Ditemukan 163362 dokumen yang sesuai dengan query
Teddy Setyadi
"Suatu Travelling Web idealnya memiliki informasi yang lengkap mengenai profil sebuah objek wisata. Diantara informasi yang cukup penting adalah jalur yang dapat ditempuh untuk sampai ke lokasi, peta dan tentunya total biaya yang dibutuhkan. Travelling Web yang ada sekarang ini sudah cukup banyak yang mengintegerasikan fitur-fitur tersebut. Namun diantara sekian banyak Travelling Web yang ada, sulit ditemukan yang memiliki kemampuan untuk menyediakan informasi mengenai tempat wisata yang akurat, yang sesuai dengan profil user. Skripsi ini membahas penerapan konsep Web 3.0 pada sebuah Travelling Website dalam ekspektasinya membuat sebuah Travelling Web yang memiliki kemampuan untuk menyediakan informasi mengenai tempat wisata yang akurat, sesuai dengan yang diharapkan oleh user.
Pada sistem telah dilakukan pengujian kesesuaian output objek wisata dengan profil user baik pada fitur autosuggest ataupun manual search dengan hasil 100% akurat, lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan extract data dari seed (situs target) ke database dengan waktu rata-rata sebesar 0.86 detik per seed, lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan data pada fitur autosuggest dan manual search dengan waktu rata-rata sebesar 6.284728 detik (autosuggest) dan 3.619228 detik (manual search). Berdasarkan hasil survey terhadap user, dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah berhasil diimplementasikan dengan cukup baik karena mendapat nilai rata-rata 6,2 dari nilai maksimum 8.
Travelling Web, ideally has fully equiped with informations about travelling objects. Some crucial informations within are how to getting around to go to the object, maps and of course total fares needed. Travelling Web on these days are pretty good in implementing those features. But it's not sufficient yet, as they couldn't provide informations automatically based on user's profile. This research discussed about Web 3.0 concept on Travelling Website in it's expectation to make some Travelling Website which have any abilities to providing tour objects information precisely, as the users wishes to obtain. This research had sucesfully tested on both autosuggest and manual search function which brings 100% accurate result, total time needed to extract some seeds into database which brings average time 0.86 seconds per seed, how fast the system can show the output on both autosuggest and manual search which brings average time about 6.284728 seconds (autosuggest) and 3.619228 seconds (manual search). According to the survey result, this system has well done implemented with average point 6,2 from maximum 8"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51050
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Kurniawan Adi Putranto
"Perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat, mengakibatkan begitu banyaknya laptop dan PC yang beredar dipasaran. Ditambah lagi dengan makin banyaknya toko online komputer yang menawarkan harga yang bervariasi. Hal tersebut akan membuat banyak orang kesulitan dalam memilih laptop atau pun PC. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah search engine yang dapat membantu menentukan suatu barang yang akan dipilih. Pada Skripsi ini akan dibahas mengenai penerapan Web 3.0 pada search engine untuk toko komputer online. Search engine ini memiliki kemampuan untuk memberi masukan atau saran kepada user berdasarkan pada keyword dan user profile. Hal tersebut dapat terwujud karena adanya AI (Artificia Intelligence) yang dibuat berdasarkan pada ontologi. Ontologi disini berfungsi untuk mencari hubungan antara output yang dihasilkan berdasarkan dari keyword dan user profilenya. Output dari proses searching diharapkan dapat mendekati atau bahkan sesuai dengan keinginan user.
Pada sistem telah dilakukan pengujian perbandingan kecepatan ekstraksi data antara dua unit komputer dengan spesifikasi yang berbeda. Dimana persentase selisih waktu yang dihasilkan antara dua unit komputer tersebut dalam proses ekstraksi data mencapai 60,2%. Pengujian kecepatan proses juga diterapkan pada pencarian data dari database dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 0.01 detik. Berdasarkan hasil survey terhadap user, dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah berhasil diimplementasikan dengan cukup baik karena mendapat nilai ratarata 2,4 dari nilai maksimum 3.
The development of computer technology is so rapid, that caused so many laptops and PCs in the market. Coupled with the increasing number of online computer stores that offer varying prices. This will make many people confuse in choosing a laptop or PC. Therefore needed a search engine that can help determine an item to be selected. In this Final Project will be discussed on application of Web 3.0 on the search engines for online computer store. Search engines have the ability to give input or suggestions to users based on keywords and user profiles. This can happen because of the AI (Artificia Intelligence) which is based on ontology. Ontology is used to find the relation between the output that produced on the basis of keywords and user profiles. Output from the searching process is expected to be close to or even in accordance with the wishes of users. In comparison testing was done and the speed of extraction of data between two computers with different specifications. Where the percentage of the resulting time difference between the two computers are in the process of data extraction reached 60.2%. Testing the speed of the process is also applied to search data from a database with the average time taken is 0.01 seconds. Based on the survey results to the user, it can be concluded this system has been successfully implemented with good enough rated, because it got an average rating of 2.4 from the maximum value of 3."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51304
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Lucky Pradana Taufan
"Mesin pencari data di internet tidak begitu paham benar pencarian yang dimaksud oleh pengguna internet. Mesin pencari tidak tahu apakah halaman web sebenarnya sesuai dengan pencarian yang dimaksud oleh pengguna. Dengan web 3.0, semua informasi yang diinginkan oleh pengguna dapat diakses di internet dengan lebih spesifik dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. Sistem ini digunakan sebagai pencari data film, lokasi terdekat dengan user, film terbaru, film yang tayang, dan harga tiket agar menjadi lebih mudah tanpa harus melakukan pencarian secara umum, dengan masuk ke sebuah halaman web maka semua informasi film langsung ditampilkan sesuai dengan keinginan pengguna. Algoritma yang diterapkan sudah sesuai dengan userprofile, yaitu berdasarkan kesesuaian 100% antara, rating dengan umur, genre dengan jenis kelamin, alamat dengan peta. Rata-rata waktu yang didapat untuk halaman awal adalah 0.018639183 detik. Rata-rata waktu yang didapat untuk informasi film adalah 0.020122647 detik.
Data in the Internet search engine did not quite understand correctly referred to by the user searches the Internet. Search engines do not know whether the actual web pages in accordance with that stipulated by the user's search. With Web 3.0, all the information desired by users can be accessed on the internet with more specific and in accordance with desired by the user. This system is used as the search data so that the film becomes much easier without having to perform a search in general, by going to a web page so all the film information directly displayed in accordance with the wishes of users. The algorithm has been applied in accordance with the user profile, which is based on 100% compatibility between, with the age rating, genre with gender, address with map. The average time gained to the home page is 0.018639183 second. The average time gained for film information is 0.020122647 second."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51263
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Alfred
Barkeley: Peachpit press, 1999
025.042 52 ALF s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Riama Flora L.M.
"Penelitian mengenai pengindeksan pada Google telah dilakukan dari bulan Januari hingga Agustus 2003. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara Google mengindeks halaman web yang muncul pada pencarian dengan menggunakan kata kunci bidang pembangunan ekonomi dan sosial.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik eksperimen dan observasi. Eksperimen dilakukan dengan mengadakan pengujian bertingkat terhadap hasil pencarian di Google. Eksperimen dilakukan untuk mengetahui bahasa indeks dan sistem pengindeksan yang diterapkan pada search engine Google.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google menggunakan bahasa indeks alamiah dan sistem pengindeksan pasca-koordinasi. Hasil ini menunjukkan beberapa kelemahan pada pencarian di Google. Penulis mencoba memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki kelemahan tersebut."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S15559
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Stefano Ceri, editor
"Search computing, which has evolved from service computing, focuses on building the answers to complex search queries by interacting with a constellation of cooperating search services, using the ranking and joining of results as the dominant factors for service composition. The field is multi-disciplinary in nature and takes advantage of contributions from other research areas such as knowledge representation, human-computer interfaces, psychology, sociology, economics, and legal sciences. The book has been divided into four parts focussing on extraction and integration, query and visualization paradigms, exploring linked data, and games, social search and economics."
Berlin: Springer, 2012
e20406986
eBooks Universitas Indonesia Library
New Haven: Springer, 2008
025.04 WEB
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Roberto De Virgilio, editor
"In this book, present an extensive overview of the work done in Semantic Search and other related areas. They explore different technologies and solutions in depth, making their collection a valuable and stimulating reading for both academic and industrial researchers.
The book is divided into three parts. The first introduces the readers to the basic notions of the Web of Data. The second part is dedicated to Web Search. It presents different types of search, like the exploratory or the path-oriented, alongside methods for their efficient and effective implementation. The focus of the third part is on linked data, and more specifically, on applying ideas originating in recommender systems on linked data management, and on techniques for the efficiently querying answering on linked data."
Berlin: Springer-Verlag, 2012
e20408106
eBooks Universitas Indonesia Library
Arif Widodo
"
ABSTRAKTeknologi 3D berkembang pesat dengan penggunaan yang luas. Tantangan yang muncul bagi teknologi 3D adalah kemudahan pengimplementasiannya dalam situs web. Blender merupakan salah satu perangkat lunak pengembang produk 3D yang bersifat sumber terbuka. Didukung perangkat plugin Burster, permainan 3D Blender dapat diimplementasikan dalam situs web. Caranya dengan menyisipkan kode tertanam dalam file HTML. Perpaduan Blender, plugin Burster dan sistem web klien-server digunakan untuk membangun sistem perpustakaan virtual pada sebuah web. Sistem ini dibuat dari permainan 3D Blender yang dihubungkan dengan basis data MySQL. MySQL berinteraksi dengan PHP untuk menghubungkan permainan 3D pada basis data ke perambah web. Plugin Burster menjadi perangkat tambahan yang berfungsi menampilkan permainan 3D pada perambah web. Pengintegrasian teknologi-teknologi tersebut secara bersamaan adalah solusi yang digunakan untuk mengintegrasikan permainan 3D dengan sistem web. Sistem perpustakaan virtual ini diuji oleh 10 penguji. Dari pengujian disimpulkan bahwa sistem perpustakaan virtual yang dikembangkan memuaskan pengguna dengan nilai kepuasan 64,38% serta cukup potensial untuk dikembangkan lebih lanjut dengan nilai potensi 59,50%.
ABSTRACT3D technology has been growing very quickly and implemented in many areas of life. One of the challenges in 3D technology is the inconvenience in implementing 3D technology in websites. Blender is a 3D development open source software. It is supported by plugin Burster. Blender 3D game can be implemented in websites. This can be done by inserting embedded codes in the HTML file. By combining Blender, Burster plugin and a web client-server system, we build a virtual library system on the web. This system was created with Blender 3D game which is connected with MySQL database. MySQL database is connected to PHP to communicate its contents with web browser. Burster plugin became functional software to display 3D games on the web browser. The integration of these technologies together should be a solution to overcome difficulties in implementing 3D games in websites. This virtual library system has been tested by 10 users. The test result shows that the level of user satisfaction of the virtual library is 64,38% and user?s opinion, with assessment level of 59.50%, indicates that further development of this system is potential."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S923
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library