Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65912 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arifin Nur
"Munculnya beragam jenis bahan bakar dan zat aditif bahan bakar dewasa ini secara tidak langsung membuat bingung para konsumen pemakainya. Pada dasarnya penggunaan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik dan penambahan zat aditif itu dimaksudkan untuk meningkatkan performa sebuah mesin, namun seberapa besar peningkatan performa itu tidak dapat diketahui dengan mudah oleh pemakainya. Konsumen biasanya menggunakan bahan bakar yang mutunya lebih baik atau menambahkan zat aditif bahan bakar sesuai dengan rekomendasi dari perusahaan pembuat minyak aditif itu, yang sebenarnya itu belum tentu tepat karena tiap mesin memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu kami menguji peningkatan performa sepeda motor pada chasis dynamometer yang telah ada dan berusaha membuat sebuah alat yang dapat mengukur peningkatan performa mesin sepeda motor yang disebut "Roller Dinamometer". Alat ini dapat mengukur peningkatan daya sebuah mesin, terutama untuk mesin dengan daya maksimum 20 hp. Prinsip kerja alat ini adalah roda penggerak sepeda motor menggerakan sebuah roller yang dihubungkan dengan dinamo. Arus keluaran dinamo tersebut akan ditangkap oleh current transformer dan sinyalnya akan diteruskan ke panel indikator. Nilai keluaran dari penel indikator inilah yang akan menjadi acuan dalam penyesuaian antara karakteristik sebuah mesin dengan jenis bahan bakar dan minyak aditif yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah agar kita dapat memilih jenis bahan bakar dan zat aditif bahan bakar secara lebih tepat sesuai dengan karakteristik mesin yang kita gunakan. Sehingga nantinya performa sebuah mesin akan lebih terjaga dan menciptakan lingkungan pembakaran didalam ruang mesin menjadi lebih sempurna."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37606
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Sugiarto
"Sistem injeksi bahan bakar telah dikembangkan sejak lama. Namun umumnya sistem injeksi bahan bakar tersebut digunakan pada mesin mobil. Penggunaan sistem ini pada mesin sepeda motor dengan silinder tunggal masih belum luas. Dengan penggunaan sistem injeksi bahan bakar, debit bahan bakar dapat dikontrol sesuai dengan parameter mesin seperti putaran mesin, debit udara yang masuk, serta volume bahan bakar untuk setiap siklus, pada semua kondisi mesin. Penelitian sistem injeksi bahan bakar ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi volumetris sistem intake manifold, kebutuhan bahan bakar untuk setiap siklus mesin, dan karakteristik mesin pada setiap kondisi yang diujikan. Penelitian sistem injeksi bahan bakar untuk mesin satu silinder dengan siklus Otto empat langkah, dilakukan pada mesin Honda CB100 dan dilaksanakan di Laboratorium Thermodinamika Departemen Teknik Mesin FTUI. Dari uji eksperimen dalam penelitian ini menunjukkan karakteristik lama buka injector yang sesuai dengan fungsi putaran mesin, dan tekanan intake pada mesin satu silinder. Sedangkan dari hasil penelitian ini menunjukan nilai efisiensi volumetris yang baik dengan desain intake manifold menggunakan hasil simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic).

Fuel Injection System for One Cylinder Motor Cycle Engine. Fuel injection has been developed for many years. But its common application is limited on car?s engine. With many reason fuel injection systems in motorcycle one cylinder engine has not been widely used yet. Fuel Injection System allows the amount of fuel, injected to be controlled appropriate to engine parameters such as engine speed, amount of air inducted to cylinder, temperature, for each cycle, over the entire engine operating conditions. This fuel injection research is done to find out the Volumetric Efficiency of the intake manifold system, the amount of fuel need to be injected for each engine cycle, and the engine characteristics over variation of test conditions. This research based on Honda CB100 engine, at applied thermodynamic Laboratory of Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering University of Indonesia. Experiment data from this research shows the characteristics of injector duration as functions of engine speed, intake pressure, on one cylinder engine and the results of this research shows a good Volumetric Efficiency of the intake manifold designed using CFD (Computational Fluid Dynamic)."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Fadliansyah
"Kualitas bahan bakar yang digunakan menjadi salah satu faktor yang peming dalam peristiwa pembakaran pada motor Otto. Penggunaan bahan bakar yang berkualitas sccara Iangsung dapat menghasilkan kinerja motor yang semakin baik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya adalah dengan melakukan proses pengolahan .ninyak bumi yang semakin disempurnakan atau metakukan penarnbahan adlktif tertentu pacta bahan bakar. yang tujuannya mendapatkan bahan bakar berkualitas tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas bahan bakar adalah dengan mencampurkan etanol dengan kadar konsentrasi sehingga menjadi campuran yang disebut gasohol atau rnenggunakan bahan bakat yang sudah umum dipakai tapi karakteristiknya lebih baik dari premium yaitu pertamax.. Pengujian dilakukan di Monokrom dan Laboratorlum Termodinamika DTM FTUI bertujuan untuk membuat analisa peningkatan kinerja sepeda motor yang diaktbatkan penggunaan Gasohol 10% dan pertamax terhadap premium yang menjadi acuan adanya penlngkatan kinerja sepeda motor. Penggunaan gasohol 10% dan pertamax mampu meningkatkan ratio kenaikan BHP sebesar 0,048 atau 4.8% untuk gasohol 100/n dan Q,026 atau 2,6% untuk pertamax pada daya maksimum terhadap premium. Untuk Torsi pada gasohol 10% mengalami ratio kenaikann sebesar 0,031 atau 3,1% dan pertamax: sebesar 0.011 atau t.l% terhadap premium, Untuk Fuel Consumption gasohol IO% mengalami ratio penghematan kebutuhan bahan bakar tiap lO mL sebesar 0,724 atau 72,411/o pada 4000 rpm, sedangkan pertamax sebesar 0,36 atau 36% terhadap premium. Untuk k:ondisi ratio penurunan CO pada exhaust gas. maka gasohol I 0% untuk ratio penurunan kadar CO sebesar 0,265 atau 26,5% dan pertama.x o. 104 atau l0,4% pada 8000 rpm terhadap premium. Untuk ratio kenaikan kadar C02 gasohol 10% naik sebesar 0,095 atau 9,5% dun ratio kenaikan Pertam.ax sebesar 0,048 atau 4,8% pada 4000 rpm terhadap premium. Dan ratio penurunan ppm HC untuk gasohol 10% sebesar 0,476 atau 47,6% sedangkan pertamax turun sebesar 0,167 atau 16,7% pada 8000 rpm terhadap premium. Berdasarkan data analisa diatas untuk mendapatkan kioerja mesin mulai dari BHP sampal dengan exhaust gas tebih baik menggunakan gasohol 10%"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37801
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jetro Aditya
"Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang berfokus pada penggunaan LPG sebagai aditif pada mesin motor 4 Langkah. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peningkatan rasio kompresi yang diiringi dengan peningkatan oktan bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin untuk meningkatkan performa, mengurangi konsumsi bahan bakar dan memperbaiki emisi. Alat pencampuran yang digunakan pada penelitian ini menggunakan hasil dari penelitian sebelumnya yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat pencampuran. Pada penelitian ini penulis melakukan uji coba dengan pencarian pemetaan terbaik pada kompresi yang lebih tinggi sehingga didapatkan penggunaan LPG sebagai aditif bahan bakar yang lebih efisien.

This study is the continuation of previous studies focusing the use LPG as an additive on 4-stroke motorcycle engine. The objective of this study is to achieve an improvement in performance, lower fuel consumption and lower exhaust emission by increasing the compression ratio of the engine and also the octane number of the fuel consumed by the engine. This study utilized the mixer used by the previous studies to improve the level of mixing. In this study the author ran the engine on a suitable mapping for higher compression ratio to prove that the LPG is a more efficient fuel additive."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Iriyanto
"Harga minyak bumi yang fluktuatif, keterbatasan sumber energi minyak bumi dan timbulnya masalah polusi udara serta global warming mengintensifkan pencarian sumber energi baru. Etanol merupakan salah satu sumber energi alternatif pengganti minyak bumi yang paling prospektif dikarenakan Research Octane Number (RON), kalor penguapan dan flame speed lebih tinggi dibandingkan dengan pertamax serta lebih ramah lingkungan. Pengujian memfokuskan pada karakteristik pembakaran campuran etanol dan pertamax pada Spark Ignition Engine (SIE) dengan memvariasikan prosentase etanol (10%, 20%, dan 30%), dan kecepatan putaran engine. Dengan campuran etanol dan pertamax ini diharapkan kinerja engine lebih baik dan emisi gas buang lebih rendah.

Increase of oil price, nonrenewable of oil energy and air pollution also global warming issue, make searching of alternative energy more intensively. Ethanol is one of most prospective alternative energy, because of Research Octane Number (RON), vapor heat, flame speed are higher than gasoline also friendly environment energy. This testing will be focus on characteristic combustion for ethanol and gasoline mixture on Spark Ignition Engine (SIE) with variation of ethanol percentage (10%, 20%, and 30%), and rotation speed of engine. With ethanol and gasoline mixture expected the result will increase performance of engine and decrease gas emission."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50741
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pipih Sopian
"Peningkatan performance mesin sangat diharapkan oleh pengguna kendaraan bermotor, salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan mencampur bahan bakar standar dengan toluene (C7H8). Penambahan toluene yang dilakukan sebesar 10% dan 20%, yang Selanjutnya disebut bentol 10% dan bentol 20%. Pengujian yang menggunakan bahan bakar bentol untuk mengetahui kenaikan performance dari mesin jika dibandingkan dengan bahan bakar standar atau premium analisa yang dilakukan yaitu lorsi dan horse power yang dihasilkan mesin serta peningkatan akselerasinya. Emisi gas buang dan fuel consumption juga menjadi parameter perubahan karakteristik dari pencampuran toluene dau premium. Faktor ekonomis dijadikan perbandingan selain faktor performance, fuel consumption dan emisi gas buang anlara benlol dan pertamax. Penggunaan bahan bakar bentol 20% mempunyai karakteristik yang lebih baik dibandingkan dengan bentol 10%. Peningkatan yang dihasilkan untuk torsi scbesar 1,6% horse power 1,5% , sedangkan emisi gas buang yang dihasilkan Iebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan manusia jika dibandingkan dengan bahan bakar premium, sedangkan jika dibandingkan dengan pertamax lebih ekonomis sebesar 7,5% tiap liter, dengan perbandingan torsi dan horse power tidak besar yaitu 0,5% dan 0,7%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi Mardika
"Salah satu cara alternatif untuk mendapatkan karakteristik sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan ialah modifikasi. Tujuan dari modifikasi adalah untuk melakukan penghematan bahan bakar dan juga meningkatkan performa mesin dengan meningkatkan daya mesin. Merujuk pada skripsi sebelumnya, salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambahan LPG (Liquified Petroleum Gas) pada sistem pemasukan bahan bakar sepeda motor 4-langkah berbahan bakar premium. Penambahan LPG pada sistem bahan bakar mampu meningkatkan performa mesin, seperti yang terlihat pada hasil pengujian dengan alat dinamometer. Penelitian sebelumnya yang dilakukan dengan melakukan pengujian dengan metode uji jalan berdasarkan SNI 09-4405-1997 (cara uji unjuk kerja jalan sepeda motor) dan SNI 09-1400-1995 (cara uji percepatan sepeda motor roda dua) juga membuktikan bahwa penambahan LPG mampu meningkatkan percepatan maupun menghemat konsumsi bahan bakar.
Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengoptimalkan hal tersebut dengan cara melakukan perubahan mekanisme pencampuran antara LPG (propana 4,58% dan butana 83,14%) dan udara sebelum masuk ke dalam karburator dan melakukan pengujian jalan dengan mekanisme baru sesuai SNI. Mekanisme sebelumnya menggunakan mekanisme campuran dengan fuel jet dan saat ini akan dikembangkan dengan menggunakan metode pencampuran menggunakan venturi mixer dengan variasi 4, 8 dan 12 lubang. Tujuannya adalah untuk menciptakan campuran yang lebih homogen. Untuk mengamati aliran pencampurannya digunakan software Computational Fluid Dynamics (CFD).
Analisis yang dilakukan adalah dengan melakukan perbandingan antara daya mesin yang dihasilkan serta emisi sepeda motor tanpa penambahan LPG dengan penambahan LPG dengan menggunakan venturi mixer. Perubahan ini membawa hasil yang lebih positif: pada venturi mixer 4 lubang daya mesin yang dihasilkan mampu ditingkatkan sebesar 10,9 % pada bukaan katup 270° dibandingkan dengan tanpa penambahan LPG dan emisi yang dihasilkan kadarnya lebih rendah dibandingkan dengan tanpa penambahan LPG.

One of alternative ways to obtain motorcycle characteristic that is appropriate with our necessity is modification. The purpose of modification is to safe fuel and also to increase engine performance. By referencing to the prior thesis, one of modification that can be done is by adding LPG (Liquified Petroleum Gas) to 4-stroke motorcycle fuel intake system. LPG addition to combustion system can increase engine performance, as seen on the dynamometer testing. The last research that is done by doing an experiment with road test method based on (cara uji unjuk kerja jalan sepeda motor) also proves that LPG addition is able to increase acceleration as well as safe fuel.
Therefore, another research is done to optimize LPG addition by changing the mixing mechanism between LPG (propane 4,58% and butane 83,14 %) and air before flowing into carburetor and do another road test based on SNI with the new mechanism. Previous mechanism is using mixing mechanism with fuel jet and now it will be developed with mixing method using venturi mixer with 4, 8, and 12 holes variation. The purpose is to create a homogenous mix. Computational Fluid Dynamics (CFD) is used to see the mixing flow.
Analysis that is done is by making comparisons between the power of motorcycle and also the emission without LPG addition and with LPG addition by using venturi mixer. This alteration makes a more positive effect: by using venturi mixer with 4 holes the power of motorcycle can be increased by 10,9 % when the valve open at 270° comparing with the usage without LPG addition and the emission concentrate more less comparing with the usage without LPG.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37373
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rig Patra Putra
"Dengan meningkatnya produksi sepeda motor, banyak dilakukan perbaikan -perbaikan meningkatkan performa sepeda motor, salah satunya adalah dengan memodifikasi exhaust system, sehingga di pasar aksesoris sepeda motor banyak dijual berbagai jenis exhaust system, tanpa diketahui seberapa besar peningkatan daya yang dihasilkan dari modifikasi exhaust system tersebut. Sehingga perlu dibandingkan beberapa jenis exhaust system yang beredar di pasar dan dianalisa peningkatan
performanya. Untuk Menganalisa suatu kemajuan dari perbaikan kondisi sebuah mesin sepeda motor dalam hal ini pengaruh bentuk exhaust system peda peningkatan daya dibutuhkan suatu alat ukur yang digunakan untuk melihat keluaran daya yang dihasilkan dari mesin tersebut. Alat yang akan digunakan tersebut berupa alat uji Dynamometer a tau yang lebih dikenal dengan dynotest, alat dynotest ini mengubah daya mekanik dari mesin sepeda motor menjaidi daya listrik, semakin besar daya lstrik yang dihasilkan dapat dihubungkan dengan meningkatnya daya mesin moror tersebut. Peningkatan daya dicari dengan memodifikasi muffler dari exhaust system dengan pengaturan karburator yang sama. Muffler yang digunakan berdasar merek yang paling banyak digunakan oleh para konsumen dan memiliki kesan dapat meningkatkan daya mesin sepeda motortersebut. Setelah itu dilakukan penggambaran konstruksi exhaust system untuk membandingkan bentuk konstruksi yang terbaik untuk meningkatkan daya, dengan membandingkan daya yang dihasilkan dengan bentuk konstruksi exhaust system dan lebih lanjut disimulasi aliran fluidanya dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan COSMOS Floworks untuk mendapatkan geometrid an tampilan aliran zat buang dalam exhaust system, dan untuk meindentifikasi bentuk yang terbaik dari exhaust system
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Djuhansyah
"ABSTRAK
Penelilian ini dilakukan untuk mencari hubungan empirik anlara liga komposisi bahan bakar gas yang berbeda dengan gejala detonasi motor bakar gas scrla kandungan O; gas buang.
Bebcrapa faktor dominan yang menentukan limbulnya gejala delonasi dan banyaknya kandungan Og gas buang yailu: timing (waktu penyalaan) serla ¢f§[/i'renn'a1 prc.s'.s-ure (perbcdaan tekanan antara gas dan pasokan udara) . Unluk melalmkan pcngesetan yang tcpat pada Iiming dan d%l'BHfl?(I/ prc'ssur¢' maka lcrlcbih dahulu hams diketahui nilai methane number (yang mempengaa-u|1i tinring) dan kandungan low hearing value (berpengaruh terhadap t/fff?J"L?llffll[ ]H"(?.\'_Ylll'L?) yang dimiiiki oleh bahan bakar gas tersebut.
Hasil pcngamatan |`l`lC|'llIl1_ilIkfl!1 hahwa l)l(!1f!(H1£? number bcrlmanding lurus dcngan limiug scclangkan kandungan low healing value hahan bakar gas l~»crl1anding tcrhalik dcngan d%ren!iaI pressure. Melalui analisis kuanlilali|` didl\|)Z\f|'(.Z1l1_illg?l Slllllll nilai yang dapal digunakan scbagai acuan dalam mclakukan pengcsctan pada motor bakar gas sesungguhnya di |apangan

"
2001
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>