Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25165 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Oxford: Pergamon Press, 1986
388.4 TRA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Pasha
"Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia memiliki jumlah perjalanan yang tinggi yang didominasi oleh moda kendaraan pribadi. Disisi lain, tingginya perjalanan tersebut merupakan bagian dari sektor dengan kontribusi terbesar pada tingginya emisi karbon yang dihasilkan pula pada DKI Jakarta. Dalam sekian banyak rencana terkait penyelesaian masalah tersebut, terdapat rencana elektrifikasi armada bus Transjakarta untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh layanan transportasi Transjakarta. Namun, rencana tersebut membutuhkan biaya investasi yang besar, sementara kondisi keuangan Transjakarta saat ini menunjukkan ketergantungan pada pembiayaan eksternal dalam kegiatan investasi karena besarnya peran subsidi dalam membiayai kegiatan operasionalnya. Dari situasi tersebut, mekanisme kredit karbon dapat menjadi solusi dalam memperoleh alternatif pembiayaan berdasarkan jumlah emisi karbon yang berhasil diturunkan dibandingkan dengan kondisi baseline. Simulasi dengan pendekatan sistem dinamis diperlukan untuk mendapatkan pengetahuan tentang variabel eksogen dan perkiraan kontribusi subsidi kredit karbon sebagai bagian dari kebutuhan investasi. Tiga jenis skenario disimulasikan bersama dengan dua alternatif kebijakan, yaitu penggunaan mekanisme kredit itu sendiri dan desain target rasio Battery Electric Bus berdasarkan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi GRK DKI Jakarta. Setelah simulasi, kontribusi subsidi kredit karbon sebagai bagian dari kebutuhan investasi tambahan berkisar antara 2,75% hingga 4,51% berdasarkan skenario relatif ‘terbaik’ dan ‘terburuk’ dalam studi ini.

DKI Jakarta as the epicentrum of the Indonesian economy has a high number of trips which are dominated by private vehicles. On the other hand, the magnitude of the trips is a part of the most contributing sector to the carbon emissions produced in DKI Jakarta. Of the many plans to solve these problems, there is a plan to electrify the Transjakarta bus fleet to reduce emissions generated by Transjakarta transportation services. Meanwhile, the plan requires a large investment cost, while the current Transjakarta’s financial condition indicates a dependency on external financing in investment activities due to the large role of subsidy in financing its current operational activities. From that situation, the carbon credit mechanism may fit to be a solution in obtaining alternative financing based on the amount of carbon emissions that have been successfully reduced compared to the baseline condition. Simulation with a dynamic systems approach is needed to gain knowledge about exogenous variables and the possible contribution of carbon credit subsidies as part of investment needs. Three types of scenarios are simulated together with two alternative policies, namely the use of the credit mechanism itself and the design of the BEB ratio target based on the DKI Jakarta RAD. After simulation, the contribution of carbon credit subsidies as part of additional investment needs ranges from 2.75% to 4.51% based on the relative 'best' and 'worst' scenarios in this study."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafitya Rahisa
"The JORR 1 toll road is designed to overcome traffic congestion and to shorten time from one place to another. Determination of toll road tariffs in Indonesia is carried out by considering Vehicle Operating Costs. The maximum tariff determined by the toll road operator is that it must not exceed 70% of the value of PVOC (Profitability of Vehicle Operating Costs). The value of PVOC is based on the value of Vehicle Operating Costs (VOC) passing through the toll road compared to non-toll roads. The objectives of this study are to analyze the history of JORR 1 toll fares over a certain period of time based on VOC and PVOC calculations. The method used is to calculate VOC and consider PVOC, then compared with analyzing the applicable toll rates. Based on the results obtained, the value of VOC on the JORR 1 toll road for 9 years for group I, IIA, IIB are Rp. 11,934; Rp. 30,690; and Rp. 34,153. VOC on non-toll roads for 9 years for group I, IIA, IIB are Rp. 28,153; Rp. 66,000; and Rp. 73,668. The PVOC for 9 years for group I, IIA, IIB are Rp. 11,354; Rp. 23,327; and Rp. 27,322. The benefits of this research can be used as a reference for determining toll rates in the future.

Jalan tol JORR 1 dirancang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan mempersingkat waktu dari satu tempat ke tempat lain. Penetapan tarif tol di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan Biaya Operasi Kendaraan. Tarif maksimum yang ditetapkan oleh penyelenggara jalan tol tidak boleh melebihi 70% dari nilai PVOC (Profitabilitas Biaya Operasional Kendaraan). Nilai PVOC didasarkan pada nilai Biaya Operasional Kendaraan (VOC) yang melewati jalan tol dibandingkan dengan jalan non tol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis riwayat tarif tol JORR 1 selama periode waktu tertentu berdasarkan perhitungan VOC dan PVOC. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung VOC dan mempertimbangkan PVOC, kemudian dibandingkan dengan menganalisis tarif tol yang berlaku. Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai VOC pada ruas tol JORR 1 selama 9 tahun untuk kelompok I, IIA, IIB adalah sebesar Rp. 11.934; Rp. 30.690; dan Rp. 34.153. VOC pada jalan non tol selama 9 tahun untuk kelompok I, IIA, IIB sebesar Rp. 28.153; Rp. 66.000; dan Rp. 73.668. PVOC selama 9 tahun untuk kelompok I, IIA, IIB adalah Rp. 11.354; Rp. 23.327; dan Rp. 27.322. Manfaat penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam penentuan tarif tol kedepannya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoel Priatama
"Kebijakan pembatasan akses kendaraan angkutan barang pada tahun 2011 memberikan dampak terhadap kinerja sistem Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak penerapan kebijakan ini pada sistem Jalan Tol Dalam Kota Jakarta sebelum dan setelah penerapan kebijakan serta menganalisis dampak yang terjadi tanpa penerapan kebijakan dengan menggunakan indikator transportasi berkelanjutan sebagai parameter penelitian. Hasil penilaian parameter waktu tempuh, jumlah konsumsi bahan bakar minyak, biaya konsumsi bahan bakar minyak, tingkat fatalitas, biaya korban kecelakaan, jumlah emisi CO2, biaya polusi karbon, dan tingkat kebisingan menunjukkan bahwa kebijakan ini berdampak positif terhadap kelancaran dan keselamatan lalu lintas namun tidak mendukung keberlanjutan transportasi kota secara keseluruhan. Selain itu, penerapan kebijakan ini memberikan dampak yang lebih baik dibandingkan dengan tanpa penerapan kebijakan ini.

Freight vehicle access restriction policy in 2011 has had an impact on the performance of Jakarta Intra Urban Tollway system. The purpose of this study is to analyze the impact of the implementation of this policy in Jakarta Intra Urban Tollway system before and after the implementation of the policy and to analyze the impact that occurs without the implementation of the policy by using the sustainable transportation indicators as the research parameters. The assessment results of the parameters travel time, amount of fuel consumption, cost of fuel consumption, fatality rate, cost of accident victim, amount of CO2 emissions, cost of carbon pollution, and noise level indicate that this policy has a positive impact on traffic smoothness and safety but does not support overall urban sustainable transportation. In addition, implementation of this policy has a better impact than without the implementation of this policy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhini Paramitha Intan
"Sebagai wilayah metropolitan terbesar di Indonesia, jumlah penduduk yang melakukan pergerakan menuju DKI Jakarta, pada tahun 2014 jumlahnya mencapai 1,1 juta jiwa dan terus bertambah. Kondisi ini akan menyebabkan beban lalu lintas di pusat kota semakin besar, sehingga membutuhkan transportasi umum yang baik dari segi keterjangkauan tarif dan tingkat pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan tarif optimal untuk bus METROMINI terintegrasi Transjakarta yang menerapkan sistem layanan langsung (Direct Service) demi meningkatkan pelayanan, serta memprediksi dampak kebijakan tarif terhadap potensi permintaan dan keuntungan operator bus. Estimasi jumlah penumpang bus sistem layanan langsung tersebut menggunakan metode log arc elasticity, dengan menggunakan koefisien elastisitas tarif dan layanan bus di Indonesia yang didasarkan dari analisis perbandingan di lima negara di Asia. Koefisien elastisitas tarif (fare elasticity bus) sebesar -0,75 saat jam sibuk dan -1,14 saat jam lengang, sedangkan koefisien elastisitas pelayanan (service elasticity bus) bervariasi menurut jenis pelayanan. Analisa skenario penetapan tarif optimal dilakukan berdasarkan potensi permintaan terbesar dan keuntungan maksimal. Untuk periode jam sibuk dan jam lengang, alternatif terbaik tarif rata (flat fare) adalah sebesar Rp 4.500 yang menghasilkan potensi permintaan terbesar. Sementara untuk tarif Rp 5.000 saat jam sibuk dan Rp 4.500 saat jam lengang akan memberikan keuntungan maksimal untuk pihak operator bus METROMINI.

Jakarta as the biggest metropolitan area in Indonesia, is having more than 1,1 million people commute every day and growing overtime. The need of decent public transportation with reasonable fares and proper services is very important. This paper aims to estimate the implementation of optimum fares direct service system for integrated METROMINI bus with Transjakarta, and also predicts the impact of fare policy on potential demand and expected profit for bus operator. This potential demand is analyzed by applying the log arc elasticity method. Prior to estimating the potential demand, a comparative analysis on five Asian country is conducted to obtain the coefficient elasticity. This analysis yields to a bus price elasticity of -0,75 for peak hour and -1,14 for off peak, while the service elasticity varies according to the type of service. Fare change scenarios of direct service system bus is based on the greatest potential demand and maximum profits, for each period of peak hours and off-peak.By applying a flat fares of Rp 4.500 will yields to the biggest potential demand. On the other hand, applying Rp 5.000 during peak hour and Rp 4.500 during off-peak will yields to the maximum profits."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S60181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Sopyanti
"KRL Commuter Line Jabodetabek merupakan salah satu moda transportasi massal perkotaan yang paling diminati saat ini, Dalam perkembangannya, aspek keselamatan marak diperbincangkan oleh para pengguna jasa moda transportasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna mengenai aspek keselamatan di KRL Commuter Line tahun 2015.
Penelitian dilakukan dengan metode cross sectional dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara, dan pengamatan langsung untuk memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengguna jasa KRL Commuter Line cenderung berpersepsi baik terhadap dimensi aspek keselamatan yang terdiri dari kondisi fisik dan housekeeping, safety sign, emergency feature, dan SDM/petugas.

Nowadays, KRL Commuter Line Jabodetabek is one of the most popular urban mass transportation. The safety aspect is one of the major topics frequently discussed by users. This study aims to determine the users perceptions about the safety aspect in KRL Commuter Line in 2015.
The study was conducted by cross sectional method by distributing questionnaires, interviews, and direct observation to strengthen the quantitative data. The results showed that the users perception of the safety aspect dimensions which is consists of the physical condition and housekeeping, safety signs, emergency feature, and the crews/ personnel have a positive score.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S60400
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Arisandy
"[Skripsi ini membahas tentang fenomena mobile commerce transportasi darat seperti ojek online, pemesanan taksi maupun pembelian e-ticketing yang menawarkan sejumlah layanan produk dan jasa yang canggih untuk pengguna
ponsel dan sedang digemari oleh penggunanya. Pemesanan layanan transportasi melalui perangkat mobile (pembelian mobile) telah menjadi nyaman melalui aplikasi mobile layanan transportasi, tetapi banyak konsumen masih tidak
memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal. Dari perspektif mobile vendor (penyedia layanan jasa aplikasi transport), mempertahankan pelanggan saat ini dan memfasilitasi pembelian lanjutan mereka sangat penting untuk membuat keuntungan dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor penentu yang mempengaruhi intensitas niat
konsumen konsumen dalam menggunakan aplikasi mobile layanan transportasi darat. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan 159 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan menjadi faktor penentu utama dalam mempengaruhi niat keberlanjutan konsumen. Variabel kepuasan dipengaruhi oleh aliran dan kepercayaan yang dipengaruhi oleh kualitas
informasi, kualitas layanan serta privasi dan keamanan. Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi penting untuk penelitian mobile commerce terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that offers a number of advanced products and services for mobile users and are favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile purchases) have become comfortable transportation services through mobile applications, but many consumers still do not take advantage of the application to the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their continued very important to make a profit and achieve sustainable development. Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159 respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions. Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the quality of information, quality of service as well as privacy and security. The results provide some important implications for mobile commerce research on consumer behavior in the purchase., This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground
transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that
offers a number of advanced products and services for mobile users and are
favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile
purchases) have become comfortable transportation services through mobile
applications, but many consumers still do not take advantage of the application to
the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their
continued very important to make a profit and achieve sustainable development.
Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer
intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159
respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major
determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions.
Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the
quality of information, quality of service as well as privacy and security. The
results provide some important implications for mobile commerce research on
consumer behavior in the purchase.]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heddy Rohandi Agah
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Farisatul Amanah
"ABSTRAK
Peningkatan produksi gas karbon dioksida dari sektor transportasi
meningkatkan potensi pemanasan global. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan pola skenario ideal penambahan ruang terbuka hijau (RTH)
publik dan penggantian bahan bakar solar menjadi biodiesel untuk mereduksi
karbon dioksida dari kegiatan transportasi di Kota Bogor. Pemodelan sistem
dinamis menggunakan Powersim dikembangkan untuk mensimulasikan empat
skenario. Skenario pertama adalah kondisi business as usual, sedangkan tiga
skenario lainnya berupa kombinasi laju penambahan RTH publik dan
penggantian solar menjadi biodiesel.
Kombinasi penambahan luas RTH publik hingga 20% dan penggantian
bahan bakar solar menjadi biodiesel sebesar 30% pada tahun 2031 (Skenario 2)
dapat mengurangi emisi karbon dioksida hingga 48,52% di tahun 2022.
Keberadaan RTH publik berperan penting dan lebih efektif dalam mengurangi
emisi karbon dioksida dibandingkan opsi penggantian bahan bakar. Namun
demikian, pengembangan bahan bakar biodiesel sangat mendesak untuk diperluas
sebagai solusi kelangkaan bahan bakar saat ini.

ABSTRACT
The increasing levels of carbon dioxide from transportation sector affects
global warming potency. This research aims to develop ideal scenario which
combines public green open space expansion and biodiesel substitution as vehicle
fuel in order to reduce carbon dioxide from transportation sector in Bogor City.
Dynamic system modeling using Powersim was developed to simulate four
scenarios. The first scenario is a business as usual condition, while the other three
scenarios are combination of the rate of public green open space expansion and
biodiesel substitution rate.
This research presents projections of four scenarios with different public
green open space expansion and biodiesel substitution rate. Combination of public
green open space expansion up to 20% and biodiesel substitution up to 30% in
2031 (Scenario 2) can reduce carbon dioxide about 48.52% in 2022. Public green
open space plays significant role has more important rule and more effective in
reducing to reduce carbon dioxide emission than fuel biodiesel substitution.
Nevertheless, biodiesel development substitution urges to be expanded developed
as potential solution in order to solve fossil fuel scarcity."
2013
T36081
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>