Ditemukan 104424 dokumen yang sesuai dengan query
Yusof, Mazni BT M.D.
"Mazni Binti Md. Yusof, Jasa Pinjam Antar Perpustakaan, di Perpustakaan Sultanah Zanariah, Universiti Teknologi Malaysia Suatu Evaluasi. Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, 1995. Jasa pinjam antar perpustakaan (PAP) di Malaysia yang dikenal sebagai Sistem Pembekalan Penerbitan (SPP) telah dijalankan secara resmi sejak tahun 1978. Perpustakaan Sulta_nah Zanariah, Universiti Teknologi Malaysia adalah salah satu dari anggota SPP yang memanfaatkan jasa ini untuk memenuhi kebutuhan pemakainya. Dalam penelitian ini penulis mengevaluasi jasa PAP di PSZ dengan cara menghitung Filtrate (jumlah permintaan yang terpenuhi) dan Turnaround time (waktu yang diambil untuk menyediakan bahan di Perpustakaan). Dari penelitian ini penulis mendapati bahwa fillratenya adalah sebesar 57.3% dan turnaround timenya sebesar 10,97 hari. Penulis juga menarik kesimpulan bahwa dari fillratenya layanan ini, biasa-biasa saja dan dari turnaround timenya didapati bahwa jasa ini memuaskan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15542
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rohana B.T.E. Mahmood
"Penelitian mengenai penggunaan dan reaksi pemakai terhadap koleksi bentuk mikro telah dilakukan di Perpustakaan Sultanah Zanariah, Universiti Teknologi Malaysia pada 12 _ 30 Januari 1992. Tujuannya ialah untuk mengetahui daya guna bentuk mikro sebagai salah satu koleksi Perpustakaan dan reaksi pemakai bila menggunakan koleksi tersebut yang memerlukan alat baca untuk membacanya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa, dan statistik peminjaman koleksi bentuk mikro (mikrofilm dan mikrofis) dari tahun ajaran 1987/86 sampai dengan 1990/91. 96% responden menggunakan koleksi bentuk mikro, sementara 4% responden tidak pernah menggunakan koleksi tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa koleksi bentuk mikro terutama mikrofilm lebih banyak digunakan dari koleksi mikrofis. Alasan utama pemakai menggunakan koleksi bentuk mikro ialah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh staf pengajar terutama untuk menyelesaikan makalah, skripsi dan sebagainya. Rata-rata pemakai menunjukkan reaksi bahwa bentuk mikro tidak sepeti buku maka masalah utama yang dihadapi ialah sulit untuk membalik-balikkan halaman jika mereka ingin kembali atau mengacu halaman sebelumnya. Selain itu membaca koleksi bentuk mikro menyebabkan kelelahan mata."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15468
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mohd. Rodzi bin Ali
"Penelitian mengenai tingkat penggunaan jasa informasi CD-ROM di perpusakaan tersebut telah dilakukan pada tanggal 01 Juli sampai dengan 14 Agustus, 1993. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat penggunaan/pemanfaatan jasa CD-ROM oleh mahasiswa UKM dan mahasiswa luar UKM sebagai salah satu sarana simpan, penelusuran dan temu kembali informasi hasil dari perkembangan Teknologi Informasi mutakhir bidang kepustakaan dan informasi. Panelitian deskriptif analisis ini mengqunakan metode penqumpulan data lewat kuesioner yang disebarkan kepada pemakai, wawancara secara informal serta statistik penggunaan CD--ROM mulai dari tahun ajAran 1988/89 sampai. dengan I992/95. 96,8% dari responden mengetahui bahwa pihak perpustakaan ada, menyediakan Jasa informasi ini. 92%. dari responden pula menggunakan jasa informasi CD-ROM yang disediakan manakala 8% pula tidak pernah menggunakannya.
Hasilnya ternyata pangkalan data ABI/INFORM Ondisc yang paling banyak digunakan oleh pemakainya itu sebesar 69.0 %. Sebagian besar pemakai (responden) atau 94.4%, menyatakan bahwa jasa informasi ini boleh menyediakan informasi yang cepat. Dalam hal penelusuran informasi, lebih dari separuh responden menyatakan bahwa informasi yang mereka dapatkan dari CD-ROM itu hanya sebagian saja yang sesuai dengan kehen - dak mereka. Ada juga sejumlah responden menyatakan bahwa CD-ROM menyediakan terlalu banyak informasi sehingga membingungkan mereka. Dari segi keberadaan koleksi, 84.91 % responden menyatakan bahwa koleksinya hanya sebagian saja yang ada di dalam perpustakaan. penggunaan jasa informasi CD-ROM telah mengalami peningkatan yang menggalakkan pada setiap semester/tahun ajaran. Alasan atau tujuan pemakai menggunakan CD-ROM adalah untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, penelitian, karya ilmiah/skripsi dan sebagainya. penggunaan CD-ROM biasanya paling banyak pada waktu pagi, siang dan sore hari. Secara keseluruhan, pemakai merasa puas dengan penyelenggaraan atau pengoperasian jasa informasi CD-ROM ini karena jasa tersebut dapat menyediakan informasi yang mereka perlukan dengan cepat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15710
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Besin Gaspar
"Karena ledakan informasi pada abad modern ini, tidak ada satu perpustakaan pun yang mampu memiliki semua terbitan dalam koleksinya. Pemikiran ini telah membawa perubahan penting bagi dunia perpustakaan dalam melayani pemakainya. Para pengelola perpustakaan mulai manyadari keterbatasan koleksi, tenaga dan sarana fisiklain yang ada di perpustakaan mereka. Mereka disadari bahwa tidak mungkin bagi sebuah perpustakaan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pemakainya dengan kemampuan sendiri. Perlu ada suatu usaha saling membantu antar perpustakaan. Dan timbulah bebagai bentuk kerjasama antar perpustakaan yang dikenal sekarang ini. Kita mengenal kerjasama pengadaan koleksi, kerjasama pengakatalokan besama dan terpusat, kerjasama pinjam antar perpustakaan dan kerjasama pembuatan katalog induk."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15182
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kuala Lumpur University Pertanian Malaysian Bagian Pengolahan Perpustakaan UPM 1981,
025.2 UNI d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Riyadi Sudaryanto
"
ABSTRAKKedudukan perpustakaan di dalam masyarakat sangat penting karena p erpustakaan merupakan sumber informasi. Perpustakaan bertugas menyimpan, memelihara, dan mendayagunakan informasi untuk masyarakat. Disamping itu perpustakaan juga member jasa pelayanan kepada masyarakat misalnya, peminjaman bahan pustaka, pelayanan referens, pelayanan audio-visual dan pelayanan fotokopi. Didalam kehidupan sehari-hari dijumpai kenyataan bahwa tidak semua orang mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Agar masyarakat mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan, perlu ada kegiatan promosi. Tujuannya adalah memperkenalkan perpustakaan dan jasa pelayanannnya sehingga masyarakat menjadi sadar dan kemudian tertarik untuk memakai perpustakaan secara maksimal. Berbagai usaha promosi telah ditempuh oleh tiga perpustakaan umum di DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Sumantri Drojonegoro, Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat dan Perpustakaan Yayasan Idayu. Penelitian membuktikan bahwa kegiatan promosi di tiga perpustakaan itu masih perlu ditingkatkan secara teratur. Penelitian juga menemukan bahwa kebanyakan pengunjung mengenal perpustakaan tersebut untuk pertama kali dari komunikasi antar teman, dengan guru/dosen atau orang tua mereka. Media promosi yang lazim seperti brosur/pamphlet dan sebagainya ternyata tidak banyak berperan. Diketemukan pula bahwa sebagian besar pengunjung di tiga perpustakaan tersebut adalah mahasiswa/pelajar. Jumlah pengunjung yang bukan mahasiswa/pelajar amat kecil. Kenyataan ini kiranya dapat mendorong bagi perpustakaan-perpustakaan yang diteliti itu untuk melakukan promosi lebih diet terutama ditujukan kepada anggota masyarakat bukan pelajaran atau mahasiswa agar mereka juga memanfaatkan perpustakaan.
"
1989
S15526
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Perpustakaan kini sedang mengalami perubahan dari segi pengurusan maklumat, yaitu secara tradisional kepada hibrid. Dengan perkembangan pantas teknologi maklumat (IT), terutama internet, perpustakaan perlu membangunkan satu piawaian untuk perbendaharaan kata terkawal (controlled vocabulary). Artikel ini menerangkan faktor-faktor asas untuk membangunkan perbendaharaan kata terkawal dalam era digital."
Kuala lumpur : University of Malaya Library,
020 KAJ
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Hanif Effendy
"Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat pemanfaatan jaringan internal Petranet sebagai salah satu sumber informasi bagi mahasiswa di Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Pertimbangan yang mendasari penelitian ini, UK Petra merupakan universitas swasta pertama di Indonesia yang memasuki dunia Internet dengan diresmikannya Petranet pada Juni 1995. Dukungan dan layanan yang diberikan Petranet dimaksudkan untuk memperlancar fungsi. dan tujuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemakainya. Pengumpulan data dilakukan melalui pengujian kuesioner. Jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik pemilihan responden dan cara menganalisis data dijelaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan Petranet dimanfaatkan para mahasiswa UK Petra sebagai salah satu sumber pemenuhan kebutuhan informasi untuk mendukung kegiatan pendidikan mereka. Meskipun telah dimanfaatkan dengan sebaik-_baiknya, perpustakaan UK Petra harus lebih proaktif untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ada agar bisa memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pemakainya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15723
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"
ABSTRAKProfesi pustakawan pada bagian layanan yang berhubungan langsung dengan pemustaka selalu melakukan aktivitas komunikasi terutama komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi digunakan sebagai alat komunikasi antara dua individu atau sedikit individu yang saling berinteraksi sehingga dapat saling mengerti. Komunikasi antarpribadi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antar komunikator (pustakawan) dengan komunikan (pemustaka) dalam pemberian layanan di perpustakaan. Tujuan komunikasi antarpribadi adalah untuk belajar diri sendiri, mempengaruhi sikap, perilaku, dan member bantuan kepada orang lain. Manfaat komunikasi antarpribadi dapat menjalin hubungan yang positif dan menghindari persepsi negatif antara pustakawan dengan pemustaka dan antar sesama pustakawan. Komunikasi antarpribadi yang efektif dapat terbentuk melalui lima faktor yaitu: keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasapositif (positiveness), dan kesetaraan (equality). Pustakawan harus dapat menunjukkan sikap sebagai penyaji informasi dan membantu para pemustaka. Sebagai pustakawan harus menghindari persepsi pustakawan sebagai pengawas ruang tetapi harus memulai berkomunikasi dengan pemustaka dengan sikap yang positif, bersedia menyapa, dan siap membantu.
"
Palembang: UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, 2017
020 JKDMM 1:33 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Heddy Poerwandari Soewondo
"Di zaman modern sekarang ini banyak penelitian yang diadakan sehingga makin banyak pula bahan pustaka yang diperlukan sebagai bahan bacaan untuk menunjang penelitian. Penelitian itu sendiri bulan hanya dalam satu bidang, tapi berkaitan dengan bidang lain, sehingga dibutuhkan bahan pustaka. yang ada di perpustakaan lain. Untuk bahan pustaka yang tidak ada di perpustakaannya sendiri, bila biaya mencukupi dan masih dalam cakupan subyek koleksi perpustakaannya, bahan bisa dibeli.Namun, jika bahan tersebut di luar cakupan subyek koleksinya atau berkaitan subyeknya , biaya perpustakaan terbatas dan bahan pustaka itu sangat diperlukan bagi penelitian, maka pustakawan harus memikirkan bagaimana supaya bahan tersebut didapat. Atau bagainana supaya dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para peneliti.Dengan berdirinya pusat-pusat jaringan informasi dan dokumentasi ilmiah nasional pada bulan Juli 1971 maka dibentuklah kerja sama antara perpustakaan menurut cakupan serta kaitan bidang masing-masing. Walaupun kerja sama pinjam antar perpustakaan sudah dilaksanakan di pusat-pusat tersebut, namun baru pusat jaringan infornasi dan dokumentasi dalam bidang biologi dan pertanian yang nampergunakan peraturan serta formulir seragam untuk perpustakaan pesertanya. Kordinasi dilakukan oleh perpustakaan Bibliotheca Bogorien_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15441
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library