Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120021 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nandang Suherlan
Jakarta: Pertamina Persero, 2006
650.759 8 NAN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pertamina, 1987
R 616.61 KUM
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Manajemen Pembangunan Lembaga Administrasi Negara RI , 1996
658.4 DIN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pertamina, 2013
658.045 PER (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nasuhi Hidajat
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah menimbulkan suatu revoIusi yang
dampaknya bagi kehidupan umat manusia dapat disejajarkan dengan revolusi industri.
Revolusi informasi menyebabkan perubahan lingkungan pasar sehingga struktur dan hirarki
menjadi berubah sama sekali. Perubahan lingkungan pasar ini menuntut terjadinya perubahan
paradigma manajemen yang selanjutnya diikuti oleh tuntutan terhadap visi, misi, dan strategi
yang perlu diadaptasikan pada struktur, kultur, dan sistem manajemen yang baru pula.
Akibat teknologi informasi yang semakin canggih, konsumen menjadi semakin well
informed dan demanding sehingga mengubah lingkungan usaha dari seller?s market menjadi
buyer?s market dan menciptakan situasi persaingan yang semakin sengit. Kemajuan teknologi
informasi juga membawa arus globalisasi yang menghilangkan batas-batas antar negara. Dalam bidang perekonomian globalisasi diwujudkan dengan kesepakatan perdagangan bebas.
baik antar negara di tingkat regional, seperti AFTA, NAFTA, maupun di tingkat dunia dengan
adanya kesepakatan putaran Uruguay, GATT, lahirnya WTO, serta APEC. yang indonesia ak
tif di dalamnya.
Era perdagangan bebas yang disepakati akan diberlakukan secara efektif awal abad 21.
menuntut seluruh negara yang terlibat di dalamnya, termasuk Indonesia harus menyiapkan
diri untuk menghadapinya dengan jalan meningkatkan daya saingnya agar nantinya tidak se
kedar menjadi penonton dari pasar yang diserbu produk dari segala penjuru. Dibarengi tim
bulnya opini yang mempertanyakan keberadaan dan peran BUMN, seria kenyataan kinerja
yang kurang memuaskan, indonesia gencar melakukan revitalisasi BUMN-nya. Sebagai salah
satu antisipasi datangnya era perdagangan bebas. Kebijakan-kebijakan, antara lain berupa de
regulasi, debirokratisasi, korporatisasi, dan privatisasi banyak dikenakan kepada BUMN.
Bahkan terhadap BUMN yang merugi, pemerintah tidak segan-segan untuk melikuidasi atau
pun menyerahkan kepemilikannya kepada pihak swasta.
Perubahan Iingkungan usaha yang dipicu oleh kebijakan revitalisasi juga mulai
mengimbas ke PERTAMINA BUMN yang memiliki historis bernuansa politis, diberi hak
monopoli untuk mengusahakan minyak, gas, serta panas bumi di Indonesia mulai memperli
hatkan kecenderungan mengalami perubahan lingkungan usaha yang akan mengikis hak-hak
monopolinya. Menghadapi trend perubahan Iingkungan usaha yang demikian, PERTAMINA
mulal berbenah melalui berbagai restrukturisasi, yang diawali dengan restrukturisasi organi
sasi secara bertahap.
Menyukseskan restrukturisasi yang dilakukan oleh PERTAMINA, maka perusahaan
ini perlu mengawalinya dengan perombakan paradigma manajemennya yang diwujudkan oleh
pembentukan visi, misi, dan strategi dan di adaptasìkan dengan sruktur, kultur, dan sistem
manajemen, termasuk sistem pengendahan manajemennya yang kompatibel dengan ling
kungan usaha yang akan dihadapi di masa mendatang. Restrukturisasi yang bersifat spasmo
dic harus dihindari agar PERTAMINA tidak menanggung biaya mahal sebagaimana dialami
oleh umumnya perusahaan-perusahaan yang melakukan strukturisasi di dalam suasana
kepanikan. Untuk itu, restrukturisasi haruslah bersifat evolusioner dengan hasil yang revolu
sioner. Dengan kiat-kiat itulah, PERTAMINA akan dapat memiliki competitive advantage di
tingkat unit usaha, serta parenting advantage di tingkat korporat.
"
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djoko Prasetyo
"
ABSTRAK
Pertamina sebagai Perusahaan Negara mempunyai tugas untuk melayani kepentingan masyarakat, walaupun diberikan kesempatan untuk mencari keuntungan tetapi tidak boleh mengorbankan kepentingan masyarakat, Tetapi dalam pengoperasiannya Pertamina mengalami ketidakberesan karena wewenang yang besar yang dimiliki oleh direktur utamanya yaitu Ibnu Sutowo, dengan bantuan dari Presiden Suharto dan Angkatan Darat. Wewenang yang besar dari Ibnu sutowo mengakibatkan ia mendapat kurang pengawasan dari instansi-instansi yang terkait.
Ketidakberesan Pertamina itu mendapatkan sorotan dari surat kabar-surat kabar Ibukota pada akhir tahun 1969, terutama surat kabar Indonesia Raya yang selama tiga bulan lebih memberitakan penyelewengan-penyelewengan yang terjadi di dalam tubuh Pertamina, mulai dari perluasan usaha yang dinilai tidak efisiensi, penjualan minyak yang tidak menguntungkan, keridakjelasan administrasi keuangan, dan lain-lain.
Berita-berita yang disisirkan oleh Indonesia Raya mengakibatkan terjadinya demontrasi besar-besaran di Ibu Kota dan beberapa kota besar lainnya ketika terjadi kenaikan harga minyak melalui Surat Keputusan Presiden No. 1 Tahun 1970. Demonstrasi yang dipelopori oleh mahasiswa menuntut pemerintah agar segera mungkin memeriksa Pertamina dan juga Ibnu Sutowo. Pemerintah kemudian menurunkan 20 orang Akuntan Negara dan membentuk Komisi IV (Empat) untuk memeriksa Pertamina dan beberapa Perusahaan Negara lainnya. Dari hasil penelitian Komisi IV tersebut terungkap penyelewengan-penyelewengan didalam tubuh Pertamia, juga perluasan usaha Pertamina yang mengakibatkan Pertamina harus menanggung utang yang sangat besar.
"
1998
S12176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutapea, Romida Anastasia Fabiola
Depok: Universitas Indonesia, 2002
S24431
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Navany Bilqisthy
"Pada tahun 2020, PT Pertamina Bina Medika IHC (PERTAMEDIKA IHC) mengeluarkan Buku Formularium Obat PERTAMEDIKA IHC yang terdapat Peraturan Direktur Nomor Prt–2099/A00000/2020-S0 tentang Formularium Obat PERTAMEDIKA IHC (FOPI) Tahun 2021 untuk membuat dan memberlakukan standarisasi FOPI di lingkungan PERTAMEDIKA IHC dengan ketentuan semua rumah sakit yang berada di lingkungan PERTAMEDIKA dan RS IHC Member wajib menggunakan FOPI dan tidak diperkenankan adanya Formularium atau Daftar Standar Obat lain. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian daftar obat dalam Formularium RS UI dengan FOPI. Kegiatan dilakukan dengan pengolahan dua buah data berupa master obat Formularium RS UI serta FOPI dalam bentuk format excel dengan Formularium RS UI sebagai master data. Lalu, dilanjutkan perhitungan persentase dari masing-masing kategori obat yang tersubtitusi, tidak perlu subtitusi atau tidak tersubtitusi. Diperoleh jumlah obat Formularium RS UI yang dapat disubtitusi ke FOPI sejumlah total 442 obat dengan persentase total 18,53%. Jumlah obat yang masuk dalam kategori “Tidak Perlu Subtitusi” sebanyak 1102 obat dengan total persentase sebesar 47,71%. Sedangkan, jumlah obat yang tidak bisa disubtitusi adalah sejumlah 383 obat dengan persentase total 16,58%. Jumlah obat non FOPI adalah sejumlah 383 obat dengan persentase 16,58%. Obat yang tidak tersubtitusi perlu dilakukan pengkajian kembali antara Farmasi dengan Pelayanan Medik/KFT/KSM terkait untuk mendukung efisiensi dan efektivitas formularium RS UI.

To create and implement FOPI standardization in Indonesia, PT Pertamina Bina Medika IHC (PERTAMEDIKA IHC) released the PERTAMEDIKA IHC Drug Formulary Book in 2020. This publication includes Director Regulation Number Prt-2099/A00000/2020-S0 addressing the 2021 PERTAMEDIKA IHC (FOPI) Drug Formulary. PERTAMEDIKA IHC environment on the condition that all hospitals within PERTAMEDIKA and IHC Member Hospitals must use FOPI and that no Formulary or other Standard List of Drugs is permitted. Consequently, it is required to update the UI Hospital Formulary's medicine list with FOPI. The task involved processing two sets of data, the UI Hospital's master drug formulary and FOPI's FOPI in excel format, with the UI RS Formulary serving as the master data. The percentage of each drug category that is substituted, whether a substitution is required or not, should then be calculated. There are 442 different medications in the UI Hospital Formulary that can replace FOPI, with a total substitution percentage of 18.53%. 1102 medicines, or a total proportion of 47.71, fall under the "No Need Substitution" category. 383 medicines, or a total percentage of 16.58%, cannot be substituted, however. There are 383 non-FOPI medications, with a proportion of 16.58%. To promote the efficacy and efficiency of the UI Hospital formulary, drugs that cannot be substituted must be discussed between the Pharmacy and the relevant Medical Services/KFT/KSM."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rhenald Kasali
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012
553.282 RHE c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mandji Abdullah S.
Jakarta: Universitas Indonesia, 1984
S25154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>