Ditemukan 6798 dokumen yang sesuai dengan query
Niedenthal, Paula
"Psychology of emotion from interpersonal, experiential, and cognitive approaches"
New york: Psychology Press, 2006
152.4 NIE p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Niedenthal, Paula M.
London: Routledge, Taylor & Francis Group, 2017
152.4 NIE p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Strongman, Kenneth T.
New York: John Wiley & Sons, 1996
152.4 STR p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kalat, James W.
United States: Wadsworth, Cengage Learning, 2013
612.8 KAL b
Koleksi Publik Universitas Indonesia Library
Philadelphia: Psychology Press, 2001
152.4 EMO
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Angelina Kuswidhiastri
"Regulasi emosi kognitif merupakan keterampilan individu untuk mengelola pikiran dan reaksi emosional dalam menghadapi situasi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan kemampuan menggunakan strategi regulasi emosi kognitif berdasarkan jenis kelekatan dengan orang tua pada remaja akhir. Penelitian dilakukan secara cross-sectional pada 674 orang remaja akhir berusia 18-22 tahun (n perempuan = 75.2%) yang terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok kelekatan aman (46.2%), kelekatan tidak aman-menghindar (48.2%), dan kelekatan tidak aman- ambivalen (5.8%). Penelitian menggunakan analisis One-Way MANOVA untuk mengamati perbedaan kemampuan menggunakan strategi kognitif dalam masing-masing kelompok jenis kelekatan. Penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga jenis kelekatan dalam menggunakan strategi regulasi emosi kognitif (F (18, 1328) = 11.29, p < 0.01; Pillai’s V = .265, η2 = .133). Strategi kognitif yang lebih adaptif lebih mampu digunakan oleh remaja dengan kelekatan aman, sementara remaja dengan kelekatan tidak aman lebih sering menggunakan strategi kognitif yang kurang adaptif. Perbedaan penggunaan strategi kognitif juga ditemukan pada kedua jenis kelekatan tidak aman.
Cognitive emotion regulation is the ability to manage thoughts and emotional reactions when faced with bad situations. This research aims to prove the differences between in the cognitive emotion regulation strategies of late adolescents based on their parental attachment types. Cross-sectional study was conducted on a total sample of 674 late adolescents between 18-22 years (n female = 75.2%) which are divided into three groups based on parental attachment types. A set of One-Way MANOVA was used to assess the differences in the ability to use cognitive emotion regulation strategies between groups. Results showed that there are significant differences in the three types of attachment in using cognitive emotion regulation strategies (F (18, 1328) = 11.29, p < 0.01; Pillai’s V = .265, η2 = .133). Adolescents with secure attachment are more likely to use adaptive cognitive strategies, while those with insecure attachments are more likely to use less adaptive strategies. Differences in cognitive strategy use were also found in the insecureavoidant and insecure-ambivalent attachment."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Glassman, William E.
England: Open University Press, 2004
150 GLA a
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Niedenthal, Paula
"ada hal. yang hilang dari 132-157"
New york: Psychology Press, 2006
152.4 NIE p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Dryden, Windy
Jakarta: Arcan , 1994
152.4 DRY b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Gobet, Fernand
New York: McGraw-Hill , 2011
153.4 GOB f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library