Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 213329 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eko Willyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36310
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdianto Munir
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36488
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Manafe, Yacobus
"Metode pengendalian pengadaan material ditujukan untuk penyelesaian pelaksanaan proyek agar tepat waktu sesuai dengan anggaran biaya yang direncanakan. Pengendalian material mencakup kemampuan untuk mengantisipasi hal - hal yang akan terjadi pada masa awal pelaksanaan hingga akhir pelaksanaan. Sistem pengendalian pengadaan material , merupakan bagian dari manajemen logistik yang memonitor serta mengendalikan tingkat persediaan yang diperlukan , sesuai waktu dan biaya yang direncanakan.
Metode ini manfaatnya untuk pengendalian biaya pengadaan dan waktu di lapangan sehingga waktu penyelesaian proyek dapat tepat dan biaya tidak melonjak melebihi anggaran . Pembuatan model untuk mengantisipasi berikut keterlambatan pengendalian pengadaan material secara umum di dasarkan atas penelitian terhadap pola serta dampak dari keterlambatan material pada waktu dan keuntungan pelaksanaan suatu proyek Pasar Klender di Jakarta timur .
Data primer melalui questionaire telah diperoleh dari para ahli manajemen material di pihak pemilik proyek , kontraktor dan konsultan M.K yang terkait dalam pembangunan proyek tersebut , digunakan untuk memberi informasi tambahan perihal penyebab ? penyebab keterlambatan pengadaan material dan tindakan - tindakan yang dilakukan dalam mengatasi keterlambatan tersebut.
Penelitian pada akhirnya mengembangkan metode yang didukung oleh model pengendalian berikut tindakan yang diperlukan untuk mengarahkan kondisi keterlambatan, keinbali pada rencana pelaksanaan proyek yang ditetapkan termasuk memperkirakan potensi kerugian yang perlu diperhatikan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36517
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardiansyah
"Sistem pemonitoran kontainer bagi perusahaan pelayaran sangat penting karena dengan menggunakan sistem pemonitoran ini perusahaan dapat melakukan pengelolaan persediaan kontainer, dengan pengelolaan yang baik maka perusahaan dapat meningkatkan efisiensinya. Untuk menerapkan sistem pemonitoran peti kemas perlu diterapkan suatu sistem yang mencatat setiap transaksi pergerakan peti kemas.
Skripsi membahas tentang perancangan sistem pemonitoran peti kemas dimulai dari tahap menentukan user requirement dan identifikasi kebutuhan informasi untuk menghasilkan keputusan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan pendekatan berorientasi proses untuk infomuasi yang dibutuhkan. Untuk melakukan perancangan sistem pemonitoran kontainer melalui tahapan perancangan aliran kerja dan perancangan struktur dan terakhir adalah perancangan tampilan dan fitur aplikasi.
Penelitian ini menghasilkan suatu sistem berbasis web yang dapat digunakan dimana saja dengan keamanan data yang tetap terjaga. Dalam perancangan sistem ini penulis memperhatikan aspek kesesuaian informasi yang dihasilkan, aspek pemilihan perancangan sistem pemrosesan transaksi dan memenuhi kriteria yang diinginkan pengguna.
Berdasarkan aspek-aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat diterapkan dan membantu menghasilkan informasi lebih cepat dan akurat untuk mengambil keputusan.

The use of container monitoring system is significantly important, since this system gives the company an ability to manage the container availability which will lead to the efficiency. To accomplish that task, a system that is capable to records all container transaction needs to be developed.
This thesis discussed the development of container monitoring systems, starts from determining the user requirements and identification of infomation requirements to produce a decisions. The method used in this development is the required infomation process approach. For the development and designing process, the workflow design phase, the structure design phase and interface design as well as application fixtures were used.
The above methods p reduce a web based system which is applicable in various platforms and has a reliable security. In the project development, student is aware to the importance ofthe resulting information's consistency, the selection of the transaction processing system and satisfies the required criteria.
It is sufficient to conclude that the system developed is applicable and is able to produce fast and accurate infonnation in order to assist in decision making process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50233
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryo Limanseto
"Kebutuhan dana yang besar untuk pembangunan dan tuntutan perbaikan pelayanan kepabeanan menjadi alasan penting perlunya penerapan dan evaluasi Sistem Electronic Data Interchange (EDI)kepabeanan dalam lalu lintas arus barang impor. Sistem dengan media elektronik ini telah dimungkinkan pula penggunaannya dalam Undang-Undang Kepabeanan.
Pokok permasalahan penelitian ini berupa pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan Sistem EDI Kepabeanan ? pengaruh/hasilnya terhadap pelayanan arus barang impor ? dan upaya meningkatkan pelayanan dengan sistem itu sendiri ? Dengan penelitian ini diharapkan dapat dicapai pelayanan arus barang impor yang terbaik melalui Sistem EDI Kepabeanan.
EDI diartikan sebagai pertukaran data bisnis secara elektronik antar organisasi dalam bentuk yang terstruktur. Unsur-unsur utama sistem ini dan sekaligus sebagai indikator independen variabel adalah perangkat/komponen, prosedur kepabeanan, dan sumber daya manusia. Pelayanan arus barang impor merupakan bagian dari pelayanan umum dan harus juga memenuhi sendi-sendi pelayanan umum yang sekaligus sebagai indikator dependen variabel.
Penelitian berlokasi pada KPBC Tipe A Tanjung Priok III Jakarta dengan populasi Pegawai dan Masyarakat Usaha Kepabeanan. Sampel diambil secara random dengan berpedoman pada Tabel Krejcie. Melalui telaah dokumen, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen penelitian, data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Sistem EDI , kuat lemah pengaruhnya melalui perhitungan Contingency Coefficient, dan selanjutnya diinterpretasi serta dikaji secara mendalam untuk mendapatkan suatu kesimpulan.
Dari uji pengaruh diperoleh hasil positif dan signifikan (nyata-nyata berpengaruh), walaupun tingkat pengaruhnya 'rendah'. Hal ini sekaligus pembenaran terhadap hipotesis penelitian bahwa semakin baik Sistem EDI dilaksanakan semakin tinggi kualitas pelayanan arus barang impor. Perbaikan-perbaikan sebagai saran berupa (1) Mewujudkan persamaan perspektif dari instansi yang terkait dalam pelayanan arus barang impor untuk ikut berperan dalam sistem ini, (2). Pembenahan SDM dari segi kualitas dan integritas, dan (3). Evaluasi ini dapat digunakan sebagai studi kelayakan sistem di bidang lain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T4076
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Aziza Putri
"Pada tahun 2020 s/d 2022, industri jasa boga dapat dikatakan sebaga industri yang paling cepat pulih berdasarkan nilai PDB konsumsi dan PDB produksi (BPS, 2022). Hal ini sendiri disebabkan karena kemunculan dapur awan yang hanya berfokus pada pelayanan pesan antar makanan. Hal ini dibuktikan dari keberadaan PT KDS yang mampu mengembangkan dapur awan mereka selama pandemi Covid-19. Dalam menjalankan proses operasional outlet dapur awan maupun food service, terdapat bahan baku yang diproduksi pada fasilitas dapur sentral perusahaan yang digolongkan sebagai semi- finished goods. Produk ini sendiri diproduksi secara reguler berdasarkan permintaan dari outlet yang berjarak minimal 2 hari dan dibentuk perencanaan menggunakan MPS. Namun, perencanaan ini sering kali tidak sesuai karena permintaan dari outlet seringkali tidak sesuai dengan kriteria pemesanan, yang kemudian menyebabkan terjadinya out-of- stock untuk produk SFG. Oleh karena itu, diperlukan yang namanya material requirement planning yang bertujuan untuk mempersiapkan persediaan bahan baku produk SFG.. Pada penelitian ini, metode MRP diaplikasikan berdasarkan data MPS PT KDS, bill of materials produk SFG yang dipilih, dan informasi lead time bahan baku, yang kemudian diolah dengan menggunakan 3 jenis metode lot sizing, yaitu lot-for-lot, economic order quantity, dan periodic order quantity. Berdasarkan aplikasi metode berikut, ditemukan bahwa untuk masing-masing metode MRP mampu menurunkan biaya persediaan gudang bahan baku untuk kebutuhan produksi semi-finished goods PT KDS. Berdasarkan masing-masing metode lot sizing, biaya persediaan yang timbul dari pembelian bahan baku produksi semi-finished goods dapat diturunkan secara signifikan. Jika dibandingkan kembali antara masing-masing metode lot sizing yang diuji, metode POQ memiliki hasil yang paling signifikan karena mampu mengurangi biaya persediaan selama bulan Januari s/d Februari 2023 sebanyak 79,5% dari total biaya persediaan aktual.

From 2020 to 2022, the food service industry can be said to be the fastest growing industry based on the value of GDP consumption and GDP production (BPS, 2022). This is due to the emergence of cloud kitchens which only focus on food delivery services. This is proven by the existence of PT KDS which was able to develop their cloud kitchen during the Covid-19 pandemic. In carrying out the operational processes of cloud kitchen outlets and food service, there are raw materials produced in the company's central kitchen facilities which are classified as semi-finished goods. This product itself is produced regularly based on requests from outlets that are at least 2 days apart and plans are formed using MPS. However, this planning is often inappropriate because requests from outlets often do not match the order criteria, which then causes out-of-stock for SFG products. Therefore, there is a need for something called material requirement planning which aims to prepare the supply of raw material for SFG products. then processed using 3 types of lot sizing methods, namely lot-for-lot, economic order quantity, and periodic order quantity. Based on the application of the following methods, it was found that each of the MRP methods was able to reduce the cost of raw material warehouse inventory for PT KDS' semi-finished goods production needs. Based on each of the lot sizing methods, inventory costs arising from the purchase of raw materials for the production of semi-finished goods can be significantly reduced. When compared again between each of the lot sizing methods tested, the POQ method has the most significant results because it is able to reduce inventory costs during January to February 2023 by 79.5% of the total actual inventory costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triana Rahayu Putri
"ABSTRAK
Pengelolaan material, khususnya suku cadang, bertujuan untuk mengatur seluruh aliran material agar dapat digunakan pada kegiatan pemeliharaan untuk meminimalkan waktu downtime mesin dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki. Oleh karena itu, pengendalian persediaan suku cadang diperlukan agar kuantitas suku cadang yang disimpan dan dipesan mempunyai jumlah yang tepat, ada pada waktu yang tepat, dengan kondisi yang tepat, dan pengeluaran biaya yang ekonomis. Metode pengendalian persediaan yang digunakan adalah metode exponential smoothing dan economic order quantity. Hasil dari penelitian ini adalah total biaya persediaan hasil perhitungan menunjukkan pengurangan nilai sejumlah $1.204,94 dari biaya perusahaan. Sedangkan hasil perhitungan total biaya persediaan menunjukkan biaya stock out meningkat 6,45% dari biaya tanpa stock out.

ABSTRACT
Material management, especially spare part, aims to control the entire flow of material in ordered to be used in maintenance activities to minimize downtime and optimize resources utility. Therefore, spare part inventory control is required to count the order quantities which are stored and have to be ordered in right amount, at the right time, with the right condition, and economical cost. Inventory control methods are exponential smoothing and economic order quantity. The result of this research is total inventory cost which shows a reduction value of $1.204,94 from actual inventory cost. Moreover, calculation of inventory show the inventory cost with stock out increases 6,45% from the cost without stock out."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S763
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Reza A.
"Sebuah proyek merupakan rangkaian berupa kegiatan yang saling berhubungan dan masing-masing memiliki tingkat kompleksibilitas yang cukup tinggi. Peralatan merupakan elemen-elemen dari wujud fisik yang akan dibangun pada suatu proyek konstruksi, dimana dalam komponen biaya proyek peralatan digolongkan sebagai biaya langsung (direct cost). Biaya Langsung adalah biaya untuk segala sesuatu yang akan menjadi komponen permanen hasil akhir proyek. Bagaimana faktor manajerial dan administrasi mampu merencanakan, mengontrol dan melaksanakan pengelolahan berbagai macam Peralatan menjadi bangunan sipil yang Jadi. Peralatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Sehingga penanganan peralatan mulai dari penjadwalan pemesanan, penentuan standar persepsi kualitas, pengiriman serta prosedur penanganan peralatan sebagai kegiatan pengadaan peralatan mempengaruhi cfisiensi dari biaya proyek. Masalah manajemen peralatan dalam proyek konstruksi jalan dalam usaha meningkatkan efisiensi dari biaya proyek merupakan upaya yang hendak dijabarkan dalam seminar skripsi ini."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S34893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>