Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 106207 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Romodon Bekti H.
"
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendata pendapat mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) program S1 mengenai Program Pendidikan Pemakai Perpustakaan (PPP) yang dilakukan Perpustakaan FSUI setiap tahun ajaran baru dimulai. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FSUI program S1 yang sudah mengikuti PPP, dimulai dari mahasiswa angkatan 1992 sampai 1995. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Perpustakaan FSUI mengenai sejarah dilakukannya PPP ini disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa-mahasiswa FSUI program SI yang telah mengikuti PPP tersebut. Cara ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa PPP yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, dan formatyang dilaksanakan. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa sebaiknya ada program praktek Iangsung di perpustakaan, perbaikan dalam media yang digunakan dan Cara penyampaian program tersebut.
"
1997
S15555
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rondang Rouli
"Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin
"Penelitian mengenai sikap mahasiswa terhadap perpustakaan telah dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Depok pada bulan April 1995. Tujuannya adalah untuk membandingkan sikap pemakai dan non-pemakai terhadap perpustakaan, koleksi perpustakaan, program pendidikan dan promosi perpustakaan, pustakawan dan mengetahui tingkat ketrampilan pemakai dan non-pemakai dalam menggunakan sumber-sumber perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling). Sampel yang diambil berjumlah 100 orang mahasiswa program SI FISIP UI.
Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum pemakai mempunyai sikap positif dan non-pemakai mempunyai sikap tidak tahu dan cenderung negatif terhadap ke lima aspek yang dikaji. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, maka perpusta_kaan harus senantiasa menambah jumlah koleksi, meningkatkan program pendidikan pemakai, promosi perpustakaan dan kerja sama dengan staf pengajar."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15254
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan Civitas Akademik, di mana Perguruan Tinggi itu berada. Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi disebutkan bahwa, Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan unsur penunjang Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu Perpustakaan perlu mengadakan, menghimpun, mengolah, menyimpan dan melayankan koleksinya yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh Penggunanya. Mengingat begitu berarti dan pentingnya perpustakaan bagi Penggunanya, maka perlu diadakan suatu kegiatan yang memperlihatkan dan menjelaskan manfaat pentingnya Perpustakaan bagi seluruh sivitas akademikanya. Hal yang sering terjadi adalah bahwa kemampuan pemakai dalam memanfaatkan Perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakai untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat di mana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyawati
"Skripsi ini mengenai pelaksanaan layanan anak di Perpustakaan Umurn Kotamadya Jakarta Timur (PUJT), dengan data utama berasal dari pendapat anak-anak pemakai layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat anak-anak terhadap kegiatan layanan anak di PUJT, yang terdiri dari layanan peminjaman buku, bimbingan menibaca, layanan rujukan, mendongeng dan pertunjukan boneka serta layanan mainan, juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap anak-anak pemakai layanan, Kepala Perpustakaan dan staf di bagian layanan anak, sedangkan observasi dilakukan terhadap kegiatan layanan anak di PUJT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan layanan anak d PUTT sudah dilaksanakan dengan cukup baik, misalnya dalam hal jumlah jenis layanan yang diadakan untuk anak-anak, koleksi anak, ruangan dan perabot. Layanan peminjaman buku dan layanan mendongeng dan pertunjukan boneka sudah dilaksanakan dengan baik, sedangkan dalam hal layanan bimbingan membaca sebagian besar responden ternyata tidak pernah bertanya kepada pustakawan, di sisi lain pustakawan juga bersikap pasif dan tidak pernah membantu responden tanpa ditanya atau dimintai tolong terlebih dahulu. Layanan rujukan dan mainan dari segi koleksi dan ruangan sudah cukup baik, tetapi ternyata masih kurang dimanfaatkan oleh anak-anak.
Hambatan-hambatan yang dihadapi perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan anak adalah: minat baca anak yang masih kurang, kurangnya dana untuk promosi, lokasi perpustakaan yang kurang strategis, kurangnya pengetahuan staf di bagian layanan anak mengenai layanan perpustakaan untuk anak, kurangnya bacaan anak tentang Indonesia, karangan pengarang Indonesia maupun majalah anak di pasaran serta kurangnya pemanfaatan layanan rujukan oleh anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yustiman Ihza
"ABSTRAK
Skripsi ini mengenai pencurian buku di perpustakaan: sebuah survei pendapat mahasiswa/i FMIPA-UI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa/i FMIPA_UI mengenai: faktor-faktor yang mendorong seseorang melakukan pencurian buku di perpustakaan FMIPA-UI, cara-cara yang biasa digunakan untuk mencuri buku di perpustakaan tersebut, dan tindakan yang dapat dilakukan oleh perpusta_kaan itu untuk mencegah tindak pencurian ini.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneli_tian ini adalah kuesioner dan wawancara. Kuesioner diba_gikan langsung kepada mahasiswa/i FMIPA-UI, sedangkan wa_wancara dilakukan kepada kepala perpustakaan dan 3 (tiga) staf sirkulasi. Data utama penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner, sedangkan data pelengkap berasal dari ha_sil wawancara.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa menurut penda_pat 201 responden yang diteliti, ada 8 (delapan) faktor yang mendorong seseorang melakukan pencurian buku di per_pustakaan FMIPA-Ul, yaitu: tidak ada uang yang cukup untuk membeli buku; kurangnya pengamanan pada pintu keluar per_pustakaan; buku yang banyak dibutuhkan tidak tersedia da lam jumlah banyak; jumlah buku yang boleh dipinjam diba_tasi oleh perpustakaan; keinginan memiliki buku; letak rak-rak buku agak tersembunyi dari meja pengawas/staf sir_kulasi; ongkos fotokopi mahal; dan persepsi yang mengang_gap bahwa pencurian buku merupakan tindakan yang mudah di-lakukan, karena kemungkinan tertangkap bagi orang yang melakukannya sangat kecil. Sedangkan cara-cara yang biasa digunakan untuk mencuri buku di perpustakaan tersebut, menurut pendapat responden ada 5 (lima) Cara, yaitu: menye_linap keluar perpustakaan secara diam-diam; menyelipkan buku dalam pakaian; menyelipkan buku dalam map, majalah, atau buku; melemp.arkan lewat jendela; dan bekerja sama de_ngan petugas sirkulasi. Adapun tindakan yang dapat dila_kukan oleh perpustakaan FMIPA-UI untuk mencegah tindak pencurian ini, menurut pendapat responden ada 6 (enam) tindakan, yaitu: memurahkan harga fotokopi; menambah jum_lah buku yang banyak dipinjam; dilarang membawa buku dan map di ruang baca; dan memperketat pengawasan di pintu perpustakaan; memasang sistem deteksi elektronik; dan memberi peringatan, misalnya: apabila tertangkap, pelaku tin_dak pencurian buku dilarang meminjam buku di perpustakaan selama setahun.

"
1995
S15651
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Seorang petugas perpustakaan tiba-tiba menjerit ketika akan mengangkat setumpuk buku dari lantai."hiii ada ular!" teriaknya sambil mundur dengan cepat...."
SEBUPUI
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Asep Rachmat H.
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh renovasi di Perpustakaan FKGUI terhadap kenyamanan pemakai. Metode yang digunakan adalah metode survai menggunakan kuesioner dengan alat analisis Regresi dan Korelasi Linear Berganda (dengan bantuan program microstart).
Populasi sasaran penelitian ini adalah semua mahasiswa FKGUI pemakai perpustakaan dengan besar sampel 100 orang, untuk mengetahui besamya pengaruh variabel bebas digunakan 'Koefisien Determinasi Ganda (R2)'. Uji hipotesis korelasi ganda digunakan uji-f, sedangkan untuk melihat dampak secara individu atau terpisah digunakan Koefisien Determinasi Parsial (r2) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-t.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, secara keseluruhan renovasi mendapat respon yang baik dari pemakai perpustakaan, tetapi secara individu, variabel fasilitas mempunyai pengaruh yang kurang baik. Ini menunjukkan bahwa fasilitas dianggap tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemakai.

This study was conducted to find out the effect of the renovation of FKG-UI library towards the comforts of its visitors. The method used in this study was a questionairre survey method using regression and double linier correlation with microstart program.
The target population was the students of the faculty of Dentistry, University of Indonesia who's visiting the FKG-U1 library (n=100). Double determination coefficient was used (R2) to access the effect of free variable. A double correlation hypotesis was tested with f-test, meanwhile, a partial determination coefficient (r2) was used to see the effect individually. The hypotesis was tested with t-test.
The result of this study indicated that, in overall, the library renovation gained a positive response from its visitors, but individually, the response for the facility variable was negative. It showed that the facility in FKG-Ul library had considered unappropriate with the visitors expectation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15165
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjorang, Ependi
"Penelitian mengenai pemanfaatan koleksi CD-ROM ini dilakukan di Perpustakaan Jurusan Akuntansi FE-UI pada bulan September 2001 sampai dengan Desember 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan Jurusan akuntansi FE-UI, untuk mengetahui kemahiran mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UI mengoperasikan pangkalan data CD-ROM, untuk mengetahui kesesuaian informasi yang ada dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang yang dibutuhkan, untuk mengetahui faktor yang mendorong dan yang menghambat dalam mendayagunakan layanan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI.
Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Kuesioner digunakan sebagai alat mengumpul data pokok. Hasil penyebaran kuesioner diperoleh 104 responden. Analisis data dilakukan dengan penghitungan menggunakan rumus prosentase dan skala Linkert.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI masih rendah, tingkat kemahiran mahasiswa mengoperasikan pangkalan data CD-ROM tinggi, kesesuaian informasi dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang studi relevan. Faktor yang mendorong diantaranya koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI relevan dengan bidang studi, tarif yang ditetapkan untuk pengoperasian masih batas wajar, spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM memadai, syaratyang ditetapkan oleh pihak perpustakaan untuk masuk anggota perpustakaan mudah. Faktor yang menghambat dalam mendayagunakan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI adalah jumlah unit komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM rnasih kurang karena perpustakaan hanya menyediakan 1 unit komputer.
Untuk peningkatan layanan ini perlu melakukan penambahan komputer, luas ruangan, dan disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa yang ada di Jurusan Akuntansi FEUI, juga perlu ditetapkan batas waktu menggunakan koleksi CD-ROM."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S15337
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>