Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159166 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siahaan, Liberto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40956
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Ismail
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S40892
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lilo Legowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40980
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aris Baktiyono
"Paduan aluminium ADC 12 merupakan paduan yang banyak digunakan dalam industri otomotif yang dewasa ini industri tersebut berkembang dengan pesat. Paduan harus memiliki sifat mekanis seperti yang diinginkan. Sifat mekanis tuangan diantaranya adalah sifat kekerasan, dipengaruhi oleh struktur mikro. Sedangkan struktur mikro dipengaruhi kecepatan pembekuan dari tuangan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kecepatan pembekuan pada benda uji yang memiliki variasi ketebalan 15, 35, 55 dan 80 mm dan pengaruh penggunaan cil dan riser (penambah) untuk mempenga uhi kecepatan pembekuan. Dari hasil pengujian kekerasan memperlihatkan, bahwa pada ketebalan 15 mm yang menggunakan cil memiliki kecepatan pembekuan yang tinggi dan struktur mikro yang halus dengan nilai kekerasan terbesar (14 HN). Sedangkan penggunaan penambah (riser) sebagai kompensasi untuk mencegah cacat akibat penyusutan pada ketebalan 35 mm, menyebabkan kecepatan pembe kuannya lambat dan bentuk struktur mikro yang kasar dengan nilai kekerasan terendah (68 BHN)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S47852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zwei Munici MZP
"Paduan Alumunium-Magnesium memiliki respon yang kurang baik terhadap perlakuan panas di antara paduan tuang aluminium lainnya, karena termasuk paduan non-beat treatable. Untuk meningkatkan respon terhadap laku panas dapat ditambahkan unsur Besi. Rasio Mg : Fe dalam paduan mempengaruhi respon paduan terhadap perlakuan panas. Salah satu jenis paduan A1-Mg-Fe yang banyak dipakai adalah Alloy 514.0 (A1-4%Mg-0.5%Fe) yang dicoba untuk ditingkatkan karakteristiknya dengan menambalmkan unsur Fe hingga 1.5% dan laku panas. Komposisi tuang paduan dihasilkan darl peleburan dengan menggunakan dapur krusibel jenis ciduk.
Sedangkan cetakan yang digunakan adalah cetakan logam, menggunakan standar JIS Z-2201 (sesuai ISO 2378) yang hasilnya sudah merupakan sampel tarik. Perlakuan panas yang dilakukan meliputi perlakuan pelamtan dengan temperatur 430°C selama 12 jam, diikuti dengan pencelupan ke dalam media air. Proses penuaan buatan dilakukan pada variasi ternperatur 150°C selama 2, 4, 6, 8, 10 jam dan 175°C selama 1, 2, 3, 4. 5 jam. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa paduan 514.0 dapat ditingkatkan karalcteristik (kekerasan dan kekuatan tariknya) dan dicapai hasil yang optimum dengan penambahan Fe hingga 1.5% yang diberi perlakuan panas plarutan dilanjutkan dengan proses penuaan buatan pada 175° C selama antara 4 dan 5 jam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S41955
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Eko Sukendar
"Produktivitas yang tinggi dari industri komponen otomotif dengan menggunakan material AC 4B dalam rangka memenuhi tingginya tingkat kebutuhan dari industri kendaraan bermotor mengalami gangguan akibat tingkat cacat yang tinggi. Tingkat cacat yang tinggi tersebut umumnya didominasi oleh cacat misrun maupun shrinkage, di mana salah satu penyebabnya adalah akibat fluiditas paduan AC 4B yang kurang baik Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan parameter yang optimal, yaitu berupa penggunaan temperatur tuang dan konsumsi modifier sodium yang tepat, sehingga dihasilkan fluiditas cairan paduan AC 48 yang baik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S41339
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>