Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181665 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pasaribu, Wadyo P.
"Persaingan yang semakin meningkat membuat kalangan dunia usaha terus meningkatkan daya saingnya, dengan cara perbaikan struktur organisasi dan manajemen, sumber daya manusia, piranti lunak dan piranti keras dan juga aplikasi di bidang Teknologi Informasi (TI) dan Implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP), dengan Implementasi ERP mampu menciptakan suatu integrasi antar departemen yang ada dalam perusahaan, sistem-salingpengawasan, kendali terhadap aset, aliran proses bisnis yang singkat dan hal-hal lain, yang pada akhirnya memberikan segala dampak yang menguntungkan bagi perusahaan. Proyek ERP penuh dengan risiko karena merupakan proyek implementasi yang besar, kompleks, kurang dikenal dan membutuhkan jadwal implementasi yang ketat. Untuk itu perlu model implementasi yang mendukung proses bisnis. Masalah dalam proyek ini adalah kecepatan memetakan antara model dan teknik implementasi yang sebenarnya. Proyek Akhir ini fokus pada rancangan dan evaluasi implementasi sistem ERP dengan software SAP Business Solution menggunakan ASAP Methodology yang dimulai dari alasan pemilihan software ERP, perbandingan beberapa metodologi implementasi ERP yang populer saat ini, pengorganisasian, tahap implementasi step by step, dan evaluasi output yang didapat pada kondisi sebelum dan sesudah implementasi ERP. Pada akhir tulisan penulis menyarankan pentingnya mengelola perubahan budaya organisasi disisi manusia / karyawan yang terjadi dalam proyek implementasi.

In the Recent time, business environment become much more competitive. Dealing with such situation, many companies improve their competitive advantage through implementation, ERP create an integration system in company such supervision for eachother departement, asset tracking management, simple business process and many more. Enterprise Resource Planning (ERP) project is consider highly risky, since it is large, complex, and usually unfamiliar to the organization and implemented under a tight timetable. To obtain a fair level of understanding of the system, it is then necessary to model to supported business process. However, the problem is the accuracy of the mapping between the model and the actual technical implementation. This final project is focus on design and evalution ERP system that use SAP Business application and SAP Methodology. Design begin from how for choosing software, comparison of three methodes that known as the best for implementation ERP at one company nowadays. In the end of this thesis writer tells abouth change management that could a fundamental point for each IT Implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51859
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Menaria
"Persaingan yang semakin meningkat membuat kalangan dunia usaha terus meningkatkan daya saingnya, dengan cara implementasi Teknologi Informasi and implementasi ERP. Proyek ERP penuh dengan risiko karena merupakan proyek implementasi yang besar, kompleks, kurang dikenal dan membutuhkan jadwal implementasi yang ketat. Untuk itu perlu model implementasi yang mendukung proses bisnis. Masalah dalam proyek ini adalah kecepatan memetakan antara model dan teknik implementasi yang sebenarnya. Untuk mengurangi risiko dan meningkatkan kemungkinan proyek sukses, suatu organisasi dapat menggunakan pendekatan yang telah dikembangkan seperti layaknya suatu proyek, dimulai dengan fase pemilihan dan diakhiri dengan fase operasi.
Pada penelitian ini dilakukan perbandingan 3 metodologi untuk mengetahui metodologi yang terbaik pada satu perusahaan. Dengan menggunakan metodologi ASAP proyek ini diselesaikan dengan 183 hari, Project Implementation ERP diselesaikan dengan 254 hari dan Cheap Dynamic diselesaikan dengan 236 hari. Perusahaan ini menggunakan metodologi ASAP dalam implementasi ERP nya.

In the recent time, business environment become much more competitive. Dealing with such situation, many companies improve their competitive advantage through implementation information technology and ERP implementation. Enterprise Resource Planning (ERP) project is considered highly risky, since it is large, complex, and usually unfamiliar to the organization and implemented under a tight timetable. To obtain a fair level of understanding of the system, it is then necessary to model to supported business process. However, the problem is the accuracy of the mapping between the model and the actual thecnical implementation. To reduce the risk and improve the probability of project success, an organization can use a structured development approach for such a project, beginning with the selection stage and culminating in the operation stage.
The metodology suggested in this paper is comparison of three methodes to know the best for implementation ERP at one company: (1) ASAP methode, (2) Project Management Implementation ERP Methode, (3) Cheap Dynamic Methode. With using ASAP methode the project is finished by 183 days, Project Implementation ERP is finished by 254 days and Cheap Dynamic is finised by 236 days. This company used ASAP methodology in their implementation of ERP.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24541
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aziiz Muhaajir
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi investasi sistem informasi ERP yang diterapkan oleh PT XYZ. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk menyarankan arahperkembangan teknologi informasi perusahaan, serta untuk meningkatan nilai dari sistem informasi yang telah diimplementasikan, sehingga investasi yang dilakukan perusahaan tidak menjadi beban saja. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan evaluasi yang dilakukan menggunakan IT Strategic Impact Model, IT Investment Management maturity model, serta critical success factor. Secara umum, masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan sistem informasi PT XYZ, sehingga diberikan beberapa saran untuk meningkatan pengelolaan sistem informasi yang dilakukan perusahaan.

The focus of this internship report is to evaluate the investment of ERP information system implemented by PT XYZ. This evaluation is meant to give suggestion to the company's information system development, and to increase the value of the information system implemented. This is a qualitative study, which is done using three IT evaluation models, they are Strategic Impact Model, IT Investment Management maturity model, and 10 ERP implementation critical success factors. Evaluation shows that PT XYZ's information system governance is somewhat lacking. A number of suggestions are given In order to increase the quality of information system governance implemented by the organization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hamonangan, Rynaldo Jeremy
"Penelitian ini didasarkan masalah pada sistem informasi siklus pengadaan barang dan jasa PT. X yang meliputi pelanggaran akses, terlambatnya dan kesalahan dalam pengambilan keputusan dan banyaknya barang dan jasa yang dikeluarkan dalam perhitungan cost recovery oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas rancangan dan implementasi program audit pada sistem informasi pada siklus pengadaan barang dan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah PT. X dengan Departemen Internal Audit & Compliance sebagai unit analisis. Sampel penelitian adalah program audit dan kertas kerja tahun 2017. Instrumen penelitian adalah wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian adalah rancangan program audit tidak efektif sedangkan implementasi program audit (kertas kerja) sudah efektif. Rancangan program audit tidak efektif karena masalah yang sama terus terjadi walaupun internal auditor sudah melakukan audit dan memberikan rekomendasi yang langsung dilaksanakan oleh manajemen. Sehingga program audit tidak dapat membantu internal auditor dalam mencapai tujuannya yakni memberikan nilai tambah dan meningkatkan proses dalam organisasi untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya (strategis, operasi, pelaporan dan kepatuhan). Akar masalah dari ketidakefektifan audit program adalah internal auditor tidak melaksanakan seluruh perannya sesuai dengan kerangka kerja COBIT 5 dan melaksanakan peran yang salah sesuai dengan kerangka kerja 3 lines of defense sehinga auditor tidak dapat mengindetifikasi risiko yang signifikan dan akar dari masalah yang terjadi. Penelitian ini memberikan rancangan desain peran internal auditor yang sesuai dengan kerangka kerja COBIT 5 dan 3 lines of defense serta 7 rancangan program audit untuk mengeliminasi masalah dalam sistem informasi pada siklus pengadaan barang dan jasa PT.

This research is based on the problem found in procurement information system cycle that is access violation, delay and wrong in decision making and lots of goods and services are excluded from cost recovery calculation by government. This research is aim to evaluate the effectiveness of audit program design and implementation (working paper) in procurement information system cycle. This research is qualitative research. This research method is case study. The research subject is PT. X (oil and gas company) and Department Internal Audit and Compliance as an analysis unit. The sample are audit program and working paper in 2017. Research instrument are interview and documentation. The result show that audit program design is not effective but audit program implementation (working paper) is effective. The audit design is not effective because the same problem often occurs even though internal auditor has conducted an audit and provide recommendation that has been implement by management. Therefore, audit program cannot effect achievement of internal auditor objective that is to add value and improve organization process to accelerate achievement of company objective (strategic, operations, reporting and compliance). The main cause of the ineffective audit program design is internal auditor not perform all role according to COBIT 5 framework and doing the wrong role according to 3 lines of defense framework, so that, internal auditor cannot identify the significant risk and root of problem. Therefore, this research provides the design of internal auditor role that complied with COBIT 5 and 3 lines of defense framework and 7 audit program design to eliminate the problem of procurement information system cycle in PT. X. "
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Aloysius Bramono Wisnumurti
"Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan rekomendasi perancangan pengembangan atau penyempurnaan sistem informasi yang saat ini digunakan oleh PT. Bank XYZ, Tbk., sehingga siklus keuangan dan pengeluaran dapat dikelola dengan efektif dan efisien oleh Manajemen Bank. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan lebih menekankan pada aspek pendalam data untuk mendapatkan kualitas dari penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem informasi Spend Management System (SMS) adalah usulan perancangan yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan proses penganggaran, pengadaan dan penerimaan barang dan/atau jasa dan pembayaran, termasuk mengintegrasikan transaksi non pembayaran seperti pengelolaan beban akrual, status uang muka dan kas kecil dengan pembayaran terkait. Usulan perancangan sistem informasi SMS ini menggantikan proses permohonan persetujuan pembayaran dari semula menggunakan kertas dan dibutuhkan tanda tangan basah menjadi paperless melalui sistem tersebut, termasuk memberikan informasi terkini status setiap proses dan persetujuan yang dilewati.

The aim of this research is to provide a recommendation of system design to develop or enhance existing information system that being used by PT. Bank XYZ, Tbk., thus financial cycle and expenditure can be managed effectively and efficiently by the Bank Management. This research is using qualitative method approach and emphasize data. The research method used is a qualitative method with more emphasis on deepening aspects of the data to get the quality of the research conducted. The results of the study concluded that the Information System Management System (SMS) is a system design that can be used to integrate the budgeting process, procurement and receipt of goods and/or services and payments, including integrating non-payment transactions such as accrual expense management, cash in advance status and petty cash that related to its payments. The proposed design of the SMS information system replaces the process of requesting payment approval from paper and requires a wet signature to be paperless through the system, including providing up-to-date information on the status of each process and approval passed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andidzar Amir
"Aset tetap adalah salah satu komponen penting yang dimiliki perusahaan karena akan menjadi salah satu alat dalam menghasilkan pendapatan atau cash flow. Oleh karena itu, apabila ada aset tetap yang sudah berkurang nilainya, atau secara kondisi fisik tidak menghasilkan cash flow yang positif bagi perusahaan, aset tersebut dapat diusulkan untuk dihapuskan. Proses penghapusan aset tetap bersifat penting karena berdampak pada kondisi neraca yang dimiliki oleh perusahaan dan juga terhadap bagaimana pihak luar seperti investor dan pemegang saham dalam melihat kondisi perusahaan. Maka dari itu, proses penghapusan aset tetap yang akan dilakukan perusahaan harus memiliki prosedur yang jelas dan diawasi dengan ketat.

Fixed asset is one of the most important component in a company, because it is a tool that can help generating cash flow. Hence, if there are assets that have low market value or physically unable to generates cash flow, the process to write-off an asset can be initiated. The write off process is important to company because it affects the balance sheet of the company and also to external parties such as investor or shareholder when analyzing the company's condition. Due to that condition, the write off that the company will do must have a clear procedure and well monitored."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54685
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suprapti
"ABSTRAK
Corporate Shared Service (CSS) PT. XYZ merupakan fungsi yang bertanggung
jawab untuk menyediakan layanan teknologi informasi (TI) berbasis Enterprise
Resource Planning (ERP) di anak perusahaan. Sebagai organisasi shared services, biaya operasional layanan ditagihkan ke masing-masing anak perusahaan penerima layanan menggunakan sistem chargeback. Dalam proses perhitungan chargeback saat ini, CSS belum memiliki acuan dalam penetapan persetujuan permintaan pengurangan harga layanan yang diajukan oleh Anak Perusahaan. Keputusan pengurangan harga yang kurang tepat dari manajemen akan menyebabkan perhitungan chargeback antar anak perusahaan menjadi tidak transparan, sehingga diperlukan pendekatan alternatif penyusunan chargeback yang dapat memberikan dasar penetapan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing anak perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan langkah-langkah penyusunan metode chargeback layanan TI berbasis ERP dengan pendekatan customer value-based pricing yang dapat memberikan dasar penetapan harga pada setiap anak perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi lapangan dan wawancara dengan manajemen CSS dan manajemen TI anak perusahaan serta data-data yang mendukung. Hasil dari penelitian ini adalah 8 (delapan) langkah metode penyusunan chargeback layanan TI berbasis ERP menggunakan pendekatan customer valuebased pricing yang memberikan dasar penentuan harga berdasarkan kebutuhan layanan dan kemampuan yang berbeda dari masing-masing anak perusahaan. Identifikasi jenis industri, anggaran TI, kebutuhan layanan, nilai manfaat layanan yang diterima anak perusahaan, dan perhitungan harga perkiraan sendiri (HPS)
menggunakan pendekatan activity based costing (ABC) menghasilkan metode
penentuan harga alternatif bagi PT. XYZ dalam menyusun harga chargeback.

ABSTRACT
Corporate Shared Service (CSS) PT. XYZ is a unit responsible for Enterprise
Resource Planning (ERP) based Information Technology (IT) services for
subsidiaries companies. As a unit responsible for these services, operational
services costs will be charged to every subsidiary company using chargeback
system. At current chargeback method, there is no standard rules for CSS
management to make approval for prices deduction requests from subsidiaries
companies. Inappropriate prices deductions approval by CSS management will
caused unfairness chargeback prices between subsidiaries companies, therefore alternative chargeback methods needed to give standard prices decision according to services needs and ability of each subsidiaries companies. This research is conducted to get steps for Chargeback Method of ERP Based Information Technology Services using Customer Value-Based Pricing which can give standard prices decision for every subsidiary company. Data is collected by literature study, interview with CSS and subsidiaries companies management and others relevant data. Result from this research is 8 (eight) steps of Chargeback Method of ERP Based Information Technology Services using customer value-based pricing that give standard prices decision according to services needs and ability of each subsidiaries companies. Identification of industry type, spending IT, services needs, services value for companies subsidiaries, and price owner estimation using activity based costing (ABC) method give alternative chargeback method for PT. XYZ"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tifanny
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan memberikan usulan perbaikan terhadap pengendalian internal atas sistem berbasis ERP pada siklus persediaan PT PJM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan metode studi kasus dengan PT PJM sebagai unit analisis. Penelitian ini
menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan analisis pada serangkaian
dokumen perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan
pada pengendalian internal atas pengelolaan persediaan perusahaan. Kelemahan ini
disebabkan karena belum adanya penyesuaian prosedur terhadap proses bisnis
perusahaan, terutama proses melalui sistem ERP. Hal ini berdampak pada
pencatatan persediaan perusahaan yang tidak akurat. Oleh karena itu, penelitian ini
memberikan rekomendasi perbaikan atas analisis aktivitas pengendalian internal perusahaan guna menyelesaikan permasalahan yang timbul saat ini.

This study aims to evaluate and provide recommendations for improvements to
internal control over ERP-based systems in the PT PJM inventory cycle. This study
used a descriptive qualitative approach with a case study method with PT PJM as
the unit of analysis. This research uses observation, interview, and analysis
instruments on a series of company documents. The types of data used are primary
and secondary data. The results of the research conducted indicate that there are
several weaknesses in internal control over the company's inventory management.
This weakness is due to the lack of procedural adjustments to the company's
business processes, especially that processes through the ERP system. This results
in inaccurate company inventory records. Therefore, this study provides
recommendations for improvements from the analysis of the company's internal
control activities conducted in order to solve current problems.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Gofur
"Kepuasan pasien merupakan komponen utama penilaian mutu pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien terhadap layanan keperawatan peripoperatif perlu diidentifikasi agar perawat lebih termotivasi dalam memberikan pelayanan yang prima. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mutu pelayanan keperawatan peripoperatif dengan kepuasan pasien. Metode: Studi cross-sectional dengan teknik pengambilan sampling simple proporsi, serta menggunakan kuesioner Service Quality (ServQual) dan LPPSq (Leiden Perioperative care Patient Satisfaction questionare) ini melibatkan 140 responden yang menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Depok. Hasil: Terdapat hubungan antara mutu pelayanan keperawatan peripoperatif dengan tingkat kepuasan pasien dalam menjalani operasi (p = 0,000; α = 0,05). Kesimpulan: Persepsi mutu pelayanan keperawatan peripoperatif berhubungan erat dengan kepuasan pasien dan faktor jenis operasi adalah faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Saran: Perawat dan pemangku kepentingan dari bidang Pendidikan dan Pelayanan diharapkan mau meningkatkan kompetensi perawat di bidang layanan peripoperatif agar bisa memberikan pelayanan yang lebih prima.

Patient satisfaction is an important indicator of quality of services in healthcare facilities. Patient satisfaction of perioperative nursing care should be assessed in order to motivate nurses in providing better services. Objective: This study aimed to identify correlation between perception on quality of perioperative nursing care and patient satisfaction. Method: this cross-sectional with simple proportion sampling, and using questionare Service Quality (ServQual) and LPPSq (Leiden Perioperative care Patient Satisfaction questionare study involved 121 participants who underwent surgery in certain hospital in Depok. Result: there was a significant correlation between quality of perioperative nursing care and patient satisfaction who underwent surgery. Conclusion: Perception on quality of nursing care is closely associated with patient satisfaction, and type of surgery is the most significant factor affecting patient satisfaction. Conclusion: Nurses and stakeholders in Education and Services should be more concerned about improving nurse competencies in perioperative care in order to provide better services."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dhomas Setia Pramudhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Kerangka konseptual penelitian didukung oleh teori Teknologi-Organisasi-Lingkungan (TOE) untuk mengeksplorasi fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian. Desain kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari wawancara dengan 11 narasumber, sementara proses triangulasi digunakan untuk memvalidasi data keuangan perusahaan terkait dengan rasio keuangan. Temuan mengungkapkan bahwa adopsi teknologi ERP di PT XYZ didorong oleh perceived benefit, perceived compatibility, dan perceived complexity Selanjutnya, manajemen puncak, ketersediaan sumber daya perusahaan, dan dukungan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong adopsi teknologi. Kesimpulannya, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan mengalami peningkatan rasio gross profit nargin setelah mengadopsi teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) daripada sebelumnya

This research is aimed at investigating into factors that drive the adoption of Enterprise Resource Planning (ERP) at PT XYZ and their impact on firm performance. The conceptual framework of the study is underpinned by Technology-Organization-Environment theory (TOE) to explore phenomena and answer research questions. A qualitative design is utilized to collect and analysis data that are derived from 11 interviews meanwhile triangulation process relies on corporate archives that are related to financial ratios. Findings reveal that technology adoption of ERP at PT. XYZ is driven by perceived benefit, perceived compatibility, and perceived complexity Furthermore, top management, the availability of corporate resources, and government support has an important role in fostering technology adoption. In conclusion, the study finds that company experiences higher gross profit margin ratio after adopting ERP technology than before.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>