalah ilmiah berada di UPT Perpustakaan dan perpustakaan fakultas/jurusan. UPT perpustakaan telah memperoleh sejumlah majalah ilmiah terbitan luar negeri dari Dirjen Pendidikan Perguruan Tinggi (DIKTI) dan telah menyebarkan informasi majalah kepada perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Hanya UPT Perpustakaan UI, UNAIR, dan ITB yang menyatakan sanggup melanjutkan informasi tidak ada keseragaman dari biaya dann prosedur pelayanan. Pemanfaatan jasa penyebaran informasi oleh pemakai di luar lingkungan responden belum maksimal. Dari penelitian ini terungkap bahwa belum ada koordinasi antara UPT Perpustakaan dengan perpustakaan fakultas/jurusan dan juga perpustakaan perguruan tinggi lain di Indonesia, serta terdapat masalah kekurangan tenaga staf perpustakaan dan anggaran pengadaan majalah. Pusyandi belum berjalan seperti yang diharapkan.

"
1996
S15424
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Corbin, John Boyd
Phoenix The Oryx Press, 1981
025.04 COR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Harwati
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan harapan pemustaka terhadap rencana perubahan sistem perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dalam hal sistem layanan, sarana dan prasarana, koleksi, dan SDM (staf perpustakaan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu menyediakan akses yang mudah untuk menuju perpustakaan UI yang bare seperti tersedianya sarana transportasi umum yang memadai; harus memperhatikan disain ruangan dan tats letak setiap fasilitas, terutama fasilitas yang mengandung unsur hiburan; staf perpustakaan harus meningkatkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi profesional, maupun kompetensi individu.

The focus of this study is about the perceptions and expectations users through the changing plan of the library system in University of Indonesia (UI), in terms of services system, facilities, collections, and human resources (library staff). This research is quantitative with survey method. The results suggest that the need for providing easy access to the new UI library. For instance, available public transportation facilities; pay attention to the room design and layout of each facility, especially facilities that contain of entertainment element; improved library staff competences, both professional competence and individual competence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15369
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Weingand, Darlene E.
Englewood: Libraries Unlimited, 1999
021.7 WEI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Isye Siti Asyiah
"Penelitian ini membahas kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia dalam dimensi SERVQUAL. Kualitas layanan didasarkan pada lima dimensi SERVQUAL, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia yang dilihat dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia. Pendekatan penclitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia berada pada kisaran tingkat sedang sampai tinggi.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan masih harus terus berupaya agar kualitas layanan yang ada saat ini dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi, di antaranya petugas perpustakaan yang berhubungan dengan pelayanan diharapkan untuk meningkatkan lagi sikap empati, perpustakaan memperbaharui koleksi yang mutakhir yang meliputi buku teks dan jurnal tercetak, mempercepat akses koneksi terhadap jurnal elektronik, menjaga perawatan komputer untuk akses OPAC agar dapat selalu berfungsi dengan baik, mempercepat koneksi internet, serta meningkatkan fasilitas fisik seperti menyediakan kursi dan sofa yang nyaman.

This study discusses the service quality of Library of University of Indonesia using the SERVQUAL dimensions. Service quality measurement is based on five SERVQUAL dimensions. They are tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The purpose of this study is to determine the level of service quality in Library of University of Indonesia based on tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions. Sample of this research are users of Library of University of Indonesia. This research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research reveal that service quality of Library of University of Indonesia is ranging from medium to high levels. The results of this research suggest that the library should improve its existing service quality to be even better. One thing that should be concerned about is the librarians. They are expected to increase their attitude of empathy. Also the library should update its collection periodically, including textbooks and printed journals, speed up connection of electronic journals access, maintain OPAC's computers to work properly, accelerate internet connections, and improve physical facilities such as providing comfortable chairs and sofas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Surakarta : UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, 1993,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Malang : Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia - Universitas Brawijaya, 2006,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>