Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55355 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Maerzyda A. Th.
"
ABSTRAK
Penelitian terhadap iklan televisi telah banyak dilakukan oleh para ahli dari berbagai bidang, namun sebuah analisis bahasa iklan yang didasarkan pada teori Linguistik jumlahnya masih terbatas. Skripsi ini bertujuan untuk meneliti kecenderungan pilihan kosa kata iklan televisi berbahasa Jerman dari segi makna referensial, makna asosiatif, dan makna afektif. Penelitian kemudian juga bertujuan untuk melihat bagaimana cara menyusun pilihan kata tersebut menjadi suatu wacana yang dapat mempengaruhi pikiran dan emosi pemirsa televisi Jerman agar menggunakan produk tertentu. Oleh karena data penelitian meliputi spot-spot iklan televisi Jerman yang berasal dari 5 dekade (1945-1995), maka hasil penelitian juga dapat menunjukkan perbedaan penyajian iklan dari 3 kategori produk, yaitu produk pangan, produk otomotif, dan produk jasa berdasarkan dekade pembuatan spot.
Data penelitian berasal dari kaset video 50 Jahre Werbung in Deutschland (50 tahun Iklan di Jerman) yang merupakan kumpulan iklan televisi Jerman terbaik dilihat dari segi artistik, penjualan serta ide (keterangan ini tercantum pada sampul depan kaset) yang dirangkum oleh Deutschen Werbemuseum e. V. (Musium Periklanan Jerman) yang berkedudukan di Frankfurt dalam rangka menyelenggaraan suatu pameran dengan judul yang sama.
Hasil penelitian akan memperlihatkan bahwa bahasaiklan televisi memiliki ciri_-ciri umum yang hampir sama dengan bahasa iklan media cetak, yaitu penggunaan kosa kata yang mengandung makna berlebihan, gaya bahasa yang bersifat persuasif dan lainnya, Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa selain memiliki persamaan, bahasa iklan televisi memiliki ciri-ciri yang spesifik dan khusus jika dibandingkan dengan bahasa iklan pada media lain, antara lain bahwa bahasa, gambar dan unsur akustis memainkan peranan yang sama penting dalam iklan televisi.
"
1998
S14413
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gross, Johannes
Stuttgart : Deutsche Verlags-Anstalt, 1980
Jer 914.3 Gro u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Widjantoro
"Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sebagai salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia telah menayangkan siarannya kurang lebih 10 tahun sejak tanggal 23 Januari 1991. Pendidikan sebagai bagian dari namanya dan siaran yang diadakan menjadi suatu hal yang penting dan sangat disayangkan bila tidak tersampaikan kepada masyarakat dengan baik. Proses penyiaran yang cukup kompleks didukung oleh sarana dan prasarana yang baik, seperti video dan peralatan pendukungnya sebagai suatu hal yang penting, oleh karena itu agar proses penyiaran berlangsung dengan baik, dibutuhkan usaha pelestarian dan pengawetan video yang baik hingga tetap dapat dipakai selama mungkin. Pengoleksian video menjadi suatu keharusan di stasiun penyiaran karena saat ini stasiun penyiaran masih harus menggunakan video dalam menyiarkan segala acaranva. termasuk dalam hal ini yaitu stasiun penyiaran TPI. TPI sebagai stasiun televisi juga mempunyai perpustakaan yang bernama Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDASI) yang bertugas untuk menyimpan. mengolah dan menemukan kembali koleksi video untuk mendukung penyiaran di stasiun tersebut. Dalam struktur organisasi TPI, perpustakaan tersebut berada di bawah unit Informasi dan Teknologi (IT). Perpustakaan ini dikelola oleh seorang pustakawan D3 dan 2 orang staf nya. Pengelolaan video di perpustakaan termasuk penyimpanan. perawatan dan pemakaiannya dibahas secara umum. Ada pun yang menjadi objek permasalahan adalah perpustakaan TPI. Pelestarian dan pengawetan video di perpustakaan yang direkomendasikan meliputi: (1) Perawatan suhu dan kelembaban yang rendah dan stabil; (2) Penghilangan debu dan cetakan-cetakan jari; (3) Pencegahan mechanical deformation (perubahan mekanis); (4) Pengaturan radiasi ultra violet dan cahaya; (5) Pengaturan medan magnetis (untuk pembawa magnetis); (6) Pemakaian peralatan replay yang dirawat dengan baik; (7) Penulis menambahkan 3 hal lain yaitu: (a) Antisipasi bencana; (b) Kerja sama; (c) Kebijakan. Secara umum pelestarian dan pengawetan koleksi video di perpustakaan TPI (PUSDASI) cukup baik karena telah mendukung dengan baik penyiaran TPI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ericha Mediyanti
"[ ABSTRAK
Rhetorik in der Werbung atau Retorika dalam iklan adalah penggunaan bahasa yang menyimpang dari kaidah
bahasa baku baik secara semantik maupun leksikal. Penggunaan variasi bahasa tersebut dalam iklan dibentuk
sedemikian rupa agar publik memiliki rasa ketertarikan dan terdorong untuk membeli produk yang ditawarkan.
Analisis teori retorika dalam jurnal ini menggunakan enam contoh iklan Adidas di Jerman. Tujuan analisis ini
adalah untuk mempelajari tahapan penggunaan teori retorika apa saja yang terdapat pada keenam iklan Adidas .
Tahapan tersebut diantaranya adalah pengumpulan tema yang sesuai (invention), penyusunan argumen yang
efektif (disposition), bentuk kebahasaan (elocution), penggunaan kata dan gambar yang mudah dihafal
(memoria), bentuk ekspresi dalam gambar (actio), kualitas bahasa (elucio), hingga estetika bahasa (ornatus).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa tidak semua iklan memenuhi setiap tahapan retorika.
Tahapan yang paling banyak tidak terpenuhi adalah unsur kualitas bahasa, khususnya dalam penggunaan bahasa
Jerman yang baik dan benar. Meskipun begitu terkadang kesalahan aturan bahasa tersebut digunakan pembuat
iklan sebagai salah satu daya tarik iklan terhadap publik.
ABSTRACT Rhetorik in der Werbung or rhetoric in advertisement is the use of language that deviates from the rules of
standard language both semantic and lexical. The use of such language in the advertisement variation is formed
in a way that the public has a sense of interest and compelled to buy the products. Analysis of rhetoric theory in
this journal is using six samples of Adidas advertisements in Germany. The purpose of this analysis is to study
the stages of rhetoric theory which contained in the Adidas advertisements. These stages include the collecting
of appropriate theme (invention), the preparation of an effective argument (disposition), linguistic form
(elocution), the use of words and images that are easily memorized (memoria), a form of expression in the
picture (actio), the quality of the language (elucio), and the aesthetic of language (ornatus). Based on the
analysis, it was found that not all of these advertisements fulfill every stage of rhetoric. The stage that most
widely unfulfilled is quality of language, especially in the use of propered German language. Even so sometimes
those mistake is used by the advertisement makers as a point to attract public attention.;Rhetorik in der Werbung or rhetoric in advertisement is the use of language that deviates from the rules of
standard language both semantic and lexical. The use of such language in the advertisement variation is formed
in a way that the public has a sense of interest and compelled to buy the products. Analysis of rhetoric theory in
this journal is using six samples of Adidas advertisements in Germany. The purpose of this analysis is to study
the stages of rhetoric theory which contained in the Adidas advertisements. These stages include the collecting
of appropriate theme (invention), the preparation of an effective argument (disposition), linguistic form
(elocution), the use of words and images that are easily memorized (memoria), a form of expression in the
picture (actio), the quality of the language (elucio), and the aesthetic of language (ornatus). Based on the
analysis, it was found that not all of these advertisements fulfill every stage of rhetoric. The stage that most
widely unfulfilled is quality of language, especially in the use of propered German language. Even so sometimes
those mistake is used by the advertisement makers as a point to attract public attention., Rhetorik in der Werbung or rhetoric in advertisement is the use of language that deviates from the rules of
standard language both semantic and lexical. The use of such language in the advertisement variation is formed
in a way that the public has a sense of interest and compelled to buy the products. Analysis of rhetoric theory in
this journal is using six samples of Adidas advertisements in Germany. The purpose of this analysis is to study
the stages of rhetoric theory which contained in the Adidas advertisements. These stages include the collecting
of appropriate theme (invention), the preparation of an effective argument (disposition), linguistic form
(elocution), the use of words and images that are easily memorized (memoria), a form of expression in the
picture (actio), the quality of the language (elucio), and the aesthetic of language (ornatus). Based on the
analysis, it was found that not all of these advertisements fulfill every stage of rhetoric. The stage that most
widely unfulfilled is quality of language, especially in the use of propered German language. Even so sometimes
those mistake is used by the advertisement makers as a point to attract public attention.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anissaro Rumba
"Skripsi ini membahas analisis makna pesan yang terdapat dalam iklan Du bist Deutschland? dilihat dari pendekatan stilistika dan semiotika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berbentuk studi pustaka.
Hasil menelitian menunjukkan bahwa makna pesan dalam iklan dapat disampaikan melalui keterkaitan di antara unsur internalnya, dalam hal ini unsur verbal dan visual. Selain itu, unsur internal iklan sangat dipengaruhi unsur eksternal iklan. Oleh sebab itu, unsur internal dalam sebuah iklan harus dapat merepresentasikan unsur eksternalnya.

The focus of this research is the analysis of advertisement Du bist Deutschland with stylistic and semiotic approach. This research is a qualitative research which take librarian study form.
The result of this research shows that message in advertisement can be explained by the relation between internal substances, like verbalization and visualization. On the other hand the internal substances are influenced by external substances. In a good advertisement internal substances must represent the external substances."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15142
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wilma Sita Kamala
"Selain menggunakan mode-mode lisan dan tulisan, iklan-iklan yang kerap kita temui di kehidupan sehari-hari menyusun maknanya melalui mode-mode lain seperti gambar dan video. Untuk menemukan pesan yang dikandung, analisis tata bahasa visual sering kali dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan analisis tata bahasa visual pada salah satu video iklan dari 4ocean yang sudah ditayangkan di dunia maya, mengevaluasinya melalui metafungsi dari tata bahasa visual. Ini dilakukan untuk memahami bagaimana pesan dalam iklan tersebut terbangun dengan bantuan tata bahasa visual. Beberapa adegan dari iklan dikumpulkan dan dibahas menggunakan teori tata bahasa visual yang dikemukakan oleh Kress dan van Leeuwen (2006). Hasilnya mengindikasikan bahwa 4ocean membangun makna dalam iklannya untuk membersihkan laut melalui elemen-elemen visual yang terintegrasi dalam video iklan. Metafungsi dari tata bahasa visual digunakan untuk berinteraksi dengan pemirsa dan mengajak mereka untuk membeli gelang 4ocean dan membersihkan laut, sehingga iklan ini masuk dalam kategori promosi dan kampanye secara bersamaan.

Besides using verbal modes, advertisements that are found in daily life arrange their message through non-verbal modes such as images and videos. In order to dissect the message that they contain, a visual grammar analysis is often needed. This research conducts a visual grammar analysis on one 4ocean video advertisement that has been broadcasted on the Internet, evaluating it through the metafunctions of visual grammar. It is to perceive how the message in the advertisement is constructed with the help of visual grammar. Several scenes from the 4ocean are gathered, then examined by the theory of visual grammar metafunction by Kress and van Leeuwen (2006). The results indicate that 4ocean builds its message to clean the ocean through appropriate visual elements that are integrated within the advertisement. Metafunctions of visual grammar are utilized in order to engage with the audience and persuade them to purchase 4ocean`s bracelet and save the ocean, having this advertisement falls into the category of a promotion and a campaign at the same time."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Nurfita Kencana
"Skripsi ini membahas tentang Pengolahan Koleksi Kaset Video Paket Daerah di Dokumentasi dan Perpustakaan Program LPP TVRI, Jakarta. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi proses pengolahan dan penyimpanan serta pentingnya pengelolaan koleksi kaset video Paket Daerah. Pengumpulan data dengan cara melakukan observasi non-partisipan dan wawancara dengan beberapa informan.
Hasil penelitian ini adalah pengolahan kaset video Paket Daerah menggunakan kebijakan yang dibuat sendiri oleh staf (ad hoc system). Penyimpanan dilakukan secara unik yaitu berdasarkan nama ke-27 TVRI Stasiun Daerah masing-masing.

This undergraduate thesis covers the Paket Daerah Video Cassettes Collection Processing in Dokumentasi dan Perpustakaan Program LPP TVRI, Jakarta. The purpose was to identify collection processing, storage, and also described the advantages of Paket Daerah Video Cassettes Collection Processing. Data were collected by non-participant observation and interview the related sources.
The result was the Paket Daerah Video Cassettes Collection Processing using ad hoc system or system made by the staffs itself. The storage has been done uniquely by the list of 27 region of TVRI station names."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15022
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winny Sesyarea
"[ ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan Fremdsprache atau
bahasa asing khususnya pada 10 iklan komputer produk Apple, ASUS dan DELL
di Jerman. Analisis iklan ini menggunakan teori Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache. Berdasarkan hasil analisis kata yang berasal dari bahasa Inggris
paling banyak ditemukan dalam iklan komputer tersebut. Namun, banyak juga
ditemukan penggunaan kata asing yang berasal dari bahasa lain, seperti bahasa
latin, Italia dan Perancis. Jenis-jenis penggunaan Fremdsprache dalam analisis
beragam, seperti Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung dan
Lehnübertragung. Selain itu terdapat pula istilah-istilah internasional yang khusus
digunakan dalam bidang teknik. Tujuan penggunaan Fremdsprache dalam iklan
umumnya untuk membuat iklan lebih menarik bagi konsumen.
ABSTRACT The purpose of this research is to analyze the use of Fremdsprache or foreign
language in 10 computer advertisements of some products in Germany such as
APPLE, ASUS and DELL. This research uses Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache theory. The result shows that English is the most widely used in
those computer advertisements. However there are also some other languages that
can be found in those advertisements such as Latin, French and Italian. There are
various types of Fremdsprache that can be found in those advertisements such as
Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung and Lehnübertragung.
Furthermore, many international terms, such as specific terms of engineering, are
used in computer advertisements. The purpose of using Fremdsprache in an
advertisement is to make the advertisement more appealing to the customers, The purpose of this research is to analyze the use of Fremdsprache or foreign
language in 10 computer advertisements of some products in Germany such as
APPLE, ASUS and DELL. This research uses Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache theory. The result shows that English is the most widely used in
those computer advertisements. However there are also some other languages that
can be found in those advertisements such as Latin, French and Italian. There are
various types of Fremdsprache that can be found in those advertisements such as
Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung and Lehnübertragung.
Furthermore, many international terms, such as specific terms of engineering, are
used in computer advertisements. The purpose of using Fremdsprache in an
advertisement is to make the advertisement more appealing to the customers]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Maria Ciadarma
"Bisnis rekaman kaset video beberapa tahun belakangan ini maju de~ ngan pesat dan mendatangkan keuntungen yang cukup besar, alat pes rekam dan kaset video dapat ditemkan dengan midah den harsa yang tidak seberapa dibandingkan dengan keuntungan yang bekal dipero = leh, Keadaan ini menimbulkan keinginan pada pihak tertentu untuk melakukan pembajakan atas rekaman kaset video yang dimiliki oleh pemegang - hak ciptanya yang sah, pembajakan hak cipta rekaman ini yang dilakukan dengan sengaja dan melanggar hak subjektif orang lain adalah merupakan sua tu perbuatan melawan hukum, perbuatan mana telah menimbulkan kerugian peda pemegang hak cipta yang sah serta menimbulkan kewajiban untuk mengganti rugi, pasal 1365 KuHPerdata. Namun hal ini tidak terlepas dari pembuktian dan penilaian hakim, adapun pengertian perbuatan melawan hukum di Tadonesia adalah sesuai dengan putusan Hoge Raad tanggal 31 januari 1919 dalam kesus Cohen-Lindenbaun, yang diutamakan dalam pembajakan hak cipta rekeman ini ada’ lah perekaman kembali, penambahan maupun pengurangan sebagian atau seluruh rekaman pada pita kaset video yang diperoleh oleh pemegang hak cipta rekamen kaset video yang sah itu, tanpa menpermasalahkan pada jenis/ merek apa rekaman dilakukan. Adanya pembajakan hak cipta ini dan hak cinta pata umumhya memperlihatkan adanya suatu, kemerosotan di dalam bidang moral perdaganan, Pengundangan undang-undang hak cipta yang baru tahun 1982 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kembali moral perdagangan yang baik, Hal ini sangat diperlukan apabila kita ingin memperoleh kedudukan yang baik di dalam bisbis internasional. Saat ini perdangangan internasional lebih ditekankan pada komoditas nonmigas. Adanya jaminan hak cipta atas suatu ciptaan menimbulkan ke gairahan orang untuk mencipta lebih banyak lagi."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1985
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riza Syahrela
"Gaya hidup adalah `identitas' diri di dalam suatu masyarakat modern, hal ini meliputi bagaimana kita dikenal dan diakui keberadaannya oleh masyarakat. Wujud pengakuan ini dapat berupa apresiasi terhadap aspek-aspek simbolik yang melekat pada tubuh kita. Oleh karena sedemikian besarnya apresiasi masyarakat pada aspek-aspek simbolik, maka gaya bidup sebagai perwujudan seseorang di dalam lingkungannya menjadi alat untuk menentukan dari golongan manakah ia berasal. Untuk mendukung hal ini, penggunaan barang-barang sebagai pendukung identitas diri melalui penampilan misalnya, menjadi pilihan untuk mengapresiasikan din. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gaya hidup apa saja yang disajikan iklan, dan bagaimana kaitannya dengan kondisi dan perkembangan masyarakat Indonesia.
Dukungan teknologi informasi melalui penggunaan televisi, intemet, radio, dan majalah telah mengkiblatkan diri pada budaya asing yang pada saat ini kondisinya sedemikian mengancam keberadaan budaya Indonesia. Apalagi kondisi ini diperburuk dengan berbagai konflik sosial, upaya-upaya disintegrasi bangsa, dan kondisi ekonorni yang belum sepenuhnya pulih, semakin membuat suatu `keterpurukan budaya'. Budaya asing atau budaya massa, kini telah menghempaskan budaya Indonesia menjadi sesuatu yang kuno sehingga kini budaya Indonesia sulit untuk dikatakan sebagai budaya yang modern.
Teori-teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang ditelurkan oleh pemikir-pemikir atau kritikus budaya yang turut mengkhawatirkan perkembangan budaya massa ini. Oleh sebab menurut mereka, perkembangan budaya massa telah mengarah untuk menjadi satu-satunya budaya pada masyarakat dunia, dan hal ini patut dihindarkan. Paradigma teori kritis yang digunakan, dan sifat penelitian yang interpretatif akan diaplikasikan pada bingkai cultural studies (kajian budaya). Sebagai salah satu cabang dari teori media Marxist, cultural studies adalali tradisi yang berusaha mengetahui, menginterpretasi makna budaya dari suatu produk media. Masyarakat atau penonton dalam dipandang sebagai tempat di mana makna-makna itu dipertarungkan.
Ketiga iklan kosmetik sebagai objek yang diteliti, yaitu iklan Citra Lotion, Ponds Facial Foam, dan Olay Lotion yang dipilih dari sekian banyak iklan kosmetika di televisi. Iklan sebagai sebuah teks yang berfungsi untuk merepresentasikan suatu fenomena di dalam masyarakat, akan selalu terpengaruh oleh nilai-nilai di luar dirinya. Melalui kerangkan analisis van Dijk, dapat dipahami bahwa kehadiran sebuah teks media pun dapat merupakan tanda bagi keberadaan elemen messo struktur atau bagaimana sebuah teks diproduksi, dan bagaimana nilai-nilai diseleksi untuk mendukung tampilan suatu teks.
Gana menemukan gaya hidup apa yang direpresentasikan oleh iklan kosmetik, metode semiotika dapat menjadi pisau analisis mengenai gaya hidup apa dan bagaimana penyajiannya, serta bagaimana keterkaitannya dengan perkembangan dan kondisi masyrakat Indonesia masa kini. Hasil penelitian mengidentifikasi 3 (tiga) bentuk gaya hidup, yaitu: gaya hidup metroseksual, gaya hidup kembali ke alam (back to nature), dan gaya hidup mandiri dan modem.
Sebuah teks iklan adalah produksi dari sebuah institusi yang tersusun atas elemen individual, bagaimana konstruksi sebuah iklan akan ditentukan oleh bagaimana konnisi sosial individu tersebut. Fenomena sosial budaya yang terjadi di masyarakat ternyata dapat turut mempengaruhi representasi gaya hidup di dalam iklan. Melalui pembahasan analisis sosial dapat dijelaskan bahwa di dalam teks iklan gaya hidup ketiga iklan terdapat nuansa budaya massa metalui isu kapitalisme, isu globalisasi, dan bertebarannya budaya asing (massa), yang kesemuanya turut mendesak media massa sehingga mempengaruhi budaya Indonesia."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T21881
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>