Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112180 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Situmorang, Griselda
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17085
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fridayanti
"ABSTRAK
Dewasa ini rumah sakit tidak dapat mengandalkan pendapatan dari pembayaran tunai saja sehingga pendapatan dari pembayaran secara kredit mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup rumah sakit untuk itu diperlukan manajemen piutang yang dapat meminimalkan piutang dan mengoptimalkan penerimaan pendapatan.
Masalah dalam penelitian ini adalah saldo akhir piutang pasien jaminan perusahaan terus meningkat dimana proporsi piutang semakin lebih besar dari penerimaan tunai dan hari rata-rata piutang dilunasi melewati batas waktu perjanjian.
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh Karakteristik Piutang Pasien Jaminan Perusahaan dalam hal ini dikelompokan menurut resiko kreditnya yaitu: (1) Perusahaan Besar, (2) Perusahaan Menengah/Kecil, (3) Perusahaan Asuransi karena masing-masing kelompok diduga mempunyai karakteristik tingkat perputaran piutang (Turnover Rate) dan lama pembayaran (Collection Periode) yang berbeda.
Jenis penelitian ini adalah KUANTITATIF-ANALITIK. Metode yang digunakan telaah dokurnen dengan Analisis Gerak Berkala (Time Series) dan Uji Hipotesa Statistik dengan pendekatan pemecahan masalah. Data diambil dari buku piutang pasien jaminan perusahaan dan bukti tranfer di Rumah Sakit Mohammad Husni Thamrin.
Berdasarkan analisis gerak berkala kegiatan kredit Piutang Pasien Jaminan Perusahaan Besar, Perusahaan MenengahlKecil dan Perusahaan Asuransi mempunyai karakteristik yang berbeda dimana letak perbedaannya adalah pada jumlah tagihan (Billing) dan jumlah pelunasan (Collection) dimana memberikan prestasi kegiatan kredit yang berbeda dalam bentuk saldo piutang dan periode pembayaran.
Berdasarkari hasil uji hipotesa statistik ; (1). Beda rata-rata Tagihan Perusahaan Besar paling sedikit Rp.62.924.581,- lebih tinggi dari Perusahaan MenengahlKecil, dan Rp.63.467.387,- lebih tinggi dari Perusahaan Asuransi. Sedangkan antara Perusahaan MenengahlKecil dengan Perusahaan Asuransi tidak ada perbedaan. (2). Beda rata-rata Pelunasan Perusahaan Besar paling sedikit Rp.50.158.016,--lebih tinggi dari Perusahaan Menengah/Kecil, dan Rp.50.670.641,-lebih tinggi dari Perusahaan Asuransi. Sedangkan pelunasan Perusahaan Menengah/Kecil dengan Perusahaan Asuransi tidak ada perbedaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktifitas kredit Perusahaan Besar yang menjadi penyebab pokok permasalahan penelitian ini. Mengefektifkan kebijakan pemberian kredit dan kebijakan penagihan khususnya pada Piutang Jaminan Perusahaan Besar adalah prioritas pemecahan masalah.
Saran yang dapat diberikan adalah (1). Mengevaluasi kebijakan kredit yang diberikan kepada Perusahaan Besar dengan mempertimbangkan prinsip marginalitas dalam standar kredit, ketentuan DESINSENTIF dan INSENTIF dalam syarat kredit. (2). Membuat struktur upaya penagihan dengan ketentuan jatuh tempo.(3) Mengoptimalkan manajemen piutang pasien muiai dari prosedur pemberian kredit sampai dengan penghapusan piutang.(4) Membuat perangkat pengawasan dan pengendalian manajemen piutang pasien.(5) Membuat laporan periodik kegiatan kredit pelanggan.

ABSTRACT
The Characteristic Of Corporate Company Guarantee Patient's Account Receivable In Mohammad Husni Thamrin Hospital Januari 1995 - Desember 1996
The problem of this research is the increase of the last balance of the corporate company guarantee patient's account receivable, in which the last proportion of this account receivable is bigger than in cash payment and the average of corporate company account receivable is paid in expired time of agreement.
The purpose of this research is to get the characteristic of the corporate company guarantee patient's account receivable, in this case we divided (according to the credit's risk) as follows : (1). Big Company. (2) Medium/Small Company. (3). Insurance Company. Because each of the corporate company is presumed has different characteristic of the turn over rate level and the collection eriod level.
The type of this research is ANALYTIC-QUANTITATIVE, the method that used is document research with a time series analysis and statistic hyphotesis testing with a problem solving approach. The data is collected from the detail ledger of corporate company guarantee patient's account receivable and the transfer evidence in Mohammad Husni Thamrin Hospital.
Base on the time series analysis of the big company guarantee patient's account receivable, the medium/small company guarantee patient's account receivable and the Insurance company guarantee patient's account receivable have a different characteristics. The differences are the credit activity, in this case it is in the amount of Bill and the amount of Collection. In which they give different credit activity's result in the form of receivable balance and the payment period.
The result, based on the statistic hyphotesis testing are as follows
The difference of the recovery in debt's average in big company is at least Rp. 62.924.581,- higher than medium/ small company and at least Rp. 63.467.387,- higher than insurance company. Whereas, there are no differences between medium/small company and insurance company at a 0,05.
The difference of the amount of the collection in a big company is at least Rp. 50.158.016,- higher than medium/small company and at least Rp. 50.070.641,- higher than insurance company. Whereas, the collection of the medium/small company is not different from the collection of the insurance company at a 0,05.
The conclusion of this research is the activity of credit of a big company thar caused the problem for this research. The priority of problem solving approach in this research is to make an effective capability of a credit policy and the recovery of debt capability, especially in big company guarantee patient's account receivable. The suggestion from this research are as follows :
- To evaluate the capability of credit policy which is given to a big company is by considering the MARGINALITY PRINCIPAL in the credit standard, the certainty of DISINSENTIVE and INSENTIVE in the credit condition.
- To make the STRUCTURE of COLLECTION EFFORT is by considering the time Iimit of the payment.
- To optimize the management of the patient account receivable ; first, from the procedure of credit giving, then end at the account receivable write-off.
- To make controls and guidance on the customer's credit activities.
- To make a periodic report on the customer's credit activities.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meijani Wibowo
"Pengelolaan piutang merupakan salah satu aspek dalam dunia perumahsakitan yang perlu mendapat perhatian khusus dan penanganan secara profesional karena akan selalu ada risiko masalah panjangnya umur piutang dan piutang tak tertagih. Oleh karena itu pengelolaan piutang yang efektif menjadi sangat penting dalam manajemen keuangan di RSIA Hermina Bogor dalam upaya mencapai target.
Tujuan dari penelitian ini agar diperolehnya solusi dalam pemecahan masalah serta cara pengelolaan yang efektif terhadap piutang asuransi dan perusahaan yang terikat kerjasama agar mencapai target yang telah ditetapkan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sistem yang berorientasi pada pemecahan masalah. Untuk mencapai tujuan dari penelitian dilakukan triangulasi sumber dan metode melalui pengamatan langsung, wawancara mendalam dan kajian dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa target yang tidak tercapai disebabkan karena belum dilakukannya pengelolaan piutang yang efektif, seperti belum lengkapnya prosedur untuk mendukung proses, upaya penagihan belum maksimal, laporan piutang belum tersedia sesuai kebutuhan, pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan output piutang belum optimal, dan sistem informasi piutang yang belum dapat mendukung proses.
Pada akhir penelitian ini disarankan untuk melengkapi seluruh prosedur kerja yang dibutuhkan sesuai dengan yang diusulkan peneliti, membentuk tim penagihan regional, diklat dan umpan balik untuk SDM piutang, penambahan dan penyempurnaan laporan piutang, membuat evaluasi berkala dan meningkatkan pengawasan, serta membuat sistem informasi piutang yang handal.

The management of account receivables is a key aspect in hospital management that needs special attention and professional handling due to the inherent potential problems of uncollectible receivables. Therefore an effective account receivable management becomes of utmost importance in the financial management of RSIA Hermina Bogor in order to achieve targets.
The pupose of this research is to obtain solutions and propose a more effective account receivable management for the hospital?s insurance and corporate receivables to enable the achievement of financial targets.
This research uses a qualitative approach with problem-solving orientation. To reach the objectives, the research was conducted by source and method triangulation using direct observations, in-depth interviews, as well as real data analyses.
The research found that targets are not achieved due to the lack of an effective account receivable management; among various weaknesses found are: incomplete standard procedures, lack of adequate account receivable reporting, suboptimal control on the implementation of account receivable policies, and the lack of an adequate information system.
This research concludes with the following suggestions: set up a comprehensive operating procedure, set up a regional collection team, proper training and development of personnel, improve the account receivable reporting, conduct periodic evaluations to improve the control mechanism, and set up a versatile information system.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T30845
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Insan Kamil
"Laporan magang ini berjudul Evaluasi Prosedur Audit Test of Details Atas Akun Piutang Usaha Pada Perusahaan Konstruksi. Hal yang menjadi pembahasan adalah bagaimana proses audit yang dilakukan sampai pada tahap prosedur pengujian rincian tersebut. Pada praktiknya hal yang dilakukan oleh mahasiswa magang adalah pengumpulan bukti audit dengan melakukan konfirmasi atas piutang usaha, melakukan konfirmasi kedua, dan test of detail. Laporan ini dibatasi pada prosedur yang diikuti selama magang. Pada akhirnya dapat disimpulkan dari hasil evaluasi tersebut apakah KAP XYZ telah menjalan prosedur test of details sesuai dengan International Standard on Auditing (ISA). Evaluasi tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan dengan ISA 500 tentang asersi manajemen dan bukti audit, ISA 505 tentang bukti audit dan penggunaan alternatif prosedur, dan ISA 520 tentang bukti audit dan prosedur analitis. Laporan magang ini ditutup dengan hal-hal yang berkaitan dengan refleksi diri selama magang. Pembahasannya dibatasi pada tiga aspek yakni bekerja di bawah tekanan, interaksi dengan tim, klien, dan pihak lainnya, serta implementasi teori dan praktik. Hasilnya adalah dua aspek yakni bekerja di bawah tekanan dan implementasi teori dan prakterk telah berjalan baik. Sedangkan untuk aspek interaksi dengan tim, klien, dan pihak lainnya perlu diperbaiki.

This internship report is evaluates the Test of Details Audit Procedure on Accounts Receivable Accounts at Construction Companies. The matter being discussed is how the audit process carried out has reached the stage of testing the details. In practice, what interns do is collect audit evidence by confirming accounts receivable, conducting a second confirmation, and test of details. This report is limited to the procedures followed during the internship. In the end, it can be concluded from the evaluation results whether KAP XYZ has carried out the test of details procedure in accordance with international standards on auditing. The evaluation includes matters relating to ISA 500 on management assertions and audit evidence, ISA 505 on audit evidence and the use of alternative procedures, and ISA 520 on audit evidence and analytical procedures. This internship report closes with matters relating to self-reflection during the internship. The discussion is limited to three aspects, namely working under pressure, interaction with the team, clients, and other parties, and implementation of theory and practice. The result is two aspects, namely working under pressure and the implementation of theory and practice has been going well. As for the aspect of interaction with the team, clients, and other parties need to be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Christy
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk membahas proses audit piutang usaha yang dilakukan oleh KAP CDE pada PT OMS untuk periode laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2020. Fokus pembahasan terletak pada pengujian substantif yang terdiri dari prosedur pengujian analitis substantif dan test of details atas akun piutang usaha PT OMS. PT OMS sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan menjalankan kegiatan usaha berupa jual beli mobil dan jasa servis mobil. Audit yang dilakukan adalah audit jarak jauh sehingga membutuhkan professional skepticism lebih dari para auditor, terlebih dengan kondisi ekonomi yang tidak pasti. Berdasarkan proses audit yang telah dilakukan KAP CDE, prosedur pengujian substantif dilakukan untuk menguji asersi existence, completeness, accuracy, classification, dan cut-off. Prosedur yang dilakukan telah sesuai dengan dengan standar audit kecuali prosedur untuk asersi classification yang hanya berdasarkan penilaian tahun lalu.

This internship report aims to explain the audit process of account receivable which was performed by KAP CDE for the financial report for the period ended December 31, 2020. The main focus is on the substantive procedures, namely analytical substantive procedures and test of details, related to account receivable of PT OMS. PT OMS is a company running in the automotive industry which deals with car dealership and car service. The audit procedures performed by KAP CDE are conducted remotely therefore the auditors need to exercise professional skepticism, especially with the current uncertain economic conditions. Based on the audit procedures performed by KAP CDE, substantive procedures are used to test the management assertion of existence, completeness, accuracy, classification, and cut off. Generally, KAP CDE has performed the procedures according to the existing audit standard except for the procedures performed to assess the classification assertion, which is only based on the evaluation of last year’s publication."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Asmanah
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica Ratna Widjaja
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Venia Rezkieta Dewi
"Laporan magang ini mengevaluasi pengendalian internal piutang dagang pada PT. AI yang dilakukan menggunakan COSO Internal Control Integrated Framework (COSO IC IF) dengan melihat kesesuaian fakta lapangan dengan setiap komponen COSO. COSO IC IF terdiri atas lima komponen dan 17 prinsip. Berdasarkan hasil evaluasi keseluruhan, sistem informasi akuntansi piutang perusahaan belum berjalan secara efektif yang disebabkan oleh adanya keterbatasan dalam empat komponen COSO IC IF, yaitu control environment, risk assessment, control activities, dan monitoring activities. Keterbatasan tersebut berupa kedudukan tim examiner yang tidak memadai, pembagian tugas tidak proporsional, adanya beban kerja berlebihan, tidak ada subbagian penanganan faktur bermasalah secara formal, dan sosialisasi prosedur kerja Central Account Receivables (CAR) yang kurang memadai.

.This internship report evaluates the accounts receivable information system of PT. CCC (PT. AI) which is conducted by using the COSO Internal Control Integrated Framework (COSO IC IF). Considering the five components and 17 principles, this evaluation aims to reveal the conformity of the facts with each component of COSO. Based on the results of the overall evaluations, the accounts receivable information system has not been worked effectively due to the limitations in the four components of COSO IC IF, such as control environment, risk assessment, control activities, and monitoring activities. These limitations include inadequate position of the examiner team, the disproportionate segregation of duties, the existence of excessive workload, no subdivision which handle the problem of invoices, and inadequate work procedures socialization in Central Account Receivables (CAR)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bond, Cecil J.
New York: McGraw-Hill, 1993
R 658.88 BON c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Setyawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perlakuan akuntansi atas piutang negara berdasarkan Buletin Teknis 16, PMK 69/2014, dan PP 71/2010 khususya SAP 01 dan SAP 04. Evaluasi tersebut dilakukan terhadap empat instansi pemerintah yaitu DJSDPPI, DJKI, Setjen Kemenlu, dan RSUP Persahabatan, yang masing-masing mewakili pengelola Piutang Bukan Pajak dengan karakteristik berbeda-beda. DJSDPPI misalnya, mengelola Piutang PNBP BHP Frekuensi Radio dengan nilai yang sangat besar. DJKI mengelola Piutang PNBP Biaya Pemeliharaan Paten dimana sebagian besar debiturnya berada di luar negeri. Setjen Kemenlu mengelola piutang pinjaman dan piutang TP/TGR yang umumnya dicatat dalam mata uang asing. Sedangkan RSUP Persahabatan mengelola piutang yang berasal dari pengakuan pendapatan Kegiatan Operasional BLU. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui observasi lapangan dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukan bahwa proses pengakuan, pengukuran, dan penyajian piutang negara pada keempat instansi tersebut telah didasarkan pada ketentuan yang diatur di dalam Buletin Teknis Nomor 16, PMK 69/2014, dan PP 71/2010. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dikarenakan kondisi piutang negara yang dilaporkan pada Neraca Laporan Keuangan menunjukkan nilai perbandingan piutang bruto dengan penyisihan piutang tidak tertagih yang signifikan. Hal ini mengindikasikan adanya kendala-kendala dalam pengelolaan piutang negara seperti tidak efektifnya kebijakan pengelolaan piutang negara pada masing-masing instansi ataupun upaya penagihan yang belum optimal.

This study aims to evaluate the accounting treatment of state receivables based on Buletin Teknis No. 16, PMK 69/2014, and PP 71/2010, especially SAP 01 and SAP 04. The evaluation was carried out on four government agencies, namely DJSDPPI, DJKI, Secretariat General of the Ministry of Foreign Affairs, and Persahabatan Hospital Jakarta. Each of which represents Non-tax Receivables managers with different characteristics. DJSDPPI, for instance, manages Radio Frequency Right-of-Use Fee with a very large value. DJKI manages Patent Annual Fee where most of debtors are abroad. Secretariat General of the Ministry of Foreign Affairs manages receivables which mostly in foreign currency. Meanwhile, Persahabatan Hospital Jakarta manages receivables originating from the recognition of revenue from its Operational Activities. The research was conducted using a qualitative descriptive method through field observations and interviews. The evaluation results show that the process of recognizing, measuring, and presenting state receivables in these four agencies is based on the provisions regulated as mentioned above. However there are several things that need attention because the state’s receivables reported in the Financial Report shows a significant comparison of gross receivables with the allowance for uncollectible accounts. This indicates that there are obstacles in managing state receivables, such as ineffective policies in each agency or collection activities that are not yet optimal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>