Ditemukan 14331 dokumen yang sesuai dengan query
Illinois: National Textbook, 1975
407 STU
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Sabrina Asrianty Putri
"Di Indonesia, Kurikulum 2013 mendorong guru-guru untuk menggunakan
pembelajaran berbasis penemuan untuk pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Akan tetapi, keberhasilan dari metode ini sangat bergantung pada motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi siswa laki-laki dan perempuan dalam belajar bahasa Inggris di dalam sebuah kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berbasis penemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah para siswa dari SMAN X Jakarta. Penelitian ini mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan dari survei dan wawancara. Kemudian, survei dianalisis melalui Independent-Sample T-test dan analisis deskriptif. Sementara itu, transkripsi verbatim dari wawancara dianalisis menggunakan analisis grounded theory. Temuan data
kuantitatif mengungkapkan bahwa orientasi bertujuan ekstrinsik menjadi faktor yang paling
memotivasi para siswa untuk menerapkan pembelajaran berbasis penemuan dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Selanjutnya, data kualitatif menjelaskan secara lebih lanjut bagaimana para siswa memandang keenam faktor motivasi secara berbeda.
Temuan di dalam penelitian ini juga menyarankan beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar bahasa Inggris melalui pembelajaran berbasis penemuan.
In Indonesia, the Curriculum 2013 encourages teachers to use discovery learning for theteaching of English as a foreign language. However, the success of this method really depends on students motivation. This research aims to look into female and male students motivation in learning English language in a classroom that implements discovery learning.The subjects in this study were the students of SMAN X Jakarta. The research collected bothquantitative and qualitative data that were gathered through a survey and interviews. Then, the survey was analysed using the Independent-Sample T-test and descriptive analysis.Meanwhile, the verbatim transcriptions of the interviews were analyzed using the groundedtheory analysis. The quantitative data findings reveal that extrinsic goal orientation became the most motivating factor for the students to implement discovery learning in studying English language as a foreign language. In addition, the qualitative data explains how thestudents perceived the six motivational factors differently. The findings in this study also suggest some ways to enhance English language learning and teaching through discovery learning."
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1994
418.007 1 SEC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Richards, Jack C.
"The paperback edition provides a systematic introduction to the issues involved in developing, managing, and evaluating effective second and foreign language programs and teaching materials. Key stages in the curriculum development process are examined, including situation analysis, needs analysis, goal setting, syllabus design, materials development and adaptation, teaching and teacher support, and evaluation. Discussion activities throughout the book enable it to be used as a reference text for teachers and administrators"
Cambridge: Cambridge University Press, 2017
418.007 1 RIC c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bevis, Em Olivia
St. Louis: Mosby, 1982
610.73 BEV c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bevis, Em Olivia
St. Louis: Mosby Elsevier, 1989
610.73 BEV cu
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
New York: McGraw-Hill , 1964
375 ROS m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nicholls, Audrey
London: George Allen and Unwin, 1972
375.071 NIC d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Ilsa Nurul Oktaviani
"Skripsi ini membahas tentang literasi informasi mahasiswa internasional pada Program BIPA di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang mahasiswa BIPA yang dipilih dengan metode random sampling untuk diwawancara dengan pertanyaan yang merujuk pada teori literasi informasi Big6 yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kemampuan literasi informasi informan dengan 6 tahap Big6 yaitu, definisitugas, strategi penelusuran informasi, lokasi dan akses, penggunaan informasi, sintesis, serta evaluasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa mahasiswa internasional program BIPA di FIB UI melakukan tahapan literasi informasi tanpa mereka sadari untuk memenuhi kebutuhan informasi yang timbul dari luar perkuliahan yaitu, kebutuhan informasi dasar, informasi tentang pekerjaan masing-masing, informasi tentang perbedaan bahasa kosakata dan informasi tentang hobi masing-masing informan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan literasi informasi setiap mahasiswa BIPA yang dipengaruhi oleh kemampuan Bahasa Indonesia informan, latar belakang kemampuan/pengalaman Bahasa Indonesia informan sebelum tinggal di Indonesia sebelum menjadi mahasiswa BIPA, dan lama tinggal di Indonesia.
This research aims to analyze information literacy skill of Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing BIPA students at Universitas Indonesia in accordance with their foreign language learning need, Bahasa. Einsberg 2004 asserted that information literacy skill is important in foreign language learning. This can be seen from the purpose of foreign language learning comprising of communication, culture, relation, comparison and community which increases the need of information literacy learning to overcome the problems concerning the learning. In order to support the need, the collaboration between information literacy and the use of Bahasa by BIPA students is necessary. Lecture curricula for foreign students would be more up to date if it is adjusted to information need of the students. BIPA students are foreign students who study Indonesian language as their foreign language or it can be called as Indonesian as Foreign Language IFL. Information literacy skill of BIPA students will be analyzed using Big6, consisting of problem defining stage, information finding strategy, location and access, information use, synthesis and evaluation. This research is using qualitative approach with case study method. Data for this research is collected through interviews, observation and literature study. Research informants were 6 six people selected using random sampling. They consisted of two students from South Korea and one student from Slovakia, Japan, Netherland and Vietnam. Most existing researches discuss English as foreign language second language EFL ESL, but no research on information literacy related to Indonesian as foreign language second language. Therefore, this research is going to fill the gap between the previously conducted researches on information literacy related to language skill."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengalami perubahan besar pada tahun 2005. Suatu evaluasi terhadap atmosfir pendidikan dalam kurikulum baru perlu dilaksanakan, sebagai bagian dari keseluruhan proses evaluasi kurikulum. Pada bulan Juni 2007, instrumen Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM) diberikan kepada 210 mahasiswa tingkat dua yang mengikuti kurikulum baru dan 259 mahasiswa tingkat tiga yang menjalani kurikulum lama, untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap atmosfir pendidikannya. Salah satu perbedaan yang signifikan antara persepsi kedua kelompok mahasiswa adalah terdapat lebih sedikit masalah menyontek di tingkat dua, namun penjadwalan kegiatan di tingkat tiga lebih baik. Profil persepsi mahasiswa dari kedua kelompok yang hampir sama mengindikasikan bahwa atmosfir pendidikan dalam kurikulum baru belum meningkat secara signifikan. Hal ini erat hubungannya dengan permasalahan dalam manajemen dan organisasi aspek detail kurikulum baru. Institusi pendidikan perlu menilai kembali persepsi mahasiswa setelah kurikulum baru sudah lebih terinternalisasi.
AbstractThe Faculty of Medicine University of Indonesia underwent a major curriculum reform in 2005. There is a necessity to evaluate the new curriculum?s educational environment, as a part of the curriculum evaluation. In June 2007, the DREEM (Dundee Ready Education Environment Measure) was administered to 210 second year students with an innovative curriculum and 259 third year students with the more traditional curriculum, to measure the students? perceptions of the educational environment. One of the most significant differences between the perceptions of the two groups is that there are less cheating problems in the second year, but the third year is better timetabled. The almost similar profiles indicate that the new curriculum?s educational environment has not improved significantly. It is related with problems in managing and organizing the new curriculum?s detail aspects. The institution needs to re-evaluate the perceptions of the educational environment when the curriculum is more internalised. "
[Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2008
pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library