Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90105 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maman Soetarman Mahayana
"Dasawarsa tahun 1950-an bagi Malaysia merupakan tahun yang amat panting mengingat pada dasawarsa itulah gerakan ke­ bangsaan Malaysia dalam usaha bangsa itu memperoleh kemerdeka­ annya, makin memperoleh bentuk yang lebih jelas. Berbeda de­ ngan dengan Indonesia yang kemerdekaannya diraih melalui pe­ rebut kekuasaan dan kontak senjata, di Malaysia perjuangan ke­merdekaannya dilakukan dengan kekuatan 1 pena. Dalam hal ini peranan wartawan dan sastrawan dalam menumbuhkan dan menggelo­ rakan semangat kebangsaan, sungguh besar artinya "Merekalah yang secara gi9ih menolak pembentukan Malayan Union yang amat rnerugikan bangsa Melayu dan kemudian menyerukan aqar Malaysia segera memperoleh kemedarkaannya.
Mengingat peranan para sastrawan dan wartawan panting, maka aistem penerbitannya ikut menentUkan berhasil atau tidaknya usaha perjuangan mereka Ternyata,' keberhasilan sistem penerbitan itu sangat ditentukan oleh tiga faktor:
Pertama, peran ganda sastrawan-wartawanKurangnya tenaga wartawan, menuntut banyak sastrawan yang. bekerja sebagai war­ tawan atau diminta untuk mengelola rubrik tertentu yang dise­ lenggarakan berbagai media massa. Dengan begitu, memungkinkan karya sastra mereka dipublikasikan di media massa bersangkutan.
Kedua, peran ganda sastr.awan--karyawan Tidak sedikit sastrawan yang bekerja di bidang penerbitan. Oleh karena itu, memungkinkan karya mereka diterbitkan penerbit bersangkutan.
Ketiga, beberapa sastrawan ada yanq juga sebagai pemilik sebuah penerbitan atau pengelola salah satu rn dia mereka umumnya diterbitkan oleh penerbitannya sendiri. Ketiga faktor itulah yang memunqkinkan sistem penerbitan di Malaysia tahun 1950an."
Depok: Universitas Indonesia, 1996
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Maman Soetarman Mahayana
Magelang: Indonesiatera, 2001
899.22 MAM a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Sastra UI, 1981
UI-LSTRA (6) 1981
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Tirto Suwondo
Jakarta Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud 1997,
899.221 Suw k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Norhayati Ab. Rahman
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016
808.892 NOR k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Burhannudin
1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Nurhadi Yuwono
"Tesis ini adalah tentang sistem pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor di kantor Samsat wilayah Majapahit. Perhatian utama dalam kajian ini adalah hubungan sosial Patron-Klien antar pejabat Dit Lantas, antara petugas Samsat dengan petugas Samsat, antara petugas Samsat dengan biro jasa dan antara petugas Samsat dengan calo sehingga mempengaruhi jalannya proses penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) pendaftaran kendaraan baru (BBN I), Mutasi Luar Daerah dan Pengesahan / Perpanjangan kurang sepenuhnya berjalan sesuai dengan aturan yang ada.
Tujuan dalam tesis ini adalah untuk menunjukkan hubungan Patron-Klien yang terjadi di kantor Samsat wilayah Majapahit sehingga dapat mempengaruhi jalannya proses yang sebenarnya terhadap penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).
Dalam mengkaji hubungan sosial Patron-Klien dalam penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) di kantor Samsat wilayah Majapahit digunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi etnografi yang dilakukan dengan cara pengamatan, pengamatan terlibat dan wawancara dengan pedoman.
Hasil dari penelitian ditemukan ada hubungan-hubungan Patron-Klien yang terjadi di kantor Samsat wilayah Majapahit, yaitu hubungan Patron-Klien antar pejabat Samsat, antara petugas Samsat dengan petugas Samsat, antara petugas Samsat dengan biro jasa dan antara petugas Samsat dengan calo, hubungan tersebut dilakukan dengan pola masing-masing, pola yang dilakukan antar pejabat dilakukan dengan menggunakan surat / memo atau pertelepon kepada bawahannya sedangkan hubungan antara petugas Samsat dengan petugas Samsat dilakukan dengan memberi kode pada formulir pendaftaran, begitu pula pada biro jasa dan calo akan tetapi ada perbedaan apabila dilakukan sesama petugas Samsat tanpa adanya imbalan tetapi apabila dilakukan antara petugas Samsat dengan biro jasa / calo ada imbalan yang diharapkan dari kedua belah pihak.
Hubungan Patron-Klien yang menjadikan peraturan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tidak sepenuhnya berjalan sebagai akibat kurangnya gaji petugas Samsat, adanya tuntutan atau kewajiban baik pribadi atau dinas yang harus di penuhi, adanya adagium bahwa tugas di Samsat identik dengan mencari uang serta kurangnnya pengawasan dan pengendalian."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002
T10819
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arien Ginanjar
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T24534
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kuala Lumpur : University of Malaya Press, 2008
368.008 SIS
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>