Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125786 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Faisal Umar
"Sebagai salah satu kendaraan ( mobil ) yang termasuk dalam katagori hobi VW 1500 merupakan kendaraan model lama yang menggunakan Steering System model Wom Gear, Pada kenyataannya bagi banyak pemilik kendaraan jenis lni sering terjadi permasalahan mengenai steering systemnya, baik itu daya tahan komponen, tingkat keresponsifan steering systemnya, maupun beban yang dirasakan pada kemudl( Steertng Wheel).
Sebenamya dengan desain konstruksl dimana titik beratnya terletak agak kebelakang dan penggerak roda belakang serta menggunakan jenis suspensi depan torsi (front beam axle ), kendaraan tipe ini sangat cocok blla menggunakan Rack & Pinion Steering System.
Pembahasan yang dilakukan adalah merancang dan menghitung ulang Rack & Pinion Steeling System yang akan menggantikan Wonn Gear Steering System pada VW 1500, dan sedapat mungkin mendekati teorema yang ada mengenai steering system ( Hal apa saja yang sebenamya harus diperhatlkan untuk melakukan perubahan steering system inl. dan bagalmana sebenamya pengaruh dari perubahan ltu).
Dengan rincian diatas, make hasll dari tugas akhir lnl akan diperoleh mengenai penerapan Rack & Pinion Steering System pada VW 1500 ( termasuk perancangan mekanisme geraknya } dan pengaruh - pengaruhnya akibat pergantian dari Worm Gear Steering System.

1500 cc VW, as one of hobby in automobiles, ls an old fangled automobiles having worm gear steering system. The owners of this automobiles often get many troubles around the steering systems, such as the strength of the spare part, the steering responsibility and the power that driver should give to tum the steering wheel.
Actually, with the construction design where the position of equilibrium point Is a little bit backward, rear wheel vehicle and the use of front beam axle suspension, this automobile is very suitable in using the rack & pinion sleeting system.
The main topic it1 this thesis is to design and re-count the rack & pinion steering system which will exchange the worm gear steeling system in 1500 cc VW and as close as the theory of steerin9 system ( it about every thing that should be concerned in the exchange of the steering system. and also about the effect of this exchange).
As it has been said at the paragraph above, so the output of this thesis is about the appi1cation of rack & pinion steeling system in 1500 cc VW { including the moving mechanism design ) and the effects because of the exchange from worm gear steering system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan, N. Henri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35957
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Pispla Rianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu
"ABSTRAK
Skripsi dengan judul Perancangan Sistem Kemudi Prototipe Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sistem kemudi pada prototipe KAL hasil perancangan. Karalcteristik ini meliputi analisa dimensi utama mekanisme sistem kemudi yang digunakan dan pengendalian kendaraan pada keadaan konstan (steady).
Pada skripsi ini, untuk menganalisa dimensi utama dari mekanisme sistem kemudi, digunakan teori-teori dalam ilmu kinematika. Karena mekanisme sistem kernudi KAL ini merupakan suatu rnekanisme yang kompleks, maka untuk menghilangknn kesulitan dan agar dapat memberikan hasil analisa yang diinginkan, digunakan mekanisme ekuivalen yang memberikan gerak identik dengan bagian yang dianalisa. Sedangkan teori karakteristik pengendalian kendaraan digunakan untuk menentukan pengendalian kendaraan pada lintasan dan tanggapan kendaraan terhadap gangguan ekstemal.
Sebagian besar parameter yang dibutuhkan dalam perhitungan didapat dari pengukuran langsung hasil perancangan yang digunakan pada KAL. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap mekanisme sistem kemudi KAL, dapat disimpulkan bahwa pada saat berbelok terjadi toe-our dengan radius putar minimum 2,668 meter dan rasio kemudlnya adalah 18,2.
Analisa karaktenstik pengendaliannya menghasilkan kesimpulan bahwa KAL adalah kendaraan over-steer, yaitu sudut selip yang terjadi pada roda belakang lebih besar daripada sudut selip roda depan.
Pada kecepatan operasinya, KAL memiliki tanggapan yang baik terhadap terjadinya kecepatan yaw dan percepatan lateral serta pengendalian terhadap lintasan yang aman. Hal ini terjadi karena karakteristik tanggapan kendaraan oversteer ini hampir menyerupai karakteristik pada keadaan neutral steernya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ristianto
"Teknologi robobka mengalami perkembangan pesat. Dengan digunakannya Soujoumer sebagai robot beroda enam dalam misi penjelajah tanpa awak Path Finder di planit Mars (Kompas, 43uli 1997) maka penggunaan robot beroda di mass yang akan datang akan semakln bertambah. Sebenarnya robot terbagi menjadi robot staffs (static robot) clan robot berpinclah (mobile robot). Salah satu jenis robot berpindah adalah Wheeled Mobile Robot (WMR) atau dikenal sebagai robot beroda. WMR sendid terbagi menjadi single dove clan differential drive. Single dove menggunakan roda depan sebagai arah acuan gerak sedang differentia/ dove menggunakan selisih beda putar roda-roda penggerak sebagai pemicu clan pengubah arah gerak. Perencanaan gerak robot beroda melibatkan modul perencanaan lintasan dan modul perencanaan hindar rintangan. Kedua modul tersebut sating berkaitan terutama dalam menentukan lintasan yang feasible dan bergerak disepanjang lintasan tersebut. Salah satu yang menjadi permasalahan dalam kedua perencanaan tersebut adalah mengurangi kesalahan pelacakan yang diakibatkan oleh adanya slip pada coda clan ketidaklinearan keluaran akibat pembatasan gerak sistem non-holonomic Sebagai solusinya digunakan sistem kendali pelacak jejak untuk meminimumkan kesalahan pelacakan selama pergerakan. Skripsi ini bertujuan untuk membuat program simulasi perencanaan gerak WMR (khususnya differential drive). Perencanaan gerak yang dimaksud adalah bergerak Bari posisi awal menuju suatu posisi akhir dengan mengurangi kesalahan pelacakan terhadap lintasan referensi berdasarkan fungsi waktu. Pembahasan akan ditekankan pada kesesuaian bentuk dan sintesis kontroler pelacak jejak dengan bentuk model. Kontroler pelacak yang digunakan adalah tipe PID dengan pendekatan sintesis gain optimal. Hasil simulasi dapat dilihat sebagai animasi gerak robot beroda yang ditampllkan sebagai suatu gerakan image. Analisa ujicoba adalah grafik steady state untuk kecepatan linier dan kecepatan angular robot beroda."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S39509
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Fajar Ramadhan
"Rudder adalah salah satu komponen yang memegang peran yang penting pada sebuah kapal. Alat ini memegang kendali manuver sebuah kapal. Desain sebuah rudder bisa dibilang unik, karena berbeda untuk setiap bentuk dan tipe kapal. Desain rudder harus dibuat se-efisien mungkin dengan tujuan mengoptimaslisasi kemampuan olah gerak kapal. Pada penelitian ini dibandingkan tiga bentuk rudder dalam kaitannya dengan pengaruh bentuk dan sudut rudder terhadap radius manuver kapal. Tipe rudder yang dipercobakan adalah standard rudder, rudder with fin dan twisted rudder. Dalam pengujiannya setiap bentuk rudder diuji pada kapal dengan kecepatan dan draft konstan dengan variasi sudut 30, 35, 40 dan 45. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui radius manuver yang dihasilkan oleh kapal model, bila dilakukan penggantian dengan beberapa variasi bentuk rudder dan sudut rudder. Selain itu dapat dilihat pula perbedaan karakteristik aliran yang terjadi di sekitar rudder tersebut. Dari penelitian ini diketahui bahwa, bentuk karakteristik aliran yang mengalir disekitar rudder unik. Bentuk dan sudut rudder berpengaruh pada besar kecilnya radius manuver kapal. Sedangkan dari semua bentuk rudder yang dipercobakan, rudder yang mampu menghasilkan radius manuver yang paling minimum adalah bentuk twisted rudder.

Rudder is one of the most important part of the ship. Its responsible to control manuverability of the ship. The design of a rudder is unique, because its different for every single type and shape of the ship. Rudder design has to build efficiently in order to optimize manuverability of the ship. This research compare three shape of rudder in relationship with how the shape and angle of a rudder affects the radius of ship manouver. The tested rudder type is standard rudder, rudder with fin and twisted rudder. On the testing method, rudder is tested on the ship model with constant draft and velocity at rudder angle 30, 35, 40 dan 45.
The main purpose of this research is to know the value of manuver radius generated by the ship if the shape and angle of rudder is changed. Beside that we can see the different of the flow characteristic that happened alongside the rudder. From this research we can find out that the flow characteristic alongside the rudder is unique. The Shape and angle of rudder affects manouver radius of the ship. From the all of the tested shape of rudder, the twisted rudder is one which can generate most minimum manouver radius of the ship."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38068
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Jamaludin Bintara
"PT Indomitra Sedaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang indsutri komponen sepeda motor. Steering Handle merupakan salah satu jenis produk yang akan dibahas oleh peneliti. Permasalahan yang dihadapi PT. Indomitra Sedaya adalah tidak tercapainya target produksi dalam jangka periode waktu yang lama.Hal ini disebabkan oleh bottleneck dan waiting time yang tinggi. Untuk menyelesaikan permasalahan ini penulis menggunakan simulasi berbasis objek untuk mensimulasikan proses produksi secara keseluruhan untuk mendapatkan analisa terhadap target produksi yang tidak tercapai.
Dalam upaya menunjang penelitian ini, peneliti menggunakan perangkat lunak Plant Simulation 9.0. Dalam Plan Simulation terdapat fitur bottleneck analyzer sebagai salah satu alat bantu alternatif untuk melihat perilaku sistem secara keseluruhan pada model. Dari hasil analisa model awal didapatkan 3 skenario untuk meningkatkan output produksi sehingga target produksi dapat tercapai. Dari hasil analisa 3 skenario tersebut selain target produksi terpenuhi didapatkan bahwa skenario ke-3 yaitu dengan penambahan mesin Welding Robot 1 dan stasiun kerja inspeksi dengan 2 shift kerja merupakan skenario dengan variable biaya tambahan paling minimum bahkan menghemat biaya sebesar Rp. 2.608.667,00.

PT Indomitra Sedaya is a company engaged in the field of industrial components motorcycle. Steering Handle is one type of product that will be discussed by the researcher. The problem which is faced by PT. Indomitra Sedaya is not achieving production targets within the long time period .It is caused due to high waiting time and bottleneck. To fix this issue, the authors used object-based simulation to simulate the production process as a whole to get an analysis of the target production is not reached.
In an effort to support this study, researchers used the software Plant Simulation 9.0. In the Simulation Plan contained bottleneck analyzer features as one alternative tool to see the behavior of the overall system model. From the analysis of the initial model, its obtained 3 scenarios to enhance the output of production so that production targets can be achieved. From the three scenarios analysis, in addition to production targets are met it has found that the third scenario which are addition of machine Welding Robot 1 and inspection work station with 2 shifts is the scenario with minimum additional cost and save cost by Rp. 2,608,667.00.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S37157
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya
"PT. X adalah salah satu industri di Indonesia, yang bergerak di bidang pengemasan (packaging industry). Perusahaan ini memproduksi plastik pembungkus yang digunakan sebagai pembungkus oleh industri lain, terutama industri makanan seperti Indofood, Indo Es Krim Meiji, Nestle, dan lain-lain. Proses manufactur yang dilaksanakan adalah membentuk bahan dasar tersebut menjadi suatu kemasan untuk produk-produk tertentu. PT. X berusaha untuk meningkatkan performa dan kualitas kerjanya agar dapat bersaing, tidak hanya di dalam negeri saja. Usaha peningkatan performa diterapkan ke dalam sebua bagian yang berada bi bawah PT. X, termasuk bagian PPC Gudang. Selama ini, aliran informasi antara bagian PPC dan Gudang telah menggunakan sistem informasi berbasis data (database). Namun pada hakekatnya, masing sering dilakukan pengolahan data secara manual yang disebabkan oleh kurangnya akurasi data. Ketidakakurasian data ini disebabkan oleh pemasukkan data secara tidak benar oleh operator. Hal ini disebabkan kerena interface dari sistem informasi ini yang dapat dikatakan user friendly, sehingga operator menjadi malas untuk memasukkan data. Untuk mengatasihal itu, maka dilakukanlah perancangan ulang pada user interface yang ada dengan cara melakukan perancangan ulang pada form isian kertas, interface basis data, dan laporan yang dihasilkan. Dengan perancangan ulang ini, diharapkan bahwa masalah ketidakakurasian data dapat diatasi, sehingga bagian PPC Gudang dapat melakukan perencanaan kerja dengan tepat."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>