Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175872 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Nur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Program Studi Ilmu Politik angkatan 2005 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengenai pelatihan penelusuran informasi yang dilaksanakan di Miriam Budiardjo Resource Center dan untuk mengetahui hasil/output yang didapat oleh mahasiswa setelah mengikuti pelatihan penelusuran informasi tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005 yang telah mengikuti pelatihan penelusuran informasi dan Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT) yang berjumlah 33 orang, dan keseluruhannya digunakan menjadi sampel atau disebut sebagai penelitian populasi dengan sampel total (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Miriam Budiardjo Resource Center FISIP UI mengenai sejarah dilakukannya pelatihan penelusuran informasi disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005. Ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan penelusuran informasi yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, metode yang digunakan dan hasil yang didapat oleh para peserta antara lain kemampuan menelusur mereka meningkat, tugas-tugas kuliah mereka terbantu, dan terpenuhinya kebutuhan informasi mereka. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa promosi pelatihan penelusuran informasi harus ditingkatkan, penyampaian materi dibuat lebih menarik lagi, dan diberikan buku/hand out materi pelatihan penelusuran informasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S14910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznam Fahriza Widhiansyah
"Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP dan FIA UI yang pernah atau sering menggunakan layanan MBRC. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel secara purposive dengan kriteria responden yang telah disebutkan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari metode LibQual+TM yang memiliki 4 dimensi dan 21 indikator kualitas layanan MBRC. Kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Perormance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam rangka upaya peningkatan kualitas layanan MBRC secara berkala dan selalu berorientasi kepada pengguna. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 51,03% yang mengindikasi bahwa responden cukup puas terhadap pelayanan MBRC. Hasil diagram IPA menunjukkan bahwa kebanyakan indikator masuk kedalam kuadran III yang berarti MBRC perlu memperhatikan kembali kualitas layanannya karena yang masuk ke kuadran ini adalah indikator yang memiliki kinerja yang tidak terlalu istimewa dengan tingkat kepuasan yang relatif rendah.

The focus of this study discusses the level of satisfaction from users of the quality of Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI services. The population in this study was FISIP and FIA UI students who had or often used MBRC services. The sampling method used in this study is a purposive sampling method with the criteria of the respondents mentioned. The instrument in this study used a questionnaire. The main questions in the questionnaire were adapted from the LibQual + TM method which has 4 dimensions and 21 MBRC service quality indicators. The questionnaire uses a Likert scale with 5 answer choices. The analytical methods used include descriptive statistical analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and User Satisfaction Index (IKP). The usefulness of this research is expected to be a reference in order to improve the quality of MBRC services on a regular basis and always be user-oriented. The results of the discussion of this study resulted in the value of the User Satisfaction Index (IKP) of 51.03% which indicated that respondents were quite satisfied with the service of MBRC. The IPA diagram results show that most indicators fall into quadrant III, which means that MBRC needs to pay attention to the quality of its services because those who enter this quadrant are indicators that have not too special performance with a relatively low level of satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tungga B. Dharma
"Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kondisi pemanfaatan jurnal elektronik Proquest oleh pengguna MBRC sekaligus melakukan analisis faktorfaktor yang mempengaruhi keinginan pengguna untuk memanfaatkannya dan mengidentifikasi hambatan yang dialami pengguna dalam proses pemanfaatan tersebut.
Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan pengguna untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest di MBRC digunakan model penelitian yang diadaptasi dari model penerimaan pengguna terhadap pangkalan data jurnal elektronik (Kim, 2005) dan model pemanfaatan sumber informasi dalam perpustakaan digital (Thong, 2004). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif kausal dengan menggunakan survei kuesioner dalam pengumpulan datanya. Model penelitian melakukan analisis terhadap bagaimana pengaruh faktor-faktor: kemampuan menggunakan komputer, norma subyektif, kualitas informasi, kemudahan akses, kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan terhadap keinginan pengguna untuk memanfaatkan jumal elektronik dalam Proquest, sehingga tingkat pemanfaatan layanan jurnal .elektronik dapat diprediksi.
Hasil penelitian mendapati bahwa meskipun kesadaran pengguna akan fasilitas jurnal elektronik Proquest di MBRC tinggi, namun jumlah responden yang memanfaatkan dan tingkat pemanfaatannya masih belum maksimal. Masih ada 40% lebih responden yang belum memanfaatkan. Tingkat pemanfaatan yang diindikasikan dengan frekuensi dan durasi pemanfaatan serta jumlah artikel yang didownload jugs masih rendah. Dan enam faktor yang diuji pengaruhnya terhadap keinginan pengguna untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest, faktor manfaat yang dirasakan (perceived usefulness) memiliki pengaruh yang paling besar (27.5%) disusul oleh norma subyektif (21%), kemudahan penggunaan (19.8%), kemudahan akses (17.1%), dan kualitas informasi (14.6%). Kemampuan pengguna dalam menggunakan komputer (computer self-efficacy) tidak ditemukan berpengaruh secara signifikan terhadap keinginan untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest. Hambatan yang paling banyak dirasakan pengguna dalam memanfaatkan jurnal elektronik Proquest ialah kurangnya kesadaran (awareness) dan masalah kemudahan akses seperti kurangnya fasilitas komputer dan penggunaan password yang menyulitkan.
"
2006
T17233
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astaf Aji Pranaya
"Skripsi ini membahas promosi online database menggunakan konsep word of mouth yang dilakukan Miriam Budiardjo Resource Center dalam rangka meningkatkan pemanfaatanny oleh pemustaka. Penelitian ini adalan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep word of mouth dalam promosi online database mampu meningkatkan kesadaran dan motivasi pemustaka untuk mmenfaatannya; dalam pelaksanaannya masih terkendala beberapa maslah seperti kurang tersedianya tempat dan waktu untuk pelatihan, serta perlu adanya akses internet yang lebih cepat untuk memperlancar penelusuran dan pengunduhan.

The Focus of this study is the online database promotion using the word of mouth concept that conducted by Miriam Budiardjo Resource Center to increase its utilization by the user. This research is qualitative descriptive interpretive. The result shows that applyaing the concept of word of Mouth in promoting online database is capable to increase user's awarences and motivation to operate it. Its implementation is still hampered by several problems such as lack of place and time for training, as well as the need for faster internet access for browsing and downloading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15042
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tantri Sulma Mardiah
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S4719
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Prananda
"Bahasa prokem akhir-akhir ini semakin menggejala di kota Jakarta . Sebagai salah satu cara berkomunikasi yang khas khususnya di kalangan pemuda bahasa ini menjadi menarik untuk diteliti. Khususnya mengenai asal perolehan informasi dan penyebaran bahasa dalam kelompok tertentu. Skripsi mi mempertanyakan permasalahan Darimanakah pertama kali mahasiswa memperoleh informasi bahasa prokem serta bagaimanakah pola komunikasi penyebaran bahasa ini didalam kelompok mahasiswa tersebut Skripsi ini hendak menggambarkan arus penerimaan dan penggunaan bahasa tersebut didalam kelompok mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 1989 di Universitas Indonesia, Depok. Melalui kerangka pemikiran yang didasarkan pada teori komunikasi dalam kelompok, pola komunikasi dan penyebaran pesan dengan menggunakan bahasa prokem dianalisis dan digambarkan pada suatu sosiogram. yang digunakan adalah metode survai dengan teknik penerimaan Metode pengumpulan data kuesioner dengan cara sensus. Skripsi ini juga memperhitungkan pendapat terhadap bahasa ini serta bagaimana ciri-ciri pemakai bahasa ini didalam kelompok yang dianalisis. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa sumber informasi bahasa prokem terbesar bagi kelompok berasal dari media massa, khususnya Radio. Selain itu medium responden Majalah, Film , Buku, Televisi (TVRI) serta Surat Kabar juga turut berperan dalam penyampaian informasi bahasa mi khususnya di kalangan kelompok yang diteliti. Selain dari media massa ternyata para responden juga memperoleh sumber informasi bahasa ini dari teman-teman mereka dalam kelompok yang diteliti melalui komunikasi interpersonal diantara mereka di lingkungan kampus. Selanjutnya beberapa anggota kelompok yang diteliti ternyata juga berperan sebagai Cosmopolite atau mereka yang banyak memperoleh pesan dari luar kelompoknya Ada pula yang berperan sebagai orang yang paling banyak memberikan informasi bahasa prokem kepada anggota kelompoknya. Dan ada yang jarang mempunyai dengan anggota lainnya dalam kelompok isolates). Sebuah struktur komunikasi juga terbentuk pada kelompok ini yakni struktur Circle (Lingkaran) Terakhir melalui studi ini juga terlihat munculnya hubungan komunikasi ( dua buah klik yang mempunyai anggota-anggota yang memiliki kesamaan. Semua ini dapat terlihat pada sosiogram yang menggambarkan pola komunikasi mengenai penerimaan pesan dari media massa ke dalam kelompok, penerimaan pesan antar individu di dalam kelompok serta pola komunikasi mengenai penggunaan pesan dalam kelompok."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
S3974
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meirina Ismira Mulandari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S6477
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer UI, 1990,
R 378 Uni f(2)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer UI, 1992,
R 378 Uni f
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 1990,
R 378 Uni f(1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>