Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109789 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farah Ningtiyas Lestari
"Penelitian mengenai evaluasi kinerja output layanan telah dilakukan di perpustakaan FE UI, pada bulan April-Mei 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memantau perkembangan kinerja perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan mengukur kinerja perpustakaan pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja perpustakaan pada tahun 2006 berdasarkan ISO 11620-1998. Hasil evaluasi penyusunan program kerja perpustakaan berikutnya. Manfaat akademis penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai pengukuran kinerja perpustakaan perguruan tinggi, khususnya kinerja output layanan perpustakaan. Manfaat praktis penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kinerja output layanan perpustakan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja output layanan pada tahun 2006. Hasil ini diharapakan dapat menjadi bahan serta penilaian obyektif dan diharapkan dapat menjadi landasan dalam pengambilan keputusan organisasi maupun manajemen mengenai kinerja output layanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi terhadap data statistik yang dimiliki oleh perpustakaan dari tahun 2005 hingga tahun 2006, wawancara terhadap staf perpustakaan, kuesioner, dan observasi lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi kinerja output layanan di perpustakaan Fakultas Ekonomi bervariasi di setiap indikator yang diukur. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kondisi umum lingkungan perpustakaan serta kondisi civitas academia Fakultas Ekonomi, dan faktor dari luar yang mempengaruhi kinerja perpustakaan seperti kebijakan yang diterapkan di fakultas."
2007
S15192
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Fajar
"Indikator kinerja perpustakaan adalah pernyataan numerik, simbol, atau verbal yang diperoleh dari statistik dan data perpustakaan yang digunakan untuk memberi ciri terhadap kinerja sebuah perpustakaan dan menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran yang telah ditetapkan. Pengukuran indikator kinerja dapat digunakan untuk membandingkan kinerja satu perpustakaan dari waktu ke waktu, maupun membandingkan beberapa perpustakaan, atau di antara unit-unit kerja pada satu perpustakaan dengan tugas yang setara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan memperbandingkan tingkat kinerja layanan perpustakaan dan informasi pada Kelompok Layanan Bahan Pustaka Baru dan Kelompok Layanan Bahan Pustaka Langka di Perpustakaan Nasional RI. Hal itu dilakukan melalui pengukuran indikator kinerja berdasarkan ISO 11620-1998 tentang indikator kinerja perpustakaan.
Indikator kinerja ditentukan dan dipilih yang berkaitan dengan layanan perpustakaan yaitu: Persentase Judul yang Diminta dalam Koleksi; Median Waktu Temu Kembali Dokumen dari Koleksi Tertutup; Tingkat Ketepatan Jawaban yang Diberikan; Tingkat Keberhasilan Penelusuran Melalui Katalog Judul; Tingkat Keberhasilan Penelusuran Melalui Katalog Subyek; Tingkat Penggunaan Fasilitas dirinci menjadi 4 sub indikator: Tingkat Penggunaan Kursi. Tingkat Penggunaan Meja Baca, Tingkat Penggunaan Monitor OPAC, dan Tingkat Penggunaan Mesin Fotokopi.; serta Tingkat Keterisian Kursi.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian survei. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2004. Subjek penelitian ini adalah pengguna Layanan Bahan Pustaka Baru dan Layanan Bahan Pustaka Langka. Sampel penelitian pada pengguna Layanan Bahan Pustaka Baru sebanyak 232 orang dan pengguna Layanan Bahan Pustaka Langka sebanyak 33 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengukuran langsung di lapangan, observasi, penyebaran kuesioner, dan data statistik. Hasil pengukuran dikaji lebih jauh melalui analisis deskriptif dengan melihat keterkaitannya di antara indikator-indikator kinerja.
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah :
  1. Mengetahui tingkat keberhasilan dan kegagalan kinerja layanan perpustakaan.
  2. Memberikan masukan yang obyektif bagi manajemen perpustakaan khususnya bidang layanan perpustakaan.
  3. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan agar lebih efektif dan efisien.
  4. Diharapkan dapat mensosialisasikan ISO 11620-1998 kepada lembaga perpustakaan lainnya untuk menggunakan indikator-indikator kinerja yang ada di dalam standar ISO 11620-1998, khususnya untuk mengevaluasi kinerja layanan perpustakaan.

Library performance indicator is statement of numeric, symbol, or verbal which derived from library statistics and data, used to characterize the library performance and describe level of goals attainment that have specified. Performance indicator measurement can be used for comparison of performance over time within the same library, also between some libraries or among work units with equivalent duty from one library.
This research goal was to compare and to measure performance level of information and library service at Service Group of New Book Materials and Service Group of Scarce Book Materials in National Library of Indonesia Republic. That used through of performance indicator measurement to pursuant ISO 11620-1998, about library performance indicators.
Performance indicators selected and determined be relate of library service. Those indicators were Percentage of Required Titles in the Collections; Required Titles Extended Availability; Median Time of Document Retrieval from Closed Stacks; Correct Answer Fill Rate; Title Catalogue Search Success Rate; Subject Catalogue Search Success Rate; Facilities Use Rate, detailed become of 4 indicators: Seat Use Rate, Read Desk Use Rate, OPAC Monitor Use Rate, Copier Use Rate; Facilities Use Rate; and Seat Occupancy Rate.
The research used quantitative method with technique survey. Time of research conducted during of May 2004. Subject of research was consumer of Service Group of New Book Materials and Service Group of Scarce Book Materials. Research sample at Service Group of New Book Materials was 232 people and Service Group of Scarce Book Materials was 33 people. Data was collected through direct measurement in field, observation, questioner, and statistical. Results measurement analyzed through by descriptive analysis and related with other performance indicators.
Benefits from this research was:
  1. Knowing of efficacy and failure level of library service performance.
  2. Giving of objective input for library management specially the library service unit.
  3. Repairing and improving of service quality that to be more effective and efficient.
  4. Have expected to socialize ISO 11620-1998 to other library institution and use performance indicators of ISO 11620-1998, that specially to evaluate library service performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11604
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohd. Ghazali bin Haji Abbas
"Regional Seminar on the Development of University Libraries in Latin America, yang diselenggarakan di Mendosa, Argentina dari 24 September _ 5 Oktober 1962, menyatakan: tingkat perkembangan suatu negara sebagian besar ditentukan oleh tingkat pendidikan tingginya, standard pendidikan tinggi sebagian besar tergantung dari prestasi universitas-universitasnya dan tingkat universitas ditentukan oleh perpustakaan-perpustakaannya. Tertarik kepada deklarasi ini, bahwa adanya perpustakaan di dalam lingkungan suatu universitas adalah mutlak, demikian juga dengan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi Fakultas Ekonomi U.I. memegang peranan didalam bidang pendidikan dan pembangunan ekonomi Indonesia, dan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan TInggi perpustakaan Fakultas Ekonomi U.I. merupakan sarana utama. Mengingat betapa pentingnya fungsi Perpustakaan Fakultas Ekonomi U.I. sebagai alat yang ikut mengsukseskan pembangunan ekonomi Indonesia, maka sewajarnyalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan Perpustaaan itu diperhatikan. Untuk memperoleh data-data yang terdapat dalam kelangsungan hidup Perpustakaan, perlu diadakan penelitian langsung dan dengan demikian memperoleh segi-segi kelemahan dan kebaikannya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1973
S15310
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Arief Prabowo
"Tahun 2005 industri pariwisata menjadi penyumbang devisa nomor 3 terbesar Indonesia dengan pendapatan sekitar $4.521,9 juta dan mempekerjakan sekitar 7 juta orang. Pendapatan tahunan industri pariwisata tumbuh sekitar 11% dalam 10 tahun terakhir. Peningkatan kedatangan wisatawan yang berdampak terhadap peningkatan belanja wisatawan berimplikasi terhadap peningkatan produksi pada sektor-sektor lainnya. Pada penelitian ini penulis mennggunakan metode inputoutput terbuka untuk menganalisa dampak ekonomi dari peningkatan permintaan akhir wisatawan terhadap efek pengganda output, pengganda pendapatan, dan pengganda tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan permintaan akhir sektor pariwisata sebesar 10% berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 0,32%, pendapatan masyarakat meningkat 0,87%, dan lapangan kerja meningkat 0,47%. Analisa keterkaitan ke belakang dan ke depan menunjukkan sektor restoran dan jasa hiburan, rekreasi, & kebudayaan swasta yang merupakan bagian dari sektor pariwisata memiliki nilai indeks di atas rata-rata. 3 sektor terbesar yang mendapat pengaruh dari meningkatnya
permintaan akhir pada sektor pariwisata adalah sektor jasa perdagangan, pakan ternak, dan beras. Saran kebijakan bagi pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata adalah dengan memperbanyak penyelenggaraan MICE dan event olahraga berskala internasional, serta memperbanyak pergelaran kebudayaan daerah.

In 2005, tourism industry on Indonesia contribute 3th largest foreign exchange, earning around $4,521,9 million and employing around 7 million people. The tourism industry over last decade has grown at annual income of around 11%. The expansion on tourist arrival which generates more tourist expenditure, is likely to have implication for rise of production other industries. In this study, to analyze economic impact from the rise of tourism final demand, the author uses
an open input-output methods. Among the key findings are that a 10% increase in final demand tourism sectors in Indonesia will increase GDP by 0,32%, wage and salary will increase 0,87%, and employment will increase 0,47%. Backward and forward llinkage analysis aims restourant sector and government entertainment, recreation, & culture which parts of tourism sector have aboveaverage index point. 3 largest sector to be affected from the raise of final demand on tourism sector are trade sector, cattle feed, and rice. This study suggest Indonesia?s government to promote the tourism sector is to enhance and organize MICE events, international sport event, and produce more culture presentation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
S6691
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Padelih
"Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Untuk mengetahui secara komprehensif bagaimana pemanfaatan tesis digital yang ada di Perpustakaan MM-FEUI, maka kajian skripsi ini akan melihat faktor internal dan eksternal dari kegiatan evaluasi. Dari sisi internal, evaluasi akan membahas konteks user-centered di Perpustakaan MM-FEUI. Sedangkan untuk mengevaluasi faktor eksternal, evaluasi akan membahas konteks system-centered pada Perpustakaan MM-FEUI. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada penguna yang sudah pernah memanfaatkan tesis digital dan berstatus sebagai mahasiswa MM-FEUI. Sedangkan pengumpulan data-data sekunder dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada kepala Perpustakaan MM-FEUI dan pengamatan pada bagian yang menangani pengelolaan tesis digital. Selain melakukan penyebaran kuesioner, wawancara dan melakukan pengamatan, penulis juga melakukan studi bibliografis untuk menunjang kelengkapan data penelitian. Data yang terkumpul lalu diolah dengan tujuan agar seluruh data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk susunan yang baik dan rapi untuk kemudian dianalisa. Pengolahan basil penelitian akan dilakukan dengan bantuan SPSS versi 12.0. Kemudian basil pengolahan yang didapat dibuatkan tabel frekuensi dan di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi user-centered pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan MM-FEUI sudah baik Dikatakan demikian karena terdapat data sebagian besar mahasiswa MM-FEUI telah terbiasa menggunakan digital untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu dalam rentang waktu dua tahun terakhir terjadi peningkatan dalam hal pemanfaatan tesis digital oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Sedangkan dari sisi system-centered, ditemukan bahwa Kinerja MM-Digilib sebagai sarana intermediary ke tesis digital masih kurang optimal karena sebagian besar dari mahasiswa MM-FEUI banyak yang merasa kinerja MM-DIgilib masih kurang cepat. Sedangkan dari segi interface hamper setengah dari mahasiswa merespon desain interface pada MM-Digilib masih kurang menarik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15737
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Iman Soesanto
"Dari berbagai bagian dalam perpustakaan, yang paling menonjol dan menarik adalah Bagian Pelayanan. Demikianlah pandapat para pemakai perpustakaan pada umumnya. Pendapat tersebut memang wajar dan masuk akal, sebab pemakai datang ke perpustakaan hanyalah untuk 'memakai' perpustakaan tersebut. A library (from Lat. liber, book) is a collection of written, printed or other graphic material (including films, slides, phonograph records and tapes) organized for use. _Perpustakaan (pustaka: buku, kitab) adalah suatu koleksi bahan tertulis, tercetak, atau bahan dalam bentuk lain (termasuk film, piringan hitam, dan pita suara) yang diorgani sasikan untuk dipakai. Arti perpustakaan dalam definisi di atas ditekankan pada: ada_nya koleksi bahan pustaka dan adanya organisasi atau pengelola_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15393
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lubis, Silvi Syah Putri
"The purpose of this thesis is to map the readiness of Indonesian companies that is represented by the manufacturing companies to adopt the Global Reporting Initiatives 2006 by conducting a content analysis on the 2005 companies? annual report. Based on the content analysis performed, we conclude that there is a pattern of CSR disclosures among companies observed. Companies that are classified as members of such industries tend to have different focus of CSR activities and disclosures in their annual report compare to companies of the other industries, the more sensitive the industry that one company is grouped in, the higher the disclosures of CSR activities of the company. We also found that the bigger the size of a company and group companies tend to have more disclosures on CSR activities in their annual report. We found that companies with strong financial stability tend to have more disclosures on CSR activities compare to ones that are weaker financially. The second purpose of this thesis is to examine how corporate social performance disclosure affects the profitability performance of manufacturing companies in Indonesia. The corporate social performance index used is designed and created through conducting a content analysis. This thesis use ROA (Return on Asset), ROS (Return on Sales), and ROE (Return on Equity) to measure profitability performance of manufacturing companies in year 2005. There are 97 samples taken from 146 manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in 2005. The findings are corporate social performance positively affects the profitability performance of manufacturing companies and research and development activities do not neutralize the relation between CSP and firm performance. These suggest that, although important, research and development is not an effective tool to improve the performance of manufacturing companies. This thesis also documents evidence proving that size give insignificant effect on the level of corporate social performance that disclosed by the manufacturing companies. This means that size gives indifferent effect on CSP."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adji Wiandjono
"Penelitian mengenai layanan sirkulasi via SMS telah dilakukan di Perpustakaan MMUI jalan Salemba, Jakarta Pusat pada bulan Februari sampai dengan awal April 2005. Namun pada bulan Oktober - Desember 2004 dilakukan komunikasi dengan pihak perpustakaan MMUI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran deskriptif mengenai sarana SMS yang telah diterapkan oleh Perpustakaan MMUI berdasarkan sudut pandang staf perpustakaan dengan konteks evaluasi layanan.Pengumpulan data dilakukan melalui seranakaian wawancara dan kunjungan observasi Jangsung terhadapa fasilitas layanan SMS.Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa sarana SMS di Perpustakaan MMUI memiliki kecepatan waktu akses secara singkat dengan layanan selama 24 jam, bersifat mobile, efektif, dan multi fungsi. Disamping kelebihan di atas, ada juga beberapa kekurangnya yaitu tampilan program penerima pesan SMS tidak efektif, tanda pesan masuk tidak ada, petugas kesulitan memahami setiap fitur tampilan SMS, jumlah pemakai sarana SMS masih sangat sedikit. Janis hambatan utama adalah apabila sistem komputer mengalami 'hang'. Layanan sistem sirkulasi via SMS di Pepustakaan MMUI masih perlu diterapkan dan diharapkan lagi dapat dikembangkan menjadi lebih luas cakupan layanannya. Untuk itu pengembangan dan pelatihan serta promosi terhadap sarana SMS perlu dilakukan secara periodik. Penyempurnaan tampilan SMS berdasarkan pendapat dari petugas operator SMS. Pemberian pelatihan kepada petugas secara jelas dan mendalam dengan disertai suatu modul pembahasan tentang sarana SMS. Proses promosi harus menjadi perhatian yang panting dalam usaha memperkenalkan sarana SMS sehingga kemanfaatanya dapat dirasakan oleh seluruh pengguna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S14897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>