UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh Persepsi Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Pelanggan (Studi pada Fintech Lending Investree) = Effect of Public Relations Perception on Customer Loyalty Through Brand Image and Customer Trust (Study on Fintech Lending Investree)

Kevin Zaprilan Lovis; Reny Yuliati, supervisor; Hendriyani, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Citra merek dan kepercayaan pelanggan adalah hal yang penting dalam pembentukan loyalitas pelanggan. Di era persaingan bisnis yang ketat ini, loyalitas pelanggan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam membangun loyalitas pelanggan, diantaranya adalah melakukan pengelolaan citra merek yang baik dan juga menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan melalui upaya komunikasi dari public relations untuk membentuk persepsi public relations yang baik. Terlebih bagi industri fintech lending yang bergerak pada bidang keuangan dan teknologi, citra dan kepercayaan menjadi dua hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh persepsi public relations terhadap loyalitas pelanggan secara langsung dan tidak langsung melalui citra merek dan kepercayaan pelanggan pada industri fintech lending. Dengan menggunakan paradigma positivis dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan terhadap 400 sampel penelitian dengan menggunakan survei berbentuk kuesioner. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur SPSS menunjukkan bahwa persepsi public relations tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan secara langsung dan signifikan. Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persepsi public relations mempengaruhi loyalitas pelanggan secara tidak langsung melalui citra merek dan kepercayaan pelanggan secara parsial. Akan tetapi, pengaruh tidak langsung melalui citra merek lebih baik dibandingkan dengan kepercayaan pelanggan.

Brand image and customer trust are important in the formation of customer loyalty. In this era of intense business competition, customer loyalty is an important thing to focus on. Many things can be done in building customer loyalty, including managing a good brand image and also maintaining customer trust in the company through communication efforts from public relations to form a good public relations perception. Especially for the fintech lending industry that is engaged in finance and technology, image and trust are two important things that also need to be considered in shaping customer loyalty. This study aims to measure the effect of public relations perceptions on customer loyalty directly and indirectly through brand image and customer trust in the fintech lending industry. Using a positivist paradigm and a quantitative approach, this research was conducted on 400 research samples using a survey and questionnaire as data collection tools. The results of the research using SPSS path analysis show that the perception of public relations does not affect customer loyalty directly and significantly. But the results of the study also show that the perception of public relations affects customer loyalty indirectly through brand image and customer trust partially. However, indirect effect through brand image is better than customer trust.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Kevin Zaprilan Lovis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 96 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-67150024 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560677
Cover