Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141387 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hilda Indriana Sutanto
"Pada situasi persaingan yang semakin ketat dewasa ini, setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya agar tetap kompetitif. Penggunaan sistem biaya tradisional menjadi usang karena tidak mampu memberikan perhitungan biaya produk yang akurat dan tidak mendorong manajer untuk melakukan efisiensi proses produksi. Oleh karena itu lahirnya Activity-Based Cost System sebagai sistem akuntansi biaya yang baru memberikan sumbangan besar bagi dunia bisnis. Selain memberikan perhitungan biaya produk yang lebih akurat, informasi aktivitas dari ABC dapat digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan proses sehingga terjadi peningkatan kinerja aktivitas untuk memberikan value yang lebih tinggi kepada pelanggan. Untuk peningkatan kinerja aktivitas inilah maka process value analysis perlu dilakukan. Process value analysis merupakan metode analisa yang paling baik untuk dapat mengidentifikasi aktivitas secara keseluruhan dan mencari kesempertan-kesempatan untuk melakukan perbaikan. Process value analysis akan berusaha untuk meminimisasi bahkan mengeliminasikan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan mengoptimalkan aktivitas yang memberikan nilai tarnbah. Dengan melakukan process value analysis, akan terjadi peningkatan kinerja aktivitas yang pada akhirnya akan meningkatkan value produk yang diterima pelanggan berupa harga yang relatif rendah, kualitas yang tinggi, dan tersedia tepat pads waktunya. Process value analysis pada PT. X menunjukkan bahwa PT. X memilih tujuh kelompok aktivitas dalam proses produksinya, yaitu lead oxide mill, paste mixer, grid casting, plate pasting, formation dan drying, assembling, serta finishing. Analisa yang dilakukan menunjukkan bcthwa Pl. X memerlukan tindakan-tindakan perbaikan agar proses produksinya bisa lebih efisien. Tindakan perbaikan dapat dilakukan dengan melihat pada konsep yang ditawarkan oleh Just In Time dan Total Quality Control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Bintang S.P.
"Dalam setiap rencana investasi, ada belDerapa hal yang harus diperhatikan yaitu a) Dibuatkan feasibilty study secara lengkap b) Project tersebut harus pada lokasi yang strategis C) Direncanakan dengan matang total biaya di keluarkan d) Diamati dengan seksama
kondisi perekonomian serta perobahan melalui peraturan pemerintah.
Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, pihak
management tentu rnembutuhkan suatu alat yang dapat
digunakan sebagai alat petunjuk.
Untuk ini, akuntansi management, akuntansi keuangan serta management keuangan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Misalnya dengan akuntansi keuangan, kita dapat
mengetahul kondisi keuangan melalui analisa atas laporan keuangan dengan akuntansi management, dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan pada masa yang akan datang melalui penibuatan proyeksi atas laporan keuangan yang sekarang kalau dengan management keuangan, kita dapat menganalisa Payback period, IRR serta masalah keuangan lainnya.
Untuk mendapatkan keputusan yang optimal,
dibutuhkan langkah-langkah yang sistimatis dan
terkoordinir sehingga memungkinkan perusahaan dapat
mengarahkan dananya yang relatif terbatas pada usahausaha yang paling menguntungkan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Sugianto Ibrahim
"Sistem lnforrnasi Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting bagi manajemen suatu perusahaan, agar manajemen dapat memperoleh suatu informasi yang akurat dan tepat waktu, Pada saat ini sistem informasi yang ada pada PT "X" kurang memadai sehingga manajemen perusahaan mendapat informasi sangat terlambat dan bahkan kadang - kadang inforrnasi yang diperolehnya tersebut tidak akurat.
Hal ini disebabkan antara lain:
Sistem Akuntansi Biaya yang berjalan saat ini tidak baik dan dapat dikatakan menggunakan pendekatan yang disebut dengan traditional approach. Hal ini berakibat informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang kurang tepat atau salah. Proses akuntansi hanya menggunakan modul general ledger saja. sedangkan untuk yang lainnya masih dilakukan dengan manual. Struktur sistematika kode akun belum sistematis dan tidak dapat menghasilkan kebutuhan informasi manajemen perusahaan. Sehubungan dengan masalah tersebut diatas maka diberikan saran untuk memperbaiki sistem akuntansi yang berjalan saat ini.
Saran perbaikan tersebut adalah sebagal berikut :
Sistem akuntansi bìaya sebaiknya menggunakan pendekatan dengan metode "two stage process", sehingga alcan dapat dihasilkan informasi yang lebih akurat. Proses akuntansi disamping menggunakan modul general ledger, juga diusulkan untuk menggunakan modul account receivable (sales), modul account payable (purchasing), modul inventory sehingga informasi dapat dihasilkan dengan tepat waktu. Sistematika kode akun perlu dimodifikasi sedemikan rupa sehingga mencakup kebutuhan informasi manajemerl perusahaan.
Agar saran - saran tersebut dapat diimplementasikan dengan balk maka diperlukan staf yang mempunyai kemampuan yang cukup dibidang akuntasi serta mempunyai pengetahuan mengenai software akuntansi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridy Sudarma
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
S19307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Melita; Yvone Augustine S.
"Sistem Informasi Akuntansi merupakan sarana yang penting di dalam memperlancar dan mengarahkan kegiatan sehari-hari serta pengambilan keputusan. Dengan diterapkannya Sistem Informasi Akuntansi akan memberi manfaat bagi perusahaan terhadap masalah operasi, hingga pelayanan dan pengelolaan menjadi Iebih efisien, ekonomis dan efektif. Untuk memenuhi kebutuhan intormasi yang baik bagi pihak dalam dan luar perusahaan PT. Matan telah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan. Adapun salah satu diantaranya adalah Sistem Informasi Akuntansi.
Sistem Ìnformasi Akuntansi seperti halnya struktur organisasi merupakan bagian dan sistem informasi manajemen PT. Matan. Selain ditujukan untuk pendukung pengoperasian dan pengusahaan juga untuk mendukung kebutuhan permintaan data dan sistem informaSi manajermen tingkat yang lebih atas. Sistem Informasi Akuntansi di PT. Matan pada dasarnya digunakan untuk menyajikan informasi guna mendukung operasi harian, pengambilan keputusan dan yang berkenaan dengan kepengurusan. Meskipun SIA Matan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasi perusahaan yang ekonomis, bukan berarti bahwa SIA dapat memecahkan seluruh permasalahan operaional.
Hasil temuan menunjukkan bahwa biaya overhead yang dibebankan per klien ditentukan berdasarkan biaya total yang dikurangi dengan biaya langsung, bukan merupakan biaya overhead yang sesungguhnya dimana nilainya mencapai 80 - 90 % total cost. Akibat besarnya biaya overhead hasil pembahasan menunjukkan timbul kerugian atas order pelanggan tertentu yang mengakibatkan terjadi penurunan laba perusahaan. Adapun masalah yang berkaitan dengan SIA pada umumnya berkaitan dengan perancangan sistem yang perlu ditingkatkan dan perlu dibuatnya beberapa aplikasi sistem tambahan. Setelah dilakukan pembahasan dipiIih alternatif usulan tambahan untuk program aplikasi komputer dengan menyertakan cara penentuan pembebanan tarif biaya overhead.
Sebagai tindak lanjut dan usulan tersebut telah diberikan Saran yang diharapkan dapat mempercepat dan mengamankan pengembangan Sistem Informasi Akuntansi. Saran-saran tersebut antara lain perlu dibuat tambahan pengendaIian baik akuntansi maupun administrasi komunikasi yang baik antar departemen agar dapat diperoleh data yang sesungguhnya untuk didistribusikan, dibutuhkan pelaksana yang mampu membuat program aplikasi dan menggunakannya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosinta Suwastika
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan terkait sistem informasi dalam penyelesaian permohonan pengembalian dan pembebasan PPN oleh Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional serta memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Direktorat Jenderal Pajak tengah menggencarkan digitalisasi administrasi perpajakan sebagai bagian dari Reformasi Perpajakan. Namun demikian, hasil observasi di KPP Badan dan Orang Asing menunjukkan bahwa proses pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional belum didukung oleh sistem informasi yang memadai. Analisis permasalahan dan analisis sistem informasi dilakukan menggunakan teori pemangku kepentingan dan kemudian dianalisis dengan metodologi Framework for the Application of Systems Thinking (FAST). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di KPP Badan dan Orang Asing. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya sistem informasi yang terintegrasi menyebabkan proses pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional berjalan tidak efektif dan efisien. Selain itu, analisis sistem informasi dalam penelitian ini menghasilkan desain logis (logical design) dan prototipe sistem informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perancangan sistem informasi pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional.

This research aims to examine further the problems arise due to the current system implemented by the DGT in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations as well as to analyze information system which accommodates stakeholders’ needs. The DGT is intensifying digitization of tax administrations as part of Tax Reform. However, the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations is not equipped with integrated information system. The problems in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations were analyzed using stakeholder theory while solutions for the problems were analyzed using Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) methodology. This research uses qualitative method with case study approach. The data collection is held through observation in Foreign Corporate and Individual Tax Office, document analysis, and interviews with parties involved in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations in the DGT. This research finds that the absence of integrated information system in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations in the DGT leads to ineffectiveness and inefficiencies. This research resulted logical design and a web-based information system prototype as material considerations in the development of VAT restitution and exemption information system for Diplomatic Representatives and International Organizations."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Doddy Rizky
"Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang.

Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Willa Anindya Ramadina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit pengujian pengendalian yang dilaksanakan oleh KAP BDS atas penjualan dan pembelian PT SSB untuk periode yang berakhir di 31 Desember 2021. PT SSB merupakan perusahaan dagang yang menjual produk mesin, komponen, perawatan, dan reparasi otomotif. Prosedur pengujian pengendalian yang dilaksanakan adalah inspeksi four-way-match atas atribut pengendalian yang sudah diidentifikasi pada dokumen pendukung transaksi penjualan dan pembelian untuk menguji efektivitas operasi pengendalian. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian penjualan dan pembelian yang dilaksanakan sudah efektif dalam mencegah terjadinya salah saji di level asersi.

This internship report serves to evaluate the audit procedure of the test of control carried out by KAP BDS on the sale and purchase of PT SSB for the period ending on 31 December 2021. PT SSB is a trading company that provides automotive machine, components, maintenance, and reparation products. Test of control procedures aim to test the effectiveness of the identified control attributes in sales and purchasing activities in preventing and detecting misstatements at the assertion level. Based on the evaluation results, the sales and purchase control testing procedures are considered effective in preventing misstatements at the assertion level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Darminto
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1982
S16728
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>