Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134500 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andrea Dorea Masa
"Topik skripsi ini mengenai minat dan kebiasaan membaca mahasiswa SI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Uni_versitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kebiasaan mahasiswa SI JIP-FSUI secara umum-terhadap jenis terbitan tertentu, yaitu buku, majalah, koran dan tabloid--dengan mengacu pada beberapa segi pokok: jenis bahan bacaan yang dibaca, dan diantara jenis-jenis bacaan tersebut mama yang paling banyak dibaca, waktu yang digunakan untuk membaca setiap harinya, nama bahan bacaan yang dibaca, subjek atau topik bahan bacaan yang diminati, alasan utama membaca bahan bacaan, cara utama untuk memperoleh bahan baca_an, serta kegiatan apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minat dan kebiasaan membaca mahasiswa S1 JIP-FSUI secara umum sudah cu_kup baik. Hal itu terlihat dari waktu yang mereka pergunakan untuk - membaca tiap harinya yang umumnya berkisar antara 1 sampai dengan lebih dari 2 jam, bervariasinya jenis bacaan yang mereka baca, alasan-alasan yang mereka kemukakan sehing_ga mereka membaca-umumnya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari diri sendlri, cara-cara yang mereka tempuh untuk menda_patkan bahan bacaan, serta dari pengisian waktu luang mereka, yang oleh sebagian besar dari responden diisi dengan membaca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Anchatya Putri
"Penelitian ini membahas mengenai peningkatan minat dan hudaya haca masyarakat, upaya lorum indonesia membaca dalam bersinergi menuju masyarakat melek iniormasi. Forum Indonesia Membaca adalah sebuah komunitas literasi yang memberikan andil dalam upaya peningkatan minat dan hudaya haca masyarakat. Komunitas ini hergerak dalam mernasyarakatkan kegiatan membaca dan memberikan pengaruh serta dorongan pada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung. Seluruh masyarakat, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak dapat herpartisipasi secara langsung sesuai dengan topik yang menjadi minatnya masing-masing. lorunm Indonesia Membaca merupakan objek dalam penelitian ini karena komunitas ini telah menjadi fasilitator bagi komunitas-komunitas literasi di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan oleh Forum Indonesia Membaca adalah sehagai fasilitator bagi komunitas literasi dengan herbagai strategi yang dapat menarik masyarakat agar gemar membaca, serta bersinergi dengan pihak terkait untuk mewujudkan masyarakat yang melek informasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Agar peneliti mendapatkan basil yang diinginkan, maka peneliti menggunakan metode dan pendekatan lokus grup. penyebaran kuesioner secara acak juga digunakan sehagai verifikasi data. Peneliti rnenyimpulkan bghwa komunitas literasi dapat herkontribusi dalam meningkatkan minat Oan hudaya haca masyarakat, mampu merangkul masyarakat untuk mewujudkan masyarakat melek inlormasi dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dekat dengan keseharian masyarakat serta membantu memberikan ide serta konsep untuk menggerakkan sekelompok masyarakat yang mcmiliki potensi untuk diberdayakan.

This study is about The Increasing of Public Reading Interest and Reading Culture: efforts of Forum Indonesia Membaca in synergy with the Formation of Information Literate Society. The literacy community that have contributed in improving the reading interest and reading culture of the society. In socializing reading activities, the communities give a lot of influences and encouragement through activities related to the effort to build information literate society. The entire community, both parents, adolescents, and children can participate in accordance with their respective interest. This research takes Forum Indonesia Membaca as the object because this community is looked up as a facilitator by other literacy community The activities that can be done by the Forum Indonesia Membaca as one of the literacy community to increase public reading interest and reading culture, the strategies with those communities involved to attract the people to love reading and their efforts in synergy to create information literate society. This study was a qualitative research and using qualitative methods with Focus Group approach in order to reach an appropriate result. I conclude that the community can contribute in improving reading culture interests of society, able to embrace the community to create information literate society by organizing activities that are close to 'people's daily activities, and helping to give ideas and concepts to drive a group of the society who have the potential to he empowered."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15363
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khairul Kamal
"Untuk dapat melaksanakan tugasnya mendukung program pendidikan dan pengajaran, perpustakaan perguruan tinggi harus menyediakan koleksi, Ketersediaan koleksi yang mencakup kesesuaiannya dan jumlah eksemplar tiap judul akan ikut menentukan baik-tidaknya dukungan perpus_takaan terhadap program pendidikan dan pengajaran. Hal ini penting karena ketersediaan koleksi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakainya. Keterse_diaan ini dipengaruhi oleh program pengadaan terutama dalam proses seleksi. Hasil seleksi ini dipengaruhi oleh besar-kecilnya partisipasi dan dukungan staf pengajar yang tahu akan buku-buku yang digunakan dalam setiap kuliahnya. Hengingat pentingnya koleksi buku bagi prog_ram pendidikan dan pengajaran, maka perpustakaan perguruan tinggi perlu mengetahui dengan evaluasi ketersediaan koleksi bukunya. Skripsi ini merupakan hasil evaluasi terhadap ketersediaan koleksi buku Perpustakaan FSUI dalam menun-jang program pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Ar_keologi, Sejarah, dan Jerman program S-1 sesuai kuriku_lum yang berlaku. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan silabus dan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi. Hasil pemerikasaan dengan metode membandingkan (Checking-List) antara judul-judul buku yang ada dalan silabus dengan koleksi buku Perpustakaan FSUI berdasar_kan kesesuaian dan jumlah eksemplar yang harus dipenuhi menunjukan bahwa koleksi buku Perpustakaan FSUI tidak baik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Arkeologi, Sejarah, dan Jerman prog_ram S-1. Hal ini juga terjadi karena kurangnpa dukungan staf pengajar dalan proses pengadaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vivin Nuraizah
"Penelitian mengenai peranan perpustakaan sekolah dalam membina minat baca siswa telah dilakukan di Sekolah Menengah Umum 8 (SMU 8), Jakarta, pada bulan Februari dan Maret 1995, tujuannya ialah untuk mengetahui minat baca siswa SMU 8, upaya-upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam pembinaan minat baca tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa minat baca responden didukung oleh faktor lingkungan keluarga yang suka membaca (90,23%) dan ketersediaan bahan bacaan. Walaupun 59,38% responden hanya 1 kali dalam seminggu berkunjung ke perpustakaan sekolah dan 43,75% yang membaca buku 1 buah atau bahkan tidak membaca buku sama sekali, manfaat perpustakaan sudah mereka rasakan. Manfaat itu terutama dalam menunjang kegiatan belajar mereka (87,5%). Minat dan kebiasaan membaca siswa ini tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru pustakawan untuk terus meningkatkan daya guna perpustakaan, yang antara lain: menambah koleksi, menambah fasilitas perpustakaan, memperbaiki gedung, memberi kesempatan kepada staf untuk mengambil kursus perpustakaan, dan memberi hadiah kepada siswa yang membaca buku paling banyak. Guru pustakawan juga mengundang orang tua murid agar turut bekerja sama. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembinaan minat baca ini adalah dana dan guru. Karena itu perlu diadakan kampanye penerangan tentang fungsi dan peranan perpustakaan sekolah bagi guru, sehingga mereka ikut berpartisipasi memanfaatkan layanan di perpustakaan sebagai contoh bagi siswa mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15538
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Malahayati Fathma
"Skripsi ini membahas kegiatan mendongeng di Taman Bacaan Anak Melati Pitara Depok. Kegiatan dalam hal ini merupakan proses uraian pendongeng dalam menyampaikan cerita kepada pendengar. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apa saja kegiatan yang dilakukan oleh pendongeng dan bagaimana tanggapan pemirsa tentang kegiatan mendongeng. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pendongeng dan mengetahui tanggapan pemirsa tentang kegiatan mendongeng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survai. Metode survai digunakan untuk mengumpulkan data dari sejumlah individu atau subjek penelitian yang cukup banyak dalam waktu yang singkat. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan mendongeng di Taman Bacaan Anak Melati disukai oleh anak_anak dan juga menyarankan agar para pendongeng lebih sering berkomunikasi agar muncul ide-ide untuk program menarik lainnya di Taman Bacaan Anak Melati Pitara Depok.

The Focus of this study is about story telling activity at Taman Bacaan Anak Melati Pitara Depok. The explanation of this research is on the process of story teller tells the story to the audience. The problems of this research are what the activities which is done by the story teller and how are the audience's responses to the story telling activity. The purpose of this study is to know the activities which are done by the story teller and to know the audience's responses to the story telling activity. This research is using quantitative with survey method. Survey method is used to collect many data from several individual or the subject research in a short time. The result of the study shows that the story telling activity going well at Taman Bacaan Anak Melati and it also suggests the story tellers to communicate more so that it can create ideas for another interesting program at Taman Bacaan Anak Melati Pitara Depok.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14953
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
A.C. Sungkana Hadi
"Jika ditelusuri beberapa data, kiranya akan dapat disimpulkan bahwa secara kuantitatif perpustakaan di Indonesia sudah cukup berkembang. Namun dari data yang sama itu pula, akan dapat disimpulakn bahwa sebagian besar perpustakaan itu belum berkembang secara kualitatif. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti biaya, sarana dan prasarana, tenaga, dan sebagainya. Namun secara optimis, sebenarnya permasalahan pokoknya terletak pada kurangnya tenaga yang mempunyai kemampuan profesional bidang perpustakaan. Hal ini sesuai dengan pemeo umum yang berbunyi The man behind the gun, yang kiranya berlaku untuk semua bidang. Biaya, sarana dan prasarana, serta kemudahan lain hanya berdayaguna jika ada tenaga yang mampu mendayagunakannya. Sebaliknya, kendati biaya, sarana dan prasarana, serta kemudahan lain itu tidak ada, tetapi jika ada tenaga yang mempunyai kemampuan memadai, maka hal-hal semacam itu dapat diusahakan secara relatif lebih mudah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15686
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liza Evianti Natalia
"ABSTRAK
Penelitian ini mengenai mengenai Information Literacy di perpustakaan TL Robertson dan Pendidikan Pemakai di FSUI, Depok ini telah dilakukan pada bulan Juli 1994 - Maret 1995. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran tentang Information Literacy yang diselenggarakan oleh perpustakaan TL Robertson dan program Pendidikan Pemakai di perpustakaan FSUI dan untuk melihat apakah program pendidikan pemakai dan Information Literacy sama atau berbeda ditinjau dari kriteria lamanya pelaksanaan, materi pelaksanaan, media yang digunakan, metode yang digunakan dan pesertanya.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif dan pengumpulan data adalah pengumpulan data kualitatif yaitu mengungkapkan hasil penelitian dalam bentuk verbal.
Hasilnya menunjukkan bahwa kedua program tersebut pada dasarnya sama hanya tingkat peralatan yang dipakai pada program Information Literacy lebih canggih daripada program Pendidikan Pemakai.

"
1995
S15504
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Keluarga Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI
050 MIPI i (1981)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmawati
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui keseragaman bentuk penulisan abstrak skripsi mahasiswa FIB UI, serta mengetahui penerapan SN1 19-4192-2002 din petunjuk penulisan abstrak skripsi, yang terdapat Buku Petunjuk Penulisan Skripsi pada abstrak skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanvak 84 abstrak skripsi dari 14 jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dari tahun 2001-2004 , sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan Wakil Dekan 1. Observasi yang dilakukan menggunakan alat Bantu berupa daftar atau tabel. Tabel dibuat berdasarkan ketentuan-ketentuan pokok yang termuat dalam SN1 19-4192-2002 dan petunjuk penulisan abstrak yang terdapat dalam buku Petunjuk Penulisan Skripsi yang memuat masing-masing sebelas unsur dan enam unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan abstrak skripsi mahasiswa FIB UI tidak seragam. Dengan SNI 19-4192-2002 sebagai acuan, didapati bahwa sebagian besar abstrak skripsi mahasiswa FIB UI (51,19%) kurang memenuhi standar. Sedangkan jika menggunakan petunjuk penulisan skripsi, didapati bahwa hampir setengah abstrak skripsi mahasiswa FIB UI (32.11%) tidak mengikuti standar. Pertu dilakukan suatu pembaharuan pada standar penulisan abstrak yang berlaku pada FIB UI yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam SNI 19-4192-2002, serta perlu disosialisasikannya standar tersebut baik pada tingkat fakultas maupun universitas, sehingga setiap mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara penulisan abstrak yang baik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15113
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Harwati
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan harapan pemustaka terhadap rencana perubahan sistem perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dalam hal sistem layanan, sarana dan prasarana, koleksi, dan SDM (staf perpustakaan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu menyediakan akses yang mudah untuk menuju perpustakaan UI yang bare seperti tersedianya sarana transportasi umum yang memadai; harus memperhatikan disain ruangan dan tats letak setiap fasilitas, terutama fasilitas yang mengandung unsur hiburan; staf perpustakaan harus meningkatkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi profesional, maupun kompetensi individu.

The focus of this study is about the perceptions and expectations users through the changing plan of the library system in University of Indonesia (UI), in terms of services system, facilities, collections, and human resources (library staff). This research is quantitative with survey method. The results suggest that the need for providing easy access to the new UI library. For instance, available public transportation facilities; pay attention to the room design and layout of each facility, especially facilities that contain of entertainment element; improved library staff competences, both professional competence and individual competence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15369
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>