Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74665 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simamora, Ingrid Josephine
"Komunikasi yang baik selalu mempunyai tiga efek bagi orang yang dituju: efek cognitive, affective, dan behaviour. Bila membuat iklan (yang merupakan bagian dari brand visualization), haruslah membuat orang ingat dengan produknya (cognitive), harus membuat orang senang dengan produknya (affective), serta harus membuat orang membeli produknya (behaviour). PT. Kalbe Farma Tbk. adalah salah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang sadar akan ketiga hal tersebut diatas. Dengan konsep yang result ? oriented, fokus pada peningkatan penjualan produk, Kalbe berhasil membuktikan bahwa konsep iklan mereka memang berbeda. Konsep selalu berpegang teguh pada prinsip differentiation. Promosi memang bukan hanya sekedar promosi. Promosi merupakan strategi penting untuk meraih keunggulan bersaing. Tidak hanya keunggulan bersaing yang sesaat, namun keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Keunggulan tersebut harus dimulai dengan keberhasilan menjual. Penulis mengawali riset dengan mendalami kasus demi kasus produk Kalbe Farma yang iklannya ditangani oleh Dwi Sapta. Liku ? liku strategi dan taktik tiap produk tersebut demikian menarik. Setelah memahami detail kasus demi kasus produk, Mixagrip dan Fatigon, penulis menemukan benang merah dari berbagai strategi dan taktik iklan yang dijalankan tersebut. Ogilvy mengatakan bahwa misi sebuah iklan adalah menjual. Oleh karena itu, sebuah iklan haruslah menjual, tak cukup hanya indah, artistik, dan memenangi banyak penghargaan saja. Dari sisi konten terlihat kalau iklan ? iklan Kalbe Farma memiliki ciri khas: selalu mengkomunikasikan konten berupa fitur dan manfaat (feature & benefit/F & B) yang menjadi unique selling point produk yang diiklankan. Dari berbagai portfolio produk Kalbe Farma yang beriklan, tampak bahwa manfaat yang dikomunikasikan di sini sebagian besar merupakan manfaat fungsional (functional benefit) ketimbang manfaat emosional (emotional benefit). Manfaat fungsional memang paling mudah dikomunikasikan secara jelas, straight forward, dan hard sell Dari sisi konteks terlihat iklan ? iklan Kalbe Farma memiliki ciri khas: selalu mengkomunikasikan produk ? produknya dengan format straight forward, menjual produk apa adanya, menggunakan pendekatan single message, simpel, lugas, serta selalu fokus pada kebutuhan dan keinginan target pasar.

A good communication always has three effects for the target: cognitive, affective, dan behaviour effect. To make a commercial (which part of the brand visualization), you have to make people remember the product (cognitive), people love the product (affective), people buy the product (behaviour). PT. Kalbe Farma Tbk. is one of the company in Indonesia that realize those three effects above. With the result ? oriented concept, focus on product sales growth, Kalbe has proven their strategic promotion in different way. The concept is always based on differentiation. Promotion is not just a promotion. Promotion is an important strategy to win the competition. Not just win the competition for now, but winning it forever. To win the competition has to start win the sales. The writer start the research by studying case by case the Kalbe Farma products which commercial handled by Dwi Sapta. Each products promotion strategies has its own implementation with different treatment on each product. After knowing the details of Mixagrip and Fatigon case, the writer finds out a red line from each strategy and tactic of the commersial. Ogilvy said that the mission of a commercial ad is selling. That is why a commercial ad has to have the sense of selling, it?s not enough if a commercial ad just beautiful, has sense of art, and win lots of awards. When we look to Kalbe Farma?s commercial ad, its content has the characteristic of: always communicate its content with the feature and benefit (F & B) which is the unique selling point of the commercial ad product. From some portfolio?s of Kalbe Farma commercial ad products, seems that the benefit that communicated here is a functional benefit, rather than emotional benefit. Functional benefit is the easiest to communicate clearly, straight forward, and hard sell. From the context size, Kalbe Farma?s commercial ads has the characteristik of: always communicate its product with the form of straight forward, sells product naturaly, use a single message strategy, simple, and always focus on the demand and needs of the target market."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T19211
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1985
S8851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
S9224
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Ngamal
"Tesis ini dibuat bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang tepat dalam memenangkan persaingan dalam industri mobil nasional pada PT. Indomobil Niaga Internasional (suzuki). Meneliti faktor-faktor apa saja yang patut dipertimbangkan dalam melaksanakan strategi. Untuk mengetahui masalah-masalah diatas, maka dilakukan penelitian pustaka, penelitian lapangan, dengan melakukan wawancara maupun membagikan kuesioner kepada para pakar dalam bidang pemasaran dan promosi pada PT. Indomobil Niaga Internasional.
Dari hasil penelitian dilakukan dengan pengelolahan data menggunakan AHP Maka, ditemukan bahwa strategi promosi yang paling tepat digunakan dalam memenangkan persaingan pada industri mobil adalah strategi promosi fokus segmen. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menyusun dan melaksanakan strategi adalah faktor internal dan eksternal sbb: Faktor eksternalnya adalah. 1) Daya beli, 2)Prilaku Konsumen, 3)pertumbuhan ekonomi 4)kebijakan pemerintah, 5) Kebijakan Transportasi, 6)tingkat bunga. Sedangkan faktor internal yang paling dominan adalah 1) Produk, 2) Harga, 3)distribusi. Diikuti dengan faktor-faktor lain seperti produksi, organisasi, dan Sumber daya manusia. Untuk sasaran strategi promosi yang paling tepat adalah segmen demografis.

This Thesis is made to known the aim of the exactly promotin strategy to win the competition withinnational car industry at PT. Indomobil Niaga International (Suzuki). Than examine what are the factors that must be considerable when doing the strategy. Because of that, to understands all the problems, it must do a book research, field research, as well as spreading an questionair to an expert in marketing and promotion at the PT. PT. Indomobil Niaga International.
From this research result, it continued with processing the data using the AHP. So, from this processing data, it found that the most appropriate promotion strategi to winning the competition in car industry is with focusing promotion strategi segment. The factors that affecting Strategi is Internal and external factors, are: External Factor is 1) Purchase efforts, 2) Consumer Behaviour, 3) Ecomonic Growth, 4) Goverment Policy, 5) Transportation Policy, and 6) Level Of Interest. While the most dominan in Internal Factor are:1) Product, 2) Price and 3) distribution. Followed with the other factors like, production, Organization and Human Resources. The most appropriate aim of strategic promotion is demographic segment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T 19241
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S9118
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shimp, Terence A.
Jakarta: Erlangga, 2000
659.1 shi p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Donar Widaryono
"ABSTRAK
Suatu kegiatan periklanan yang dilancarkan oleh suatu perusahaan terhadap suatu produknya diharapkan dapat memasarkan atau menjual lebih banyak lagi produk yang diikiankan tersebut. Melalui penggunaan iklan diharapkan sikap dan perilaku masyarakat dapat dipengaruhi yang dilihat dari sisi produsen, dapat memberikan keuntungan bagi produsen atau perusahaan. Dipandang dari sudut pemasaran, manifestasi dari perubahan sikap yang menguntungkan itu salah satu petunjuknya adalah penerimaan masyarakat yang lebih besar terhadap produk itu. Jika sikap penerimaan itu sudah ada, maka produsen dapat mengharapkan bahwa target yang dibebankan oleh suatu produk dapat dipenuhi pada kenyataannya hal itu tidaklah selalu demikian. Di dalam suatu persaingan, seorang produsen tidak dapat mengharapkan kegiatan periklanannya untuk mencapai hasil hasil yang diinginkan begitu kegiatan itu secara formal selesai dibuat. Di dalam suatu persaingan seorang produsen juga harus memperhitungkan kondisi-kondisi yang ada di dalam dan di luar dirinya. Ia harus dapat mengukur kekuatan dan kelemahan yang ada di dalamnya. Ia juga harus mampu melihat kesempatan dan ancaman yang muncul disekelilingnya. Strategi periklanan Toyota Starlet menghadapi masalah yang serupa Itu. Jumlah pengeluaran periklanannya yang kalah besar dibandingkan dengan pesaingnya trapaknya menjadi salah satu faktor yang menghambat geraknya dalam persaingan yang dihadapi. Petunjuk ke arah itu dapat dilihat pada kondisi dimana dengan biaya periklanan yang lebih sedikit dari pada pesaingnya menyebabkan jumlah penjualannya juga lebih sedikit. Gejala seperti ini bukan hanya terjadi pada Toyota Starlet saja, tapi kelihatannya menjadi kecendrungan di dalam pasarnya Untuk mencari kebenarannya, maka di dalam skripsi ini penulis ingin melihat apakah periklanan memang memiliki signifikansi di dalam suatu persaingan. Bertolak dari asumsi- asumsi bahwa pasar adalah pasar oligopoli, harga produk relatif stabil, besar pasar yang digarap tetap, tingkat pengeluaran iklan di antara para pesaing relatlf stabil, maka hipotesa yang disusun, yaitu ada hubungan antara periklanan dengan penjualan. Data yang digunakan dalam penulisan ini diperoleh dari studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Data primer diperoleh dari berbagai sumber, terutama dari PT. Toyota Astra Motor yang merupakan produsen dari Toyota Starlet. Hasil analisa dari skripsi ini, menunjukkan bahwa ternyata periklanan mempunyai hubungan yang sangat lemah dengan penjualan, sehingga hubungan di antara keduanya dapat diabaikan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Listyaningsih
"Skripsi ini bertujuan untuk melihat kekuatan dan kelemahan PT. CLI dan mengkaitkannya dengan kemampuan PT. CLI dalam bersaing serta untuk menentukan strategi generik yang paling sesuai untuk digunakan oleh PT. CLI untuk meraih kesempatan pasar yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan metode analisa SWOT yang mampu mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada dalam industri yang bersangkutan. Analisa ini dilakukan berdasarkan penelitian kepustakaan dan penelitian langsung ke PT. CLI. Untuk memperoleh data primer, penulis melakukan wawancara terarah berdasarkan kuesioner. Penelitian menemukan kekuatan pada PT. CLI adalah pada bidang keuangan sebagai perusahaan jasa periklanan dengan billing terbesar, staf yang profesional dan hubungan antar karyawan yang baik, klien yang bonafid, merupakan perusahaan yang sudah established. Penelitian juga menemukan kelemahan PT. CLI pada aspek sistem informasi manajemen, sistem operasi dan biaya. Kelemahankelemahan ini mengharuskan manajemen PT. CLI untuk mempersiapkan rencana jangka panjang dan rencana tindakan untuk meningkatkan kekuatan relatif dan menurunkan secara kuantitatif dan kualitatif kelemahan yang ada. Selain itu penelitian juga menemukan kesempatan yang ada, karena perkembangan dunia usaha dan adanya media baru, yaitu televisi swasta. Penelitian juga menemukan ancaman yang berupa bermunculannya perusahaan-perusahaan jasa perikianan baru. Oleh karena itu PT. CLI harus menemukan strategi bersaing yang akan digunakan untuk mempertahankan atau bahkan untuk meningkatkan posisinya dalam industri. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi generik yang digunakan oleh PT. CLI adalah diferensiasi jasa dan fokus."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18885
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riawan Bambang Paramarta
"ABSTRAK
Sampai saat ini semua kendaraan sedan yang dipasarkan di Indonesia adalah merek?merek dari luar negeri. Sekarang bagian terbesar pasaran sedan di Indonesia dikuasai oleh merek-merek buatan Jepang, kecuali di segmen sedan mewah yang dikuasai oleh sedan buatan Jerman. Jenis sedan yang dipasarkan di Indonesia diklasifikasikan kedalam empat kelas yaitu luxury, medium, small dan mini. Toyota Corolla termasuk kategori sedan kelas small. Segmen sedan kelas small ini adalah segmen yang memiliki porsi terbesar dalam pasar sedan di Indonesia. Karena itu segmen pasar sedan kelas small ini sangat strategis untuk diperebutkan.
Merek-merek sedan yang bersaing langsung dengan Toyota Corolla di kelas small ini adalah Honda Civic, Mitsubishi Lancer, Nissan Sentra, Ford (Champ, Gala dan Sonic), dan Mazda (323 & Astina). Toyota Corolla dirakit dan dipasarkan oleh Agen TunggaJ. Pemegang Merek Toyota di Indonesia yaitu P.T. Toyota-Astra Motor, sebuah perusahaan patungan antara Astra Internasional Inc. (Indonesia) dan Toyota Motor Corporation (Jepang).
Bagi P.T. Toyota-Astra Motor, bauran promosi yang mendukung pemasaran Toyota Corolla adalah alat utama untuk menghadapi persaingan yang sangat sengit di kelas small ini. Karena struktur pasar otomotif Indonesia adalah oligopoli sehingga faktor harga tidak dijadikan sebagai alat persaingan yang utama, karena adanya perang harga akan merugikan para peserta dalam industri itu sendiri. Demikian juga dengan dengan faktor produk, Toyota Corolla adalah suatu produk yang dipasarkan secara global ke seluruh dunia, sehingga bagi agen tunggal di Indonesia produk merupakan suatu given factor. Selain itu untuk distribusi ke konsumen bagi. Toyota Corolla ini tidak menjadi masalah yang berarti lagi, karena jaringan dealer Toyota adalah yang paling tuas dan paling tersebar di seluruh wilayah Indonesia jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Dengan demikian maka jelaslah bahwa penerapan strategi bauran promosi yang tepat adalah sangat penting bagi keberbasilan pemasaran Toyota Corolla di Indonesia. Maka studi ini mempelajari strategi bauran promosi pada pemasaran Toyota Corolla di Indonesia, sampai di mana efektifitasnya untuk mendekati bahkan mengungguli pesaing berat Honda Civic dan apakah dapat dicari berbagai cara promosi yang lebih efektif.
Konsumen sasaran utama yang hendak dijangkau oleh Toyota Corolla adalah para profesional pada tingkatan eksekutif yunior sebagai kendaraan yang representatif untuk keperluan bekerja maupun sebagai kendaraan keluarga. Hal ini tercermin dari harganya yang dapat dijangkau oleh konsumen berpenghasiian menengah ke atas dan modelnya cenderung klasik atau konservatif sehingga menimbulkan kesan formal.
Setelah pernah memimpin pasar pada tahun 1983, sejak tahun 1984 sampai dengan saat ini Toyota Corolla hanya mampu menduduki tempat kedua di bawah Honda Civic. Strategi promosi yang diterapkan untuk memasarkan Toyota Corolla adams ini dapat dikategorikan sebagai heavy promotion yang dilakukan secara mahal, sehingga nampaknya kurang mendukung usaha untuk memposisikan Toyota Corolla sebagai produk yang eksklusif di kelasnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dicari suatu suatu program promosi yang iebih customized, yaitu yang Lebih difokuskan secara jitu kepada niche market para pengusaha dan profesional yang berdaya beli tinggi. Selain itu program promosi yang dilakukan harus lebih diarahkan pada program yang memberikan trial impact yang tinggi pada konsumen sasaran, misainya dengan sering mengadakan acara test drive terbuka bagi calan konsumen yang potensial.
Rekomendasi lain yang dapat diberikan adaiah meningkatkan aktifitas marketing intelegence supaya dapat mengamati dan mengantisipasi gerakan-gerakan bersaing para kompetitor dengan baik. Dengan demikian program promosi dapat dirancang dan dilaksanakan secara lebih flekaibel sesuai dengan perkembangan situasi persaingan yang cenderung semakin keras. Selain itu perlu diadakan usaha pemisahan outlet antara sedan dengan kendaraan niaga, sehingga citra Toyota Corolla tidak terganggu oleh Kijang."
1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>