Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29360 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Agus Farhan
"Rangka merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu kendaraan, karena dapat dikatakan rangka adalah pondasi dari suatu kendaraan. Dalam perancangan, rangka kendaraan harus mampu memuat dan menahan semua ragam komponen di dalam kendaraan tersebut. Selain itujuga rangka harus di desain untuk dapat menahan dan melindungi pengemudi maupun penumpang dalam kendaraan, oleh karena itu keamanan rangka harus menjadi aspek utama dalam merancang suatu rangka kendaraan. Dengan merancang rangka, kita juga dapat menentukan jenis kendaraan apakah yang akan dibuat nantinya yaitu mengenai batas kapasitas kekuatan rangka. Rangka dasar suatu kendaraan cukup mempengaruhi jarak Center of Gravity kendaraan dengan tanah ( ground ) dimana hal ini berpengaruh pada kestabilan kendaraan pada saat kendaraan melaju ataupun berbelok yang disebabkan oleh momen yang dihasilkan oleh kendaraan itu sendiri. Untuk itu dalam perancangan rangka kendaraan, perencanaan serta perhitungan mengenai beban maksimum yang akan diterima oleh rangka kendaraan merupakan suatu keharusan karena kekuatan serta keamanan rangka harus menjadi frontline dalam perancangan ini tetapi juga tidak melupakan aspek berat dari rangka tersebut maupun dalam segi estetika sehingga nantinya dapat menghasilkan menghasilkan suatu bentuk kendaraan yang baik, stabil, ringan namun kuat dan aman. Analisa metode hingga ( Finite Element Analysis) akan digunakan untuk menganalisa kekuatan dan kekakuan rangka untuk menjamin bahwa rangka tersebut layak seperti yang di inginkan yaitu dengan mengetahui tegangan utama, tegangan geser serta tegangan Von mises yang terjadi pada rangka akibat pembebanan statik maupun dinamiknya berada dibawah batas kekuatan dari rangka tersebut.

Chassis constitute the most important part of vehicle, because it can said that chassis is foundation from vehicle. The chassis is designed to be able to contain and provide support for the various components of the vehicle. Beside that, It is also designed to hold up and protect the driver as well as the passenger and hence the safety of the chassis has to be a major aspect of the chassis design. With chassis design, we also be able to determine what kind of vehicle will be product next that is about limit of strength chassis capacity. Chassis of vehicle influence enough distance between center of gravity the vehicle with ground where in this case influence to vehicle stability at the vehicle moving rapidly or turn around that cause by moment which product by the vehicle itself. On behalf of chassis design, planning and calculation about maximum load that will accepted by the chassis constitute imperative because strength and safety chassis must be frontline in this design with the result that later it can production a good, stable, light in weight chassis yet powerful and safety. Finite Element Analysis will use to analyse strength and stiffness of chassis for guaranteed that chassis meets the proper requirements that is with find out or detect principal stress, shear stress and von mises stress which happened to chassis consequence static loading as well as dynamic loading in under limit of strength that chassis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kajian jembatan rangka bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan membahas analisis program struktur dengan verifikasi silang antara hasil perhitungan komputer dan manual. Prinsip keseimbangan statika merupakan perhitungan manual sederhana yang juga digunakan untuk mengecek hasil program komputer. Model tipikal merupakan jembatan rangka bambu sistem "Howe" dengan bentang 24 m yang pernah dibangun di Colombia sekitar akhir 1990-an oleh ahli bambu internasional Joerg Stamm. Beliau adalah arsitek dalam pemodelan, pendetailan dan pelaksanaan jembatan bambu bentang sedang-panjang dengan tampilan estetis untuk melayani lalu lintas kendaraan ringan, dengan dukungan analisis struktural oleh universitas di Jerman. Setiap proyek dapat disetujui untuk dilaksanakan bila model memenuhi persvaratan perhitungan struktural. Hasil analisis mengungkapkan faktor-faktor kunci dalam keberhasilan jembatan batang bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan dengan beban kendaraan bruto dua ton. Faktor-faktor kunci meliputi: implementasi faktor keamanan terhadap variabilitas kekuatan batang yang menjamin bambu sebagai bahan alamiah yang ampuh, konektivitas baik di titik simpul sehingga batang tekan dan tarik membentuk keseimbangan gaya, kegunaan jembatan bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan satu jalur agar menghindari puntir dan pelaksanaan padat karya yang memerlukan relasi baik antara pelaksana dan masyarakat setempat. Kajian ini diharapkan menunjang teknologi jembatan rangka bambu yang aplikatif dalam meningkatkan sarana konektivitas perdesaan dan daerah terisolir."
620 JTJ 1:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rais Rassudar
"Dalam perancangan dan pengembangan kendaraan surya lomba, desain body dan struktur ditujukan untuk mendapatkan bobot yang ringan tetapi kuat dan kokoh serta mempunyai tingkat keamanan yang baik. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik dan pembuatan prototipe. Pada tahap seleksi konsep, dipilih jenis monocoque dengan menggunakan bahan carbon fiber agar didapat integrasi body dan struktur yang praktis namun kokoh dan ringan serta sesuai dengan regulasi World Solar Challenge. Selanjutnya dianalisa perilaku mekanik akibat pembebanan impact dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan body dan struktur yang kuat namun ringan dengan pertimbangan kondisi impak pada saat terjadinya benturan yang dapat membahayakan pengemudi. Simulasi pembebanan dilakukan dengan bantuan piranti lunak berbasis metode elemen hingga agar dapat diketahui respon struktur yang terjadi.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles is a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to develop lightweight body of solar electric vehicles especially for racing car. In solar racing car design and development, body-chassis is concentrated to minimize weight and maximize strength and safety. But the trade-off is, on every extra pound will require more energy to displaced down the road. The loading condition simulated using FF.M based software. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a lightweight body with reliability and safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16905
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Irawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S35751
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel
"Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup berat sejak tahun 1997. Hal ini membawa darnpak serius terhadap seluruh sektor kehidupan termasuk sektor industri. lndustri skala kecil dan menengah terimbas krisis yang lebih kecil dibandingkan industri besar dan berbahan baku impor. Oleh karena itu perhatian terhadap industri keeil dan menengah barus tebih ditingkatkan agar penunjMg perekonomian nasional ini dapat tetap eksis. Diantara industri kecil tersebut adalah industri pengecoran logam dengan metoda cetllkan pasic Komponen utarna pada pengecoran logam dengan metoda cetak:an pasir adalah pola pengecoran logarn. Pola pengecoran logarn dibuat dari kayu dengan menggunakan mesin-mesin seperti mesin gergaj~ mesin ketam, dan mesin ampias. Mesin gergaji dan mesin ketam digunakan pada proses pemhentukan awal. sedMgkan mesin arnplas digunakan pada proses akhir untuk mendapatkan kekasaran pennukaan yang diinginkan. Mesin amplas terdiri dari 2 jenis yaitu mesin arnplas permukaan luar dan mesin arnplas permukaan dalarn. Industri pola pengecoran logarn membutubkan kedua jenis mesin tersebut untuk menghasilkan produk. dengan kualitas yang baik, tetapi kernarnpuan industri kecil sangat terbatas untuk menginvestasi kedua jenls mesin tersebut. Oleh karena itu perlu dipikirkan solusi agar industri poJa pengecoran logam dapat terus berproduksi dengan kualitas produk yang baik dan investasi yang tidak terialu besar. Mesln amplas serbaguna yang dapat menggantikan kedua jenis mes:in amplas yang ada saat ini merupakan alternatif pemecahan yang tepat. Dengan mesin ini, fungsi pengarnplasan permukaan tuar dan permukaan dalarn dapat ditakukan pada satu mesin."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christian Salmon
"ABSTRAK
Kendaraan listrik ringan ini dirancang menggunakan rangka space frame serta untuk beroperasi di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Kendaraan listrik ini dibuat lebih ringan guna meningkatkan efisiensi konsumsi energi kendaraan. Rangka space frame kendaraan listrik ringan ini menggunakan material Al 6061 T6 yang memiliki massa lebih ringan namun tetap mempertahankan kekuatan struktur saat diberikan pembebanan. Sistem suspensi depan dan belakang serta drivetrain dirancang untuk menggunakan komponen yang tersedia di pasaran. Perancangan dan perhitungan kekuatan dilakukan dengan menggunakan program Autodesk InventorĀ® yang kemudian dikonfirmasi dengan metode analitis, lalu dibandingkan dengan tegangan yield material dengan mempertimbang angka faktor keselamatan serta dynamic factor. Rangka kendaraan ini pada akhirnya disimpulkan mampu menahan pembebanan statis berdasarkan kriteria kegagalan Von Mises yang diperbesar dengan faktor pembebanan dinamik dan faktor keselamatan.

ABSTRACT
This light weight electric commuter is designed utilizing space frame and designed to operate within Universitas Indonesia Campus. This electric sightseeing vehicle frame is made to be lighter to increase energy consumption efficiency. This space frame electric vehicle frame using Al 6061 T6 that has lighter mass but retained its strength when loaded. Front and rear suspension and drivetrain is designed to use component available in market. Design and calculation of strength using Autodesk InventorĀ® program then confirmed by analytical calculation, finally compared with yield strength with safety factor and dynamic factor consideration. This vehicle frame is finally concluded capable to withstand static load based on Von Mises failure criteria amplified by dynamic factor and safety factor.
"
2015
S59062
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
N.R. Gantina K.S.
"ABSTRAK
Pada proses perakitan kendaraan di P.T. Toyota Astra Motor terdapat
proses pembalikan rangka kendaraan (frame). Proses ini terjadi karena proses pe-
masangan kompon pegas dan perdem kejut (shock absorber) dilakukan dnlam
kondisi rangka k daraan terbalik. Hal ini rmtuk memudahkan kerja opergtor
karena posisi tubuh operator ketika bekerja normal (tidak menghadap ke atas).
Dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja, maka
suatu jalur perakitnn yang dapat menampung semua PIOSCS perakitan
kedua jenis kendaraan yang berbeda tersebut. Berdasm-kan kebiiaksanaan manaje-
men pabxik, jalur koudaraan jenis Crown Saloon dan Land Cruiser yang semula
terpisah akan digabungkan.
Salah satu cara untuk melakukan peningkatan efisiensi kerja adalah dengan
melakukan otomasi pabrik. Pada kesempatan ini penulis merancang suatu sistern
otomasi proses kerja pada proses pembalikan rangka kendaraan, yang saat ini ma-
sih dilakukan secara manual, dengan mempergunakan mesin PLC (Prorammoble
Logic Controllers). Dengan diterapkannya sistem otomatis pads proses ini diharap-
kan keselamatan pekerja dapat lebih teljaga dan waktu idle yang oleh opera-
tor ketika mesin sedang bekerja dapat dengan beban kerja lainnya.

"
1996
S36586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Jolodiharto
"Perancangan kendaraan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di bidang otomotif sebagai alat peraga pendidikan yang menarik khususnya kendaraan darat roda empat. Perancangan ini dilakukan dengan membuat model tiga dimensi dan di simulasikan menggunakan software Autodesk Inventor dan SolidWorks. Kendaraan ini dirancang dengan rangka dasar dari mobil kit Lotus atau Caterham Seven yang memiliki rangka spaceframe dengan beberapa modifikasi untuk dapat menyesuaikan dengan part dari kendaraan lokal sebagai donor. Part-part dari kendaraan donor digambar dan disatukan dalam software dan dilakukan analisa pembebanan menggunakan software tersebut. Suspensi depan kendaraan ini dirancang untuk dapat memiliki kebebasan yang lebih pada pengaturan geometrinya agar dapat lebih dipelajari pengendaliannya. Suspensi depan kendaraan ini menganut sistem double wishbone yaitu menggunakan dua lengan kontrol untuk kebebasan yang besar, dan rigid axle pada suspensi belakang untuk kemudahan pencarian donor. Dari perancangan tersebut didapatkan camber maksimum pada kondisi normal sebesar + 40 dan minimum sebesar -30, serta dalam kondisi ekstrem sebesar +14.640 dan -160, untuk caster didapatkan antara -4.150 dan +6.580, ketinggian roll center depan kendaraan ini dapat diatur antara 0 mm sampai 189.76 mm dari permukaan tanah. Simulasi pembebanan menggunakan komputer dilakukan dalam perancangan ini dengan menerapkan beberapa parameter dalam penggunaan kendaraan ini. Hasil dari simulasi tersebut menunjukkan bahwa rancangan yang dibuat sudah cukup kokoh.

The design of these vehicles is to meet the educational needs in the automotive field as educational props of four-wheeled land vehicle. This design is done by creating a three-dimensional model and simulated using the software Autodesk Inventor and SolidWorks. The vehicle was designed with the basic framework of the Lotus or Caterham Seven car kit that has a spaceframe type frame with some modifications to meets to the local vehicles part as the donor. The parts of the donor vehicle drawn and assembled in the software and stress analyzed using that software. The front suspension of this vehicle is designed to have more degree of freedom in the geometric arrangement so its handling can be learned. The vehicle's front suspension adopts a double wishbone that use two control arms for great freedom, and a rigid axle rear suspension for ease of finding a donor. The design of the maximum camber obtained under normal conditions of + 40 and minimum of -30, and in extreme conditions of +14.640 and -160, for the caster found between -4.150 and +6.580, the height of the front roll center of this vehicle can be set between 0 mm up to 189.76 mm from the ground. Loading simulations using a computer made in this design by applying some of the parameters in the use of these vehicles. The results of the simulations showed that the design created is rigid.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhlan Prabancana
"Dalam kehidupan sehari hari, transportasi merupakan bagian penting dalam menunjang aktivitas manusia. Kebutuhan akan transportasi berlaku bagi semua orang, tidak terkecuali bagi penyandang tuna daksa. Kendaraan bagi penyandang tuna daksa haruslah aman, hemat energi, mudah dirawat, dan yang paling penting adalah mudah digunakan. Dalam perancangan ini, diasumsikan pengguna memiliki berat badan maksimum 100 Kg dengan berat kursi roda 20 Kg. Dari hasil perancangan kendaraan ini ditetapkan material yang digunakan yaitu aluminium Al-6063 T5 dengan nilai UTS 140 MPa pada rangka utama dan ASTM-A356-Grade-6-J12073-Cast-Steel dengan nilai UTS 350 MPa pada axle belakang. Hasil dari perancangan menetapkan material yang digunakan untuk rangka utama berukuran 30 mm x 30 mm sedangkan axle belakang dengan ukuran diameter 16 mm. hasil perhitungan dan simulasi seluruhnya menunjukan nilai safety factor yang dihasilkan secara keseluruhan diatas batas minimum yaitu 3 sehingga rangka chasis kendaraan ini dapat dikategorikan layak untuk digunakan

In everyday life, transportation is an essential part of supporting human activities. The need for transportation applies to everyone, including people with disabilities. This includes the right of accessibility, where every person with a disability has the right to live independently and participate fully in all aspects of life. Vehicles for people with disabilities must be safe, energy-efficient, easy to maintain, and most importantly, easy to use. This design assumes that the user has a maximum weight of 100 Kg with a wheelchair weight of 20 Kg. The results of this vehicle design determined that the material used was aluminum Al-6063 T5 with a UTS value of 140 MPa on the mainframe and ASTM-A356-Grade-6-J12073-Cast-Steel with a UTS value of 350 MPa on the rear axle. The design results determine the material used for the mainframe measuring 30 mm x 30 mm while the rear axle with a diameter of 16 mm. The calculations and simulations show that the overall safety factor value is above the minimum limit of 3 so that the chassis frame of this vehicle can be categorized as safe to use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulkan Kabiran
"Utilisasi dari sistem transmisi roda gigi pada umumya merupakan bentuk khusus yang melibatkan produksi roda gigi secara spesifik terhadap aplikasi tersebut. Kondisi ini mengakibatkan biaya produksi dan perancangan yang dikeluarkan untuk penggunaan roda gigi menjadi mahal dan sebagai akibatnya roda gigi dapat dianggap sebagai solusi terakhir dari suatu permasalahan transfer daya mekanik pada suatu sistem mekanik. Penyelesaian dari masalah ini yaitu dengan melihat roda gigi sebagai elemen standar yang memiliki bentuk umum dan tersedia dalam jumlah besar di pasaran, salah satu solusi yang digunakan yaitu pemakaian roda gigi dari kendaraan bermotor roda dua yang dapat diaplikasikan kembali pada sistem mekanis dari kendaraan bermotor atau sistem mekanis lainnya dengan melakukan penyesuaian beban operasi dari alat yang dituju. Hal ini dikarenakan pembebanan dari sepeda motor memiliki keragaman berdasarkan volume dari ruang bakar, yang akan akan menghasilkan beragam daya mekanis dan torsi putar yang semuanya dapat menjadi suatu bentuk pilihan terhadap utilisasi pembebanan dari sistem roda gigi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati adaptivitas dari sistem transmisi roda gigi sepeda motor roda dua untuk diaplikasikan menjadi sistem transmisi daya mekanis untuk beragam fungsi lainnya. Penelitian merupakan bentuk aplikasi perancangan yang menerapkan sistem transmisi roda gigi sepeda motor untuk digunakan sebagai sistem transmisi dua arah putaran, dalam hal ini roda gigi sepeda motor pada dasarnya tidak dirancang sebagai roda gigi mundur. Pengamatan akan menunjukkan proses produksi yang diperlukan dalam mengubah sistem transmisi sepeda motor menjadi sistem transmisi baru, dan juga kekuatan dari roda gigi dalam menghadapi pembebanan yang diberikan dengan menggunakan metode pengukuran untuk mengetahui geometri dari tiap roda gigi yang digunakan.
Penelitian ini telah menghasilkan sistem transmisi roda gigi yang dapat menghasilkan dua arah putaran yang bekerja pada torsi 7.25 Nm dan diperoleh dari kendaraan bermotor roda dua dengan daya 5.3 kW. Penelitian ini juga telah mengamati proses produksi yang dibutuhkan dalam proses perancangan untuk menghasilkan sistem transmisi yang dapat bekerja pada kondisi operasional, dalam hal ini pembebanan pada kegiatan perancangan dibatasi sampai pada beban maksimum dari sepeda motor yang digunakan. Perancangan ini juga bertujuan untuk mencari bentuk umum secara spesifik pada sistem transmisi dua arah putaran sehingga sistem transmisi ini dapat diproduksi dari beragam tipe sistem transmisi sepeda motor dengan hanya melakukan sedikit penyesuaian, sehingga bentuk aplikasi dari sistem transmisi dapat disesuaikan pada tiap-tiap pembebanan berdasarkan kondisi operasional dari tiap-tiap sepeda motor.

Utilization of gearbox transmition generally in a special form that involves production of the gear, specifically to the operating condition. This condition cause cost increasement in production dan design and as the result, gearbos transmition is often called for the final solution in the matter of power transmition mechanism. The solution is by seeing gears as a standard element that have basic form and available in large quantity on the market. One of the solution that can be used is by using gears from two wheels vehicle that can be applied back to the vehicle or other mechanical system by knowing the transmitted loads of the new device. This due because motorcycle operates on many kinds of load depends on the volume of the combustion chamber, that will produce variety of mechanical power and torque, and that variety can be used as a selection of the component that will be used in the intended design concept.
This research is intended to observe the adaptivity from the gearbox transmition system to be applied to become other power transmition system. This research is in the form of applied design that use gearbox transmition system to build a two-way rotating direction transmition system, where as the gear component originaly weren't design to be a two-way rotating direction transmition. Observatiion will shows the production process needed in modifying the system and also the strength of the gears and shaft by measuring the component to know the size and the geometry.
This research has produced a two-way rotating transmition system that operate's at 7.25 Nm of torque from a motorcycle with 5.3 kW mechanical power. The production line is also known, in producing the new transmition system. The applied design is also intended to find a general form that can be used spesificaly in two-way rotating direction transmition system, so that the design will have an advantage that is little adjustment needed in design and production and the design can be applied in many type's of motorcycle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37870
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>