Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129626 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Graphic elements in packaging design for local and export market are suspected to have different kind of purposes. This is why I am interested to analyze the graphic elements in instant noodle packaging produced by Indofood. The analyzes are including what elements are different and why the designer made them difference. There are a lot of factors that customer choose an instant noodle, like cultural factors, buying and consuming habits. Hopefully, through this research the consumer could understand the importance of graphic element in packaging design."
NIJUDKV
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kristiana Putri Kumajaya
"Sejak ditemukannya teknologi dalam bidang industri, industri fast moving consumer goods (FMCG) selalu mengeluarkan berbagai macam produk dengan dengan berbagai merek dan varian. Konsumen yang disuguhi berbagai macam produk tidak lagi memilih produk berdasarkan promosi sebelum pembelian tetapi juga promosi saat pembelian, yaitu promosi di dalam toko saat keputusan pembelian diambil. Salah satu komponen yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah kemasan. Kemasan produk tidak hanya dapat melindungi produk namun juga menjadi media informasi serta promosi produk. Fungsi kemasan saat ini dapat dibedakan menjadi empat, yaitu sebagai pelindung produk, alat penakar dan petunjuk penggunaan, informasi tentang produsen dan alat promosi. Pada kemasan cokelat Monggo, semua fungsi yang harus dipenuhi oleh sebuah kemasan produk telah dipenuhi dengan baik. Untuk memenuhi fungsinya sebagai alat promosi, kemasan harus memiliki desain yang sesuai dengan citra yang ingin ditunjukkan produknya. Elemen desain yang digunakan sebagai alat ukur adalah desain fisik dan non-fisik. Desain fisik dari kemasan cokelat Monggo juga sudah dibuat dengan baik dan sesuai dengan fungsinya. Namun, pada desain non-fisiknya, ada beberapa elemen yang belum dipenuhi dengan baik.

Since the evolution of industry technology, industry of fast moving consumer goods (FMCG) always launch new products with different brands and variants. Consumers whom always offered products no longer choose product based on in-store promotions when decision to buy taken. One of the components that may affect the desicion to buy is packaging. Packaging product can also become media information and promotion besides protect its product. Packaging functions are to protect its product, as measurement tool and inform how to use the product, inform about the manufacturer and become promotional tool. By its functional analysis, Monggo packaging has fulfilling all function. To fulfill its function as a promotional tool, the packaging design must appropriate to the image of product. Design elements content of physical design and non-physical design and also design structure and graphic design. Physical design of chocolate packaging Monggo also been made properly with its function. However, by nonphysical analysis, there are some elements that have not proper made.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini mengangkat tentang kondisi desain kemasen di Kabupaten Kediri secara umum. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi yang jelas dari produsen, penjual dan konsumen tentang berbagai produk dan desain kemasan yang ada saat ini. Data-data penelitian diambil secara kualitatif melalui wawancara mendalam dengan "orang kunci", kuisioner terbuka dan ditunjang oleh data kuantitatif dari pengumpulan data kuisioner. Diharapkan melalui penelitian ini, didapatkan data dan fakta yang berguna bagi semua pihak, khususnya mikro industri sebagai acuan untuk meningkatkan kuantitas produksi dan kualitas desain kemasan."
JDKVN 11:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Devita Putri
"Tesis ini mengkaji prospek perlindungan kekayaan intelektual pada kemasan makanan yang sudah memiliki hak desain industri. Permasalahan dalam tesis ini berisi penjabaran atas hak desain industri dan merek yang dimiliki masing-masing kemasan produk ?Pia Legong? maupun ?Pia Janger? sehubungan dengan kasus desain industri kemasan Pia Janger terhadap Pia Legong, analisis Putusan Kasasi Nomor 18 K/Pdt.Sus-HKI/2014 mengenai desain industri atas kemasan Pia Legong yang dilanggar hak esklusifnya oleh Pia Janger, prospek penggunaan Persaingan Curang yang dilakukan Pia Janger dalam Kasus desain industri atas kemasan kotak Pia Legong. Penelitian ini bersifat yuridis normatif normatif dengan menggunakan pendekatan kasus (case approach). Pengumpulan dan analisis datanya melalui studi kepustakaan dengan menggunakan data sekunder.Selanjutnya akan ditarik suatu kesimpulan dari data-data yang terkumpul berdasarkan metode analisis kualitatif.
Hak merek dan hak desain industri yang dimiliki oleh Pia Legong dan hak merek yang dimiliki oleh Pia Janger akan dianalisis menggunakan reward theory sebagai landasan perlindungan kekayaan intelektual. Terjadi kekeliruan Dalam Putusan Kasasi Nomor 18 K/Pdt.Sus-HKI/2014 yang menyatakan Pia Janger bersalah melanggar hak desain industri atas kemasan Pia Legong. Pelanggaran hak desain industri menurut Pasal 9 ayat (1) UU Desain Industri ialah membuat secara identik barang yang dilindungi hak desain industri. Karena Pia Janger tidak membuat kemasan yang identik dengan hak desain industri terdaftar atas kemasan Pia Legong, maka tidak terjadi pelanggaran desain industri menurut UU Desain Industri.
Berikutnya akan dianalisis ketidakrelevanan pertimbangan hakim dalam Putusan Kasasi yang menggunakan konsep merek, merek terkenal, dan persamaan pokoknya pada kaedah merek serta asas kebaruan pada kaidah desain industri. Kemudian dibahas prospek penggunaan ketentuan persaingan curang pada Pasal 382 bis KUHP dan Pasal 1365 KUH Perdata dalam melindungi desain kemasan suatu produk makanan populer dari para kompetitornya yang meniru tidak secara identik namun sudah merugikan bagi produsen produk populer yang ditiru kemasannya.

This thesis reviews the protection of intellectual property rights on the food packaging which has industrial rights design. The issues discussed in this thesis contains the elaboration of industrial design and trademark rights owned by "Pia Legong" and ?Pia Janger?, in connection with the industrial design dispute case of Pia Legong over Pia Janger; the analysis of Cassation Decision no. 18/K/Pdt.Sus-HKI/2014 on industrial design of Pia Legong packaging exclusive rights which was violated by Pia Janger; and the prospect of using unfair competition on the case of industrial design violation done by Pia Janger to Pia Legong. This research is conducted normatively using case approach. Data collecting and analysis is carried out through library research and employ secondary data. Conclusion will be drawn from the collected data based on qualitative analysis method.
Trademark rights and industrial design rights owned by Pia Legong and trademark rights owned by Pia Janger will be analyzed using reward theory as a basis for intellectual property protection. There has been a mistake in the cassation decision no. 18/K/Pdt.Sus- HKI/2014 which state that Pia Janger is proven guilty in violating the industrial design rights of Pia Legong packaging. According to Article 9 paragraph 1 of the Industrial Design Act, industrial design rights violation involves the action to identically copy the product which is protected by industrial design rights. Since Pia Janger did not fabricate identical copy of Pia Legong packaging, there are no violation in accordance with the Industrial Design Act.
Furthermore, analysis will be made on the irrelevance of the consideration of the judge on the Cassation Decision which used trademark concepts, famous mark, and substantial similarity on the trademark regulation as well as the principle of novelty in industrial design regulation. This thesis will also analyze the prospect of using unfair competition on Article 382 bis KUHP and Article 1365 KUH Perdata in protecting packaging design of a popular food product from its competitors who produce non-identical copies yet inflicting financial loss.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
T44988
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelia Fathir Hafitri
"ABSTRACT
Kemasan memiliki fungsi penting bagi suatu produk yang memberikan pengalaman kepada konsumen sehingga akan mempengaruhi purchase decision konsumen terhadap produk tersebut. Material kemasan yang paling banyak digunakan adalah plastik yang sulit terurai sehingga mengakibatkan tumpukan sampah di darat maupun di laut, salah satu sampah yang paling banyak ditemukan di pantai adalah botol plastik yang membutuhkan 350 tahun untuk terurai secara alami. Oleh karena itu dibutuhkan material kemasan yang sustain atau berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penelitian ini berfokus pada kemasan botol plastik yaitu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), agar menjadi preferensi konsumen maka kemasan sustain dikombinasikan dengan desain seperti warna dan ukuran label. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, Kano Model dan Conjoint Analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, desain grafis dan material sustainability memiliki pengaruh terhadap decision purchasing konsumen.

ABSTRACT
Packaging has an important function for a product that provides experience to consumers, that will affect consumer purchase decision of the product. The most widely used packaging material is a plastic that is difficult to decompose resulting in pile of waste, one of the most abundant trash is plastic bottle that takes 350 years to decompose naturally. Therefore, sustainable or environmentally friendly packaging materials are required. This research focuses on the packaging of plastic bottles namely Air Minum Dalam Kemasan AMDK . In order to be a consumer preference the sustain packaging have to combined with designs such as color and label size. The method used in this research is Kansei Engineering, Kano Model and Conjoint Analysis. Based on the research that has been done, graphic design and sustainability materials have an influence on consumer purchasing decision."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Prima Arumsari
"Tesis ini membahas analisis perilaku pedagang dan produsen dalam penggunaan formalin dalam mie basah dan tahu Propinsi DKI Jakarta Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, desain studi deskriptif, pengumpulan data melalui studi literatur, pengujian Rapid Test Kit, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan, sikap, persepsi tentang formalin; sarana prasarana, metode produksi, ketersediaan pengawet; sanksi, penyuluhan, dukungan sosial, faktor pendapatan, dan strategi komunikasi merupakan faktor yang berperan pada perilaku penggunaan formalin dalam tahu dan mie basah. Penyuluhan dan pembinaan masyarakat, pedagang, produsen masih terbatas. Pengawasan sarana distribusi formalin belum optimal. Peneliti menyarankan pada sejumlah pihak untuk melakukan riset bahan pengawet yang aman, intensifikasi pembinaan pedagang dan produsen serta pemberdayaan konsumen.

This thesis discusses the analysis of the behavior of traders and producers of tofu and wet noodle in the use of formalin in its products in DKI Jakarta in 2015. This study uses qualitative, descriptive study design, with data collection through literature study, Rapid Test Kit, interview and observation. The results show that knowledge, attitudes, perceptions of formalin; facilities and infrastructure, methods of production and availability of preservative; punishments, counseling, social support, income factor, and communication strategy are the factors that play the of the behavior of the use of formalin in tofu and wet noodle production. Communication and supervisory for public, traders, manufacturers are still limited. Facilities of formalin distributions which is conducted by the government has not run optimally yet. Researcher suggests the number of parties to research safe preservatives, intensification of coaching traders and producers as well as consumer empowerment. Counseling and development to the community, traders and manufacturers are still limited. Supervision of distribution of formalin has not been optimal yet. As recomendation to the number of parties to do research on safe preservatives, intensification of coaching traders and manufacturers as well as consumer empowerment should be done."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The package of fast food model orchestrated into a computer-program package which have function to help the investor and the government (Bappeda) in chosing the policy for the noodle agroindustry investation with cassava fluor; in order to make a proportional advantage either to the farmers or the noodle industries...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Wahyudi
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan semakin berkt mbangnya
fungsi kemasan sebagai medium komunikasi produk disamping fungsi sebagai pelindung dan pengemas yang telah dikenal sebelumnya. Untuk itu dipilih sebuah produk dari kategori produk dengan tingkat persaingan yang ketat, dan menampilkan sesuatu yang baru pada desain emasan yang baru diluncurkannya.
Melalui penelitian terhadap produk ini kemuaian akan d "Jihat hubungan antara persepsi terhadap desain kemasan dengan persepsi terhadap produk produk, serta bagaimana pengaruh persepsi iklan pada hubungan antara \Cedua variabel tersebut.
Produk yang dijadikan obyek neJitian adalah sabun mandi catr LUX Beauty Shower. Produk ini baru diluncurkan ulang dengan desain kemasan yang baru, baik secara struktural maupun grafisnya.
Teori-teori yang digunakan pada penehtia ini adalah sejumlah teori
tentang persepsi dari DaYid Aaker, Joseph Devito dan beberapa ahli lainnya, teori tentang desain kemasan dari Herbert Meyer dan Steven Sonsino, teori tentang persepsi patla kual itas produk dari Leon Schiffinan. Beberapa teori pendukung tentang persepsi, desain kemasan dan iklan juga digunakan. Teori-teori ini dijadikan landasan untuk membangt!n kerangka konsep yang akan digunakan untuk membuktikan hipotesa pe elitian bahwa persepsi terhadap desain kemasan
berbanding lurus dengan persepsi terbadap produk dimana semakin baik persepsi terhadap desain kemasan akan semakin baik pula-persepsi terhadap prod}lk, juga sebaliknya. Selain itu, ingin dicuktikan pula baQ.wa persepsi terhadap iklan produk juga memberikan pengaruh pada hubungan keduanya.
Penelitian ini dilaktikan dengan menggunakan mmdekatan-.kuantitatif dan jenis penelitian eksplanati( Pengumpulan data dilakukan dengau cara survei. Populasi peneJitian adalah remaja dan wanita muda pengguna sabun mandi cair di wilayah Depok yang berusia antara 18 sampai 31 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik penarikan ~mpel di akiikan dengan cara purposive sarnpling. Data primer dikumpufkan melalui pengisian kuesioner oieh responden
dan tanya jawab dengan pihak terkait sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi atas hasil penelitian sejenis yang pernah dilakukan sebelumnya. Pengujian statistik dilakukan untuk data univariat yang dianalisis dengan menyajikan distribusi frekuensinya, data bivariat yang dianalisis dengan uji korelasi Kendall
untuk statistik non parametrik serta data multivariat yang dianalisis dengan ujikorelasi parsial Kendall. Dari data basil survei yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi responden terhadap desain kemasan mempengaruhi persepsi mereka terhadap produk Ll.JX Beauty Shower dengan bentuk hubungan yang positif Dengan demikian hipotelia peuelitian bahwa persepsi terhadap desain kemasan akan mempengaruhi persepsi terhadap produk diterima. Selain itu diketahui pula bahwa
persepsi responden terhadap iklan sabun mandi LUX Beauty Shower mempengaruhi hubungan yang terjadi antara persepsi terhadap desain kemasan dengan persepsi responden terhadap produk LUX Beauty Shower. Dengan demikian, hipotesa penelitian yang menyatakan bahwa persepsi terhadap iklan juga ikut mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk juga dapat dibuktikan dan diterima. Melihat kenyataan di atas, dapat dikatakan bahwa desain kemasan hanya merupakan salah satu faktor yang membentuk persepsi responden terhadap produk. Ada fakor-faktor lain yang juga ikut membentuk persepsi tersebut. Iklan
adalah salah satunya. Dengan demikian diperlukan pemanfaatan yang terintegrasi dari masing-masing faktor tersebut untuk dapat membangun persepsi terhadap produk secara efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S4074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novindra Ades Wiantre
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas pembuatan aplikasi desain kemasan shampoo berdasarkan nilai estetika visual dengan memperhatikan sisi afektif dari konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering tipe II. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat sembilan kelompok kansei words pria dan delapan kelompok kansei words wanita yang mewakili persepsi afektif konsumen. Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi yang membantu desainer dalam membuat desain kemasan shampoo dan usulan desain baru untuk kemasan shampoo yang memenuhi masing-masing kelompok kansei words.

ABSTRACT
The focus of this study is to create application for designing shampoo packaging based on aesthetic value by considering consumer affective perception. The method used in this study is Kansei Engineering type II. From the results of this research, there are five groups of kansei words representing affective perceptions of consumers, nine components for male and eight components for female. Final output of this research is application that help designer in making shampoo packaging design and the new design for packaging shampoo that meets each group kansei words.
"
2015
S59442
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Dwi Wulandari
"Adanya pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai permasalahan bagi banyak pihak, salah satunya UMKM Dua A yang berjuang untuk mempertahankan bisnisnya di tengah situasi yang serba dibatasi. Dimulai dengan upaya melakukan penjualan secara online, ternyata Dua A menghadapi kendala dimana sejumlah pelanggan mengeluh bahwa mereka menerima produk dalam keadaan yang rusak. Tidak hanya itu, adanya COVID-19 juga menimbulkan masalah penumpukan sampah akibat meningkatnya perilaku belanja online. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai perancangan ulang desain kemasan makanan ringan kerupuk, terutama bagi produk UMKM Dua A, agar lebih kuat, ramah lingkungan, dan juga menarik bagi pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kansei Engineering dan Fuzzy Quality Function Deployment for Environment untuk menciptakan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan dari pihak pelanggan serta perusahaan. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa rekomendasi kemasan yang dapat digunakan oleh UMKM Dua A adalah kemasan berbentuk kotak, terbuat dari cardboard, dan memiliki cushioning pada bagian dalam.

The existence of the COVID-19 pandemic has caused various problems for many parties, one of which is Dua A, a MSME who are struggling to maintain their business amid the chaotic situation. Starting with an effort to make their sales through online platform, it turns out that Dua A faces a problem where several customers complain that they receive damaged products. Not only that, the presence of COVID-19 has also caused the problem of accumulation of waste due to increased online shopping behavior. Therefore, in this study, we will discuss the redesign of the packaging of cracker snacks, especially for Dua A’s products, so that they are stronger, more environmentally friendly, and more attractive to customers. This research was conducted using the Kansei Engineering and Fuzzy Quality Function Deployment for Environment approach to create solutions that can meet the needs of customers and companies. From this study, it was found that the packaging recommendations that can be used by Dua A are box-shaped packaging, made of cardboard, and have cushioning on the inside."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>