Sebagai perusahaan BUMN, PT KAI bertanggung jawab dalam melaksanakan nilai utama BUMN dan public
service obligation (PSO). Selain itu, adanya persaingan dalam industri transportasi menjadi tantangan bagi PT
KAI untuk bisa mempertahankan loyalitas pelanggan. Penerapan strategi electronic customer relationship
management (E-CRM) merupakan strategi yang dapat digunakan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
Dalam melihat fokus tersebut, analisis ini akan menggunakan sepuluh faktor nilai E-CRM yang dapat diterapkan
oleh perusahaan dan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, antara lain customization (kostumisasi),
interactivity (interaktivitas), cultivation (pengolahan), care (perawatan), choice (pilihan), online community
(komunitas online), convenience (kenyamanan), personalization (personalisasi), site security (keamanan situs),
dan rewards (penghargaan). Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah studi literatur dan konten
analisis. Berdasarkan temuan dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa PT KAI telah menerapkan sepuluh
faktor nilai E-CRM sebagai upaya untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
As a state-owned enterprise (SOE), PT Kereta Api Indonesia (KAI) is responsible for upholding the core valuesof SOE and fulfilling public service obligation (PSO). Furthermore, the existence of competition within thetransportation industry presents a challenge for PT KAI in maintaining customer loyalty. The adaptation ofelectronic customer relationship management (E-CRM) strategies serves as an approach to sustain customerloyalty. Through this focus, this analysis will utilise ten E-CRM value factors applicable to the company thatpositively influence customer loyalty, including customization, interactivity, cultivation, care, choice, onlinecommunity, convenience, personalization, site security, and rewards. The research method used in this study is aliterature review and content analysis. Based on the findings of this study, it can be concluded that PT KAI hasimplemented all ten E-CRM value factors as an effort to maintain customer loyalty.