Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205290 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yunarto Wijaya
"Tesis ini menganalisis pengaruh dari penggunaan seorang tokoh dalam sebuah iklan politik partai dan pengaruhnya pada keinginan memilih terhadap partai tersebut. Penelitian diuji kepada 150 orang yang sudah memiliki hak untuk memilih pada pemilu legislative. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa penggunaan kedua tokoh ini didalam iklan partai berpengaruh signifikan terhadap keinginan memilih terhadap partai yang diiklankan. Pengaruh signifikan merupakan kelanjutan dari pengaruh signifikan penggunaan tokoh tersebut dalam iklan terhadap brand attitude dan attitude toward ad. Dengan tingkat-rata-rata signifikansi pengaruh yang lebih besar pada sosok SBY dibandingkan dengan Prabowo Subianto.

This study is discussing about the usage of an endorser in a political party’s advertising in television and its causality of intention to vote to the party. Based on 150 respondents that has the right to be the voters. From this study, there is a conclusion that the usage of an endorser is significance relate to intention to vote of the party. This significance influence is a consequence from the significance relations between the sourcc of thought to brand attitude and attitude toward ad. With a a resuls of higher average reslult in the usage of SBY compare to Prabowo Subianto."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26614
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dwina Ega Aryani
"Penelitian ini membahas mengenai koalisi diantara Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat pada Pemilukada Kota Depok Tahun 2015. Fokus penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat proses yang mendorong partai untuk membentuk atau tergabung dalam suatu koalisi. Koalisi yang terbentuk diantara ketiga partai tersebut merupakan sebuah upaya kerja sama dalam memenangkan Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriatna. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dan dilengkapi dengan data sekunder lainnya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa survei calon kandidat dan pengaruh dari interaksi partai baik secara internal maupun interaksi partai dengan pihak luar sangat mempengaruhi sikap partai dalam membentuk koalisi.

This research analyzes the coalition among Partai Gerindra, PKS, and Partai Demokrat in Pemilukada Kota Depok in year 2015. The focus of this research is to explain that there is a process that encourage parties to form or to join a coalition. The coalition that was formed by mentioned parties is a form of cooperation in order to make Idris Abdul Shomad and Pradi Supriatna the winner of the Pemilukada. This research used qualitative method with in-depth interviews and other secondary data. The research finds out that survey for candidates and the effect of interaction, both internally and externally, by the party are extremely effecting the party preference on making coalition."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Taufik
"Penelitian ini secara khusus membahas tentang brand positioning dalam politik. Partai politik sebagai subjek dan unsur terpenting dalam demokrasi di Indonesia, Perbandingan brand positioning yang dimiliki masing-masing partai politik adalah inti dari penelitian ini. Dengan melihat berbagai atribut yang dimiliki, positioning partai dapat dideskripsikan secara jelas. Penelitian ini menggunakan variable yang terangkum dari berbagai jurnal penelitian. Terdapat Golkar, PDIP, Demokrat, PKS dan Gerindra atas pertimbangan pengalaman yang dimiliki dari Pemilu yang telah diikuti. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software statistik IBM SPSS versi 21. Hasil menunjukkan bahwa perbedaan positioning partai politik dapat terkonfigurasi melalui perceptual map. Beberapa atribut yang tersaji dalam penelitian membantu pemilih dalam hal ini responden untuk dapat menilai image dari sebuah partai.

This research specifically discover brand positioning in politics. Political party as the most important element for democracy in Indonesia. Comparison of party's positioning is the essence of this recent research. By determining many attributes, party's positioning can be defined clearly. This research is adapted many variables that combining many scientific articles. There are Golkar, PDIP, Demokrat, PKS and Gerindra considering their experiences of its successive election. Data processing of its research is using statistical software IBM SPSS version 21. The outcome distinct the positioning of political parties configured by its perceptual map. Furthermore, few attributes on this research help respondents to discover party's images.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Trisamanta
"Tesis ini meneliti pengaruh social media, disini yang diteliti adalah official Twitter dari Prabowo Subianto terhadap intention to vote pada follower sTwitter dari Twitter @prabowo08. Penulis juga melihat benefit dari Twitter politik yang dibuat Prabowo Subianto. Namun dalam melakukan penelitian ini , penulis juga melihat efek dari mediating variable yaitu candidate image evaluation dan community participation pada followers @prabowo08. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey (kuesioner) dalam berntuk online dan offline terhadap followers Prabowo Subianto. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media Twitter @prabowo08memiliki pengaruh positif dan benefit dari Twitterterhadap candidate image evaluation Prabowo subianto. Selanjutnya candidate image evaluation berpengaruh pada community participation (followers). Lalu community participationberpengaruh positif terhadap intention to vote. Dan social media memiliki pengaruh langsung terhadap intention to vote. Dapat dilihat Twitter sebagai social media yang digunakan Prabowo sebagai sarana pemasaran politik memiliki pengaruh positif dan benefit dari Twitterterhadap intention to vote terhadap Prabowo Subianto pada Pilpres 2014.

This thesis examines the influence of social media , here studied is the official Twitter of Prabowo intention to vote against the Twitter followers of Twitter @ prabowo08 . The author also saw the benefits of Twitter made political Prabowo. But in doing this research , the authors also looked at the effects of mediating variables, namely candidate perceived brand and community participation in followers @ prabowo08. The method used in this study is a survey method ( questionnaire ) in the online and offline berntuk against Prabowo followers . The results of this study indicate that social media Twitter @ prabowo08 have a positive influence and benefit from Twitter to the candidate Prabowo perceived image. Furthermore, candidate image perceived effect on community participation ( followers ) . Then community participation has a positive effect on intention to vote . And social media has a direct influence on the intention to vote. Can be viewed Twitter as a social media marketing is used as a means of political Prabowo has a positive influence and benefit from Twitter to the intention to vote against Prabowo on the 2014 presidential election."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Kevin Prawira
"Tesis ini secara spesifik mendiskusikan pengaruh celebrity endorsement terhadap intention to vote para calon pemilih pada pemilihan presiden. Source credibility model merupakan teori yang digunakan sebagai dasar pada penelitian ini. Studi ini memodifikasi model dasar dengan menambahkan variabel celebrity familiarity dan celebrity likeability terhadap attitude toward celebrity endorsement dan intention to vote. Studi ini bertujuan untuk menggali lebih jauh variabel yang menentukan intention to vote pada pemilihan presiden. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi responden adalah warga negara Indonesia yang berhak menjadi calon pemilih pada pemilihan presiden 2024. Data diperoleh dari 140 responden dan diolah dengan teknik analisis data partial least square structural equation model (PLS-SEM). Pada penelitian empiris ini, ditemukan bahwa celebrity familiarity memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to vote baik secara langsung atau tidak langsung melalui attitude toward celebrity endorsement. Celebrity trustworthiness dan celebrity expertise memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to vote secara tidak langsung melalui attitude toward celebrity endorsement. Hasil penelitian ini diharapkan menambah literatur mengenai pemasaran politik yang menerapkan dukungan selebriti. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh politikus dan tim kampanye adalah memakai celebrity endorser yang dipercaya, memiliki keahlian, dan dikenal dengan baik dalam mengampanyekan presiden.

The aim of this research specifically discusses the impact of celebrity endorsement on intention to vote among voters in presidential election. The source credibility model is adopted as the theoretical framework. In the study, the model is modified by adding variable celebrity familiarity and celebrity likeability on attitude toward celebrity endorsement and intention to vote. This study uses the quantitative method. The primary data collection technique was carried out through a survey with a questionnaire as a research instrument. The population is Indonesian citizens who are entitled to become voters in the 2024 presidential election. The data was collected from 140 respondent and analyzed with partial least square structural equation model (PLS-SEM). The findings of this empirical study illustrate that celebrity familiarity have a significant impact directly and indirectly through attitude toward celebrity endorsement. Celebrity trustworthiness and celebrity expertise have a significant impact on intention to vote indirectly through attitude toward celebrity endorsement. Findings from this research are expected to enrich the literature about political marketing on the celebrity endorsement approach. The managerial implication that can be applied by politicians and campaign team is using celebrity endorser that is trusted, has the expertise, and are known well on presidential campaign"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizal Alfisyahr
"Tesis ini membahas mengenai bagaimana iklan calon presiden dapat mempengaruhi proses pembentukan brand attitude dan intention to vote pada calon presiden menggunakan cognitive respond model. Penelitian ini mengangkat mengenai efektivitas dari iklan politik yang saat ini mulai gencar dilakukan oleh partai ataupun tokoh politik sebagai bagian dari media kampanye mereka.
Berdasarkan 151 sampel responden, peneliti menemukan bahwa pada iklan Rizal Mallarangeng, pesan dan sumber informasi pada iklan tidak efektif dalam mempengaruhi pembentukan brand attitude. Sementara pada iklan Prabowo Subianto ditemukan bahwa pesan tidak berpengaruh dan hanya source yang berpengaruh terhadap pembentukan brand attitude. Faktor familiarity responden terhadap tokoh berpengaruh secara signifikan sehingga ditemukan perbedaan hubungan antar variabel pada kedua objek penelitian.

This thesis studied on how president candidate advertisement can affects the audience brand attitude and intention to vote toward the candidates, using the cognitive respond model. This research is brought up by questioning the political advertisement effectiveness, that has been used extensively by political parties or figures as a part of their main campaign media.
Based on 151 respondents, researcher has found that on Rizal Mallaranggeng advertisement, the message and source of the advertisement are not effectively affecting the process. Meanwhile, the source factors on Prabowo Subianto advertisement has been found effectively affecting the brand attitude, even though the message is not. Familiarity to the figures has been found to be factors that difference the relationship model between the two research object."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25433
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Esha Riyana
"Jurnal ini memaparkan pencitraan pada iklan kampanye televisi partai buruh di Indonesia, Gerindra dan di Belanda, PvdA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis semiotik dan tekstual. Pencitraan dianalisis dengan memperhatikan ikon, indeks, simbol, dan narasi yang ada pada iklan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan Gerindra memberikan kesan Prabowo, ketua partai Gerindra, adalah seorang pemimpin yang tegas dan peduli akan nasib rakyat kecil, iklan PvdA memberikan kesan Samsom, ketua partai PvdA, melihat rakyat sebagai keluarganya sendiri.

This journal describes the imagery on television advertising campaign of Indonesia and Dutch Labor Party, Gerindra and PvdA. The methods that are used for this research are semiotic and textual analysis. The imagery is analyzed from the icon, index, symbol, and narrative that are shown in the advertising. The result of the research explained that Gerindra’s advertisement gives the impression that Prabowo, Gerindra’s chairman, is a decisive leader and concerned about the fate of the common people, PvdA’s advertisement gives the impression that Samsom, PvdA’s chairman, is a person who sees the folk as his own family.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Humairoh
"Political marketing menjadi subjek yang semakin menyita perhatian. Salah satu hal yang membuat topik ini menarik adalah karena semakin berkembangnya negative campaign pada saat melakukan political marketing. Namun sumber negative campaign bisa juga berasal dari pemberitaan negatif di media. Pemberitaan negatif di media ini yang kemudian dapat mempengaruh intention to vote dari masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari negative news dalam memoderasi party identification, political trust, political interest dan government performance terhadap intention to vote. Subjek penelitian ini adalah dampak pemberitaan negatif gubernur incumbent terhadap Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2022. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah SEM dengan menggunakan variabel moderasi. Hasil menunjukkan bahwa political interest tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap intention to vote sedangkan ke tiga variabel lainnya terbukti memiliki hubungan positif yang signifikan. Sedangkan negative news terbukti hanya memperlemah hubungan political trust dengan intention to vote incumbent. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa negative campaign terhadap incumbent melalui negative news masih terlihat belum efektif dalam melemahkan intention to vote incumbent seseorang.

The growth of negative campaign commited during marketing is one of the factors that is making political marketing topic interesting. On the other hand, the negative coverage done by the media can also be the source of negative campaign. The negative news from media can then influence public's intention to vote. Therefore, this study is aiming on examining the role of negative news in moderating party identificaiton, political trust, political interest and government performance towards interntion to vote. This study's subject is the impact of negative news towards incumbent governors on the election of the DKI Jakarta's Governer in 2022. The method used for this study is Structural Equation Model (SEM) method with moderation variable. Results shows that political interest doesn't have any significant relations towards the intention to vote. On the other side, the other three variables are proved to be positively influence intetion to vote. Meanwhile, negative news is proved to weaken the relationship between political trust and intention to vote incumbent but not in others. In conclusion, negative news is somehow still inefective in weakening one's intention to vote for incumbent."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jumari
"Elit dan basis sosial merupakan dua elemen penting dalam partai politik, namun memiliki "nasib" yang berbeda. Demokrasi yang seharusnya mampu menyetarakan peran keduanya dalam arena kontestasi (pemilu dan pemilukada) tak sepenuhnya berhasil. "Jebakan" demokrasi prosedural yang dilakukan oleh para elit partai semakin menenggelamkan peran basis sosial dalam kancah pemilu dan pemilukada daripada memperkuat demokrasi yang substantif.
Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berfokus pada peran elit dan basis sosial Partai Demokrat dalam pemilukada Kota Depok tahun 2010. Penelitian ini akhirnya menemukan bahwa elit dan basis sosial Partai Demokrat dalam pemilukada Kota Depok tahun 2010 memiliki peran yang saling berlawanan. Hal ini dikarenakan adanya konflik yang tidak terselesaikan atas calon yang diusung oleh Partai Demokrat. Elit telah memutuskan mendukung pasangan Badrul Kamal dan Agus Suprianto dalam pemilukada, sementara basis sosial menginginkan Partai Demokrat mengusung kadernya sendiri, yaitu Agung Witjaksono, ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok saat itu. Koalisi yang dibangun oleh elit partai dan sang calon akhirnya harus berhadapan dengan koalisi yang dibangun oleh basis sosial Partai Demokrat yang ada diranting, yaitu "relawan bintang mercy tiga". Selanjutnya yang terjadi adalah koalisi basis sosial Partai Demokrat versus koalisi elit partai.

Elites and social basis are the two important elements in political parties but they have different "fate". Democracy should be able to give both roles in the constetation arena equally. The constetation arena are general election and regional head election. In fact it is not totally successful. "The trap" of procedural democracy that political party's elites have carried out has sinked the role of social basis election than has strengthened substantive democracy.
By applying qualitative methods, the research focuses on the role of elites and social basis of Democrat Party in the Depok Regional Head Election in 2010. It found finally that the elites and social basis of Democracy Party in the Depok Regional Head Election in 2010 have contradictive roles. It relates to the unsolved conflicts that Democrat Party had proposed. The elites had made decision of supporting Badrul Kamal and Agus Suprianto in the regional head election while the social basis required Democrat Party to support its own cadre, i.e. Agung Witjaksono, the Depok City Democrat Party Branch Leadership Board. The coalition that the party's elites and the candidates had decided had to face to face to its social basis in the branch level, i.e. "the three-mercy-star volunteers". Moreover, there was the coalition of the party's social basis versus that of its elites.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30118
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>