Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3646 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cortright, Rupert L.
New York: Macmillan, 1959
374.24 COR c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Kurniasih Wahyu Sari
"Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa melalui metode diskusi kelompok berdasarkan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara siswa. Penelitian dilakukan pada salah satu universitas negeri di Jawa Timur dengan melibatkan 35 siswa. Peneliti hanya berfokus pada siswa introver yang memiliki kemampuan berbicara rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (action research) yang dilakukan selama 6 siklus. Data awal tipe kepribadian diambil menggunakan kuesioner tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) sedangkan data awal kemahiran berbicara siswa introver dinilai menggunakan rubrik penilaian berbicara yang diambil saat kegiatan diskusi kelompok berlangsung. Siswa dikelompokkan menjadi 3 kelompok sesuai dengan persamaan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kemahiran berbicara siswa introver yang memiliki kemahiran berbicara rendah, 2) siswa introver yang memiliki kemahiran berbicara rendah mengalami peningkatan paling tinggi baik pada fase pertama maupun fase kedua adalah ketika siswa dikelompokkan dengan kelompok yang terdiri 2 siswa ekstrover yang memiliki nilai tinggi dan 1 siswa ekstrover yang memiliki nilai sedang dan 3) siswa menunjukkan persepsi yang positif terhadap penggunaan metode diskusi kelompok berdasarkan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara.

This research is an effort to improve students' speaking skill through group discussion method based on personality type and the difference of students speaking skill. The research was conducted at one of the State Universities in East Java involving 35 students. Researcher focuses only on introvert students who have low speaking skill. The type of research used is action research in 6 cycles. Preliminary personality type data were collected using a Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) personality questionnaire whereas preliminary data of introvert students' speaking skill were assessed using the scoring rubric taken during group discussion activities. Students are divided into 3 groups according to the equality of personality type and speaking skills. The results showed that: 1) there was a significant increase in speaking skill of introvert students who had low speaking skill, 2) introvert students who had low speaking skill showed the highest increase in both the first and second phases when students were on a group that consisting of 2 extrovert students with high speaking ability and 1 extrovert student with moderate speaking ability and 3) students showed positive perception of group discussion method using based on personality type and speaking skills."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52087
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deandra Setyaputri
"Dalam pendidikan, partisipasi pelajar dalam kelas dapat menjadi salah satu faktor pendukung proses pembelajaran yang efektif. Demi mendukung partisipasi pelajar, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah forum diskusi online untuk proses e-learning dengan mengimplementasikan fitur partisipasi anonim dimana pelajar dapat mengunggah post tanpa harus menunjukkan identitas aslinya. Pilihan untuk dapat berpartisipasi secara anonim mampu meningkatkan keinginan pelajar untuk berpartisipasi dalam pembelajaran seperti melalui aksi bertanya, menjawab pertanyaan, dan berpendapat dalam kelas. Namun anonimitas yang ditawarkan dapat mengundang perilaku buruk karena berkurangnya akuntabilitas. Untuk mengatasinya, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan sistem moderasi otomatis pada forum diskusi dengan memanfaatkan model deep learning pendeteksi bahasa kasar berbasis Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau BERT. Setiap kali pengguna ingin mengirim unggahan ke dalam forum diskusi, model pendeteksi bahasa kasar akan terlebih dahulu mengklasifikasikan teks unggahan tersebut ke dalam kelas ‘abusive’ jika terdapat unsur kasar, menyinggung, atau mengandung kebencian dan ke dalam kelas ‘safe’ jika tidak. Sistem akan secara otomatis mencegah suatu unggahan untuk terkirim jika unggahan tersebut diklasifikasikan sebagai ‘abusive’. Model pendeteksi bahasa kasar tersebut dilatih dengan melakukan fine-tuning pada IndoBERT, model pre-trained Bahasa Indonesia berbasis BERT, dan IndoBERTweet yang dilatih untuk domain Twitter. Berdasarkan hasil pengujian, model dengan performa terbaik merupakan model hasil fine-tuning IndoBERTweet yang mencapai F1 Score sebesar 91,02%. Durasi waktu yang dibutuhkan oleh model untuk mengeksekusi prediksi bervariasi berdasarkan panjang input, dimana durasi bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah karakter pada input, namun maksimum berada di kisaran 1,3 detik karena adanya batasan jumlah token input yang dapat diproses model.

In education, students’ in-class participation can be one of the supporting factors for effective learning. In order to promote student participation, this study aims to develop an online discussion forum for e-learning that implements an anonymous participation feature where students can upload posts without having to show their real identities. The choice to be able to participate anonymously has been proven to improve students’ motivation to participate in the learning process through asking and answering questions and expressing opinions in class. But the anonymity offered can be the cause of several bad behaviors due to the lack of accountability. To handle this, this research will also aim to develop an automatic moderation system for the discussion forums that uses an abusive language classifier deep learning model based on Bidirectional Encoder Representations from Transformers or BERT. Every time a user wants to upload a post to the discussion forum, the abusive language detection model will first classify the uploaded text into the ‘abusive’ class if it contains abusive language or hateful content and into the ‘safe’ class if otherwise. The system will automatically prevent a post from being uploaded if it was classified as ‘abusive’. The abusive language classifier model is trained by fine-tuning the IndoBERT model, a pre-trained Bahasa Indonesia model based on BERT, and IndoBERTweet which was trained for the Twitter domain. Based on testing results, the model with the best performance is the fine-tuned IndoBERTweet model which achieved an F1 Score of 91,02%. The duration of time required by the model to execute predictions varies based on the length of the input, where the duration increases as the number of characters in the input increases, but the maximum is around 1.2 seconds due to a limit on the number of input tokens that the model can process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Payne, Vivette
"Of all the challenges faced by organizations today, team-building ranks as one of the biggest--and most critical. With organizations increasingly dependent on high-performance teams for virtually every imaginable activity, teamwork has become a major business strategy--and getting teams to work an absolute necessity. The Team-Building Workshop was written specifically to help readers design and lead a two-day team-building workshop that achieves measurable results. Using the six-step team-building process and wealth of ready-to-use training materials, readers will be able to: * Recognize when team building is the right solution * Generate true commitment to team building * Handle resistance to team building * Accurately assess the team's needs * Cure dysfunctional teams, resolve team conflict, and rebuild team trust * Use team building to improve productivity, quality, and customer satisfaction."
New York: [American Management Association;, ], 2001
e20438333
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"The moderator's survival guide is your indispensable resource for navigating the rocky shoals of your one-on-one user research sessions. Inside, you’ll find guidance for nearly 100 diverse situations (ranging from business-as-usual to tricky and sticky) that might occur during usability studies, contextual inquiries, or user interviews"
Waltham, MA: Morgan Kaufmann, 2014
e20427770
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Howe, Reuel L.
New York: Seabury Press, 1963
253.5 HOW m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Irwanto
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006
374.2 IRW f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Yanuarius
"ABSTRAK
Studi ini melihat pengaruh diskusi terhadap justifikasi sistem. Sebanyak 41 orang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ketika partisipan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi hal-hal positif tentang sistem, kecenderungannya untuk menjustifikasi sistem akan meningkat. Dan sebaliknya, ketika partisipan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi hal-hal negatif tentang sistem, kecenderungannya untuk menjustifikasi sistem akan menurun. Hal ini sesuai dengan teori shared reality yang menyebutkan bahwa suatu kepercayaan atau keyakinan akan terbentuk dan terpelihara jika kepercayaan dan keyakinan dibagi dan dishared bersama-sama orang lain. Dan sebaliknya, suatu kepercayaan dan keyakinan yang tidak dibagi dan tidak dishared bersama-sama orang lain, tidak akan terbentuk dan terpelihara. Hal ini menunjukkan bahwa asumsi teori justifikasi sistem tidak sepenuhnya benar. Mungkin saja kecenderungan individu menjustifkasi sistem karena individu tidak pemah berbicara tentang sistem. Penelitian ini menunjukkan diskusi berpengaruh terhadap justifikasi sistem."
2010
T38326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Hoedoro Hoed
Jakarta: Fakultas Sastra-UI, 1995
374.22 BEN d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>