Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77810 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Keberhasilan mobile robot car Automated Guided Vehicle (AGV) untuk bergerak mengikuti garis (track) sangat dipengaruhi oleh sistem kendali robot tersebut. Dalam sistem kendali ini banyak faktor yang terlibat didalamnya diantaranya komponen mekanik, komponen elektronik ,dan pemrograman kendali. Sebagai usaha untuk mendapatkan sistem kendali yang optimal maka penelitian ini berusaha mengumpulkan analisa sistem kendali yang didasarkan atas data pengujian gerak AGV. Tahapan yang dilalui untuk memenuhi tujuan diatas mulai dari perancangan konstruksi, manufaktur, dan pemrograman AGV dilakukan pada penelitian awal sistem kendali AGV. Setelah AGV selesai dibuat, dari beberapa metode pengujian diperoleh bahwa karakteristik pengontrolan AGV untuk bergerak lurus mengikuti garis (track) sangat dipengaruhi hubungan input PWM dengan rpm dan torsi motor DC."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37858
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Aryabaskoro Daneswara
"AGV (Automatic Guided Vehicle) merupakan suatu sistem otomasi yang digunakan pada industri, dimana proses pengangkutan beban dilakukan oleh alat secara otomatis sesuai dengan system yang telah ditentukan. Aplikasi dalam bidang industri sangat besar, dengan penggunaan AGV, maka banyak faktor dapat diefisienkan. Yang terpenting adalah masalah efisiensi tenaga kerja. Pada skripsi ini, dirancang suatu controller AGV, untuk menjalankan komponen-komponen AGV. Tujuan skripsi ini adalah untuk minimalisasi komponen AGV apabila terjadi maintenance AGV. Masalah yang sekarang timbul adalah saat komponen buatan jepang (original) rusak, maka harus memesan langsung ke Jepang. Biaya yang dikeluarkan tinggi dan waktu yang digunakan untuk delivery barang cukup lama. Maka coba untuk dirancang dengan disain baru. Pada skripsi ini, difokuskan pada bagian controller. Bagian-bagian lain seperti disain mekanik, sensor jalur dan sensor deteksi masih menggunakan buatan aslinya. Maka diperlukan sinkronisasi antara input sensor dan keluaran pada motor DC. Semua fangsi power supply, input sensor, keluaran motor DC, indicator LED, dan masukan tombol diatur dalam microcontroller AVR ATMEGA 8535. Pada percobaan tentang system ini, dapat diukur tentang respon dari sensor dan motor DC serta pembacaan sensor jalur AGV. Walaupun terdapat penyimpangan jalur saat AGV berbelok sedang, berbelok tajam, lurus, dan saat berhenti, system AGV ini berjalan sebagai mana mestinya. Beberapa hal yang dapat ditingkatkan kemampuannya adalah mengenai sistem pembacaan sensor yang lebih sensitive, dan motor DC yang digunakan memiliki respon yang lebih cepat."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
S40248
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
TA3393
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lusyane Eko Tantri
"Fleksibilitas telah dikenal sebagai salah satu kunci kompetitif bagi perusahaanperusahaan manufaktur. Flexible Manufacturing System merupakan sistem yang kompleks dan menghabiskan investasi yang besar sehingga memerlukan fase desain yang akurat. Mealui simulasi, dapat diperiksa dengan seksama perilakuperilaku dari komponen-komponen FMS untuk memprediksi performa dari sistem manufaktur. Kapasitas buffer, mean time to repair, dan jumlah automated guided vehicle terbukti merupakan faktor-faktor penting pada FMS yang signifikan mempengaruhi throughput rate. Selain itu, ditemukan adanya interaksi signifikan antara ukuran buffer dengan MTTR dan pada interaksi antara MTTR dengan jumlah AGV.

Flexibility is known as one of the competitive keys for manufacturing industries. Flexible Manufacturing System is a complex and expensive system that require an accurate designing phase. By simulation, it is possible to carefully examine the behavior of FMS components to predict the performance of a manufacturing system. Buffer size, mean time to repair, and number of automated guided vehicle system are proven as critical factors in FMS which affecting throughput rate significantly. Furthermore, it is found that there are significant interactions between buffer size and MTTR and also between MTTR and number of AGV."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42368
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mario Yudha
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
TA1047
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
TA3270
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2004
S29173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muadzin Furqanul Jihad
"ABSTRAK
Pada Tugas Skripsi ini dibuat simulasi suatu sistem kendali untuk mengendalikan gerak longitudinal pesawat terbang. Sistem ini bekenja mengendalikan gerakan pitch pesawat (gerakan naik-turun hidung pesawat). Ini dilakukan dengan pengaturan sudut elevator (sirip pada sayap belakang horisontal). Dalam simulasi ini digunakan metode Runge-Kulta orde empat.
br>
Dalam Tugas Skripsi ini digunakan pengendali berbasis logika fuzzy yaitu
pengendali umpan balik yang mendasarkan pengendaliannya pada teori Iogika fuzzy.
Tujuan penerapan logika fhzzy tersebut adalah untuk memperbaiki tanggapan waktu
sistern kendali dalam mencapai kestabilannya.
Dalam analisa respons keluaran sistem dipakai parameter tanggapan waktu,
yaitu rise time, settling lime, percent overshool. dan steady state error. Hasil analisa
menunjukkan bahwa penerapan pengendali logika dapat memperbaiki tanggapan
waktu sistem kendali gerak pitch pesawat terbang.

"
1996
S38783
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Puji Hernanto
"Telah dilakukan permodelan AVA/AVO dengan menggunakan data sumur sebagai model litologi. Data sumur yang digunakan adalah nilai kecepatan gelombang primer (Vp) dan kecepatan gelombang sekunder (Vs). Pada data sumur tersebut dilakukan model penggantian fluida berdasarkan persamaan Biot-Gassman yaitu dengan mengetahui nilai Vp dan densitas (optional) dapat diturunkan nilai Vp dan Vs (dan kemudian rasio poison) sebagai fungsi saturasi air (Sw) dan porositas.
Pada model litologi dilakukan permodelan kandungan fluida pada nilai Sw = 30% sampai 90% dengan interval 30% yang diasumsikan sebagai model reservoir yang terisi gas dan air yang kemudian dibandingkan dengan data seismik riil. Pada hasil permodelan dilakukan analisa AVO berdasarkan atribut produk yaitu dengan mengalikan antara nilai I (intercept) dan gradien yang terbukti dapat membedakan antara model yang menggunakan Sw = 30% dan Sw = 100%.

The amplitude variation with angle (AVA) modelling to illustrate the seismic response in connection with the fluid substitution is carried out by using geological model of well data. The geological model consists of pwave, s-wave velocity and density. The fluid substitution model is performed based on Biot-Gassman equation, which is the function of water saturation (Sw) and density.
In this study, the modelling is conducted at Sw of 30%, 60% and 90% by assuming that the reservoir is containing gas and water. The seismic response of fluid substitution model is then analyzed based on the AVA attributes (i.e., intercept and gradient), which is believed able to distinguish between geological model with Sw of 30 % and Sw of 100%."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
S28839
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldino Jazmi Purnomo
"Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan akan sistem penggerak listrik untuk kendaraan listrik yang efisien, kecepatan serta torsi yang tinggi, dan perawatan yang murah semakin meningkat. Akan tetapi motor yang sering digunakan saat ini yakni motor DC belum mampu memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Oleh karena itu, digunakan motor BLDC untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Dalam penggunaan motor BLDC sebagai penggerak kendaraan listrik diperlukan suatu sistem Power Electronics yang handal. Fokus dari Skripsi ini adalah membahas perancangan Prototipe BLDC Motor Controller yang handal dan efisien untuk digunakan sebagai penggerak kendaraan listrik dengan metode pengendalian Six Step Commutation. Setelah itu BLDC Motor Controller hasil Simulasi, Reference, dan Prototipe yang dibuat oleh penulis akan dianalisa output fasanya, pengendalian kecepatannya dan performanya pada rancang bangun kendaraan Listrik (Karling) melalui metode Test Drive.
Pengujian Test Drive Kendaraan Listrik (Karling) sejauh 1 kilometer membutuhkan waktu 2 menit 20 detik dan diperlukan energi rata rata sebesar 26,469 Wh/Km. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai Kendaraan Listrik (Karling) adalah 32 Km /jam, dengan efisiensi sebesar 63,28%.

Along with the development, the need for electric drive systems for electric vehicles that are efficient, has high speed and torque, and need low maintenance is increasing. However, the motor that often used at this time, the DC motor, has not been able to meet the demand for it. Therefore, BLDC motors are used to meet those needs.
BLDC motors used as an electric vehicle propulsion need a reliable system of Power Electronics. The focus of this thesis is to discuss the design of the prototype BLDC Motor Controller that is reliable and efficient to use as an electric vehicle propulsion using the Six Step Commutation drive control method. After that BLDC Motor Controller Simulation results, Reference, and prototypes created by the author will be analyzed in terms of its output phase , the speed control and its performance on Electric Vehicles ( Karling ) through the method of Test Drive.
Testing Electric Vehicles ( Karling ) through Test Drive as far as 1 kilometer takes 2 minutes 20 seconds and the energy required average of 26.469 Wh / km. The maximum speed that can be achieved by Electric Vehicles ( Karling ) is 32 km / h , with an efficiency of 63.28 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>