Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69058 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammadi Siswosudarmo
Jakarta: UMJ Press, 2001
003 MUH a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarsono Hardjosoekarto
Jakarta: UI-Press, 2012
003 SUD s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Winardi
Jakarta: Karya Nusantara, 1980
330.12 WIN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Puja Rezky
"Salah satu usaha Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan penerimaan adalah dengan mengembangkan sistem BPHTB secara elektronik atau disebut dengan e-BPHTB. Meskipun layanan e-BPHTB di DKI Jakarta sudah mulai diluncurkan pada akhir tahun 2019, ternyata belum mampu memenuhi target penerimaan yang ditetapkan. Menjelang akhir tahun tepatnya pada bulan Oktober 2020, realisasi BPHTB di DKI Jakarta baru mencapai Rp2,77 triliun atau sekitar 45,06% dari target penerimaan BPHTB. Pemerintah meminta Bapenda DKI Jakarta untuk segera melakukan penyederhanaan proses administratif kepengurusan BPHTB. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivist dengan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam terhadap narasumber terkait. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kebijakan sistem e-BPHTB sudah sesuai dengan asas kenyamanan pembayaran dan kemudahan regulasi. Akan tetapi belum sesuai dengan aspek efisiensi biaya. Hambatan yang muncul dari penerapan sistem e-BPHTB di DKI Jakarta yaitu adanya kendala pada jaringan dan jumlah Sumber Daya Manusia yang masih terbatas.

One of Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta efforts in order to increase BPHTB revenue as well as a form of improving BPHTB Taxpayer services and compliance is to develop an electronic BPHTB system or called e-BPHTB. Although the e-BPHTB service in DKI Jakarta has started to be launched at the end of 2019, it has not been able to meet the set revenue target. Towards the end of the year, in October 2020, the realization of BPHTB in DKI Jakarta had only reached Rp.2.77 trillion or about 45.06% of the BPHTB revenue target. The government asked the DKI Jakarta Bapenda to immediately simplify the administrative process for BPHTB management. This study uses a post-positivist paradigm with a qualitative approach and type of descriptive research. Data collection techniques were carried out through literature studies and in-depth interviews with related sources The results of this study conclude that the implementation of the e-BPHTB system policy is in accordance with the principles of payment convenience and ease of regulation. However, it is not in accordance with the aspect of cost efficiency. The obstacles that arise from the implementation of the e-BPHTB system in DKI Jakarta are the network constraints and the limited number of Human Resources."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramana Yuda Sayeti
"PT Kliknklin Digital Nusantara (Kliknklin) merupakan salah satu dari banyak perusahaan rintisan berbasis teknologi yang bergerak pada industri penatu (laundry). Kliknklin melakukan digitalisasi pada bisnis penatu dengan membuat sebuah sistem yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam bentuk aplikasi seluler dan web dalam bentuk sistem kasir dan sistem konsumen. Namun, dalam perkembangannya terdapat beberapa permasalahan antara lain jumlah aktual pengguna yang cenderung stagnan dan penggunaannya hanya dalam jangka waktu yang pendek. Perlu dilakukan sebuah evaluasi pada sistem Kliknklin dengan melibatkan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan pada sistem penatu Kliknklin menggunakan pendekatan teori penerimaan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan Information System Succel Model (ISSM). Pengumpulan data dilakukan melalui survei kuesioner dengan responden penelitian adalah pengguna sistem mitra Kliknklin. Reponden penelitian ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS- SEM). Berdasarkan hasil hipotesis, faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan sistem penatu secara signifikan adalah faktor manfaat yang didapatkan, serta pengaruh kondisi berupa ketersediaan infrastruktur, dukungan teknis, dan operasional dari perusahaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan terhadap sistem mitra Kliknklin melalui peningkatan faktor kebermanfaatan dan faktor kondisi yang memfasilitasi yaitu dukungan infrastruktur, teknis, dan operasional.

PT Kliknklin Digital Nusantara (Kliknklin) is one of the many technology-based startup engaged in the laundry service industry. Kliknklin digitizes the laundry business by creating a system that aims to optimize user experience in the form of mobile and web applications as a cashier and consumer systems. However, in its development there are several problems including the actual number of users who tend to be stagnant overtime and their usage time merely in a short period of time. An evaluation is needed on the Kliknklin system by involving its users. This study aims to measure the factors that influence the continuance usage intention on Kliknklin laundry system using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) acceptance approach and Information System Success Model (ISSM). Data collection was carried out through a questionnaire survey with respondent is the users of Kliknklin partner system. Respondents were determined using purposive sampling. Data processing and analysis methods is done using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Based on the results of the hypothesis, the factors that significantly influence the intention to use the laundry system are the benefits obtained, as well as the influence of conditions in the form of infrastructure, technical support, and operations from the company. This study provides recommendations for improvements to the Kliknklin partner system by increasing the utilization factor and facilitating condition factors, namely infrastructure, technical and operational support."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rubinstein, Moshe F.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1966
004.21 RUB m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Widia Dian Wulandari
"Dilakukan penelitian terhadap PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang telekomunikasi yang menghadapi tantangan besar terkait perubahan di bidang teknologi, bisnis, regulasi dan gaya hidup digital. Menggunakan kerangka dynamic capabilities yang diyakini memampukan suatu perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara elemen-elemen dynamic capabilities, learning, unlearning dan budaya berinovasi; elemen pengungkit apa yang dominan; dan bagaimana skenario dan strategi perbaikan dynamic capabilities di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Penelitian menggunakan metode system dynamics, dan teknik pengumpulan data survey dan wawancara mendalam untuk memverifikasi hasil survey.Hasil validasi terhadap struktur hubungan dynamic capabilities menunjukan bahwa struktur dinyatakan valid dimana terdapat hubungan kausal variabel sebagaimana dikonstruksikan dalam Causal Loop Diagram. Demikian juga hasil validasi output, nilai penyimpangan antara output model dengan data faktual di bawah 5, sehingga model pun dapat dikatakan valid. Berdasarkan uji sensitivitas untuk mencari variabel pengungkit dari keseluruhan sistem diperoleh empat pengungkit utama. Berdasarkan simulasi trial and error terhadap empat variabel pengungkit utama diperoleh hasil dua skenario dan strategi Smart dan Disruptive.
Temuan akademis penelitian ini adalah pentingnya kapabilitas learning dan unlearning serta perlunya perusahaan memberikan perhatian pada penerapan struktur organisasi yang tepat khususnya yang mendukung keputusan-keputusan investasi. Penelitian ini juga menemukan perlunya alignment dan synergy untuk memastikan bahwa upaya-upaya sensing, seizing dan transforming menghasilkan value perusahaan yang lebih tinggi secara group, serta dibutuhkannya upaya-upaya partnership dengan industri lain sehingga tercipta cospecialization.Penelitian ini menyimpulkan 1 ditemukan praktek dynamic capabilities di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang tampak pada keterkaitan antara elemen-elemen dynamic capabilities dan learning, unlearning, serta budaya inovasi dan bagaimana dampak elemen-elemen tersebut kepada kinerja perusahaan melalui pengembangan sumber daya berwujud dan tidak berwujud, 2 empat daya ungkit utama yaitu 1. setting organizational boundaries and control platform; 2. adopting cospecialization; 3. adopting decision making protocol; 4. Unlearning. 3 skenario dan strategi Smart dan skenario dan strategi Disruptive dan perlunya pengelolaan sumber daya manusia secara lebih intensif.

The present study was conducted on PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, a State Owned Enterprises engaged in telecommunications business which faces major challenges related to changes in technology, business, regulation and digital lifestyle. Using the dynamic capabilities framework believed to enable a company to achieve a competitive advantage it was aimed at determining the relatedness among the elements of dynamic capabilities, learning, unlearning and culture of innovation the dominant levers and the scenarios and strategies for improvement of dynamic capabilities in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. The present study used the system dynamics method. Data were collected by means of survey and in depth interviews to verify the survey results.Results of the validation of the relationship structure of the dynamic capabilities indicated that the structure was valid in which there was causal relationships among variables as constructed in the Causal Loop Diagram. Similarly, results of the validation of output also showed that the deviation value of the model output from the factual data was below 5 thus, the model could be considered valid. The sensitivity test for determining the lever variables of the whole system showed four main levers. Trial and error simulation of the four main levers produced two scenarios and strategies.
The findings of this study is the importance of academic capability of learning and unlearning as well as the need for companies to pay attention to the application of appropriate organizational structures, especially supporting investment decisions.The study also found the need for alignment and synergy to ensure that efforts sensing, seizing and transforming generate higher corporate value in group, as well as the need for partnership efforts with other industries so as to create cospecialization.In conclusion, the present study found 1 the practices of dynamic capabilities in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, as shown by the relatedness of the elements of dynamic capabilities and learning, unlearning, and innovation culture and the impact of these elements on the performance of the company through the development of tangible and intangible resources 2 four main levers 1. setting organizational boundaries and control platform 2. Adopting co specialization 3. Adopting decision making protocol 4. Unlearning 3 Smart and Disruptive scenarios and strategies and the need for more intensive human resource management.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
D1722
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer-UI, 2007
003.092 MEE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Saharso
"Penulisan karya akhir ini mengulas tentang implementasi sistem aplikasi Customer Relationship Management (CRM) pada sebuah perusahaan, karya akhir ini mengambil studi kasus PT Indosat Tbk. sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Dalam era kompetisi di industri telekomunikasi khususnya di Indonesia maka kemampuan suatu perusahaan untuk dapat mengelola pelanggan yang dimilikinya dan `menangkap' calon pelanggan potensial sangat diperlukan dan CRM adalah salah satu solusi yang diharapkan.
Karya akhir ini menganalisis implementasi sistem aplikasi CRM Indosat saat ini dengan merujuk kepada rujukan yang didapatkan baik secara teori maupun basil survei dan juga melakukan diskusi dengan manajemen atau `pakar' di perusahaan, kemudian berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut. Namun karya akhir ini tidak hanya menganalisis kondisi implementasi sistem aplikasi CRM pada saat ini tetapi juga melihat kemungkinan implementasi tersebut pada mass yang akan datang dengan menggunakan metoda skenario.
Dui hasil penulisan karya akhir ini ditemukenali bahwa dalam mengimplementasikan sebuah sistem aplikasi CRM yang terintegrasi yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan perusahaan perlu mendapatkan komitmen dan semua pihak terkait, perlunya tahapan pelaksanaan dengan melihat prioritas implementasi, kemudian strategi dan bisnis proses serta sistem pendukung diperlukan sebagai prasyarat suksesnya implementasi sistem CRM. Dengan keberhasilan implementasi sistem aplikasi CRM diharapkan perusahaan akan mampu bertahan dan tetap eksis menghadapi kompetisi saat ini dan saat mendatang."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18342
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Sari Santoso
"Penerapan keilmuan ergonomi saat ini membutuhkan analisis secara makro dengan mempertimbangkan sudut pandang sistem. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan implementasi dari pendekatan makroergonomi yaitu System Analysis Tools (SAT) untuk melihat permasalahan dan alternatif solusi yang dapat diberikan untuk perbaikan sistem kerja pada suatu perusahaan. Melalui tahapan SAT perusahaan dapat mempertimbangkan alternatif solusi yang cocok untuk diterapkan pada perusahaan. Alterntif solusi yang diterapkan pada penelitian ini adalah Strategic Manpower Planning untuk menghitung kebutuhan optimal karyawan dan melihat produktivitas karyawan yang dibatasi pada tingkat staff yang dilanjutkan dengan Manpower Training & Development sebagai persiapan persiapan penambahan beban kerja dan peningkatan produktivita.

The application of ergonomic?s science today requires macro analysis by considering the viewpoint of the system. Therefore, this study uses the implementation of the approach of macroergonomic called System Analysis Tool (SAT) to see the problem and alternative solutions that can be given to the improvement of work in a corporate system. Through the stages of SAT, the company may consider suitable alternative solutions to be applied to the company. Alternative solutions applied in this study is the Strategic Manpower Planning to calculate the optimal needs of employees and see the productivity of employees that are limited in staff levels followed by Manpower Training & Development as a preparation for the additional workload and increase in productivity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>