Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174340 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Metty Widiastuti
"Di Indonesia diperkirakan 1% - 2% penduduk atau sekitar dua sampai empat juta jiwa mengalami masalah kesehatan jiwa. Gangguan jiwa tidak langsung berdampak terhadap kematian, tetapi akan menimbulkan penderitaan yang mendalam bagi individu dan keluarga seperti timbulnya masalah finansial, ketakutan, perasaan bersalah, rasa malu, gangguan aktivitas sehari-hari, gangguan hubungan sosial dan gangguan fisik. Kemampuan keluarga merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa perlu memadia, Salah satu caranya adalah terapi keluarga triangles. Terapi keluarga triangles adalah terapi keluarga yang dilakukan dengan melibatkan keluarga, klien dan petugas kesehatan untuk menyelesaikan masalah keluarga.
Tujuan penelitian: menjelaskan pengaruh terapi triangles terhadap kemampuan pengetahuan dan psikomotor keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.
Metode penelitian: quasi eksperimen dengan penerapan terapi triangles. Analisis yang digunakan dependen dan independent sample t-Test, dan chi-square. Penelitian dilakukan di RSJ Bandung terhadap 48 klien yaitu 24 orang mendapat terapi keluarga triangles dan 24 orang tidak mendapat terapi keluarga triangles.
Hasil penelitian ditemukan bahwa terapi triangles meningkatkan kemampuan pengetahuan dan psikomotor keluarga secara bermakna. Kemampuan pengetahuan dan psikomotor keluarga yang mendapat terapi keluarga triangles lebih tinggi secara bermakna daripada keluarga yang tidak mendapatkan terapi keluarga triangles.
Rekomendasi hasil penelitian terapi keluarga triangles dijadikan Salah satu terapi spesialis pada keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T22877
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ervan
"Defisit perawatan diri adalah salah satu gejala negatif dari skizoprenia, merupakan ketidakmampuan melakukan perawatan diri. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah memberikan gambaran penerapan terapi generalis, terapi aktivitas kelompok, terapi perilaku dan psikoedukasi keluarga terhadap tanda dan gejala serta kemampuan klien defisit perawatan diri. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik melalui pendekatan model stres adaptasi Stuart dan model adaptasi Roy di Rumah Sakit Jiwa. Penerapan terapi generalis dan terapi aktivitas kelompok pada 40 klien, dengan hasil 16 klien mengalami penurunan tanda dan gejala serta peningkatan kemampuan perawatan diri. Penerapan terapi perilaku dan psikoedukasi keluarga merupakan terapi lanjutan hanya terhadap 24 klien, hasilnya 23 klien mengalami penurunan tanda dan gejala serta peningkatan kemampuan klien dan keluarga dalam perawatan diri klien. Direkomendasikan kombinasi terapi perilaku dan psikoedukasi keluarga dengan pendekatan model stres adaptasi Stuart dan model adaptasi Roy menjadi standar terapi spesialis keperawatan jiwa untuk klien defisit perawatan diri.

Self-care deficit is one of the negative symptoms of schizophrenia, an inability to perform self-care. The purpose of writing this final scientific work is to provide a description of the application of generalist therapy, group activity therapy, behavior therapy and family psychoeducation for signs and symptoms as well as the client's ability to self-care deficit. The method used is descriptive analytic approach stress adaptation model of Stuart and Roy adaptation model at the Mental Hospital. Application of generalist therapy and groups therapeutic activity at 40 client, with the results of 16 clients decreased signs and symptoms as well as improving self-care ability. The application of behavior therapy and family psychoeducation is an advanced therapy only for 24 clients, the result is 23 clients decreased signs and symptoms as well as improving the ability of clients and families in self-care clients. Recommended combination of behavior therapy and family psychoeducation with stress adaptation model approach Stuart and Roy adaptation model become standard therapy for the soul of nursing specialist client self-care deficit."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aulya Akbar
"[ABSTRAK
Pikiran negative pada klien harga diri rendah kronik menyebabkan klien sulit berpikir jernih dan logis terhadap diri sendiri. Tujuan penulisan ini untuk memberikan gambaran pengaruh penerapan terapi pikiran perilaku dan psikoedukasi keluarga pada klien harga diri rendah kronik. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan teori adaptasi Roy dan model stres dan adaptasi Stuart. Tindakan keperawatan terapi pikiran perilaku diberikan pada 20 klien dimana 15 keluarga klien diberikan psikoedukasi keluarga. Hasil pelaksanaan terapi pikiran perilaku dan psikoedukasi pada klien menunjukan adanya penurunan tanda gejala pada aspek social dan perilaku serta peningkatan kemampuan keluarga dalam pemberian terapi psikofarmaka dan mengunkapkan pikiran negative yang lebih besar dibanding klien dan yang hanya mendapatkan terapi pikiran dan perilaku, Kombinasi terapi pikiran perilaku dan psikoedukasi keluarga dapat dijadikan standar terapi spesialis keperawatan jiwa.

ABSTRACT
Cognitive distortions in clients with chronic low self-esteem causes the client difficult to think clearly and logically against yourself. The purpose of writing is to provide an overview the effect of applying cognitive behavior therapy and family psychoeducation in clients with chronic low self-esteem. The method used is descriptive analytic approach Roy adaptation theory and models of stress and adaptation Stuart. Nursing actions cognitive behavior therapy given to 20 clients of which 15 families given client family psychoeducation. The results of the implementation of behavioral therapy and psychoeducation thoughts on the client shows signs of a decrease in the symptoms of social and behavioral aspects as well as improving the ability of the family in therapy cognitive distortions psikofarmaka and express larger than the client and is just getting the mind and behavior therapy, combination therapy thoughts and behavior family psychoeducation can be used as standard specialists therapy psychiatric nursing.;Cognitive distortions in clients with chronic low self-esteem causes the client difficult to think clearly and logically against yourself. The purpose of writing is to provide an overview the effect of applying cognitive behavior therapy and family psychoeducation in clients with chronic low self-esteem. The method used is descriptive analytic approach Roy adaptation theory and models of stress and adaptation Stuart. Nursing actions cognitive behavior therapy given to 20 clients of which 15 families given client family psychoeducation. The results of the implementation of behavioral therapy and psychoeducation thoughts on the client shows signs of a decrease in the symptoms of social and behavioral aspects as well as improving the ability of the family in therapy cognitive distortions psikofarmaka and express larger than the client and is just getting the mind and behavior therapy, combination therapy thoughts and behavior family psychoeducation can be used as standard specialists therapy psychiatric nursing.;Cognitive distortions in clients with chronic low self-esteem causes the client difficult to think clearly and logically against yourself. The purpose of writing is to provide an overview the effect of applying cognitive behavior therapy and family psychoeducation in clients with chronic low self-esteem. The method used is descriptive analytic approach Roy adaptation theory and models of stress and adaptation Stuart. Nursing actions cognitive behavior therapy given to 20 clients of which 15 families given client family psychoeducation. The results of the implementation of behavioral therapy and psychoeducation thoughts on the client shows signs of a decrease in the symptoms of social and behavioral aspects as well as improving the ability of the family in therapy cognitive distortions psikofarmaka and express larger than the client and is just getting the mind and behavior therapy, combination therapy thoughts and behavior family psychoeducation can be used as standard specialists therapy psychiatric nursing., Cognitive distortions in clients with chronic low self-esteem causes the client difficult to think clearly and logically against yourself. The purpose of writing is to provide an overview the effect of applying cognitive behavior therapy and family psychoeducation in clients with chronic low self-esteem. The method used is descriptive analytic approach Roy adaptation theory and models of stress and adaptation Stuart. Nursing actions cognitive behavior therapy given to 20 clients of which 15 families given client family psychoeducation. The results of the implementation of behavioral therapy and psychoeducation thoughts on the client shows signs of a decrease in the symptoms of social and behavioral aspects as well as improving the ability of the family in therapy cognitive distortions psikofarmaka and express larger than the client and is just getting the mind and behavior therapy, combination therapy thoughts and behavior family psychoeducation can be used as standard specialists therapy psychiatric nursing.]"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
SP-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Taty Hernawaty
"Gangguan jiwa dialami oleh 96 jiwa dari 12392 jiwa penduduk di Kelurahan Bubulak Bogor Barat. Pengetahuan dan kemampuan keluarga dalam menggunakan sumber dukungan dalam merawat klien gangguan jiwa masih kurang, program pelayanan kesehatan jiwa masyarakat di puskesmas hanya berfokus pada pengobatan klien. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran pengaruh terapi suportif keluarga terhadap kemampuan keluarga dalam merawat klien gangguan jiwa.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ?Quasi experimental pre-post test with control group? dengan intervensi terapi suportif keluarga. Cara pengambilan sampel adalah cluster sampling one stage dengan sampel sebanyak 74 keluarga yang mempunyai anggota gangguan jiwa dan dibagi dua kelompok; kelompok yang mendapat terapi suportif keluarga dan kelompok yang tidak mendapat terapi suportif keluarga. Terapi suportif keluarga diberikan 4 sesi dalam 4 kali pertemuan selama 2 minggu. Kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor keluarga diukur dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan t-test, Chi-Square, dan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor keluarga dalam merawat klien gangguan jiwa secara bermakna pada kelompok keluarga yang mendapat terapi suportif keluarga. Kemampuan kelompok keluarga yang mendapat terapi suportif keluarga meningkat lebih tinggi secara bermakna dibandingkan dengan kelompok keluarga yang tidak mendapat terapi suportif keluarga. Hasil penelitian ini sejalan dengan riset Hamada, dkk. (2002) mengenai sistem dukungan keluarga bagi klien Skizofrenia menjelaskan bahwa di dalam melakukan perawatan kesehatan jiwa masyarakat, pendekatan tidak hanya dilakukan pada klien tetapi juga keluarga. Hasil riset Chien, dkk. (2006) tentang mutual support group pada keluarga China dengan diagnosa Skizofrenia bahwa terapi suportif memberi efek positif pada beban keluarga. Terapi suportif keluarga direkomendasikan bagi keluarga yang mempunyai anggota gangguan jiwa di masyarakat.

Mental illness experienced by 96 people among 12.392 inhabitants in District of Bubulak, West Bogor. At the same time, the knowledge and ability of family are not run well, a serving for psychology health program by Centre of Community Health is not run well. The title of this research is The Influence of Family Supportive Group to Family Ability in Taking Care Client with Mental illness in District of Bubulak, West Bogor. The research was aimed to get a comprehensive picture about the influence of Family Supportive Group to family ability in taking care client with Mental illness.
Design of the research was using ?quasi experimental pre-post test with control group? by using Family Supportive Group intervention. A sample was chosen by using cluster one stage and consist of 74 families with mental illness of client. The group was divided into 2 groups as follows: Family Supportive Group treatment (4 sessions in 4 meeting) and without Family Supportive Group. The family?s cognitive ability, affective ability, and psychomotor ability are valued by using questioner and then the results of questioners are analyzed by using t-test, Chi-Square, and Simple Linear Reggresion method.
The research showed a significant increase in family?s cognitive ability, affective ability, and psychomotor ability in taking care client with mental illness. The abilities of the group that treated by Family Supportive Group were increase highly and significantly compare to the group without Family Supportive Group. In Hamada, et al. (2002) that the family support may take in family and client. In Chien, et al. (2006) that mutual support group may exert positive effects on the family?s burden. These results suggest that family supportive group recommended to families who have client with mental illness in community."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Suwardiman
"Dukungan keluarga merupakan hal yang penting untuk mengatasi beban keluarga. Tujuan penelitian mengidentifikasi 'hubungan dukungan keluarga dengan beban keluarga untuk mengikuti regimen terapeutik pada keluarga klien halusinasi'. Desain penelitian kuantitatif berupa descriptive correlational dengan pendekatan cross sectional serta sampel yang berjumlah 79 orang. Instrumen dukungan keluarga dan beban keluarga yang sudah dimodifikasi dari Friedman dan WHO serta telah diuji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menemukan bahwa semakin bertambah dukungan keluarga semakin berkurang beban keluarga untuk mengikuti regimen terapeutik (pvalue < 0,05), berarti dengan dukungan keluarga yang tepat menjadikan beban ditanggung bersama dalam keluarga. Penelitian ini memberikan implikasi untuk pengelolaan keluarga dengan mengintensifkan pelaksanaan pendidikan kesehatan dan terapi psikoedukasi keluarga.

Family support is essential to overcome family burden. This research aims to identify 'the relationship between family support and family burden to follow therapeutic regimens on hallucinations client's family'. Quantitative research design using descriptive correlational with cross-sectional approach while the amount of sample are 79 respondents. Instruments of family support and family burden has been modified from Friedman and WHO, and has been tested the validity and reliability. The results found that the increasing of family support would decreasing the family burden to follow therapeutic regimens (pvalue < 0,05), it means with a proper family support makes the burden is shared in the family. This study provides implications for the management of the family by intensifying the implementation of health education and family psychoeducation therapy."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arena Lestari
"Isolasi sosial merupakan masalah keperawatan di ruang Arimbi RS. Marzoeki Mahdi Bogor dengan jumlah terbanyak (62,5 %) dari 48 klien yang dirawat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Renidayati, keliat dan Sabri (2008) ditemukan tentang keefektifan terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah isolasi sosial klien yaitu terapi Social Skill training untuk meningkatkan ketrampilan sosialisasi Klien. Penelitian yang dilakukan Wiyati, Hamid dan Gayatri (2009) tentang efektifitas terapi Family Psychoeducation didapatkan hasil pada keluarga ada peningkatan kemampuan afektif dan psikomotor sehingga meningkatkan dukungan keluarga.
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan terapi Social Skill Training dan Family Psychoeducation pada klien isolasi sosial dengan menggunakan pendekatan model Stress Adaptasi Stuart dan Model Sistem Neuman. Metode yang digunakan adalah study serial kasus. Tindakan diberikan pada 30 pasien isolasi sosial, 16 pasien mendapatkan terapi Social Skill training saja, 14 klien yang lain mendapatkan terapi Social Skill training dan family psychoeducation.
Hasil terapi menunjukan penurunan gejala isolasi sosial dan peningkatan kemampuan ketrampilan sosial lebih banyak pada pasien yang mendapatkan terapi social skill training dan terapi Family Psychoeducation dibandingkan dengan pasien isolasi sosial yang hanya mendapatkan terapi social Skill training. Rekomendasi dari karya ilmiah ini adalah terapi social skill training dan terapi Family Psychoeducation dapat menjadi standar terapi spesialis pada klien isolasi sosial.

Social isolation was a problem nursing in Arimbi room, Marzoeki Mahdi Hospital Bogor with the highest number of cases (62.5%) of the number were 48 client treated. Based on research conducted Renidayati, Keliat and Sabri (2008) found about the effectiveness of therapies that can be used to solve problems of social isolation that therapy clients Social Skill training to improve socialization skills Client. Research conducted Wiyati, Hamid and Gayatri (2009) Family Psychoeducation about the effectiveness of therapy in the family that showed no increase in affective and psychomotor skills that improve family support.
Writing scientific papers were intended to provide an overview of the application of therapy Social Skill Training and Family Psychoeducation on the client used by the social isolation model approach Stuart Stress Adaptation and Neuman Systems Model. The method used case series study. The sampling method used was purposive sampling. The Action given the therapy Social skills training and therapy were 30 patients Family Psychoeducation social isolation. 16 patients received therapy Social Skill training course, 14 other clients who get Social Skill training therapy and family Psychoeducation.
Results of the therapy showed a reduction in symptoms of social isolation and increase social skills more ability in patients receiving therapy and social skills training Family Psychoeducation therapy compared with patients who only receive social isolation social therapy Skill training. Recommendation of this paper is therapeutic social skills training and therapy Family Psychoeducation may become standard therapy specialist in social isolation clients.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Ika Wati
"ABSTRAK
Kenyamanan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam perawatan luka pasien ulkus diabetikum. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan dukungan keluarga terhadap tingkat kenyamanan pasien ulkus diabetikum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif cross sectional dengan menggunakan metode pengumpulan sampel yaitu consecutive sampling dengan jumlah sampel 84 responden. Sampel yang diambil berasal dari pasien ulkus diabetikum di Praktik Keperawatan wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kenyamanan pasien ulkus diabetikum di Praktik Keperawatan wilayah Jabodetabek. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengolahan data statistik dengan uji Chi Square yang didapatkan p value lebih dari 0,05, p value untuk hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kenyamanan adalah 0,129. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan untuk mengidentifikasi lebih lanjut faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan pasien ulkus diabetikum agar keluarga dapat membantu memberikan kenyamanan pada pasien.

ABSTRAK
Comfort is an important aspect to be considered in the wound treatment of patients with diabetic ulcers. Family support is needed to help the healing process. This study aims to analyze the relationship of family support to the comfort level of diabetic ulcer patients. This research is a descriptive cross sectional research by using sample collection method is consecutive sampling with 84 respondents. Samples used were from diabetic ulcer patients at Nursing Homecare in Jabodetabek area. The results showed that there was no relationship between family support and comfort level diabetic ulcer patients at Nursing Homecare in Jabodetabek area. This is proven based on statistical data processing with Chi Square Test obtained p value more than 0,05, p value for family support and comfort level is 0,129. Therefore, the authors recommend to further identify the factors that influence the comfort of diabetic ulcer patients in order for families to help provide comfort to patients."
2017
S69863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cecilia Indri Kurniasari
"Pendahuluan:Masalah psikososial kurang diperhatikan dalam penanganan pasien di Rumah Sakit Umum. Hal itu terlihat dari intervensi keperawatan untuk masalah psikososial yang belum maksimal dan berkembang. Pasien di Rumah Sakit Umum belum memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah psikososial yang dialami akibat dari gangguan fisik yang terjadi. Metode: Intervensi keperawatan terapi penghentian pikiran, terapi kognitif, psikoedukasi keluarga diberikan pada 18 pasien sebagai kelompok satu, sedangkan terapi penghentian pikiran dan psikoedukasi keluarga diberikan pada 18 pasien lainnya sebagai kelompok dua. Hasil: Penelitian ini menunjukkan penurunan tanda gejala serta peningkatan kemampuan lebih maksimal dalam mengatasi ansietas dan harga diri rendah siatuasional setelah diberikan terapi penghentian pikiran, terapi kognitif, dan psikoedukasi keluarga. Pembahasan: kombinasi pemberian terapi penghentian pikiran,terapi kognitif, dan psikoedukasi keluarga, memaksimalkan penurunan tanda gejala serta meningkatkan kemampuan pasien dalam mengatasi ansietas dan harga diri rendah situasional dengan pendekatan model adaptasi Roy.

Introduction: Psychosocial problems are less considered in the treatment of patients in General Hospitals. This can be seen from nursing interventions for psychosocial problems that have not been maximized and developed. Patients in General Hospitals do not yet have the ability to overcome psychosocial problems experienced as a result of physical disorders that occur Methods: Nursing intervention thought stopping therapy, cognitive therapy, family psychoeducation were given to 18 patients as group one, while mind cessation therapy and family psychoeducation were given to 18 other patients as group two. Results: This study showed a decrease in signs of symptoms and an increase in maximal ability to overcome anxiety and low cianational self-esteem after being given mind cessation therapy, cognitive therapy, and family psychoeducation. Discussion: a combination of thought stopping therapy, cognitive therapy, and family psychoeducation, maximizing symptom reduction and improving the patient's ability to cope with anxiety and situational low self-esteem with Roy's adaptation model approach."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Shinta Yuliana
"Promosi kesehatan jiwa merupakan bagian penting yang perlu untuk diberikan kepada anak usia sekolah dalam membantu proses tumbuh kembangnya ketika menghadapi stresor. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik (TKT) anak sekolah pada anak, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader dan guru terhadap peningkatan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah. Desain penelitian riset operasional melibatkan 47 anak sekolah. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah secara bermakna setelah terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader dan monitoring evaluasi orang tua dan kader lebih tinggi secara bermakna dibandingkan pada kelompok lain (p value < 0.05). TKT anak sekolah pada anak, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader, dan monitoring evaluasi orang tua dan kader direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah untuk peningkatan kesehatan jiwa.

Mental health promotion is an important part that needs to be given to school-age children in helping the process of growth and development when facing stressors. This study aims to determine the effect of school children's therapeutic group therapy (TKT), family psychoeducation, mentoring of cadres and teachers on improving the tasks and developmental aspects of school-age children. The operational research research design involved 47 school children. The results showed that there was a significant increase in the tasks and developmental aspects of school-age children after therapeutic group therapy for school-age children, family psychoeducation, cadre assistance and evaluation monitoring of parents and cadres were significantly higher than in other groups (p value < 0.05). TKT for school children, family psychoeducation, cadre assistance, and monitoring evaluation of parents and cadres are recommended for school-age children to improve the tasks and developmental aspects of school-age children to improve mental health."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Madepan Mulia
"Harga diri rendah merupakan masalah psikososial yang sering dialami oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada lansia. Tindakan keperawatan ners, terapi reminiscence, psikoedukasi keluarga dan suportif diberikan pada lansia dengan harga diri rendah bertujuan untuk melihat tanda gejala, kemampuan klien mengatasi harga diri rendah dan kemampuan keluarga serta kelompok dalam merawat. Tindakan keperawatan terhadap 5 lansia dengan harga diri rendah dilaporkan dalam bentuk laporan kasus. Hasil yang didapatkan adalah hilangnya tanda gejala harga diri rendah, meningkatnya kemampuan lansia dalam mengatasi harga diri rendah dan kemampuan keluarga serta kelompok dalam merawat. Studi ini merupakan salah satu evidence based efektivitas dari tindakan keperawatan ners, terapi reminiscence, psikoedukasi keluarga dan suportif terhadap lansia dengan harga diri rendah yang memerlukan evaluasi lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar dan jumlah pertemuan yang lebih sering.

Low self esteem is a psychosocial problem that is often experienced by a person in daily life and especially in the elderly. General nursing intervention, reminiscence therapy, family psychoeducation and support are given to the elderly who experience low self-esteem in order to see the signs of symptoms, the ability of the client to overcome low self-esteem and the ability of families and groups in caring. Nursing actions against 5 elderly people with low self-esteem are reported in the form of case report. The results obtained low self-esteem are loss of signs of, increased the ability of elderly in overcoming low self-esteem and ability of family and group in care. This study is one of an evidence-based from the effectiveness of general nursing intervention, reminiscence therapy, family psychoeducation and support toward the elderly with low self-esteem that requiring further evaluation with larger sample counts and more frequent meetings."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>