Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53460 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
R 080.025 Uni d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, 2005
R 378.1025 UNI d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: UI-Press,
R 378.9598 Uni d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhan Irfan
"Skripsi ini mernbahas mengenai pelestarian koleksi naskah di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Penelitian ini dilakukan mulai dari pertengahan bulan September 2005 sampai pertengahan bulan Desember 2005, tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan fisik koleksi naskah, jenis jenis kerusakan, kondisi lingkungan ruang penyimpanan dan penyebab-penyebab kerusakan dari koleksi naskah di FIB UI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi terstruktur untuk mengetahui kondisi fisik koleksi naskah kuno yang ada di ruang naskah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Lembar observasi yang digunakan merupakan adopsi dari lembar observasi terstruktur yang pemah digunakan oleh Stanford University Libraries (The IRT for Conservation & Preservation, Appendix 1). Disarnping itu peneliti juga mencatat perubahan temperatur dan kelembaban udara tempat penyimpanan naskah kuno yang diukur dengan menggunakan thermohygrometer pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi fisik naskah yang berada dalam keadaan baik hanya berjumlah 47 buah naskah atau setara dengan 12,74% selebihnya kondisi naskah berada dalam keadaaan sedang berjumlah 292 buah naskah atau setara dengan 79,13% dan kondisi naskah yang berada dalam kondisi buruk berjumlah 30 buah naskah atau setara dengan 8,13% dari total naskah yang diteliti sejumlah 369 buah naskah. Survei juga menunjukkan bahwa: koleksi naskah berlubang karena terindikasi terkena serangan serangga berjumlah 311 buah naskah atau setara dengan 84,28 %, koleksi terindikasi jamur sebanyak 165 buah naskah atau setara dengan 44,74 % dan koleksi yang terindikasi terkena air berjumlah 54 buah naskah atau setara dengan 14,63 %. Untuk kondisi lingkungan tempat penyimpanan naskah menunjukkan kelembaban maksimum yang tercatat selama penelitian berlangsung adalah 26_ C dan 76 %, sedangkan suhu yang ideal bagi ruang penyimpanan berkisar antara 16 _ C sampai 21 _ C dan untuk kelembaban udara berkisar antara 40 sampai 60 %."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15024
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Nurmalasari
"Penelitian mengenai kegiatan berbagi informasi di kalangan pengajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI) dalam pengembangan ilmu dilakukan pada bulan April 2007. Tujuannya adalah untuk mengetahui kegiatan berbagi informasi di antara pengajar FIB UI dalam pengembangan ilmu yang mencakup motivasi berbagi informasi, kepada siapa berbagi informasi, media yang digunakan, jenis informasi yang dibagi, dan hambatan yang ada dalam berbagi informasi. Penelitian ini berfokus pada pengembangan ilmu di tingkat departemen karena pengelompokkan ilmu terjadi di tingkat departemen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laksmi
"The purpose of this study is to examine the information sharing activity among some lecturers at the Faculty of FIB UI in order to develope the science. Sharing information which is defined as collaboration of two individuals or more to exchange"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2008
020 VIS 10:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Asrina Meutia
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui kegiatan penyiangan yang dilakukan di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur dan wawancara. Sampel yang diambil scbanyak 4 (empat ) orang staf Perpustakaan FIB UI dan teknik sampling yang dipergunakan adalah purposive sampling. Hasil peneiitian menunjukkan bahwa kegiatan penyiangan di Perpustakaan FIB UI diadakan secara tidak teratur dan menghadapi beberapa kendala yang menyebabkan penyiangan belum dilakukan sccara optimal. Perlu dibuatnya suatu pedoman tertulis dan disosialisasikannya pedoman tersebut kepada pihak-pihak yang bersangkutan untuk meningkatkan kualitas penyiangan yang akan dilakukan di masa mendatang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15514
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Firmansyah
"Keberlimpahan informasi menyebabkan pemustaka atau pengguna mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi yang relevan dan cepat sesuai dengan kebutuhannya. Keterbatasan tersebut berupa tidak adanya waktu yang cukup untuk melakukan penelusuran secara serius atau karena belum atau tidak memiliki keterampilan dalam menelusur informasi secara online atau karena tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang informasi itu sendiri. Untuk mengatasi masalah penelusuran informasi diperlukan dasar kemampuan menelusur (basic information skill) dengan menggunakan strategi penelusuran. Ketika dalam menelusur tidak memanfaatkan fasilitas penelusuran dan strategi penelusuran online menyebabkan informasi yang didapatkan yaitu perolehan (recall) yang tinggi dan presisi (precision) yang rendah. Demikian pula dengan Dosen Inti dan Penelitian FIB UI, untuk menyelesaikan tugas dan kewajiban sebagai Dosen Inti dan Penelitian diperlukan kemampuan menelusur online secara individu. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode studi kasus, penelitian ini mencoba mengungkap kemampuan penelusuran sumber informasi online oleh Dosen Inti Penelitian FIB UI. Hasil penelitian ini berupa diperlukannya pelatihan literasi informasi atau pelatihan penelusuran sumber informasi online untuk para Dosen Inti dan Penelitian agar dapat mempunyai kemampuan penelusuran sumber informasi online, sehingga masalah penelusuran online dapat diatasai.

Information overload lead to users experiencing difficulties in obtaining relevant information and quickly according to his needs. To solve the basic problem of searching for needed information searching skills or basic information skills by using the search strategy. When the searcher does not avail the facility of online search and search strategy led to the acquisition of information obtained is of high recall and low precision. Similarly, Core and Research Lecturer Faculty Humanity UI, to complete the duties and obligations as a Core and Research Lecturer required online searching capabilities of individual. Using qualitative approach and case study methodology, the study sought to uncover the ability to search online information sources by Core and Research Lecturer Faculty Humanity UI. These results form the need for information literacy training or training for searching online resources for the core Lecturer and Research in order to have the ability to search online information sources, so the problem can be solved online search."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S59
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>