Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18345 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yoshino, Michael Y.
Boston: Harvard Business School Press , 1995
338.87 YOS s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Retno Wulandari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan manajemen risiko berbasis strategi (strategic risk management) pada sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang pengembangan perangkat lunak (software). Strategic risk management memasukkan risiko sebagai bagian dari perencanaan strategi perusahaan, sehingga dapat menciptakan nilai bagi perusahaan. Industri teknologi informasi memiliki risiko operasional yang relatif tinggi sehingga pendekatan manajemen risiko berbasis strategi dapat lebih membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus pada satu perusahaan yang mengembangkan software untuk ERP dan HR. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan manajemen puncak perusahaan serta menyebarkan kuisioner yang harus diisi oleh seluruh department head yang berjumlah 12 orang. Selain itu penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan dokumen yang tersedia di perusahaan, laporan keuangan, daftar bad debt AR serta data kepuasaan pelanggan untuk dapat mengobservasi penerapan manajemen risiko berdasarkan ISO 27001:2013 berupa IT Risk Management. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun strategi bisnis perusahaan sudah searah dengan visi, misi dan core value perusahaan, namun penerapan manajemen risiko pada PT. Y dapat dikategorikan sebagai manajemen risiko tradisional yang belum terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan dan belum memasukkan risiko sebagai bagian dari perencanaan strategic, selain itu mengindikasikan pula bahwa department head yang bertugas sebagai risk officer belum menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai risk officer dan tidak mengerti prosedur kerja seorang risk officer sehingga risiko bisnis perusahaan tidak dikelola sebagaimana harusnya.

The aims of this study is to analyze how a company enganged in software development implement strategic risk management approach. Strategic risk management incorporates risk as a part of the companys stategic planning, hoping that in can create value for the company. The information technology industry has relatively high operational risk thus a strategy-based risk management approach shall contribute the company to achieve its objectives easier. This study uses a case study method approach in a company with the core business is developing HR and ERP software. Data collection was conducted through interviews with the top management of the company and distributing questionnaires filled by 12 companys department heads. In addition, this research also carried out using documents available in the company, financial reports, lists of bad debt AR and customer satisfaction data used to observe the implementation of risk management based on IT Risk Management of the ISO 27001: 2013. This study finds that the companys business strategy is in line with the companys vision, mission and core value, however the application of risk management in the company categorized as traditional risk management that has not been integrated with the companys business strategy, and has not been embedded yet into its strategic planning. Furthermore this study also found that almost all of the department head assigned as risk officer is not aware of their duties and responsibilities as a risk officer and does not understand the work procedures of a risk officer, consequently companys business risk is not managed as it should be."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Nur Irfan
"Saat ini UKM bersaing dengan percepatan kemajuan teknologi dan pasar, serta inovasi yang semakin menantang. UKM berjuang untuk menerapkan inovasi karena mereka mungkin kurang dalam keterampilan manajerial dan teknis. Namun, mereka dapat menuai hasil yang lebih tinggi jika mereka lebih fleksibel dan cepat menanggapi perubahan lingkungan bisnis yang dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran fleksibilitas strategis dalam hubungan antara orientasi strategis (orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran), kapabilitas dinamis, dengan kinerja finansial dan kinerja inovasi UKM pada sektor kreatif Indonesia. Pada penelitian ini, kuesioner disebarkan secara daring kepada 150 UKM sektor kreatif di Pulau Jawa, namun demikian hanya 119 responden yang lolos proses skrining, dan datanya dapat diolah lebih lanjut. Metode pengolahan data yang digunakan untuk mengolah data survei adalah partial-least square structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa variabel fleksibilitas strategis memediasi variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pembelajaran, dan kapabilitas dinamis terhadap variabel kinerja finansial dan kinerja inovasi. Serta temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kinerja inovasi dapat memediasi hubungan variabel fleksibilitas strategis dengan kinerja finansial.

Currently, SMEs are competing with accelerated technological and market advances, as well as increasingly challenging innovations. SMEs struggle to implement innovations because they may lack managerial and technical skills. However, they could reap higher returns if they were more flexible and quick to respond to changes in the dynamic business environment. The purpose of this study is to analyze the role strategic flexibility in the relationship between structured strategy (entrepreneurship orientation and learning orientation), dynamic capabilities, and financial performance and innovation performance of SMEs in Indonesia's creative sector. In this study, questionnaires were distributed online to 150 creative sector SMEs in Java, however, only 119 respondents passed the screening process, and the data can be processed further. The data processing method used to process the survey data is the partial-least square structural equation model (PLS-SEM). The results of the research data analysis show that strategic flexibility mediates the variables of entrepreneurial orientation, learning orientation, and dynamic capabilities on SMEs financial performance and innovation performance. As well as other findings in this study indicate that the innovation performance can mediate the relationship between strategic flexibility and financial performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Randy Ramadhan
"Terorisme melalui ruang virtual (cyberspace) saat ini menjadi ancaman yang
berdampak besar ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kelompok dan
jaringan terorisme memanfaatkan penggunaan akses internet untuk mendukung
kegiatan mereka, salah satunya ialah aktivitas pendanaan terorisme melalui
crowdfunding. Penelitian ini mencoba melihat secara utuh mengenai perkembangan
ancaman pendanaan terorisme melalui crowdfunding, serta bagaimana pendekatan
intelijen strategis yang tepat untuk melakukan disrupsi terhadap perkembangan
ancaman tersebut. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode pendekatan
kualitatif. Kerangka analisis yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah
dengan menggunakan basis teori jarum hipodermik (hypodermic needle theory),
analisis PESTLE (Politic, Economic, Social, Technology, Legal, and Environment),
serta analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, and Threat). Berdasarkan hasil
penelitian didapatkan tiga pengembangan strategi yang perlu dilakukan Pemerintah
RI untuk mendisrupsi pendanaan terorisme melalui crowdfunding, yakni: a.
Pengembangan pemanfaatan pemetaan analisis berbasis resiko, dan strategic
foresight terhadap perkembangan terorisme dan pendanaan terorisme, yang bertujuan
untuk mengklasifikasikan prioritas penanganan pencegahan dan pemberantasan
pendanaan terorisme baik di level strategis hingga di level teknis; b. Pemanfaatan
watchlist yang menyeluruh dan terintegrasi; c. Optimalisasi upaya pemblokiran aset
secara serta merta sebagai wujud tindakan pencegahan melalui pencantuman individu
dan entitas terduga teroris dan organisasi teroris, Tindakan ini perlu berfokus pada
penanganan aktivitas kelompok dan jaringan terorisme, serta pendanaan terorisme
yang tidak terkait langsung dengan insiden terorisme.

Terrorism through virtual space (cyberspace) is a threat that has a major impact on the
life of the nation and state. Terrorism groups and networks take advantage from the
internet to support their activities, especially crowdfunding for terrorist financing
purposes. This thesis tries to see the big picture of the development of the threat of
terrorism financing through crowdfunding, and how the strategic intelligence
approach could disrupt the development of these threats. This research used
qualitative approach for its methodology. The analytical frameworks used in this
study are the hypodermic needle theory, PESTLE (Politic, Economic, Social,
Technology, Legal, and Environment) analysis, and SWOT (Strength, Weakness,
Opportunity, and Threat) analysis. The results of this study suggest that the
Government of the Republic of Indonesia need to develop three strategies to disrupt
the threat of terrorism crowdfunding, which are: a. Developing risk-based mapping
analysis and strategic foresight which aims to classify handling priorities both at the
strategic and technical levels; b. Utilization of comprehensive and integrated terrorist
network watchlist; c. Optimization the implementation of the freezing assets as a
precautionary measures through the listing of individuals and entities suspected of
terrorists and terrorist organizations. This action needs to focus on handling terrorism
and terrorism financing activities that are not directly related to terrorism incidents.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismarli Muis
"Keputusan untuk menjadi wirausahawan didasari oleh dua alasan, yaitu atas dasar opportunity atau necessity. Umumnya, penelitian menunjukkan bahwa peluang keberhasilan wirausahawan opportunity lebih baik daripada wirausahawan necessity, namun penelitian-penelitian tersebut belum memberikan hasil yang konklusif. Fakta juga menunjukkan bahwa terdapat individu yang memulai berwirausaha atas dasar keterdesakan ekonomi, namun dapat menunjukkan keberhasilan dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Disertasi ini mengajukan argumen bahwa wirausahawan necessity juga memiliki peluang berhasil yang sama dengan wirausahawan opportunity. Dengan menggunakan kuesioner, faktor identitas wirausaha, entrepreneurial passion, pengenalan peluang, dan pengambilan risiko diuji pada kelompok wirausahawan necessity dan opportunity yang telah menunjukkan keberhasilan dalam aktivitas bisnisnya. Ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari keempat faktor tersebut pada wirausahawan necessity dan opportunity. Hasil penelitian mendukung argumen. Kondisi opportunity dan necessity hanya merupakan titik awal dalam memulai berwirausaha, kategorisasi ini seharusnya tidak dijadikan pembeda dalam memprediksi keberhasilan wirausaha individu. Lebih lanjut, cara kedua kelompok wirausahawan untuk mencapai keberhasilan memiliki dinamika sendiri-sendiri. Faktor kunci untuk memiliki kemampuan pengambilan risiko yang baik pada wirausahawan opportunity adalah entrepreneurial passion, sedangkan pada wirausahawan necessity adalah pengenalan peluang secara diciptakan.

The decision to become an entrepreneur is based on two conditions, opportunity or necessity. Most studies support that opportunity entrepreneurs more likely to succeed than necessity entrepreneurs, however conclusive results have not been reached. The fact also shows that there are individuals who are successful in his business despite the forced conditions. This study argues that necessity entrepreneurs have the same chance of success as his counterpart. Using questionnaires, entrepreneurial identity, entrepreneurial passion, opportunity recognition and risk taking allegedly play a significant role in determining entrepreneurial success, tested on both groups that has shown success in business activities. It was found that there is no significant difference of these four factors between both groups. The results support the argument. The condition of opportunity and necessity is only a starting point in start up businesses, this categorization should not be a differentiator in predicting the entrepreneurial success. Further, the ways in which both groups of entrepreneurs achieve success seem to differ according to their own dynamics, with risk taking factor as criterion. The key factor for having a good risk taking ability in opportunity entrepreneurs is entrepreneurial passion, whereas in necessity entrepreneurs is created opportunities recognition."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
D2321
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arfani Fadlil
"Menjadi seorang wirausahawan memiliki pengaruh yang baik dalam membantu para PMI untuk mengelola uang yang didapatkan dari hasil bekerja di luar negeri, agar uang tersebut berputar dan mereka bisa memiliki peningkatan pendapatan hingga kualitas hidup secara berkelanjutan. Dari hasil penelitian-penelitian terdahulu diketahui bahwa locus of control, entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention dapat berpengaruh terhadap kemampuan opportunity recognition yang dimiliki PMI untuk memulai wirausaha. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey hingga mendapat 202 orang PMI yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa locus of control positif tidak signifikan dan entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan negatif terhadap entrepreneurial intention dan keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity recognition. Entrepreneurial intention berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity dan memediasi sempurna pada locus of control dan opportunity recognition serta memediasi secara parsial signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy dan opportunity recognition.

Becoming an entrepreneurs have a good influence in helping PMIs to manage the money they get from working abroad, so that the money goes round and they can have an increase in income to a sustainable quality of life. From the results of previous studies, it is known that locus of control, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention can affect PMI's ability to have opportunity recognition to start an entrepreneur. Data collection was carried out by conducting a survey to obtain 202 PMI people in East Nusa Tenggara Province and then the data obtained were processed using Structural Equation Modeling. The results showed that positive locus of control was not significant and entrepreneurial self-efficacy had a significant negative effect on entrepreneurial intention and both had a significant positive effect on opportunity recognition. Entrepreneurial intention has a significant positive effect on opportunity and mediates perfectly on locus of control and opportunity recognition as well as partially significant mediation on entrepreneurial self-efficacy and opportunity recognition"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ra Putri Tri Widyaningrum
"ABSTRAK
RA. Putri T.W1, Rizal Edy Halim21.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas IndonesiaEmail: putritriwidyaningrum@gmail.com AbstrakDi era teknologi, indusri perbankan melakukan transformasi pada service delivery dan digital technology. Transformasi dan standarisasi yang diakukan pada pelayanan dan produk menyebabkan renggangnya hubungan bank dan konsumen, konsumen merasa bank sekedar menawarkan produk bukan memberikan solusi yang dibutuhkan dan hanya meperhatikan hubungan tansaksional. Untuk itu deperlukan kemampuan customer service perlu ditingkatkan dengan memiliki sikap kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh salespeople entrepreneurial behavior terhadap customer satisfaction, trust, commitment dan loyalty pada industri perbankan. Penulis melakukan pengujian dengan menggunakan structural equation model. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat salespeople entrepreneurial behavior memiliki pengaruh yang positif terhadap customer satisfaction, customer satisfaction memiliki pengaruh yang positif terhadap customer trust dan commitment, customer trust dan commitment memiliki pengaruh yang positif terhadap customer loyalty, sedangkan customer commitment tidak berpengaruh terhadap customer trust. Manajemen harus mendorong customer service untuk memiliki sikap kewirausahaan, menigkatkan kesadaran akan pentingnya ikatan emosional dan menjaga hubungan jangka panjang. Menejemen juga perlu mengevaluasi dan memberikan penghargaan untuk memotivasi karyawan untuk meningkatkan kemampuannya.

ABSTRACT
RA. Putri T.W1, Rizal Edy Halim21.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas IndonesiaEmail putritriwidyaningrum gmail.com AbstractIn the technology era, banking industry has transformed the service delivery and digital technology. However, this transformation and standardization of service and product drive away the relationship between bank and customer, so the customers feel the bank offer product not solution needed, and only concern on the transactional approach. Therefore customer service ability and capability will need to be improved through the entrepreneurial behavior. The purpose of this paper is to examine the effect of salespeople entrepreneurial behavior on customer satisfaction, trust and commitment of the salespeople and customer loyalty to the banking industry. The effect sales entrepreneurial behavior toward customer satisfaction, trust, commitment and loyalty is examined by structural equation model. It was found that salespeople entrepreneurial behavior has positive influence to customer satisfaction, customer satisfaction has positive influence to customer trust and commitment, customer trust and commitment has positive influence to customer loyalty, while customer commitment has no influence to customer trust. Management has to encourage customer service to have entrepreneurial behavior, increase awareness about how important emotional bonded and maintain long term relationship, evaluate and make appreciation program to motivate employee and improve front liner ability and capability. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Washington: Govt. Print off, 1919
346.07 SEL
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Kurniawan
"Perilaku keinginan berwirausaha di kalangan para mantan pekerja migran sangat diharapkan di tengah masyarakat dalam menciptakan sesuatu yang baru dengan pikiran kreatif dalam melihat peluang usaha yang semakin kompetitif, meningkatkan pendapatan negara, dan menurunkan tingkat penganguran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention yang dimediasi Attitude Toward Entrepreneurial. Data empiris dikumpulkan dari 140 mantan pekerja migran NTT dan NTB dengan menggunakan metode survei yang disebarkan secara daring. Studi ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan confirmatory factor analysis untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention, yang dimediasi melalui Attitude Toward Entrepreneurship. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan di bidang sumber daya manusia untuk menciptakan entrepreneur yang handal dalam menciptakan peluang usaha dan kemajuan perekonomian negara.

Societies highly expect entrepreneurship among ex-migrant workers to compete and create new job opportunities in such increasingly competitive markets to improve economic activities and reduce unemployment rates. This study examines the impacts of Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention and its indirect influences through the mediation of Attitude Toward Entrepreneurial. Data was collected online by administering surveys to 140 former migrant workers from NTT and NTB provinces. The data were then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and confirmatory factor analysis to prove seven proposed hypotheses. This study demonstrates that Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy positively influenced Entrepreneurial Intention mediated by Attitude Toward Entrepreneurship. Finally, the results of this study would benefit policymakers in the human resources sector to help produce creative and competitive entrepreneurs in creating new job opportunities and be a part of the economic development of the country, Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Mutia Ghofarany
"Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau peluang bagi mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha pada mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Data 290 mahasiswa dari berbagai tingkat pendidikan dan perguruan tinggi dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan relasional, dukungan pendidikan, dan dukungan struktural terhadap intensi berwirausaha mahasiswa perlu dimediasi oleh sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian ini menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, perguruan tinggi perlu meningkatkan dukungan dalam penggunaan TIK sehingga mahasiswa dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih besar dalam mengkontrol bisnis. Penelitian ini juga menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khususnya dukungan dalam digitallisasi ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap kewirausahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan teknologi digital dapat memaksimalkan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan dalam situasi yang tidak terduga seperti pandemi.

A country needs large numbers of entrepreneurs to strengthen the resilience of national economic and improve the socio-economic welfare of the community. Students are a segment that is expected to become entrepreneurs and increase the number of entrepreneurs in Indonesia. The impact of the Covid-19 pandemic, such as the economic recession and increasing use of digital technology, can be seen as an obstacle or opportunity for students to have the intention of becoming entrepreneurs. This study aims to determine the entrepreneurial intention of students during the Covid-19 pandemic. Data on 290 students from various education levels and universities were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). The results showed that the influence of relational support, educational support, and structural support on students' entrepreneurial intentions needs to be mediated by perceived attitudes and behavioral control. The results highlight greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing the ICT usage in universities to increase perceived student's ability to control the business. This study also highlights greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing structural support for economic digitalization to increase the student's interest in entrepreneurship. This study also confirms that the use of digital technology can maximize the support needed by students to have the intention to become entrepreneurs in unexpected situations like a pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>