Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142373 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Zulfian Nasir
"ABSTRAK
Perhitungan kandungan lokal dari komponen kendaraan bermotor bertujuan untuk menentukan berapa besar bca masuk (BM) yang akan dikenakan pada sub komponen yang masih diimpor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cost structure, yaitu perhitungan berdasarkan pada struktur hiaya.
Untuk mendapatkan struktur biayanya, komponen dibagi menjadi sub komponen-
sub komponcn, mulai dari tingkat satu sampai tingkat al-chit, yang disesuaikan dengan proses pembuatan atau perakitannya., dimana biayanya dlhitung untuk satu unit komponen akhir. Biaya-biaya tersebut dikonversikan dalam bobot secara proporsional. Bobot dihitung dari sub komponen ting!-cat satu, dan digunakan sebagai dasar perhitungan bobot tingkat di bawahnya.
Bobot yang telah diperoleh untuk musing-masing sub komponen berdasarkan tingkatannya digunakan sebagai dasar untuk menentukan besamya bobot al-ctual atau bobot unsur Iokalnya, yaitu dengan mengalikan bobot tersebut dengan tlngkat pendalaman struktumya. Perhitungan bobot aktua! dimulai dzui tingkat paling rendah, dan digunakan sebagai dasar perhitungan bobot aktual pada tingkat di atasnya_ Besamya persentase kandungan lokal adalah perbandingan antara bobot aktual dengan bobotnya.
Dalam perhitungan kandungan lokal yang menggunakan struktur biaya., otomatis diperoleh usarnya harga pokok dari komponen, tetapi harga tersebut bukan merupakan harga pokok aktual karena sub komponen impomya masih dalam harga dasar atau harga CH' (COS1, Insurance, and Freight).

"
1996
S36458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ignatius Yuli Saptana
"Kompleksitas proyek EPC yang dikarenakan saling ketergantungan antara aktifitas engineering, procurement dan construction mempunyai tantangan utama dalam mengkoordinasikan aliran informasi dan proses iterasi diantara disiplin engineering yang terlibat. Penerapan concurrent engineering memerlukan suatu sistem untuk meminimalkan terjadinya rework yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dalam pengelolaan aliran informasi engineering. Tesis ini menggunakan Confirmatory Factor Analysis yang menghasilkan model fitted dengan nilai R2 62% yang menunjukkan hubungan signifikan antara faktor internal dan eksternal terhadap rework. Tesis ini juga mengkaji penerapan concurrent engineering dengan pendekatan Design Structure Matrix (DSM) yang bertujuan untuk meminimalkan rework dengan pengaturan aktifitas proyek.

EPC project complexity with interdependences between engineering, procurement and construction has a major challenge in coordinating the flow of information and iterative process between engineering disciplines. Implementation of concurrent engineering requires a system to minimize the occurrence of rework caused by internal and external factors in the management of the flow of engineering information. With Confirmatory Factor Analysis resulting models fitted R2 62% which showing a significant relationship between internal and external factors with rework. This thesis also examines the application of Concurrent Engineering with Design Structure Matrix (DSM) approach to minimize rework."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T33299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Cahyo Kuncoro Jakti
"Penelitian ini merupakan penelitian komprehensif terhadap perancangan Detailed Engineering Design (DED) RSU Kelas B di Bandung, khususnya pada aspek pondasi dalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan metode pelaksanaan tiang pancang dan tiang bor terhadap biaya dan waktu pekerjaan. Pekerjaan tiang pancang beton persegi pejal dengan dimensi 45x45 cm dan panjang 15 m membutuhkan biaya sebesar Rp2.654.542.120,00 (dengan PPN 10%) serta durasi pelaksanaan selama 73 hari. Pekerjaan tiang bor beton bulat pejal dengan dimensi  40 cm dan panjang 14,25 m membutuhkan biaya sebesar Rp2.670.697.330,00 (dengan PPN 10%) serta durasi pelaksanaan selama 98 hari.

This study is a comprehensive study on the design of Detailed Engineering Design (DED) of Class B General Hospital in Bandung, especially on deep foundations. This study aims to analyze the comparison of driven and bored pile on costs and work time. Solid square concrete driven pile with dimension 45x45 cm and length 15 m required Rp2,654,542,120.00 (with VAT 10%) and duration 73 days. Solid round concrete bored pile with dimensions  40 cm and length 14.25 m would cost Rp2,670,697,330.00 (with VAT 10%) and duration 98 days."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47742
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kemal Gibran
"Penentuan desain sistem Impressed Current Cathodic Protection di bagian dasar tanki T-1301 A/B/C/D dan AB Rerun Tank di PT XX Kalimantan Timur yang meliputi proses perhitungan kebutuhan arus dan jumlah tegangan DC keseluruhan sistem struktur serta pengaruh penambahan struktur lain yang meliputi electrical grounding system telah berhasil dilakukan dan secara efektif telah dikontrol di lapangan. Selain proses desain engineering, variasi lapisan tahanan tanah terhadap ketidakseimbangan IR Drop pada sistem Impressed Current Cathodic Protection di bagian dasar tanki T-1301 A/B/C/D dan AB Rerun Tank di PT XX Kalimantan Timur dan pengaruhnya terhadap distribusi potensial telah dipelajari.
Dari hasil pembuktian di lapangan menunjukkan bahwa dibutuhkan 10 anoda tambahan dengan total kebutuhan arus DC 154 Ampere dan kebutuhan tegangan DC 32 Volt , selain itu tahanan tanah yang tinggi diatas 3000 ohm cm akan menyebabkan pembacaan error yang tinggi.pH tanah yang rendah berkisar 5-7 akan mengurangi tahanan tanah, dan meningkatkan distribusi arus proteksi katodik.

Engineering design calculation for bottom section of T-1301 A/B/C/D dan AB Rerun Tank at PT XX Santan Terminal including current requirement and DC voltage calculation followed by additional structure such electrical grounding system has been already successfully implemented and controlled at field. Furthermore, effect of soil layer resistivity and pH of soil against disproportion of IR Drop voltage including its effect to potential distribution has been already successfully observed. Another influences such depth and location of anode groundbed determination along with establishment of impressed current cathodic protection main tools and equipments as external corrosion control method has been defined as the most effective way for controlling potential distribution against structure.
As per verification results from site, the results showed that the cathodic protection required 10 additional anode (MMO), with minimum amperage DC supply is 154 A, minimum voltage supplied is 32 Volt, it has been identified that high soil resistivity above 3000 ohm.cm would cause error reading. Naturally, acid soil in about pH 5-7, would decrease soil resistivity and enhanced potential distribution from anode to tank structure.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43349
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amiruddin Muchtar
"Globalisasi memaksa setiap perusahaan untuk dapat bersaing lebih berat lagi. Jika sebelumnya saingan hanya sebatas loyal saja (sedikit). maka dengan adanya globalisasi saingan dari berbagai negara di dunia akan semakin banyak.
Diperlukan suatu strategi perusahaan agar perusahaan tersebut dapat tetap bertahan. Salah satu strategi tersebut adalah dengan melakukan aliansi atau partnership dengan perusahaan lain khususnya dengan perusahaan asing untuk meningkatkan keunggulannya. Tewnwork adalah bentuk terapan dari Aliansi atau partnership tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugas atau masalah mereka.
Dalam studi kasus ini dicari faktor hambatan komunikasi yang paling sering terjadi dalam teamwork dengan partner asing pada pekerjaan Engineering design. Tahap Engineering design merupakan tahap yang cukup kritis karena kualitas design sangat besar pengaruhnya terhadap biaya, mutu, dan waktu proyek secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan tim kerja (teamwork) yang baik untuk mengeksekusi tahap Engineering design ini.
Ada 5 faktor utama yang menghambat komunikasi dalam teamwork yaitu (1) Filtering. (2) Selective Perception. (3) Information overload. (4) Defensiveness. dan (5) Language. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor language (bahasa) menduduki faktor hambatan komunikasi yang paling banyak terjadi dalam teamwork dengan partner asing.

Globalisation forces each company to compete harder. Before, the competitor is limited co a local company only. globalisation. it makes more competitors from other country all over the word. It-s required corporate strategy to make the company still exist.
Strategic alliance or partnership with other company (especially with foreign company) is the one of alternative to increase company competency. Teamwork is an applied form of its strategic alliance or partnership in order to perform their works or problems.
In this case study. we would like to find out communication barrier factor that the most frequencies happen in teamwork with foreign partner for Engineering design work. Work phase of Engineering design is a critical due to design quality has big impact on cost. quality. and time (schedule) of the project overall. Therefore the good teamwork is needed to execute the work in this Engineering design phase.
There are 5 main factors that become communication barrier in the teamwork are (1) Filtering. (2) Selective Perception, (3) Information overload. (4) Defensiveness. and (5) Language. Research has found that a "language" has more frequent happen in a communication barrier in teamwork with foreign partner."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T4724
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bambang Suryawan
Jakarta: UI-Press, 2005
PGB 0402
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Jordy Angkawidjaja
""ABSTRACT
"
Besarnya nilai akselerasi sebuah kendaraan yang dihasilkan, dapat dihitung lewat besar gaya traksi yang keluar dari ban ke lintasan. Ukuran roda dan gardan di dalam sistem penggerak kendaraan dapat mempengaruhi nilai gaya traksi tersebut. Semakin kecil ukuran roda dan roda gigi gardan yang digunakan, maka gaya traksi yang dihasilkan bertambah akan tetapi kecepatan maksimal kendaraan akan berkurang. Sebaliknya, dengan memperbesar ukuran roda dan gardan akan menurunkan gaya traksi namun menambah kecepatan maksimal kendaraan. Oleh sebab itu, lewat penelitian ini dicari ukuran roda dan roda gigi gardan yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data sekunder dan data primer. Data sekunder meliputi torsi mesin, rasio gigi kotak transimi, rasio gigi gardan, regulasi kompetisi FSAE, dan lintasan perlombaan. sedangkan, data primer didapatkan lewat simulasi program perangkat lunak OptimumLap. Dari hasil penelitian ini, didapatkan ukuran roda sebesar 20.6 inci dan ukuran roda gigi garda sebesar 43T sehingga dapat memperoleh waktu 3.79 detik pada simulasi akselerasi kendaraan pada lintasan lurus berjarak 75 meter
"
"
"ABSTRACT
"
The Amount of acceleration produce can be measured by traction force acting between the wheels and road. The size of wheels and differential gear are supposedly affecting these traction force. As smaller size of wheels and differential gear used will increase the traction force but decreasing vehicle top speed. vice versa, bigger wheel and differential gear size will reduce traction force but increase vehicle top speed. Therefore, this study should find the optimal wheel and differential gear size. The method used in this study is by collecting secondary and primary data. Secondary data which consist of engine torque, ratio of gear in gearbox, final drive ratio, FSAE regulation, and circuit used in competition. While primary data acquired using software simulation program OptimumLap. From this study, obtained the size of wheels 20.6 inch anddifferential gear 43T to achieve 3.79 seconds from vehicle acceleration simulation in 75 meters straight circuit."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zainal A.Z.
Jakarta: Gramedia, 1990
690 ZAI r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zainal A.Z.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001
690 ZAI r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>