Ditemukan 118777 dokumen yang sesuai dengan query
P. Hendarwan Budiarta
"Sistem simulasi yang diketengahkan dalam Tugas Akhir ini menggunakan algoritma pengaturan berbasis logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan untuk mengatasi kesulitan pengendalian pada sistem yang memiliki sifat non-linieritas tinggi, di antaranya adalah pengemudian mobil. Akan dijelaskan model asli model yang disederhanakan, serta penentuan model fuzzy Takagi-Sugeno mobil. Sebagai pengendali digunakan kontroler fuzzy yang dioptimasi dengan persamaan Riccati. Dibahas juga pengujian kestabilan pengendalian. Dalam hal ini, logika fuzzy tidak hanya digunakan pada pengendali (kontroller) tetapi juga untuk memodelkan mobil (model fuzzy Takagi-Sugeno). Pada bagian akhir diberikan flowchart program simulasi dan Basil-hasil simulasi pada beberapa kondisi untuk menunjukkan pengaruh - kecepat:an, waktu cuplik, panjang mobil, dan besainya state feedback gain, K terhadap kinerja pemarkiran."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38856
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Castillo, Oscar
"This book reviews current state of the art methods for building intelligent systems using type-2 fuzzy logic and bio-inspired optimization techniques. Combining type-2 fuzzy logic with optimization algorithms, powerful hybrid intelligent systems have been built using the advantages that each technique offers. This book is intended to be a reference for scientists and engineers interested in applying type-2 fuzzy logic for solving problems in pattern recognition, intelligent control, intelligent manufacturing, robotics and automation. "
Heidelberg : Springer, 2012
e20398732
eBooks Universitas Indonesia Library
Chang, Xiao-Heng
"This book investigates the problem of non-fragile H-infinity filter design for Takagi-Sugeno (T-S) fuzzy systems. Given a T-S fuzzy system, the objective of this book is to design an H-infinity filter with the gain variations such that the filtering error system guarantees a prescribed H-infinity performance level. Furthermore, it demonstrates that the solution of non-fragile H-infinity filter design problem can be obtained by solving a set of linear matrix inequalities (LMIs). "
Berlin: Springer, 2012
e20398900
eBooks Universitas Indonesia Library
Andri Fitriadi
"Navigasi merupakan hal yang sangat penting dalam setiap pelayaran kapal laut, yaitu untuk mengetahui posisi kapal dalam koordinat geografis. Pengendalian pada sistem kemudi kapal laut dimaksudkan untuk melepaskan diri dan ketergantungan kemudi kapal terhadap seorang nakhoda dan kapal laut dapat tiba di tempat tujuan dengan kesalahan posisi yang tidak terlalu besar.
Pada skripsi ini akan dibahas perbandingan dua pengendali yang akan digunakan untuk mengendalikan kemudi kapal laut, yaitu pengendali logika fuzzy dan pengendali ANFIS (Adaptive-Network-Based Fuzzy Inference System). Pengendali logika fuzzy menggunakan metoda basis aturan berdasarkan pengalaman seorang pakar (dalam hal ini nakhoda) untuk mengendalikan kemudi kapal yang diambil dari acuan[2] , sementara pengendali ANFIS merupakan pengendali neuro fuzzy yang rnenggunakan proses learning dari basis data untuk menghasilkan basis aturannya. Kedua jenis pengendali ini akan menghasilkan kinerja yang berbeda."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39917
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Febrizal Adha
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38546
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Simanulang, Ridwan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38542
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Waspodo Bayu Aji
"Dalam sistem tenaga listrik, frekuensi sistem hams dapat dijaga pada standar operasi dari setiap mesin pembangkit daya ( 50 Hz). Masalah utama pada saat pembangkitan tenaga listrik adalah jika sistem mengalami gangguan ketidakseimbangan daya sistem sehingga menyebabkan tejadinya penurunan frekuensi sistem.
Penurunan frekuensi sistem ini sangat berbahaya sebab bila tidak teramati dengan baik dan segera dilakukan tindakan penyelamatan akan dapat menyentuh batas bawah frekuensi sistem terinterkoneksi yang masih dapat bertahan (47.5 Hz) sehingga akibat fatal yang terjadi adalah pemadaman total (black out).
Tesis ini membahas mengenai bagaimana mengatasi penurunan frekuensi sistem akibat beban berlebih dengan melakukan pelepasan beban otomatis pada sistem Jawa-Bali dengan menerapkan teknologi Fuzzy. Aturan-aturan berbasis pengetahuan para pakar atau data yang menjadi rule base fuzzy ternyata dapat diterapkan untuk menghasilkan nilai besar keputusan pelepasan beban yang tepat seperti hasil perhitungan rumus matematika
In the case of the electrical energy, the system frequency has to be maintained at the operational standard of every energy producing set of 50 Hz. The main problem which may arise at the electrical energy production is when there is problem due to the energy system equilibrium which will eventually cause the lessening in the system frequency.The lessening in the system frequency will create serious problem, because if that remains well unnoticed and no safety action is soon be taken, this may eventually touch the base limit at the interconnection system frequency, which, so far is still able to stand (at 47,5 Hz) and so that a fatal consequences may follow, which is the total black out.This thesis basically discuss the way how to overcome in any way the lessening of the system frequency as a result of the excess burden by releasing automatic burden in the in the Java-Ball systems and by making use of the fuzzy logic technology.All the rulings which are based on the expert knowledge and data which so far have been parts of ttie rule base fuzzy, all prove to be applicable to produce outstanding function in the decision of releasing the right amount of burden just in line with application of the mathematical formula."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T284
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ari Triyono
"Pengendalian laju putar mesin adalah salah satu aplikasi pengendali yang cukup rumit karena mesin memiliki fungsi alih yang non linier dan kompleks. Masalah pengendalian laju putar ini adalah bagaimana mengatur laju akhir suatu mesin bensin empat langkah sehingga sama dengan yang dikehendaki oleh pengemudi.
Pada skripsi ini dibahas sistem kendali logika fuz.y yang diterapkan untuk mengendalikan laju putar mesin bensin empat langkah. Pengendali ini mengatur bukaan throttle yang menentukan besar laju aliran udara menuju ke ruang pembakaran sehingga mampu mengendalikan 1aju putar mesin.
Metode perancangan logika fuzzy ini berdasar metode input dan output mapping faktor, dimana untuk perolehan performansi yang optimal dengan cara memanipulasi lebar variabel fuzzy baik input maupun ouput daripada rnemanlpulasi basis aturan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39731
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"The paper proposes a control method called fuzzy logic based reference (Set-Point) control..."
PRITSAT
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Chandra Wibawa
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38539
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library