Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25677 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febrian Al-Kautsar
"Peningkatan jumlah pelanggan suatu operator jaringan seluler tidak hanya berdampak pada peningkatan penghasilan operator tersebut, tetapi berdampak juga pada penurunan kualitas jaringan. Penurunan kualitas jaringan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kegagalan panggilan. Kegagalan panggilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kesalahan pada perangkat telekomunikasi pelanggan, lokasi pelanggan yang berada diluar jangkauan BTS dan jaringan yang sedang padat. Untuk menghindari terjadinya penurunan kualitas jaringan maka harus dilakukan optimasi jaringan secara berkala. Salah satu metoda dalam melakukan optimasi jaringan adalah dengan drive test.

The increasing number of subscribers of a cellular network operator impacts not only on its revenue, but also on the derivation of the network quality. Increase of call failure is a mark of this derivation on network quality. Call failure can be caused by factors such as failure on the user's equipment or phone, the location of the user which is outside of the serving BTS's coverage area and loaded network traffic. To avoid derivation on network quality, network optimization is needed to be done periodically. A method that is often used in optimizing a network quality is by performing drive tests."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51430
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gani Ajmil Hakim
"Analisis parameter BSS dalam proses seleksi cell dan handover berfungsi untuk optimalisasi kinerja BTS Macro Outdoor Hicap PALEMINDHKLGMD. Optimalisasi dilakukan dengan merubah kemiringan antena (down-tilt) dari 3_ mejadi 5_ serta mengatur level power kontrol downlink antara -80dBm hingga -60dBm dan Level uplink di atur antara -85dBm hingga -70dBm, dengan batas bawah Px dan Nx adalah 1, serta batas atas Px= 4 dan Nx= 6. Hasil optimalisasi diuji dengan drive test diarea BTS dan OMC-R. Ditunjukan bahwa untuk Rxlevel antara -75dBm sampai - 65dBm meningkat sebessar 15,11%, sedangkan untuk Rxlevel antara -90dBm hingga -105dBm terjadi penurunan sebesar 9,16%. Juga ditunjukkan bahwa SDDrop rate menurun sebesar 0,184%, HO Failure rate sebesar 9,13%, Tch drop rate sebesar 0,582%, sedangkan TCH Traffic meningkat sebesar 9,8 erlang.

BSS parameters analysis in cell selection and handover has the function to optimize the BTS Macro Outdoor Hicap of PALEMINDHKLGMD performance. The Optimalization of this BTS is carried out by down-tilting the antennas from 5_ to 7_ and setting the downlink power control at -80dBm up to -60dBm and uplink power control at -85dbm up to -70dBm with the lower margin for Px and Nx = 1, and the upper margin for Px= 4 and Nx = 6. From the drive test, it can be shown that the Rxlevel within the range of -75dBm up to '65dBm increased up to 15.11 %. Meanwhile Rxlevel within the range of -75dBm up to -65dBm has decreased by 9.16%. It also shown that there is a decrease in SDDrop rate as much as 0.184%, HO failure rate 9.13%, TCHDrop rate 0.582%, and at the same time an increase of there is 9.8 erlang at the TCHTraffic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51411
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erna Yuliawati
"Drive test merupakan suatu pengukuran langsung yang bertujuan untuk mengetahui kondisi jaringan dari suatu operator dalam suatu wilayah. Skripsi ini membahas permasalahan yang berhubungan dengan kondisi jaringan 3G di area Cluster 1 dan Cluster 2 Tebet dari hasil pengukuran drive test berdasarkan standar parameter jaringan yang dipakai oleh operator, yaitu CPICH RSCP (Commant Pilot Channel Receive Signal Code Power), CPICH Ec/No (Commant Pilot Channel Energi Carrier per Noise), SQI (Speech Quality Index), CSSR (Call Setup Success Rate), CCSR (Call Complation Success Rate), SHO SR (Soft Hand Over Success Rate), CDR (Call Drop Rate).
Dari hasil drive test dengan metode benchmark ini diketahui operator mana yang belum mencapai target untuk beberapa standar parameter jaringan. Untuk selanjutnya dari hasil drive test ini akan dipakai oleh pihak operator selaku penyedia layanan telekomunikasi untuk melakukan optimasi agar tercapai suatu hasil standar jaringan yang baik yang sesuai dengan standar parameter jaringan yang dipakai oleh operator.

Drive test is a direct measure that aims to determine the condition of the network of an operator in the region. This thesis discusses the problems associated with the condition of the 3G network in the area Cluster 1 and Cluster 2 Tevet of drive test measurement results based on the standard parameters used by the network operator, the CPICH RSCP (Commant Pilot Channel Received Signal Code Power), CPICH Ec / No (Commant Energy Pilot Channel per Carrier Noise), SQI (Speech Quality Index), CSSR (Call Setup Success Rate), CCSR (Complation Call Success Rate), SHO SR (Soft Hand Over Success Rate), CDR (Call Drop Rate).
From the results of test drives with benchmark method is known which operator has not reached the target for some standard network parameters. To further drive the results of these tests will be used by the operator as a telecommunications service provider to perform the optimization in order to achieve a good outcome networking standard that complies with the parameters used by the network operator.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S43523
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leganek Mawardi
"Dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan dalam kaitan program pelayanan prima, Polda Metro Jakarta Raya melakukan berbagai inovasi. Salah satu inovasi pada fungsi lalu lintas Polda Metro Jaya adalah penyelenggaraan Samsat Drive Thru untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (roda dua maupun roda empat). Dimaksudkan agar mempermudah dan mempersingkat waktu pembayaran Pajak Tahunan dan pengesahan STNK mengingat saat ini jumlah kendaraan di wilayah Jabodetabek mencapai kurang lebih 8 juta kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat atau lebih.
Program Samsat drive thru ini dalam eksposenya bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam bentuk pelayanan yang cepat, tepat, mudah, dan murah dalam rangka pembayaran pajak kendaraan yang oleh setiap pemilik kendaraan bermotor setiap tahun. Karena, masyarakat tak usah repot-repot turun dari kendaraannya, hanya dalam hitungan menit urusan yang sebelumnya harus diselesaikan sampai berjam-jam bisa selesai dengan lancar. Tujuan lain yang lebih esensial dalam rangka pelaksanaan program Samsat Drive Thru, yaitu interaksi masyarakat dengan para calo atau pemberi jasa pengurusan menjadi terhambat, karena masyarakat tanpa kesulitan langsung berada di depan loket dan diurus dengan cepat dan praktis.
Dampak yang dirasakan adalah transaparansi Pelayanan Polri yang terjaga sehingga akan menimbulkan kepercayaan publik terhadap polisi karena pelayanan ini memberikan bukti akan adanya transparansi dengan jumlah pembayaran yang tertera jelas, serta akuntabilitas dengan pelayanan yang rasional dan cepat. Dengan demikian penulisan Tesis ini akan bisa memberikan analisis lebih mendalam dan mendetail mengenai optimalisasi program inovasi Samsat Drive Thru dalam rangka dukungan bagi Grand Strategy Polri.

In order to provide improved services in terms of excellent service program, the Greater Jakarta Metro Police perform a variety of innovations.One of the innovations in the traffic function is the operation SAMSAT Drive Thru for motor vehicle tax payment (two wheels or four wheels). Intended to simplify and shorten the time of payment of annual tax and vehicle registration endorsement given the current number of vehicles in Jakarta area reached more than 8 million for two-wheeled motor vehicle and four or more wheels.
SAMSAT drive thru this program in eksposenya aims to provide community facilities in the form of fast service, precise, easy, and inexpensive in order to pay the vehicle tax every year. Because, people do not bother to come down from his vehicle, just minutes before the affairs which must be resolved until many hours can be completed smoothly. Another goal is more essential in the implementation of the program SAMSAT Drive Thru, namely the interaction of society with the broker or the maintenance service provider to be blocked, because a society without difficulty directly in front of the counter and taken care of quickly and practically.
The impact is felt by the Police Service transaparansi maintained so that it will lead to public confidence in the police because the service provides evidence that there is transparency with total payment listed clearly, and accountability with a rational and fast service. Thus the writing of this thesis will be able to give more in-depth and detailed analysis of the optimization program SAMSAT Drive Thru innovation in the framework of support for the Grand Strategy of Police.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31547
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Angelina
"Ketidakseimbangan persebaran aliran barang dari wilayah barat dan timur Indonesia dan infrastruktur transportasi laut di Indonesia yang belum berperan secara efektif, menyebabkan peningkatan biaya logistik dan perbedaan harga komoditas di wilayah barat dan timur Indonesia. Karena itu, perusahaan penyedia jasa pelayaran harus mampu untuk merancang jaringan logistik maritim Indonesia yang paling sesuai dengan kondisi maritim saat ini dan memberikan keuntungan terbesar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pengambilan keputusan di setiap tingkatan (strategic, tactical, operational) dengan menentukan jenis kapal, rute pelayaran, dan alokasi kargo yang memberikan keuntungan maksimum. Dengan menggunakan Mixed Integer Programming, penelitian ini dapat memecahkan kombinasi dari ketiga permasalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkannya model pengambilan keputusan perancangan jaringan logistik maritim di setiap tingkatan (strategic, tactical, operational) untuk menentukan jenis kapal, rute pelayaran, dan alokasi kargo secara bersamaan.
The imbalance of distribution of the flow of goods from western and eastern regions of Indonesia and sea transport infrastructure in Indonesia who have not served effectively, causing an increase in logistics costs and differences in commodity prices in the western region and eastern Indonesia. Therefore, the provider of shipping services should be able to design the Indonesian maritime logistics network that best suits with the current maritime conditions and provide the greatest benefits. This study aims to obtain a model of decision-making at all levels (strategic, tactical, operational) to determine the type of vessel, the shipping routes, and cargo allocation that gives the maximum profit. By using Mixed Integer Programming, this research may solve a combination of these problems. Results from this study is the obtainment of decision-making model maritime logistics network design at all levels (strategic, tactical, operational) to solve the fleet-design, ship-scheduling, and cargo routing problems by simultaneously."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63892
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nahar
"Tulisan ini membahas tentang perancangan, pembuatan perangkat keras, dan pembuatan program untuk aplikasi pengaturan level ketinggian air berbasis Inverter Drive LG - SV008iC5. Aplikasi ini berupa simulasi pengaturan level ketinggian dan kestabilan air pada bak penampungan. Alat simulasi level ketinggian air terdiri dari bak penampungan dan bak sumber air, motor AC 3 phase, sensor dan panel kendali. Sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik untuk mendeteksi level ketinggian air. Panel kendali terdiri dari mikrokontroller jenis AVR ATMega 8535, modul Inverter LG - SV008iC5 dan seperangkat terminal penghubung. Untuk mengetahui kinerja alat, telah dilakukan serangkaian pengujian. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa alat telah berfungsi dengan baik. Inverter Drive LG - SV008iC5 mampu mengendalikan kecepatan putaran motor AC 3 phasa dalam beberapa kondisi level ketinggian air.

This final project describes the design, hardware development, and program development for application water level control system based on Inverter Drive LG ' SV008iC5. This application is a simulation of setting the height and stability of water levels in tanks. Height of water level simulation tool consists of water tank and water resources tank, 3 phase AC motors, sensors and control panels. The sensor used is an ultrasonic sensor to detect the level of the water level. Control panel consists of AVR microcontroller type ATMega 8535, Inverter module LG ' SV008iC5 and a set of terminal connector. To determine the performance of equipment, has conducted a series of tests. From the test results, it was found that the device is functioning properly. Inverter Drive LG ' SV008iC5 able to control the rotation speed of 3 phase AC motor in some cases the level of the water level."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51341
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Liebowitz, Stan J.
""Once upon a time, it was widely thought that Internet commerce could exist apart from traditional business strategy, and that all the known financial models previously relied on could be disregarded."
New York: [American Management Association;, ], 2002
e20438138
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
M. Wahyu Ashari
"Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah sumber energi yang bisa menjadi sumber energi alternatif ketika dunia mengalami kelangkaan sumber energi fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Saat ini PLTB belum menjadi sumber energi yang menjanjikan di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena efisiensi daya yang sangat rendah. Hal ini diakibatkan oleh efisiensi yang berubah-ubah seiring dengan perubahan kecepatan angin. Untuk meningkatkan efisiensi PLTB, pada skripsi ini dirancang sebuah pengendali berbasiskan jaringan syaraf tiruan (JST) yang dapat mengendalikan sudut dari blade pada turbin angin. Dari hasil simulasi didapatakan efisiensi turbin angin yang sudut blade-nya dikendalikan menggunakan JST lebih besar dibandingkan turbin angin yang sudut blade-nya konstan.

Wind Energy Convertion System (WECS) can become as one of alternative energy resources in the future that replaces fosil energy resources like Oil and Gas. However, nowadays Wind Energy Convertion System is not properly applied to be the primary energy resource in Indonesia yet, because the energy efficiency of wind turbine is low due to high dependency on wind velocity. In this paper, we design a neural network based controller to control the pitch of blade on wind turbine. From the simulation result, we verified thatbetter wind turbin efficiency has been achieved by using proposed neural network based controller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S176
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tyalintika Angelinrizki Sari
"Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai wilayah laut terluas dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Hal ini membuat transportasi laut menjadi kendaraan utama, termasuk dalam kegiatan logistik di Indonesia. Namun, pada kenyataannya transportasi laut masih belum efektif digunakan di Indonesia karena adanya ketidakseimbangan muatan antara wilayah bagian barat dan timur Indonesia serta belum meratanya infrastruktur pada kedua wilayah ini yang menyebabkan terjadinya biaya logistik yang tinggi dan disparitas harga pada kedua wilayah tersebut. Dalam hal ini, perusahaan penyedia kapal harus menentukkan rute pelayaran yang optimal sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pengambilan keputusan pada tiga tingkat waktu horizon yang berbeda (tingkat strategis, perencanaan taktis, dan operasional) dengan menentukkan rute tol laut yang optimal, jenis kapal, dan alokasi kontainer yang dapat memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan penyedia kapal dengan menggunakan Mixed Integer Programming.

Indonesia is an archipelago that has the largest sea area and has the second longest coastline in the world. This makes sea transportation the main vehicle, including in logistics activities in Indonesia. However, in real, sea transportation is still not effectively used in Indonesia due to load imbalances between the Western and Eastern regions of Indonesia as well as the uneven infrastructure in these two regions which causes high logistical costs and price disparities in the two regions. In this case, the ship supply company must determine the optimal shipping route so that it can produce maximum profits.
This study aims to obtain a decision-making model at three different time horizon levels (strategic level, tactical planning, and operational) by determining the optimal sea highway route, type of ship, and cargo allocation that can provide maximum benefit for the ship provider company using Mixed Integer Programming.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>