Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 171078 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lia Purwanti
"Penelitian mengenai kompetensi Kepala Perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Universitas Bina Nusantara, Universitas Atmajaya dan Universitas Pelita Harapanpada bulan Mei sampai dengan Nopember 2005. Tujuannya ialah untuk mengetahui gambaran kebutuhan kompetensi masing-masing Kepala Perpustakaan tersebut dalam mengelola perpustakaannya. Metode penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data diakukan melalui tinjauan literature dan wawancara langsung kepada Kepala Perpustakaan Universitas Bina Nusantara, Kepala Perpustakaan Universitas Atmajaya dan Kepala Universitas Pelita Harapan. Pada tahap analisis, data di dapat di lokasi penelitian dibandingkan dengan bibliografi literature yang mendukung. Hasilnya menunjukkan bahwa kebutuhan kompetensi dari ke-3 Kepala Perpustakaan PT Swasta tersebut mempunyai karateristik yang berbeda dengan keunikannya masing-masing. Kebutuhan dari ke-3 Kepala Perpustakaan tersebut decara garis besar meliputi 9 kompetensi teknis dan tingkah laku yang kompetensi dalam tugas manajemen umum, kepegewaian, anggaran, pengembangan kebijakan dalam system yang menyeluruh, teknoogi informasi, kepemimpinan, komunikasi, inisiatif dan hubungan komunitas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15489
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Harwati
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan harapan pemustaka terhadap rencana perubahan sistem perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dalam hal sistem layanan, sarana dan prasarana, koleksi, dan SDM (staf perpustakaan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu menyediakan akses yang mudah untuk menuju perpustakaan UI yang bare seperti tersedianya sarana transportasi umum yang memadai; harus memperhatikan disain ruangan dan tats letak setiap fasilitas, terutama fasilitas yang mengandung unsur hiburan; staf perpustakaan harus meningkatkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi profesional, maupun kompetensi individu.

The focus of this study is about the perceptions and expectations users through the changing plan of the library system in University of Indonesia (UI), in terms of services system, facilities, collections, and human resources (library staff). This research is quantitative with survey method. The results suggest that the need for providing easy access to the new UI library. For instance, available public transportation facilities; pay attention to the room design and layout of each facility, especially facilities that contain of entertainment element; improved library staff competences, both professional competence and individual competence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15369
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hendryanto
"Penelitian mengenai manajemen promosi pada perpustakaan UKP ini dilakukan pada bulan Januari 1996, dengan waktu efektif 8-9 hari. Tujuannya adalah untuk menggambarkan manajemen promosi yang diselenggarakan oleh perpustakaan DRP dan membandingkannya dengan kerangka teoritis yang digunakan oleh peneliti. Data yang digunakan adalah data yang dikumpulkan melalui sejumlah literatur dan data langsung dari lapangan (perpustakaan UKP). Hasil penelitian ini adalah : Manajemen promosi di perpustakaan UKP tidak dilakukan berdasarkan kerangka teoritis yang digunakan oleh peneliti. Walaupun demikian unsur-unsur manajemen promosi yang ada di perpustakaan UKP sebenarnya sudah hampir sama dengan teori, kecuali tidak adanya daur hidup produk dan penetapan harga bagi penyandang dana. Selain itu, tahapan-tahapan manajemen promosi itu sendiri tidak dilakukan menurut tata unit teoritis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dibuatnya RUU Perpustakaan yang sekarang telah dotetapkan menjadi Undang-undang Perpustakaan menunjukkan betapa besar perhatian pemerintah saat ini terhadap keberadaan perpustakaan. Sejalan dengan itu , perpustakaan perguruan tinggi harus menunjukkan peran dan fungsinya dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa.Penggunaan teknologi informasi di perpustakaan akan sangat mendukung peran dan fungsi perpustakaan khususnya dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi . Namun penggunaan teknologi informasi harus diiringi dengan faktor lain seperti SDM perpustakaan yang berkompeten,fasilitas yang ada dan pendanaan yang memadai agar perpustakaan dapat berperan dan berfungsi dengan baik. "
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Depdikbud, 1981
R 378.03 Ind d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2001
R 378.03 IND p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UKKP-Dikti, 1994
025.5 LOK b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Agutyas Armando Pratama
"Skripsi ini membahas pemanfaatan layanan referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi khususnya di Perpustakaan FIB UI, FMIPA UI, dan FE UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan layanan referensi oleh mahasiswa di perpustakaan perguruan tinggi dan Kendala yang dihadapinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi yang sering digunakan adalah kamus, ensiklopedia, sumber geografi dan buku pedoman. Walaupun demikian pemanfaatan layanan koleksi referensi masih kurang, hal ini disebabkan karena koleksi yang kurang mutakhir dan juga pustakawan yang masih kurang dalam melayani pengguna. Disamping itu, hampir setengah lebih mahasiswa yang menggunakan sumber referensi di internet dan sumber yang digunakan tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada sumber koleksi referensi tercetak.

This undergraduate thesis discusses the use of the reference services in university libraries, particularly in FIB UI, FMIPA UI, and FEUI. The purpose of this research is to observe the utilization of reference services by students and the problems in using it. This research is a descriptive research with quantitative approach. The result of this research concludes that collection that is commonly used consists of dictionaries, encyclopedias, geographic sources, and handbooks. Nevertheless, the reference services in libraries is not optimally used, due to lack of up-to-date collection and incompetent librarians. Moreover, almost more than a half of the number of students prefer internet based sources because they are as reliable as printed materials."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S14930
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Isye Siti Asyiah
"Penelitian ini membahas kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia dalam dimensi SERVQUAL. Kualitas layanan didasarkan pada lima dimensi SERVQUAL, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia yang dilihat dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia. Pendekatan penclitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia berada pada kisaran tingkat sedang sampai tinggi.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan masih harus terus berupaya agar kualitas layanan yang ada saat ini dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi, di antaranya petugas perpustakaan yang berhubungan dengan pelayanan diharapkan untuk meningkatkan lagi sikap empati, perpustakaan memperbaharui koleksi yang mutakhir yang meliputi buku teks dan jurnal tercetak, mempercepat akses koneksi terhadap jurnal elektronik, menjaga perawatan komputer untuk akses OPAC agar dapat selalu berfungsi dengan baik, mempercepat koneksi internet, serta meningkatkan fasilitas fisik seperti menyediakan kursi dan sofa yang nyaman.

This study discusses the service quality of Library of University of Indonesia using the SERVQUAL dimensions. Service quality measurement is based on five SERVQUAL dimensions. They are tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The purpose of this study is to determine the level of service quality in Library of University of Indonesia based on tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions. Sample of this research are users of Library of University of Indonesia. This research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research reveal that service quality of Library of University of Indonesia is ranging from medium to high levels. The results of this research suggest that the library should improve its existing service quality to be even better. One thing that should be concerned about is the librarians. They are expected to increase their attitude of empathy. Also the library should update its collection periodically, including textbooks and printed journals, speed up connection of electronic journals access, maintain OPAC's computers to work properly, accelerate internet connections, and improve physical facilities such as providing comfortable chairs and sofas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Hardy
"Peninjauan terhadap Perpustakaan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatannya bertujuan untuk meningkatkan pelayanaa perpustakaan terhadap para pemakainya. Peninjauan ini dilakukan dengan mengamati kegiatan dan tata kerja didalam perpustakaan. Juga akan ditinjau jumlah koleksi, jumlah karyawan yang bekerja dan penempatannya, anggaran yang tersedia dan ruangan-ruangan dalam perpustakaan itu sendiri. Penilaian terhadap penggunaan perpustakaan juga diperhatikan. Data-data ini kemudian dikumpulkan secara sistematis dan dalam suatu periode waktu yang tertentu. Yaitu antara bulan Januari 1977 sampai dengan bulan April 1977, setelah itu diolah dan disusun dalam bentuk skripsi ini. Dengan mengetahui kelebihan dan/atau kekurangan perpustakaan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya penulis akan mngusulkan saran-saran yang dapat dilaksanakan, sebagai suatu sumbangan pemikiran dari hasil peninjauan, untuk kemajuan perpustakaan Universitas katolik Indonesia Atmajaya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>