ABSTRAKTugas akhir ini membahas mengenai pembangunan citra merk pada perusahaan jasa aktuaria yang telah memiliki segmen dan posisi di industrinya. Pembangunan citra merk perusahaan dirasakan penting karena ketika suatu perusahaan menjual produk dan pelayanan, maka citra memainkan peranan penting dalam mendukung usaha penjualan perusahaan tersebut. Terlebih lagi, perusahaan belum pernah mengiklankan usahanya, sehingga publik belum memiliki citra mengenai perusahaan, kecuali klien yang pernah menyewa jasanya.
Atas dasar tersebut, maka pembangunan citra perusahaan jasa aktuaria ini menjadi penting, agar publik mempunyai sikap yang positif terhadap perusahaan. Ada banyak cara untuk membangun citra merk perusahaan, dua diantaranya adalah dengan iklan dan Brand Publicity. Saat ini, perusahaan telah menentukan segmen dan posisinya di pasar. Oleh karena itu, pada pembuatan iklan didahului dengan mensurvey segmen yang dituju perusahaan, untuk mencari ciri-ciri target pasar, misalnya kebutuhan dimiliki, dan media yang biasa diakses. Setelah itu, barulah dapat dirancang corporate advertising yang sesuai dan dapat menyampaikan pesan kepada publik, khususnya calon konsumen dari perusahaan.
Setelah rancangan selesai dibuat, maka perlu diuji apakah citra yang ditangkap calon konsumen dari iklan sudah sesuai dengan keinginan perusahaan. Untuk itu perlu diadakan semacam survei yang akan membahas sikap dan opini mereka mengenai perusahaan dan rancangan iklan yang telah dibuat, sehingga dapat diperoleh masukan-masukan yang dapat digunakan untuk menyempurnakan rancangan iklan.