"
ABSTRAKPada penulisan tesis ini, penulis menganalisis tentang bagaimana strategi
komunikasi pemasaran berdampak pada proses transformasi suatu perusahaan,
khususnya perusahaan penerbangan Indonesia. Strategi yang dibuat selama proses
transformasi PT. Garuda Indonesia merupakan tahap-tahap yang berkelanjutan dan
berkesinambungan yang dilakukan pada tahun 2006-2010+. Penelitian ini menggunakan
teori Solomon & Elnora (2003) yang menjelaskan STP dan teori Phillip Kotler yang
menjelaskan strategi 4P dari proses strategi komunikasi pemasaran selama proses
transformasi yang dilaksanakan oleh PT. Garuda Indonesia. Hasil dari proses
transformasi tersebut kembali mengukuhkan image dari Garuda Indonesia sebagai flag
carrier dan siap untuk bersaing dalam global industry.
ABSTRACTOn the the writing of this thesis, the author analyzes about how marketing
communication strategies have an impact on the transformation process of a company,
especially Indonesian airlines. Strategy developed during the process of transformation
of PT. Garuda Indonesia was stages of a sustained and continuously conducted in 2006-
2010 +. This study uses the theory of Solomon & Elnora (2003) which describes the STP
and the theory of Phillip Kotler that explains 4Psof the marketing communications
strategy during the the transformation process conducted by PT. Garuda Indonesia.The
results of the transformation are the re-confirmed Garuda Indonesia image as the flag
carrier and ready to compete in the global industry."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013