Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9715 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kimas Iskandar Zulkarnain Syailendra
"Nilai suatu bangsa sering kali diukur dari kwalitas perpustakaannya dan banyaknya balai-balai perpustakaan yang tersebar di negara itu. Menurut pernyataan diatas, dapatlah diartikan bahwa: membina atau membangun perpustakaan pada hakeketnya serarti ikut pula membina bangsa. Dalam hubungannnya dengan negara, pembangunan perpustakaan juga memegang peranan yang menentukan, sebagaimana dinyatakan oleh Regional Seminar on the Development of University Librries in Latin America di Mendosa, Argentina yang diselenggarakan dari tanggal 24 September _ 5 Oktober 1962 yaitu tingkat perkembangan suatu negara sebagian besar ditentukan oleh tingkat pendidikan tingginya, standard pendidikan tinggi sebagaian besar tergantung dari prestasi universitas-universitasnya; tingkat universitas ditentukan oleh perpustakaan-perpustakaannya. Disamping tertarik kepada pernyataan-pernyataan di atas, sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan yang pernah menuntut ilmu pada Universitas Negeri Jember bahakan menjadi karyawan Univeristas tersebut, kami merasa terpanggil untuk ikut serta memberikan sumbangan fikiran antara lain melalui karangan ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1974
S15455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siregar, Ummi Mukminni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta berdasarkan persepsi dan harapan pemustaka. Responden penelitian sebanyak 100 mahasiswa strata satu (SI) Universitas Negeri Jakarta. Metode pengukuran yang digunakan adalah metode LibQUALl
yang terdiri dari empat dimensi, yaitu: Akses Informasi (Access to information), Kemampuan dan Sikap Pustakawan dalam Memberikan Layanan (Affect of Service), Petunjuk dan Sarana Akses (Personal Control), Fosilitas dan Suasana Ruang Perpustakaan (Library as Place). Data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata hasil jawaban responden dan disertai dengan diagramdiagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memiliki harapan yang tinggi terhadap layanan perpustakaan. Secara umum kualitas layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta belum memuaskan pemustaka yang ditunjukkan dengan nilai Adequacy Gap yang berada di bawah batas toleransi. Analisis setiap dimensi menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memiliki harapan yang tinggi terhadap setiap dimensi. Harapan minimum untuk setiap dimensi belum dapat dipenuhi sehingga pemustaka belum merasa puas terhadap layanan dalam dimensi LibQual bahwa tidak ada satu pun arapan minimum dalam setiap butir pemyataan layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta yang dapat dipenuhi, sehingga menggambarkan bahwa pemustaka belum merasa puas terhadap layanan dalam setiap butir kualitas layanan di Universitas Negeri Jakarta. Sementara dari tingkat kepentingan, diketahui dimensi yang dianggap paling penting oleh pemustaka Universitas Negeri Jakarta adalah dimensi Access to Information (AI), diikuti
dengan dimensi Library as Place (LP), Personal Control (PC), dan Affect of Service (AS).

This study aims to determine the quality of Jakarta State University library services based on the perceptions and expectations of users. The research respondents were 100 undergraduate students (SI) at the State University of Jakarta. The measurement method used is the LibQUALl method which consists of four dimensions, namely: Access to information, the Ability and Attitude of Librarians in Providing Services (Affect of Service), Instructions and Facilities for Access (Personal Control), Fossils and Atmosphere of the Library Room (Library as Place). The data were analyzed descriptively by looking for the average value of the respondents' answers and accompanied by diagrams. The results showed that the library users of the State University of Jakarta have high expectations of library services. In general, the service quality of the Jakarta State University library has not been satisfactory to the users as indicated by the Adequacy Gap value which is below the tolerance limit. Analysis of each dimension shows that library users at the State University of Jakarta have high expectations for each dimension. The minimum expectations for each dimension have not been met so that the users are not satisfied with the service in the LibQual dimension that there is not a single minimum expectation in each item of the Jakarta State University library service statement that can be met, thus illustrating that the users are not satisfied with the service in each item. service quality at the State University of Jakarta. Meanwhile, from the level of importance, it is known that the dimensions that are considered the most important by users of the Jakarta State University are the Access to Information (AI) dimension, followed by the Library as Place (LP), Personal Control (PC) and Affect of Service (AS) dimensions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26086
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Ummi Mukminati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta berdasarkan persepsi dan harapan pengunjung. Responden penelitian sebanyak 100 mahasiswa strata satu (S1) Universitas Negeri Jakarta. Metode pengukuran yang digunakan adalah metode LibQUAL+TM yang terdiri dari empat dimensi, yaitu: akses informasi (Access to Information), kemampuan dan sikap pustakawan dalam memberikan layanan (Affect of Service), petunjuk dan sarana akses (Personal Control), dan fasilitas dan suasana ruangan perpustakaan (Library as Place). Data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata hasil jawaban responden dan disertai dengan diagramdiagram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memiliki harapan yang tinggi terhadap layanan perpustakaan. Secara umum kualitas layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta belum memuaskan pemustaka yang ditunjukkan dengan nilai Adequacy Gap yang berada di bawah batas tolerasi. Analisis setiap dimensi menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memiliki harapan yang tinggi terharap setiap dimensi. Harapan minimum untuk setiap dimensi belum dapat dipenuhi sehingga pemustaka belum merasa puas terhadap layanan dalam dimensi LibQual+TM di Universitas Negeri Jakarta.
Analisis setiap butir menunjukkan bahwa tidak ada satupun harapan minimum dalam setiap butir pernyataan layanan perpustakaan Universitas Negeri Jakarta yang dapat dipenuhi, sehingga menggambarkan bahwa pemustaka belum merasa puas terhadap layanan dalam setiap butir kualitas layanan di Universitas Negeri Jakarta. Sementara dari tingkat kepentingan, diketahui dimensi yang dianggap paling penting oleh pemustaka Universitas Negeri Jakarta adalah dimensi Access to Information (AI), diikuti dengan dimensi Library as Place (LP), Personal Control (PC) dan Affect of Service (AS).

The aim of this research is trying to identify the service quality of library in State University of Jakarta based on user’s perception and expectation. Respondents in this research are about 100 undergraduate students (S1) in State University of Jakarta. The method that applied in this research is LibQUAL+TM which consisted of four dimensions, that is: Access to Information, affect of service, personal control and library as place. The data was analyzed descriptively with distinguish the average result of respondent’s responds together with diagrams.
The result of this research shows that the user of library in State University of Jakarta has high expectation to library service. In general, the quality of library service in State University of Jakarta based on the users conveys dissatisfaction which showed by the value of Adequacy Gap below tolerance level. The analysis of every dimension indicates that user’s in library of State University of Jakarta has high expectation in every dimension. A minimum expectation of every dimension is not high, so users not satisfied in service dimension on State University of Jakarta based on LibQual+TM method.
Analysis every item indicates that there is no one minimum expectation in every item stated in the expression of users which can be fulfilled, this illustrates that users not satisfied with the service in every item of quality of service in State University of Jakarta. While from level of importance, it is known that the most important thing by users in State University of Jakarta are dimension in Access to Information (AI), followed with dimension Library as Place ( LP), Personal Control ( PC) and Affect of Service ( AS).
Based on the finding, The library of State University of Jakarta must make an effort to increase its quality of service from various aspects. The effort to increase can refer to the dimension which comes to the most important by users, that is Access to Information, so the availability of collection when required, collection of library, recent collection, and availability of journal, newspaper and magazine must be increase to the maximum level. Another dimensions like Library as Place, Personal Control and Affect of Service also must be re-arranged. Besides, there should be another research in quantitative approach to see other factors which influencing the satisfaction of users to quality of library service in State University of Jakarta, to strengthen and explore information as effort to improve the quality of library quality in State University of Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T39138
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Rizki Oktaviana
"Penelitian ini tentang berbagi pengetahuan (knowledge sharing) staf pepustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning yang berlokasi di Pekan Baru, Riau. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran bagaimana knowledge sharing staf perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh jumlah tenaga perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning, sebanyak 8 (delapan) orang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning belum semua paham akan kegiatan berbagi pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari jawaban para informan. Kebanyakan yang paham adalah staf perpustakaan yang berlatar belakang ilmu perpustakaan. Staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning sebagian sudah melakukan kegiatan knowledge sharing. Kegiatan ini berupa pemberian motivasi pimpinan ke staf perpustakaan agar lebih bersemangat bekerja. Staf perpustakaan mulai dapat mencari pemecahan masalah dengan solusi kreatif. Sebagian staf perpustakaan jika menemukan masalah mencari solusinya melalui internet atau bertanya pada yang lebih ahli dalam permalasahan tersebut. Staf perpustakaan sudah mulai mampu menyerap pengetahuan yang didapatkan, meskipun masih tergantung dari pengetahuan yang diserap sebelumnya. Informasi yang dibagikan staf perpustakaan didapat dari internal maupun eksternal. Informasi atau pengetahuan sering disampaikan staf perpustakaan pada rapat bulanan."
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023
020 JPK 3:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Bahrul Ulumi
"Bahan-bahan koleksi perpustakaan memerlukan perlindungan fisik maupun perlindungan hukum. Selama ini, perlindungan yang diberikan oleh perpustakaan masih sebatas perlindungan fisik yakni perlindungan untuk tidak merusak fisik bahan-bahan tercetak di koleksi perpustakaan. Sudah saatnya perpustakaan harus melindungi hak cipta karya-karya yang ada dalam koleksi khususnya karya tulis tercetak. Penelitian ini mengg pemahaman pustakawan dan pemustaka mengenai hak cipta, penegakan dan hambatan-hambatan dalam penerapan hak cipta, serta merumuskan saran untuk perbaikan dalam penegakan hak cipta di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus di Perpustakaan UI dan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pustakawan dan pemustaka belum sesuai dengan yang diamanatkan oleh UUHC tahun 2002. Pemahaman terhadap hak cipta ini tercermin dalam mengeluarkan peraturan terkait penggandaan bahan-bahn di perpustakaan. Perpustakaan mengeluarkan peraturan penggandaan hanya sebatas untuk karya lembaga (institutional repository), sementara peraturan tersebut tidak mengatur koleksi bahan tercetak Iainnya seperti buku ataupun majalah. Berdasarkan penelitian, ada beberapa kendala penegakan hak cipta di Perpustakaan UI dan UNJ yaitu I) kurangnya sosialisasi hukum hak cipta di kalangan pustakawan, 2) tidak ada pendidikan dan pelatihan hak cipta di perpustakaan, 3) pasal-pasal dalam UUHC tahun 2002 yang mengandung pro dan kontra, dan 4) tidak ada kontrol dalam penegakan hak cipta. Saran pemecahan masalah dalam penegakan hak cipta adalah: adanya sosialisasi hak cipta bagi pustakawan maupun pemustaka, pendidikan bagi pustakawan dan pemustaka bahkan pendidikan ini bisa diberikan di bangku sekolah, pengeluaran peraturan mengenai karya cipta tercetak, dan kontrol dalam penegakan hak cipta di perpustakaan.

Library collections require physical protection and legal protection. During this, the protection provided by the library is still a physical protection. It hasn't provided legal protection for printed collection. The library must protect copyright works in the collection, especially printed collection. The research explores librarians and end users' understanding concerning copyright enforcement of constraints in the implementation of copyright, and formulate suggestions for improvements in the enforcement of copyright in the library. This type of research is a qualitative research method with a case study in UI Library and UNJ Library. Results of research show that the librarians and users do not comply with the mandate by UUHC 2002. The librarians and users' understanding of copyright issue is reflected in the regulations related to copyrighted materials in the library. Library regulations issued only for institutional repository, while the regulation does not set a collection of printed materials such as books or magazines. Based on the research, there are some constraints in the enforcement of copyright and UI Library UNJ namely 1) the lack of socialization of copyright law among the librarian, 2) there has not any education and training on copyright in the library, 3) articles in UUHC 2002 containing pro and contra, and 4)thee is no control in copyright enforcement. Problem-solving advice in copyright enforcement are: There must be a socialization of copyright law among librarians and end users, there must be an education or training concerning copyright law for librarians and end users, even this kind of education should be planted among school students, those libraries should release regulations concerning copyright law. There must a control for copyright law enforcement in the library."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T38857
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Eka Prasetya Efrianie
"Jember Fashion Carnaval (JFC) dengan perpaduan karnaval dan fashion pertama di Indonesia mengangkat nama Kabupaten Jember hingga kancah internasional sebagai Kota Karnaval. Sebelumnya Kabupaten Jember terkenal sebagai Kota Tembakau dan Santri. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan brand Kota Karnaval yang diusung Jember di tengah keberadaan dua brand lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan mengkaji pengaruh yang ditimbulkan oleh JFC. Pengaruh tersebut terdiri atas pengaruh yang tak berwujud, yaitu posisi place branding JFC dalam persepsi masyarakat Jember (brand equity) dan yang berwujud, yaitu kinerja Kabupaten Jember akibat pengaruh JFC. Persepsi masyarakat dibandingkan berdasarkan wilayah tempat tinggalnya di Wilayah Kota Administratif maupun Pembantu Bupati Jember dengan metode deskriptif komparatif. Di samping itu kinerja Kabupaten Jember mengkaji perubahan bentuk pemukiman akibat pengaruh JFC, baik hanya ketika event tersebut digelar maupun tidak (temporal dan permanen). Hal ini diteliti menggunakan metode analisis deskriptif guna mendapatkan wilayah kota karnaval temporal dan permanen. Hasil penelitian didapatkan persepsi yang beragam dari tiap tingkatan brand equity atas dasar kemudahan akses dalam menyaksikan karnaval dan dasar persepsi masyarakat atas hiburannya masing-masing. Selain itu wilayah kota karnaval keduanya mencakup Wilayah Kota Administratif maupun Pembantu Bupati Jember, dengan kota karnaval temporal yang mencakup wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan yang permanen.

First in Indonesia with composite between carnival and fashion, Jember Fashion Carnaval (JFC) made Jember Regency known as International Carnival City. Jember has been knows as City of Tobacco and Santri (strict adherent of Islam). The objective of the study is to witness that the brand as the Carnival City will bring Jember in between of the other brands. It’s done with perform effects of the JFC, includes the intangible effect (brand equity study in Jember sociality) and the tangible matters (dimension of city performance due to the JFC). Public perception was examined by comparative descriptive analysis method, which compares peoples’ perception is base on the area where he lives, the City Administrative Region and Sub-District Regent of Jember. Performance Carnival City that examines brand-influenced form of settlement Carnival City, studied both when the event was held or not (temporal and permanent) using descriptive analysis method to obtain the temporary and permanent area of Carnival City. The results of this study found that the perceptions of each level brand equity are different due to the ease in watching the carnival and public perception base of entertainment respectively. Besides, the Carnival City areas cover City Administrative Region and Sub-District Regent of Jember, where the temporary one has a wider area than the permanent one.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S56997
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Komunitas Peduli Komunikasi, 2004
959.804 MEG
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rasdanelis
"Bahan ajar merupakan salah satu unsur dalam proses pengajaran, dan untuk mendapatkan itu salah satu tempatnya adalah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan bahan ajar wajib pada silabus komponen mata kuliah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kondisi ketersediaan koleksi bahan ajar wajib jurusan PAI. Dengan demikian khususnya bagi perpustakaan dan umumnya bagi UIN SUSKA Riau sebagai lembaga induknya agar memberikan perhatian khusus terhadap ketersediaan koleksi bahan ajar wajib untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Learning material is one of several elements that support teaching process, and a library is a place where it found. This research has some purposes in identifying and analyzing the availability of the main learning materials in syllabi of literature of PAI Department, Tarbiyah Faculty, State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau. This research uses quantitative and qualitative approaches for data gathering, and descriptive method for technique analysis.
The result of this research gives description about the availability of the main literatures of PAI Department. Therefore the library especially and UIN SUSKA Riau generally have to give some attentions for the availability of the collection of main literature in improving learning quality."
2009
T26153
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muslim
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, indikator-indikator yang penentu kepuasan kerja pada pustakawan di perpustakaan utama UIN Jakarta.] ndikator-indikator tersebut terdiri dari tingat usia, jenis kelamin, masa kerja, tingkat pendidikan, upaya meraih keunggulan, sifat pekerjaan, promosi karir, kondisi kerja, administrasi dan kebijakan, rekan kerja dan penghasilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan crosstabs. Data diambil dari kuesioner, wawancara terbatas, observasi dan analisis dokumen. Sampel merupakan populasi penelitian yaitu 14 orang pustakawan di perpustakaan utama UIN Jakarta. Dari penelitian ini diketahui kepuasan kerja pustakawan adalah lemah-kuat. Sementara itu indikator-indikator karakteristik respoden tidak menjadi penentu sebagai kepuasan kerja. Disarankan bagi pemerintah, lembaga UIN dan pembuat keputusan perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memperhatikan kepuasan kerja pustakawan dari berbagai indikator.

This study aims to know the level of job satisfaction, indicators that determine the satisfaction of the librarian in the main library of UIN Jakarta. Indicators consists of age category, sex, lifetime employment, education level, efforts to achieve excellence, the nature of employment, promotion career, working conditions, administration and policy, co-workers and revenue. This Research used this method with the quantitative analysis and descriptive cross tabs. Data took with the questionnaire, limited interviews, observation and document analysis. Research sample is a population that is 14 people librarian at the main library UIN Jakarta. From this research librarian job satisfaction in mind is weak-strong. Meanwhile, indicators of respondent characterized as not determination of satisfaction of work. Suggest to the government, institutions and decision makers at UIN and Main library to observe the satisfaction of librarian from any aspect."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T25889
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>