Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126920 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nuning Wahyuni
"
ABSTRAK
Penelitian mengenai kesalahan diksi dan gramatikal dalam bahasa surat mahasiswa asing yang belajar bahasa Indonesia dilakukan dengan tujuan untuk melihat kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa Indonesia bagi penutur asing dan kesalahan apa yang paling banyak ditemukan. Data yang digunakan sebagai bahan penelitian adalah surat ion tidak masuk kuliah yang dibuat oleh peserta tingkat madya dan tingkat lanjut selama periode dua semester, yaitu semester reguler Januari--Mei 1996 dan antarsemester Juni-Juli 1996.
Penelitian ini menggunakan acuan buku-buku karangan Prof Dr. Harimurti Kridalaksana sebagai landasan analisis gramatika dan buku karangan Prof Dr. Gorys Keraf sebagai landasan analisis diksi. Penelitian ini pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa beberapa kesalahan yang menyangkut diksi dan gramatika ditemukan pada data. KesaIahan terbanyak yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kesalahan diksi, dari data yang diambil dari tingkat madya, sedangkan dari tingkat lanjut, kesalahan yang paling banyak ditemukan menyangkut struktur, terutama dalam penggunaan partikel.
"
1997
S11077
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roslaini
"Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan kesalahan pemelajar dalam menggunakan artikel takrif (the) dan artikel taktakrif (a/an).
Analisis penggunaan artikel dalam penelitian ini dilakukan secara sintaktis dan semantis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Muhannmadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta. Mahasiswa yang dijadikan responden duduk di semester IV berjumlah 78 orang, dan waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2002/2003.
Untuk mendapatkan data penelitian digunakan tiga macam tes, yaitu Tes Mengarang, Tes Isian, dan Tes Isi Rumpang. Pada tes pertama mahasiswa diminta membuat karangan sebanyak 200 kata dengan durasi 90 menit. Pada tes kedua mahasiswa diminta mengerjakan tes Isian dan Tes Isi Rumpang dengan durasi 90 menit. Setelah tes selesai, semua lembar jawaban dikumpulkan dan kemudian dianalisis. Lalu data yang telah terkumpul dianalisis kesalahannya dengan menggunakan kriteria sintaktis dan semantis.
Setelah data dianalisis, ditemukan bahwa kesalahan penggunaan artikel terjadi baik pada tes mengarang maupun pada tes isian dan tes isi rumpang. Berbagai jenis kesalahan muncul. Jenis kesalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah: penambahan artikel pada nomina yang seharusnya tidak menggunakan artikel; penghilangan artikel pada nomina yang seharusnya menggunakan artikel; salah memilih artikel untuk sebuah nomina; dan menggunakan unsur lain pada nomina yang seharusnya menggunakan artikel.
Dengan demikian, terbukti bahwa pemelajar belum dapat menentukan dengan benar kapan sebuah artikel dapat digunakan. Dalam konteks yang bagaimana sebuah nomina mendapat artikel takrif atau artikel taktakrif Di samping itu, dapat dikemukakan pula penyebab kesalahannya yaitu terjadinya overgeneralisasi yang merupakan akibat dari ketidakpahaman pemelajar akan batas kaidah dalam penggunaan artikel.
Oleh karena itu, pengajaran artikel pada pemelajar bahasa kedua sebaiknya dilakukan seefektif mungkin. Pengajar hendaknya mencari teknik yang paling tepat dalam mengajarkan artikel. Sejauh pengalaman saya, pengajaran artikel yang dilakukan di kelas lebih menekankan pada pemahaman secara sintaktis. Padahal, menurut Lyons (1999), penggunaan artikel harus dipahami baik secara sintaktis maupun semantis, dan bahkan secara pragmatis. Oleh karena itu, pengajaran artikel dengan pemahaman pada tipe semantis nomina secara kontekstual nampaknya cukup memungkinkan untuk diterapkan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10929
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pardede, Jannes Freddy
"The objectives of this research are to find the relationship between language attitude and self-concept with English writing ability and to describe the language attitude, self-concept, and English writing ability based on social factors such as gender, ethnicity, and college background. The survey was conducted at five universities/colleges in Jakarta.
There are three approaches used in this research. sociolinguistic, psychological, and language teaching approaches. The collecting data technique applied in this research was randomly purposive sampling. Questionnaires are used to obtain the language attitude and self-concept data. Writing tests are conducted to get the writing ability scores. The obtained writing scores are the mean provided by two qualified writing raters. All data in the form of numbers are statistically analyzed by computer using SPPS (Slalislical Packages./or Social Studies) 1 1.0 for windows by using parametric and nonparametric tests such as Pearson Product Moment, Regression, Anova, T-testnd Kruskal-Wallis H.
The study reveals that there are positive relationships between:
(1) attitude toward English and English writing ability;
(2) self-concept and English writing ability; and
(3) attitude toward English and self-concept with English writing ability.
The study also proves that:
(4) except for the kind of work that needs English, the social variables such as gender, ethnicity, college background do not seem to contribute to the attitude toward English;
(5) the social variables do not seem to contribute to the writing self-concept; and
(6) except for college background and the kind of work that needs English, the social variables do not seem to contribute to the writing self-concept.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The research discuss about a profile and academic potential of student majoring the Japanese language class of 2001 - 2003 on Literature Faculty of Bina Nusantara University The research discover that most of the respondent are living in Jabo area,  come from private high school,  never taking the SPMB test,  also come from middle class family.  In an academic potential, most of the respondent can absorb the study well In gaining information about the Japanesse language majoring in Bina Nusantara University beside from the brochure of Bina Nusantara University, there is also a role from friends and relative. "
NIGAKU 1:1 (2005)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Rizki Ridwan
"Skripsi ini membahas mengenai metode pembelajaran Bahasa Arab melalui media audiovisual. Konsep yang digunakan sebagai landasan teori adalah konsep Metode Langsung dari Richards dan Rodgers dan teknik pengajaran Bahasa Arab dari Shini, untuk menganalisis korpus data utama, yaitu VCD Bahasa Arab untuk Pemula produksi PT. Granada Investa Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan sumber dari buku cetak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan teknik pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan dalam media audiovisual tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi metode dan teknik pembelajaran Bahasa Arab melalui media audiovisual yang terbagi dalam pengajaran empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis, serta kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran dalam korpus tersebut.
This undergraduate thesis would explain about Arabic learning method by audiovisual media. Concept of Direct Method by Richards & Rodgers and Arabic teaching techniques from Shini are basic theory of this undergraduate thesis, I use these theories to analyze primary source (VCD Bahasa Arab untuk Pemula). This undergraduate thesis conducted by library research from books.
The purposes of this research are to figure out method and teaching techniques of Arabic learning on this audiovisual media. This research obtain some results, the first one is identify of Arabic method and learning techniques by audiovisual media including four skills: listening, speaking, reading, and writing skill, and strength and weakness of learning method on this audiovisual media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S335
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: FS-UI, 1976
495.102 LOK b (1);495.102 LOK b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adenan Ayob
Kuala Lumpur: Oxford Fajar, 2009
499.3 AYO b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhadjir
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2000
499.221 MUH b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Warsidi
"Bahasa Inggris adalah salah satu mata uji di dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Tes ini memiki peran yang sangat penting untuk turut menentukan apakah seorang calon mahasiswa diterima di perguruan tinggi negeri atau tidak karena kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa akan mempengaruhi keberhasilan studi mereka di perguruan tinggi. Oleh karena itu, tes bahasa Inggris UMPTN harus teruji keandalan dan kesahihannya untuk dapat dipergunakan sebagai saran seleksi yang efektif bagi calon mahasiswa perguruan tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kadar keandalan, kesahihan isi dan kesahihan konstruk tes bahasa Inggris UMPTN. Sampel diambil dari tes UMPTN periode 2000-2001 Dengan menerapkan Formula KR20, hasil pengujian keandalan tes tersebut menunjukkan bahwa tes bahasa Inggris UMPTN periode 2000-2001 memiliki kadar keandalan tinggi dengan kecenderungan sedang, menurut klasifikasi Ingram (1977). Sementara itu, pengujian kesahihan isi tes yang dilaksanakan dengan cara membandingkan butir-butir soal di dalam tes UMPTN periode 2000-2001 dengan kisi-kisi yang dijadikan dasar penyusunan tes tersebut menunjukkan bahwa kesahihan isi tes bahasa Inggris UMPTN tergolong rendah. Lebih dan 50% komponen-komponen yang tertulis di dalam kisi-kisi tidak dicakup secara benar di dalam penyusunan butir soal tes bahasa Inggris UMPTN untuk kedua periode tersebut.
Pengujian kesahihan konstruk tes tersebut dilaksanakan secara internal, yaitu dengan melakukan korelasi antar subtes di dalam perangkat tes tersebut, yang terdiri dari subtes membaca pemahaman dan subtes gramatika dengan menerapkan rumus Produk Moment Pearson.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa tes bahasa Inggris UMPTN 2000-2001 telah memenuhi kesahihan konstruk. Dengan kata lain, tes bahasa Inggris UMPTN telah dapat dipergunakan untuk menguji kemampuan membaca dan penguasaan gramatika bahasa Inggris calon mahasiswa dengan baik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11124
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>