Ditemukan 34397 dokumen yang sesuai dengan query
Rindyasari
"Penelitian ini berfokus pada literasi informasi guru dalam menunjang kompetensi profesionalismenya. Permasalahan yang diungkap adalah guru tidak dapat mempersiapkan muridnya untuk menjadi seseorang yang literate terhadap informasi jika mereka sendiri tidak mengerti bagaimana menemukan dan menggunakan informasi untuk itu guru dituntut harus melek informasi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana kemampuan literasi informasi guru dan bagaimana penerapan literasi informasi oleh guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Literasi informasi dalam penelitian ini dilihat dari tiga aspek yaitu, menyadari kebutuhan informasi, akses informasi, dan pemanfaatan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi informasi guru masih harus terus dikembangkan. Dari aspek kesadaran akan kebutuhan informasi guru SMA PIIP sudah baik. Hal ini dikarenakan mereka mneyesuaikan antara peran yang mereka jalani sebagai guru dan terus mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalismenya. Dari segi penelusuran informasi, kemampuan informan masih dalam tahap pengembangan. Perkembangan teknologi informasi menuntut kemampuan yang lebih dalam melakukan penelusuran informasi. Selain itu, pemanfaatan perpustakaan juga harus lebih ditingkatkan bukan hanya mengandalkan pencarian informasi melalui internet. Dari segi pemanfaatan informasi, guru sudah baik, hal ini dapat dilihat bagaimana guru membuat modul pembelajaran, silabus, dll. Secara keseluruhan literasi informasi yang dimiliki guru SMA PIIP sudah baik hanya perlu beberapa pengembangan. Kolaborasi antara seluruh komunitas sekolah juga perlu diwujudkan secara secara baik karena dari penelitian ini menunjukkan guru, pustakawan dan sekolah belum secara maksimal bekerjasama dalam membangun generasi yang melek informasi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15478
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Donni Yudha Prawira
"
ABSTRAKKelimpahruahan informasi yang tidak terbendung dan tersebar luas, kompetensi literasi informasi menjadi unsur penting yang harus dimiliki bagi pemustaka. Dengan memiliki kompetensi Literasi informasi seseorang akan mampu mencari, mengevaluasi, mengorganisasikan serta menggunakan informasi secara efektif dan beretika. Mengingat pentingnya hal tersebut, pustakawan seyogianya harus memiliki kompetensi literasi informasi agar bisa mempersiapkan dan melatih pemustaka menjadi seorang yang berpikir kritis dan pembelajar seumur hidup. Pepustakaan harus melakukan pengembangan pelayanan literasi informasi melalui kelas literasi informasi atau mengintegrasikan dengan kurikulum pendidikan. Tahapan dalam merancang program literasi informasi; analisa, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam pengembangan perlu memperhatikan; sarana dan prasarana, training of trainer bagi pustakawan, sasaran peserta, jumlah, jadwal, modelliterasi informasi, tingkat, materi, metoda pelatihan, promosi, sosialisasi serta evaluasi."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2018
021 MPMKAP 25:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Mega Apriyanti
"Skripsi ini membahas kemampuan literasi informasi pemustakadi Perpumda DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan literasi informasi pemustaka yang ada di Perpumda DKI Jakarta dan mengidentifikasi penerapan literasi informasi pemustaka dalam menunjang kegiatannya sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka tergolong cukup baik dalam melakukan literasi informasi di Perpumda DKI Jakarta dan mereka melakukan 11 indikator kinerja dari 22 indikator kinerja yang terdapat dalam 5 komponen ACRL (Information Literacy Competency Standard for Higher Education). Penelitian ini menyarankan kepada pemustaka untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi informasi; dan kepada Perpumda DKI Jakarta agar mengadakan pelatihan literasi informasi sehingga membantu pemustaka dalam mengembangkan dirinya.
This paper discusses information literacy theskills of the users of Perpumda DKI Jakarta. The purposeof this research is to identify information literacy the skills of the users of Perpumda DKI Jakarta adnd to identify of implementation of information literacy to support their daily activities. This study is a qualitative research using case study design. The result shows that users are quite good in implementing information literacy in Perpumda DKI Jakarta and users have applied 11 performance indicators from 22 performance indicators of 5 components ACRL Information Literacy Competency Standard for Higher Education. This study suggest that users develop and increase their information literacy skills; and also suggests that Perpumda DKI Jakarta implement information literacy training program to help library users in developing themselves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15588
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Pandu Dilas Pratama
"Skripsi ini membahas mengenai kebutuhan informasi pengguna di situs komunitas anakUl.com serta alasan pengguna memenuhi kebutuhan informasinya di situs tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa jenis jenis informasi yang dibutuhkan dan dicari oleh pengguna terdiri dari beragam jenis informasi, namun ada beberapa jenis informasi yang kurang diminati oleh pengguna, seperti kewirausahaan, ekonomi, hukum dan pemerintahan. Alasan pengguna memenuhi kebutuhan informasinya di situs komunitas anakUI.com karena kemutakhiran informasi dan kemudahan akses. Pengguna juga menggunakan anakUl.com sebagai wahana berdiskusi untuk berbagi pengetahuan dan informasi.
This study is about the information needs of users of anakUl.com community's website and the reasons why they use this site in meeting their needs of information. This study uses a quantitative, approach with survey method. The result of the study shows that anakUI.com have provided various types of information that fulfilled users, however some types of information such as information on entrepreneurship, economic, law and governmental issues are less needed. The users reasons in fulfilling their information needs are its easy access and it's currency. The users also use anakUI.com as a discussion forum to share knowledge and information."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15391
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Haryo Nurtiar
"Tesis ini meneliti tentang tingkat literasi informasi mahasiswa skripsi dan apakah pelatihan literasi informasi yang diberikan di luar kegiatan Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) memiliki pengaruh terhadap tingkat literasi mahasiswa. Tesis ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa kuesioner yang dibuat berdasarkan Information Literary Competency Standards for Higher Education dari ACRL serta uji kemampuan literasi informasi yang tersedia secara online dan juga berdasarkan observasi yang dilakukan pada saat pelatihan literasi informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan literasi informasi yang diberikan di luar kegiatan OBM memiliki pengaruh terhadap tingkat literasi informasi mahasiswa.
This thesis examines the information literacy level from undergraduate students who worked on the thesis and weather the information literacy training that held outside the Student Learning Orientation (OBM) has an influence on student literacy levels. This thesis uses a quantitative approach, while questionnaire was used for data collection. The questionnaire was made based on Information Literacy Competency Standards for Higher Education of the ACRL and from the test that available online and also based on the observations from the information literacy training activities. The conclusion of this study is that information literacy training that held outside the OBM activities have influence to the information literacy levels."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T30889
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Eka Ni`matussholikhah
"Skripsi ini membahas mengenai system temu kembali arsip film yang dilaksanakan di Sinematek Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil studi ini menyarankan bahwa Sinematek Indonesia perlu memperbaharui sistem temu kembali arsip film yang diterpkan, karena system temu kembali yang ada hanya mewakili untuk koleksi lama saja dan membuat bingung pengguna karena terdapat dua macam catalog film. Pada hasil penelitian ini penulis menyarankan agar memasukkan entri-entridalam database (perpustakaan Sinematek Indonesia) yang sudah ada, untuk meminimalisir biaya pembuatan catalog yang banyak dan membuat daftar tajuk subyek.
This thesis discusses the film archive retrieval system implemented in Sinematek Indonesia. This study was a qualitative study using case study method. The results of this study suggest that Sinematek Indonesia needs to renew retrieval systemused by film archives, because the existing retrieval system for the represents collection ony and make the user confused as there are two kinds of catalog films. In this study the authors suggest to include entries into the database (library of Sinematek Indonesia) that already exists, to minimize the cost of making a lot of catalpgs and make a list of the subjects heading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15377
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Malang : Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia - Universitas Brawijaya, 2006,
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Yogyakarta : Perpustakaan UGM, 2006,
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Jakarta : Ikatan Pustakawan Indonesia, 2000,
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Surabaya : Perpustakaan Universitas Airlangga, 2008,
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library