Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65883 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darma Setiawan
"Setiap perusahaan memerlukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing agar dapat mencapai tujuan bisnisnya. Untuk mendapatkan jumlah tenaga kerja yang sesuai di masa depan maka perlu dilakukan sebuah perencanaan yang tepat. Dalam membuat sebuah perencanaan diperlukan berbagai pengetahuan serta keahlian yang cukup dalam mengambil keputusan. Dengan permainan simulasi sebagai sebuah metode pengajaran dalam melakukan perencanaan diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang tepat. Untuk itulah dirancang sebuah permainan simulasi perencanaan tenaga kerja yang dapat memenuhi tujuan tersebut. Dalam proses perancangan permainan ini mengambil contoh dari sebuah lini produksi suatu perusahaan otomotif yaitu bagian perakitan mobil. Dalam permainan simulasi tiap peserta akan membuat perencanaan tenaga kerja selama beberapa periode ke depan. Peserta juga diberikan informasi yang berkaitan dengan perencanaan yang bisa digunakan dalam membuat strategi permainan. Setelah melakukan permainan simulasi diharapkan memperoleh pengetahuan dalam membuat perencanaan tenaga kerja, kebutuhan informasi apa saja yang harus dimiliki serta mampu melakukan pengambilan keputusan secara tepat.

Every company needs a workforce that suitable for its necessities in order to achieve its business goals. To get the right number of man power that fit for future requirement, a plan must conduct properly. To build an appropriate planning its need kind of knowledge and also sufficient skill to make decision. With this simulation game as a method in teaching how to make planning hopefully gives right learning. To fullfill that aim a simulation game based on man power planning is designed. In process to design this game took an example from a line production on assembly line in automotive company. In this game every students going to make man power planning for some periods. Students also given information related to planning which can be used to make strategy in this game. After finishing the game hope for every student get a new knowledge to make man power planning, to get information that required and also to make the right decision."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S50277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M.S. Mahfudz
"Perubahan satu-satunya hal yang tetap ketika hal lainnya pasti berubah di dunia ini. Perubahan telah menjadi ciri utama dalam menjalankan bisnis di saat ini. Perubahan tersebut menuntut hadimya sumber daya-sumber daya manusia yang siap menghadapi perubahan dengan dibekali oleh pengetahuan dan keahlian yang rnencukupi. Sebagai akibalnya dunia pendidikan pun dilunlut untuk semakin meningkalkan metode pengajararmya.
Permainan simulasi sebagai sebuah metode pengajaran menawarkan kelebihan-kelebihan yang tidak mampu diberikan oleh metode pengajaran biasa. Permainan simulasi sanggup memberikan kedinamisan kepada peserta dalam proses pembelajarannya dan mampu memberikan sebuah umpan balik yang cepat, kedua hal tersebut adalah sebuah hal yang penting dalam sebuah metode pembelajaran yang efektif.
Dalam dunia manufaktur Salah satu faklor penting dalam kegiatan operasionalnya adalah dalam hal perencanaan dan pengendalian produksi. Perencanaan dan pengendalian produksi sangat erat kaitannya dalam hal efektivilas dan efisiensi, selain ilu pcrencanaan dan pengendalian produksi juga berhubungan dengan kepuasan pelanggan.
Faktor-faktor di ataslah yang menjadikan pentingnya kegiatan perencanaan dan pengendalian produksi. Oleh sebab ilu maka pemmainan simulasi yang dibuat ini dalam lingkup manajemen perencanaan dan pengendalian produksi_ Hasil penelitian ini yaitu sebuah permainan simulasi pcrencanaan dan pengendalian produksi diharapkan dapal digunakan di dalam mendukung sebuah proses pembelajaran sehingga pemaharnan yang lebih mengenai perencanaan dan pengendalian produksi didapalkan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50092
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hedwigis Esti Riwayati
"Labor absorption hardly depends on the economic capacity and in the absence of market imperfection, the labor will be allocated efficiently among sectors. However, the assumption is hardly found in reality, and this give us a space to identify the explanatory variable of labor absorption. This research analyze the sectoral labor absorption based on J. Ladent model that internalize the demographic variable together with economic variable.
We apply this model to analyze the sectoral labor absorption in Cental Java using annual basis data from 1978-1999, and simulate the sectoral labor absorption under three different scenario; quo, optimist and pessimist scenario. The result shows labor absorption is highly correlated to labor quality, economic capacity and investment. Based on simulation, we-find that any shock on demographic or economic variable yield unequal impact on labor absorption accros sector. We find strong causality between GDP and national unemployment, and labor absorption. We also conform the lack of foreign capital investment as the main source of in-optimal leading sector development. "
2003
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kodrat Sutarhadiyanto
"Dewasa ini proses bisnis menjadi semakin penting untuk menunjang keberhasilan pada perusahaan~perusahaan jasa. P.roses bisnis perlu dirancang serta dipeliharaan dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau jasa yang memuaskan bagi konsumen. PT Telkom sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi memiliki komitmen untuk memberikan layanan yang memuaskan (service excellence) bagi konsumennya Dalam skripsi ini dibahas bagaimana performansi dari proses bisnis pasang baru layanan speedy yang ada dibandinghas dengan standar yang harus dipenuhi (Mean Time To Install). Untuk peraneangan perbaikan proses bisnis dilakukan pemetaan terlebih dahulu terhadap proses bisnis yang ada untuk kemudian dimodelkan dengan bantuan sofware ProeessMudel S.Ol.Setelah model diverifikasi dan divalidasi, maka model dirunning untuk mendapatkan data sebagai bahan untuk peraneangan usulan perbaikanDari basi simulasi ini selanjutnya diidentifikasi non value added activity dan value added activity yang memberikan kontribusi terbesar terhadap MTTI. Upaya perancangan perbaikan didasarkan pada hasil identifikasi tersebut yaloti pada kegiatan pernbuatan usemarne dan password dan pangukuran jaringan. Kedua kegiatan tersebut adalah kegiatan yang menambah nilai tetapi mernberi dampak pada dua kegiatan tidak rneruunbah nilai yakni menunggu pembuatan username dan password serta menunggu setelah kegiatan instalasi perangkat di pelanggan. Dari hasil analisa tersebut kemudian dibuat usulan perbaikan yang selanjutnya disimulasikan untuk mengetahui kinerjanya. Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sumberdaya manusia, maka dilakukan optimasi dengan SimRuner. Dah basil Optimasi tersebut diperoleh nilai-nilai kebutuban surnherdaya manusia untuk mencapai nilai MTTI yang optimaL Usulan ini memberikan nilai penurunan MTTI sebesar 54.86% serta memberikan kebutuhan riil staff CCAN dan UBS masing masing sebesar 6 dan 4 orang.

These days process business become important progressively to support efficacy at service fum Business process require to be designed and also looked after better so that can yield satisfying service or product to consumer. PT Telkom as one of the telecorrununications service provider have commitment to give satisfying service ( excellence service ) to its consumer. In this research is studied how performance of the existing business process compared to standard which must fulfill ( Mean Time To Install). For designing process business improvement conducted first by mapping beforehand to existing business process and then modeled using Processmodel 5.0l.After model bad been verified and also valid, hence running model to get data to use in designing business process in1provement From the simulation result is identified the non value added activity and value edded activity giving biggest contribution ro MTTI. Improvement relied on result identification namely creating usemame and pasword and network measurement Both of the activity is value added activity but giving impact at two non value added namely await making of password and uscmame and also await after activity of perioberal installation in cutomer. From result of the analysis is then made proposal for improvement and then simulated to know its performance. To know influence of human resource availability conducted by optimization with Simruner. From result of the optimization the requirement of human resource to reach optimal MTTI value in known. This design yielding MITI down to 54.1!6% and also give real requirement of CCAN and UBS staff equal to 6 and 4 people each."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S49995
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli
"Organisasi merupakan salah satu sistem yang terdiri dari banyak subsistem. Salah satunya adalah faktor manusia yang menambah kedinamisan organisasi tersebut. Segala kedinamisan ini harus dapat ditangani oleh seorang manajer yang baik. Namun untuk dapat mempelajari suatu sistem dinamis dan kompleks dalam waktu cepat itu tidaklah mudah. Oleh karena itu dibuatlah permainan Executive Decision Plus, yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar bagi para peserta yang ingin mempelajari kedinamisan suatu sistem bisnis lengkap dengan faktor manusia didalamnya. Adapun permainan ini mengadapatasi dari permainan Executive Decision. Pada penelitian ini, pertama akan dicari tahu terlebih dahulu hubungan antara variabel sumber daya manusia dengan elemen bisnis yang lain, kemudian digambarkan dalam bentuk diagram kausal. Setelah itu permainan ini dibuat kedalam program Powersim Studio 2005 yang telah biasa digunakan dalam membuat suatu simulasi sistem dinamis. Adapun konsep yang digunakan dalam permainan ini antara lain, pemasaran, akuntansi, pengembangan organisasi, dan sistem dinamis.

Organization is a system that contains many subsystems. Human Resource Management is one of the subsystems that make the organization more complex and dynamics. All this complexity must be handling by a good manager. But, it is not easy to learn dynamic and complex system in a fast time. Therefore the Executive Decision Plus was made. Hope this game can help people who want to learn about the dynamic business systems. This game is adaptation from the beginning game Executive Decision. In this research, first the human variable must be identified and the correlation between these factors with other factors was drawn in the causal loop diagram. The causal loop will be transfer into stock and flow diagram in Powersim Studio 2005 program. Some concepts that used in this game such as, marketing, accounting, organization development, and of course the dynamic systems."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S48544
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosep Halim
"Memiliki pemahaman mengenai kedinamisan sistem dunia bisnis dan industd secara terintegrasi dan menyeluruh merupakan suatu hal yang vital di dalarn industri yang kompetitif dewasa ini. Penilainan simulasi bisnis dapat memberikan suatu lingkungan yang interaktitl memotivasi, dan bebas resiko untuk mempelajari dinamika sistem dunia bisnis dan industri serta untuk menguji keputusan berdasarkan teori yang telah dipelajari. Perancangan permainan simulasi pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Sistem Dinamik yang dapat mendukung proses berpikir menyeluruh dan terpadu.
Dua permainan simulasi yang digunakan sebagai dasar di dalam penelitian ini adalah Management and Economic Simulation Exercise (MESE) oleh korporasi Hewlett Packard (HP) dan Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) oleh Khaled Nassar dari Universitas Bradley. Perancangan diawali dengan membuat diagram loop sebab akibat dari kedua permainan simulasi tersebut. Pada tahap kedua, dirancanglah suatu kasus dan diagram loop sebab akibat permainan simulasi bisnis yang baru, yang dinamakan Perrnainan Simulasi GeneShoes (PSG). Pada tahap ketiga, dirancanglah konsep perhitungan untuk PSG Pada tahap keempat dan terakhir, dirancanglah model Sistem Dinamik PSG beserta persamaannya dengan menggunakan program Powersim Constructor versi 2.51.
Hasil analisis yang dilakukan terhadap model PSG menunjukkan adanya kesesuaian antara konsep pemainan simulasi tersebut dengan hasil perilaku yang diharapkan. Agar proses penerapan PSG menjadi efektif, pedoman PSG bagi pemain dan administrator permainan juga disertakan di dalam penelitian ini.

Having integrated and comprehensive understanding of dynamic systems of business world and industries is vital in competitive industries nowadays. Business simulation game can give an interactive, motivating, risk-free environment to learn the dynamics of system in business world and industries as well as to test decisions based on theory which has been studied. Design of simulation game in this paper was conducted with System Dynamics approach that can support comprehensive and integrated thinking process.
Two simulation games that been used as basis in this paper are Management and Economic Simulation Exercise (MESE) by Hewlett Packard (HP) Corp. and Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) by Khaled Nassar from Bradley University. The design is initiated by making causal loop diagram of both simulation game. In the second step, a case and causal loop diagram of a new business simulation game, called GeneShoes Simulation Game (GSG) are designed. In the third step, calculation concept of GSG is designed. ln the fourth and last step, System Dynamics model of GSG is designed along with its equations using Powersim Constructor 2.51.
Result of analyses that have been done to GSG model showed conformities between concepts of the simulation game and expected behaviour results. In order that application process of GSG can be effective, GSG manual for players and game administrator are also included in this paper.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Elfrieda Chaerunisha
"Reagen merupakan bahan kimia yang dalam istilah kesehatan digunakan untuk mendiagnosis atau mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Bahan kimia ini dapat ditemukan di rumah sakit dan laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, jumlah permintaan reagen di Indonesia terus meningkat seiring dengan adanya peningkatan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan. Permintaan yang meningkat tersebut mendorong produsen reagen untuk memiliki kapasitas produksi yang cukup, sehingga dapat selalu memenuhi permintaan pelanggan. Penelitian ini membahas mengenai pengembangan model perencanaan kapasitas produksi suatu perusahaan reagen dengan menggunakan pendekatan simulasi waktu diskrit. Tujuan dari penelitian ini adalah dibuatnya suatu perencanaan kapasitas produksi reagen ketika terjadi peningkatan permintaan sebesar lima puluh kali lipat. Berdasarkan analisis hasil simulasi, diperoleh suatu usulan perencanaan kapasitas produksi yang dapat membantu perusahaan untuk tetap mencapai target produksi dan memenuhi permintaan pelanggan.
Reagent is chemicals that in health terms used to diagnose or determine a person's health condition. These chemicals can be found in hospitals and laboratories spread all over Indonesia. Currently, the amount reagent demand in Indonesia continues to increase along with the increasing number of health care facilities. Increased demand has prompted manufacturers of reagents to have sufficient production capacity, so as to always meet customer demand. This study discusses about the development of reagent production capacity planning using discrete-event simulation approach. The purpose of this study is to make a reagent production capacity planning when there is increased demand until fifty times. Based on the analysis of simulation result, recommendations of production capacity planning are made to help the company achieving production targets and meeting customer demand."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53201
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenny Tandra
"Kapal merupakan salah satu transportasi massal yang sering digunakan untuk kegiatan distribusi. Pelabuhan merupakan tempat pemberhentian kapal merupakan tempat penanganan bongkar muat container yang akan didistribusikan baik secara lokal maupun global. Penanganan bongkar muat container di kapal merupakan sistem yang kompleks karena ada variabel-variabel yang harus diperhatikan. Dalam penanganan bongkar muat container secara tepat dan benar diperlukan ahliahli sumber daya manusia yang memahami akan hal ini. Untuk pengadaan ahli-ahli sumber daya manusia ini, dibuatlah permainan simulasi peletakkan container di kapal dengan pendekatan prototype.
Pada penelitian ini, pertama akan dicari variabel-variabel dan kendala apa saja yang mempengaruhi proses penanganan bongkar muat container di kapal pada keadaan nyatanya. Setelah itu permainan ini dibuat dengan pendekatan prototype dengan terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan alat bantu yang dibutuhkan. Agar proses pembelajaran ini berjalan dengan efektif dibuat pedoman permainan bagi peserta yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar bagi peserta yang ingin mempelajari sistem penanganan bongkar muat container di kapal melalui eksperimen yang mereka jalankan sendiri.

Ship is the one of mass transportations that uses for distribution activity. Port is ship terminal where container will be distributed locally either globally. Container handling is a complex system due to variables that should be concerned. To have appropriate container allocation, expertise related to this system is required. Considering above conditions, simulation game for container allocation optimization with prototyping approach was made.
In this research, first of all the variables and contraints in container allocation at ship are identified. Then, the tools for prototyping were identified. In addition, some rules were developed to make the simulation process effectively. By doing the experiments thru this simulation game, people can learn the optimization process and implement it the real condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50384
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Iko Putera
"Laporan keuangan merupakan sumber informasi mengenai keadaan perusahaan dan dapat dijadikan sebagai dasar evaluasi strategi pemsahaan. Kemampuan memahami dan menganalisis laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan keberlangsungan dan daya saing perusahaan. Permainan simulasi bisnis dengan output laporan keuangan dapat memberikan suatu lingkungan yang interaktif, memotivasi, dan bebas resiko untuk melatih interpretasi dan analisis atas laporan keuangan yang dihasilkan oleh keputusan-keputusan bisnis yang diambil. Sedangkan bentuk bisnis keluarga dapat menyediakan suatu materi laporan keuangan sederhana yang mempermudah pemahaman dan proses pembelajaran. Perancangan permainan simulasi bisnis keluarga pada penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamis yang dapat memodelkan kompleksitas suatu sistem dan mempermudah identifikasi keterkaitan antar variabel-variabel yang ada dalam sistem tersebut. Proses pembuatan permainan dilakukan dengan menggunakan bantuan software Powersim Studio 2005 dan Microsoft Excel. Permainan simulasi yang dirancang pada penelitian ini bernama Financial Game yang mensimulasikan aktivitas bisnis suatu perusahaan dagang. Pada setiap awal periode permainan, peserta diharuskan melakukan input keputusan yang mencakup keputusan bisnis, keputusan investasi dan keputusan pembiayaan. Kemudian di akhir setiap periode, peserta akan mendapatkan output berupa laporan keuangan perusahaan, perhitungan rasio keuangan serta indikator-indikator tambahan lainnya. Selain itu, permainan ini juga dilengkapi dengan pedoman permainan peserta untuk mendukung implementasi permainan simulasi ini secara efektif. Hasil identifikasi poin pembelajaran yang dapat diperoleh permainan ini menunjukkan bahwa permainan simulasi ini mendukung proses pembelajaran dalam memahami laporan keuangan, menganalisis dampak keputusan yang diambil terhadap laporan keuangan, serta penggunaan laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Financial report is the source of information that shows the condition of a company and it can be used as a reference for business strategy evaluation. The skill in interpreting and analyzing financial report is essential to maintain the continuity and competitive power of a company. Business simulation game with financial report as its output can provide an interactive, motivating, risk-free environment to improve the skill in interpreting and analyzing financial report produced by business decisions. While the characteristics of family-owned business can provide a simple kind of financial report that can ease understanding and support the learning process. Design of family-owned business simulation game in this paper was conducted with system dynamics approach which is able to model the complexity of a system and ease the identification of the relationships between variables in the system. The simulation game was built using Powersim Studio 2005 and Microsoft Excel software. The simulation game designed in this paper is Financial Game that simulates business activities of a distribution company. In the beginning of each period of the game, the players have to input their decisions that include business decisions, investing decisions, and financing decisions. Then in the end of each period, the players will be able to see the output of the game which includes financial report, financial ratios, and several other indicators. Besides that, this game is also equipped with game manual to support effective implementation of the game. Results of learning points identification of the game show that the game is able to support the process of learning in understanding financial report, analysing the effect of decisions made to financial report, and using financial report as a reference in decision making."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S50039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hedwigis Esti Riwayati
"Tesis ini menggambarkan penyerapan tenaga kerja menurut lapangan usaha (sektoral), dengan memilih Propinsi Jawa Tengah sebagai daerah observasi. Model yang digunakan dalam tesis ini didasarkan pada model J. Ledent yang berjudul Regional Multiplier Analysis: a Demometric Approach dengan daerah observasi di Tucson Arizona, USA.
Variabel yang digunakan selain variabel ekonomi juga digunakan variabel demografi. Persamaan yang dipakai dalam tesis ini terdiri dari 14 (empat belas) persamaan regresi dan 5 (lima) persamaan identitas. Semua persamaan tersebut merupakan persamaan yang simuttan dan over identrfikasi. Data yang dipakai adalah data time series dengan periode tahun 1978-1999 yang sebagian besar diambil dari data yang diterbitkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS).
Untuk mengolah data dan melakukan simulasi ex-post dan ex-ante digunakan program komputer eviews. Dalam membuat simulasi ke depan yaitu tahun 2000 - 2005, dilakukan dengan 3 (tiga) skenario, dengan menggunakan variabel tingkat pengangguran nasional (.NUNR) dan variabel PDRB Propinsi Jawa Tengah menurut lapangan usaha (dalam juta rupiah atas dasar harga konstan 1993), sebagai variabel simulasi. Dari ketiga skenario tersebut memberikan hasil yang pada dasarnya sama, yaitu untuk penyerapan tenaga kerja menurut lapangan usaha (sektoral) di Propinsi Jawa Tengah (dalam jiwa/orang) dari tahun 2000-2005 mengalami peningkatan. Untuk pegawai negeri Sipil serta jumlah kelahiran dan jumlah kematian di Propinsi Propinsi Jawa Tengah (dalam jiwa/orang) mengalami penurunan. Sedangkan untuk tingkat pengangguran lokal Jawa Tengah (dalam %) dan pendapatan rill perkapita Jawa Tengah (dalam rupiah atas dasar harga konstan 1993) dari tahun 2000 - 2005 mengalami peningkatan.
Model dalam tesis ini baik untuk membuat simulasi ke depan dan dapat digunakan atau diaplikasikan di propinsi lainnya.
Daftar Acuan : 37 acuan (1976 - 2000)"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T1638
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>