Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 91266 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Angga Prima Deswara
"Dalam Suatu proyek konstruksi terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan salah satunya yaitu biaya. Salah satu kendala dalam dunia jasa konstruksi di Indonesia dipicu oleh kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini berdampak langsung secara signifikan terhadap biaya setiap item pekerjaan yang telah dikerjakan sebelum terjadi kenaikan dan pekerjaan yang belum dikerjakan setelah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Oleh sebab itu, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) telah menjadi satu masalah serius yang berdampak pada industri konstruksi sehingga diperlukan suatu analisa hubungan antara biaya konstruksi bangunan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terhadap biaya setiap item pekerjaan yang telah dikerjakan sebelum terjadi kenaikan dan pekerjaan yang belum dikerjakan setelah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
Metode penelitian yang dilakukan berupa studi kasus dengan mengumpulkan responden dalam bentuk observasi dan wawancara terhadap pihak-pihak yang terkait dan data yang didapat akan dianalisa dengan menggunakan metode analisa deskriptif.
Dari hasil penelitian ini akan diketahui perkiraan biaya konstruksi bangunan dan kenaikan biaya produksi seiring dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi penyedia jasa konstruksi.

In a construction project there are some important matters which must be paid attention one of them that is expense. One of constraint in the world of construction service is in Indonesia triggered by increase of oil fuel. This matter affect direct by isn't it to expense every work item which have been done by before happened work and increase which not yet been done by after happened oil fuel increase of price . On that account, oil fuel increase of price have come to one serious problem which affect at construction industry is so that needed by an analysis relation between building construction expense by oil fuel increase of price.
This research aim to to know how big affect oil fuel increase of price to expense every work item which have been done by before happened work and increase which not yet been done by after happened oil fuel increase of price.
Research method in the form of case study collected responder in the form of interview and observation to related and got data will be analysed by using descriptive analysis method.
From this research result will know by estimate of building construction expense and increase of production cost along with Fuel Oil increase of price for provider of construction service.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50526
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi
"Berawal dari terjadinya krisis sumber daya tetapi ingin mendapatkan bangunan yang berkualitas sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, maka diperlukan suatu perubahan dalam desain, metoda dan material sehingga menghasilkan suatu konstruksi yang unggul dengan biaya yang lebih rendah. Pendekatan yang dipakai adalah suatu pendekatan yang terorganisasi dan kreatif dimana bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengoreksi biaya yang tidak perlu atau elemen yang tidak mempunyai fungsi. Dasar dari biaya yang tidak perlu ini adalah biaya yang tidak memberikan jaminan kualitas, kegunaan serta model arsitektur yang diinginkan oleh pemilik dan konsumen."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S35661
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiarto Broto Salim Purwito
"ABSTRAK
Dengan meningkatnya pembangunan di Indonesia, Industri
Jasa Konstruksi telab tumbuh dan erkembang dengan pesat.
Pengertian Industri Jasa Konstruksi di Indonesia terdiri dari
beberapa bidang kegiatan, antara lain :
- Konsultan, meliputi bidang studi kelayakan, survei kuantitas,
desain struktur, gambar pelaksanaan, spesifíkasi teknis,
dokumen kontrak, administrasi & pelaporan.
- Kontraktor, mencakup bidang pelaksanaan sesuai perencaflaan
yang memenuhi persyaratan teknis, bíaya dan jadwal waktu yang
ditetapkan.
- Manajemen Konstruksi (MK), merupakan kegiatan modifikasi dan
kontraktor yang diambil alih oleh konsultan manajemen
konstruksi yang mengkoordinasi kegiatan konstruksi mulai tahap
awal sampai dengan tahap akhir.
MK dapat menjalankan sistim ?fast track ? dimana terdapat
beberapa kontraktor atau sub - kontraktor yang disesuaikan
dengan spesialisasinya masing-masing.
Menyadari adanya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Bisnis
Properti merupakan salah satu bidang usaha yang berkembang pesat.
Bisnis ini sangat erat hubungannya dengan industri jasa
konstruksi.
Untuk memperoleh keuntungan yang ditarget, pengusaha
Ptoperti harus meningkatkan efektivttas dan efisiensi pada setiat
tahapan didalam proses konstruksi yang ada.
Dalam hal ini maka diperlukan suatu manajemen konstruksi agar
dapat mencapai persyaratan mengenai aspek biaya , waktu dan
kualitas sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan. Penyím
pangan dan salah satu aspek tersebut akan memberikan dam
pak negatif pada bisnis properti, dan harus dapat dieliminasi
oleh manajemen konstruksj yang dijalankan secara profesional.
Penekanan dalam penulisan karya akhir ini adalah membahas
dan menganalisa pentingnya tahapan pelaksanaan didalam manajemen
konstruksi sehubungan dengan bisrijs properti yaitu mulai dan
tahap studi kelayakan, perencanaan dan pengendaijan, pengadaan,
pelaksanaan dan faktor-faktor penunjang didalam manajemen
konstruksi.
"
1993
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiana
"Salah satu sistem drainase perkotaan adalah penggunaan sistem polder. Sistem polder yang ada di Jakarta adalah Pantai Indah Kapuk (PIK). Sistem ini menggunakan waduk, pompa dan tanggul - tanggul yang dapat ditambah ketinggiannya apabila terjadi penurunan permukaan tanah atau pasang air laut, mengingat kawasan PIK berbatasan dengan laut Jawa. Sistem ini sangat memungkinkan kawasan PIK untuk bebas dari banjir. Studi kasus pada sistem polder PIK adalah pengumpulan data-data seperti curah hujan, peta masterplan PIK, serta bentuk penampang saluran dan waduk yang telah ada di PIK. Kemudian dapat dihitung intensitas hujan (rumus Mononobe) berdasarkan periode ulang 5-25 tahun, grafik lengkung IDF, koefisien runoff, luas daerah tangkapan air, dan waktu konsentrasi. Setelah itu, didapatlah debit rencana (rumus rasional). Selanjutnya koefisien kekasanm dinding saluran dan debit kapasitas saluran dapat dihitung (rumus Manning). Berdasarkan hasil analisa perbandingan antara debit rencana dan debit kapasitas saluran, maka dapat disimpulkan bahwa kapasitas yang ada mencukupi untuk hujan rencana dengan periode ulang 5-25 tahun, bahkan sampai dengan 100 tahun. Begitu pula dengan waduk PIK, kapasitas waduk masih mencukupi untuk hujan rencana dengan periode ulang 100 tahun."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S35781
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tigor Zorro
"Skripsi ini membahas mengenai struktur organisasi perpustakaan sekolah di Singapore International School Pantai Indah Kapuk. Perpustakaan tidak memiliki struktur organisasi mikro dan tidak ada dalam struktur makro organisasi induk (sekolah) walau fungsi perpustakaan dapat dilihat jelas berjalan sesuai dengan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Perpustakaan tersebut dikelola oleh 2 (dua) orang staf yang melakukan pengolahan koleksi dan layanan sirkulasi terhadap kebutuhan 713 siswa dan 20 orang lebih guru dan staf. Fungsi perpustakaan dan petugas perpustakaan dalam kondisi tidak menentu dalam usaha rnengembangkan unit kerja tersebut karena tidak memiliki kewenangan apapun atau status apapun. Penelitian dengan desain deskriptif menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang diinginkan melalui intepretasi terhadap kasus struktur organisasi.
Hasil penelitian adalah idealnya perpustakaan memiliki kepala perpustakaan, tetapi kenyataannya adalah fungsi kepala perpustakaan dijalankan oleh pejabat yang berada diluar unit perpustakaan. Kesimpulannya adalah perpustakaan Singapore International School Pantai Indah Kapuk jauh dari ideal struktur organisasi perpustakaan, baik dalam kerangka organisasi induk maupun internal perpustakaan. Penelitian ini menyarankan perlu adanya penelitian lanjutan untr:k mendalami pertimbangan-pertimbangan kebijakan atas keberadaan perpustakaan secara struktural dan ketiadaan kepala perpustakaan sebagai penanggung jawab perpustakaan untuk memperjuangkan kejelasan posisi strukturalnya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1914
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amry Panindra
"Jurnal ini membahas mengenai kegiatan business coaching pada PT. Duta Karya Mandiri yang merupakan UMKM bergerak dibidang manufaktur komponen otomotif dan produk berbahan dasar besi. Tujuan dari tesis ini adalah menguji kelayakan proyek baru berbasis scrap PT. Duta Karya Mandiri. Uji kelayakan ini menggunakan beberapa metode, yaitu : Net Present Value NPV , Internal Rate of Return IRR , Discounted Payback Period, dan Profitability Index. Pengujian dilakukan menggunakan skema pesimis, normal dan optimis. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa proyek ini layak untuk dijalankan dalam skema normal dan optimis.

This Journal discusses the business coaching process in PT. Duta Karya Mandiri which is a MSME in manufacturing of automotive parts and iron based products. The purpose of this thesis is to analyze the feasibility of scrap based new product for PT. Duta Karya Mandiri. This thesis uses capital budgeting method and Present Value NPV , Internal Rate of Return IRR , Discounted Payback Period, and Profitability Index as the analysis tools. This analysis uses pessimist, normal, and optimist scheme. Referring to capital budgeting analysis, this scrap based new project is feasible to be operated in normal and optimist scheme.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raymond Oenleng
"Kualitas pelayanan suatu rumah sakit merupakan produk akhir dari suatu integrasi dan saling ketergantungan yang sangat terkait antara berbagai aspck dalam sehuah sistem. Untuk dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pclayanan Rumah Sakit adalah dengan mclakukan penilaian kepuasan pasicn secara berkala dengan tujuan untuk mcngctahui oumut pelayanan rumah sakit, sehingga pihak manajemen dapat segera memperbaiki kekumngan yang ada.
Tujuan penelilian adaiah mengetahui tingkal kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit khususnya di unit rawat jalan dan faktor - faktor karakteristik pasien yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan yang melipuli pelayanan doktcr, pelayanan perawat dan pelayarlan administrasi Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.
Penelitian dilakukan di unit rawat jalan RS Pantai lndah Kapuk pada 110 orang pasien yang datang berobat, bersifat kuantitatif dengan dcsain potong linlang menggunakan metode Servqual yaitu mclihat pelayanan pada: sarana fisik, kchandalan, ketanggapan, jaminan dan perhatian. Dilakukan analisis univanat berupa proporsi, sedangkan analisis bivariat menggunakan chi square untuk mclihat hubungan anmra 6 variabel dependen dengan variabel indcpcndennya yaitu kepuasan pasien.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan 61 pasien (55,5%) menyatakan puas dan sisanya 49 pasien (44,5%) tidak puas. Terdapat 4 vaxiabcl independen pada uji bivarial yang berhubungan dengan vaniabcl dcpcnden secara signiiikan, yaitu faktorjenis kelamin, pendidikan, pckczjaan dan penghasilan. Pada uji multivariat dapat disimpulkan bahwa faktor karakterstik yang paling mcmpengaruhi kepuasan adalah faktor pcndidikan responden.
Pada analisa diagram Cartcsius didapati prioritas masalah yang harus diperbaiki antara lain dimcnsi tangible, realibility dan responsivenesns. Prioritas pada dimensi mngible adalah toilet yang tidak tezjaga kebersihannya, sedangkan dimcnsi realibility yang hams diperhatikan adalah wakiu amggu berobat yang lama dan pemeriksaan dokter tidak sesuai jadwal. Dimensi responsiveness yang menjadi prioritas adalah waktu pcndaiiaran lama dan pctugas administrasi yang kumng tanggap terhadap keluhan pasicn. Dimensi mutu pelayanan yang dianggap sudah baik dan ietap hams dipertahankan, antala iain adalah dimensi tangible bempa mang pcmeriksaan dokter yang 1-api dan ruang tunggu dengan fasilitas yang baik sedangl-can dimcnsi responsivness yang perlu dipertahankan adalah dokter dan perawat yang tanggap sedangkan dimcnsi awurance adalah terapi dokter yang profmional dan kondisi alat medis yang mcmberi kepercayaan. Dimensi terakhir adalah dimensi emphaty, yang perlu dipertahankan adalah perawat dan dokter yang pczhatikan keluhan pasien serta pclayanan tidak membedakan pasien.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat beberapa hal yang dapat disamnkan antara lain adalah peningkalkan kualitas pelayanan berupa pemberian pclayanan yang prima bcrdasarkan gambaran karakteristik pasien dan pelatihan sumber daya manusia di unit tersebut. Supervisi berkelanjutan terutama pada saat pelayanan di unit rawatjalan sedang sibuk. Membanglm komitmen dokter, agar dapai praktek sesuai jadwal sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien sesuai dengan motto rumah sakit yaitu "Sahabat yang Peduli Kesehatan Anda". Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaaat dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di unit rawat jalan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.

Service Quality ofa hospital is the final output (product) of an integration and interdepency among many aspect in one system. ln order to maintain and improve the service quality ol' a hospital is to measure of patient satisfaction periodically so that the output of hospital service is known and managment can improve service quality.
This analysis is made to know the level of patients satisfaction toward services by the hospital, especially at the outpatient departement and which patient characteristics effect patients satisfaction toward service quality, includes doctors service, nursing services and administration services at PIK Hospital.
The research was carried out in out patient Pantai indah Kapulr Hospital and this study was conducted quantitatively with the cross sectional research design using ll0 samples and it also used Servqual method with S aspects of satisfaction which are physical attributes, realibility, responsiveness, assurance and emphaty. Univariat anlaysis such as proportion, whereas bivariat analysis uses chi square to see the relation among 6 dependent variables with patient satisfaction as independent variable.
The results shown that as many as 61 patients (55,5%) were satislied and as many as 49 patients (44,5%) were unsatisfied with the services by received in the outpatient department at PIK Hospital- The bivariat analysis is show that 'fiom 6 characteristical variables that effects the satisfaction are 4 independent variables that are significant Those four variable are gender factor, education, job and income, for whereas patient characteristic such as age and the willingness for treatment are not significant From the multivariat anaysis can be concluded that the most important factor that effect the satisfaction is educational factor.
In the cartesius diagram analysis toward service quality dimension at the outpatient departement of PIK Hospital, is found that the most priority problem that should be improved are tangible dimension, rcalibility and responsiveness. The priority problem at the tangible dimension is the cleanliness of the toilet which is not well maintained, whereas at the reliability dimension factor should be paid attention is the long waiting time and undicipline doctors. From the responsiveness dimension, the priority should be given to the registration time and the administrations stalfs that are not responsive enoug toward patients complain. At the analytical cartesius diagram is also found the good service quality and should be maintained, one ofanothers are tangible dimension like neat and tidy treatment room and well facilitated waiting room. Responsiveness dimension which should be maintained is rmponsive doctor and nurses; assurance dimension is the professional treatment and the medical instrument that gives trust. From the emphatieal dimension that should be maintained is the nurses and doctors that give good attention to the patient complains and treat all patient equally.
Based on this analysis is suggested to improve the service quality such as to give the exellent service based on patient characteristics and to give training to the man powers at the outpatient departement. Building doctors commitment so they could give service on schedule and could give the excellent service to the paitent according to hospitals motto "Teman yang Peduli Kesehatan Anda". It’s wished that this analyis could give benefit in order to improve service quality at the outpatient departemen of PIK Hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T34390
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Nowadays, most of the large cities in Indonesia are growing along the coastal area with flat topography which tend to be under the mean sea level. The Water Management & Drainage System of Sector UB-2 Pantai Indah Kapuk North Jakarta was designed for the ponder system to eliminate the area from flood. The ponder system is a closed area protected by a ring dyke where the drainage system, pond or long storage and pumping system is used to manage the water level, velocity and discharge. This system has to be managed as one inseparable unit of water management, so that the surface as well as groundwater level in the ponder can be maintained using 25 year recurrence interval of design rainfall. The main function of the pumps is to maintain the water level in the reservoir as well as in the primary canal. The only outlet of the reservoir is through this pump. To ensure that the ponder system shall have a good pumping performance, it is necessary to design the Standard Operation Procedure for the pumps. The Standard Operation Procedure has been designed based on the Hydraulic Simulation Model of the polder system, using XP-SWMM software, passing some stages: Numerical Model setting up, initial estimation of pumping discharge, sensitivity test of pumping performance, Standard Operation Pumping Procedure Decision by taking into account the difficulty and failure possibility in implementation, such as genset (generator set) canonization, travel time of water to the pump station, design criteria of the polder, storage water level increase rate, total on-off event of the pump, and pumping duration."
551 BKMIKPK 1:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Sulistiawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S38689
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Utiek R. Abdurachman
"Penelitian ini mengungkapkan hubungan reklamasi pantai dengan hukum tanah nasional, perlu tidaknya penataan kembali ketentuan reklamasi pantai dalam suatu ketentuan yang berlaku umum dan bersifat intersektoral dan terpadu: jenis bak-hak Ates tanah yang diberikan oleh instansi yang berwenang terhadap tanah hasil reklamasi pantai. Penelitian dilakuken melalui penelitian lapangan sebagai sumber data primer. didukung dengan penelitian kepustakaan yang meliputi ketentuan-ketentuan reklamasi pantai yang telah ada dan beberapa literatur pendukung lainnya sebagai sumber data sekunder, dengan metode kualitatif. Reklamani dapat dikianifikasikan sebagai kegiatan pengedaan tanah yang bersumber pada Undang Undang Pokok Agracia. Dasar hukum reklamasi tercantum dalam peraturan yang berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Reklamasi merupakan kegiatan yang bersifat multi-dimensi, karena reklamasi tidak hanya berkenaan dengan masalah pertanahan tetapi Juga berkaitan dengan masalah kehutanan, lingkungan hidup. kelautan termasuk pemukiman penduduk perkotaan. Reklamasi merupakan sarana pengadaan tanah yang efisien terutama dalam menghadapi permasalahan pertanahan di perkotaan"
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T36325
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>