Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Relasi antara korporasi dengan komunitas lokal pada industri tambang, minyak, dan gas mengalami banyak perubahan
sejak reformasi politik (1998) dan digulirkannya Undang-Undang Otonomi Daerah (1999 dan 2004). Gejala utama yang
mengemuka dalam perubahan ini adalah maraknya peristiwa konflik, diperkirakan hampir seluruh korporasi besar
tambang dan migas menghadapi masalah dengan komunitas lokalnya. Berdasarkan sejumlah penelitian lapangan
sebelumnya, anatomi konflik secara analitik dapat dipetakan dalam tiga dimensi, yakni dimensi sebab, dinamika, dan
resolusi konflik. Dimensi sebab mencakup variabel perubahan politik, ketimpangan, eksploitasi, dominasi,
pemberdayaan dan tekanan demografi, serta ekonomi; dimensi dinamika meliputi fluktuasi, eskalasi dan bentuk konflik,
itensitas, peran aktor dan lembaga, serta karakter budaya komunitas; dan dimensi resolusi mencakup kontrak sosial
lama dan kontrak sosial baru. Dengan model ini secara empirik dikaji kasus konflik antara korporasi dengan komunitas
lokal di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hasil studi menunjukkan adanya pola berkenaan
dengan signifikan-tidaknya sebab konflik, tinggi-rendahnya dinamika konflik, signifikan-tidaknya resolusi konflik, dan
secara keseluruhan menunjukkan tiga dimensi konflik ini saling berhubungan dalam proses konflik.

Abstract
Relationship between corporation and local community in mining and oil industry in Indonesia has changed
significantly since political reform (1998) and the enactment of regional autonomy (1999 and 2004). Social conflicts
arouse as main symptom of such changes, that almost all corporations had common problems in their relationship with
local communities. Based on previous studies, the anatomy of conflicts can be elaborated into three dimensions: causes,
dynamics and resolution of conflict. Cause of conflict includes variables of political reform, inequality, exploitation,
domination, empowerment, demographic and economic pressure; dimension of dynamics includes variables of
fluctuation, escalation and type of conflict, role of actor and institution, and local cultural characteristics; and dimension
of resolution consist of variables of old and new social contracts. With this framework this study analyses empirically
the conflict between corporation and local community in Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, West Java. The
results indicate that there is a pattern of significance of causes, dynamics and resolution of conflicts, which is in general
reveals a relation among dimensions of conflict."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2010
UI-MASOSHUM 14:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Dwi Heryudha Iryawan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas strategi dan implementasi komunikasi eksternal organisasi pada program Peningkatan Kualitas Pengetahuan Pasangan Usia Subur dan Wanita Usia Subur tentang Informasi Kependudukan dan KB. Program tersebut diharapkan berdampak pada perubahan perilaku pasangan tersebut untuk menggunakan kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi strategi dan implementasi program yang dilakukan untuk tercapainya tujuan. Evaluasi ini meliputi evaluasi perencanaan, pelaksanaan dengan model sembilan langkah perencanaan strategis untuk PR. Tahap evaluasi implementasi, dilengkapi analisis faktor penyebab perubahan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan pada evaluasi perencanaan, analisis formatif yang dilakukan tidak maksimal. Strategi yang digunakan adalah kinerja organisasi. Hasil evaluasi pelaksanaan menunjukkan implementasi rencana strategis sesuai dengan dengan hasil analisis faktor penyebab perubahan perilaku pada masyarakat, meskipun dalam implementasi ditemukan hambatan.

ABSTRACT
This study discusses the strategy and implementation of the organization's external communications in the program of Quality Improvement of Knowledge on Eligible Couples and Women of childbearing age in the Information of Population and FP. The program is expected to have an impact on behavior change such couples to use contraception. This study aimed to evaluate the implementation of strategies and programs undertaken in support of the achievement of goal. This evaluation includes evaluation of the planning, implementation with a nine-step model of strategic planning for PR. Evaluation phase of implementation, include a factor analysis of behavioral change. The evaluation planning showed, formative analysis performed was not optimal. The strategy used is the performance of the organization. The evaluation of the implementation indicate that the strategic plan implementation is in accordance with the results of the analysis of the causes of behavior change in the community, despite the implementation of the constraints found."
Jakarta: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
T41833
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutajulu, Victrin Christy Marhasak Partogi
"Program Corporate Social Responsibility menjadi fokus dalam penelitian ini. Secara khusus penelitian ini meneliti mengenai strategi komunikasi yang dijalankan oleh organisasi dalam upaya pencapaian objektif formal dari program CSR. Teori yang menjadi pedoman dalam penyusunan tesis ini adalah The Management Strategic yang dikemukakan oleh Grunig (1992). Grunig menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan dari organisasi maka perlu dilakukan tujuh langkah yang dilakukan secara bertahap yaitu analisis stakeholders, analisis pubik, analisis isu, menyusun objektif formal, perencanaan, implementasi dan evaluasi.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Unit observasi dalam penelitian ini adalah CCFI, SBS dan ketiga target sasaran PerpuSeru, yaitu perempuan, pemuda dan pengusaha Usaha Kecil Menengah. Pengamatan yang hanya didasari kedekatan latar belakang budaya tidak cukup untuk memahami karakteristik target sasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa memahami target sasaran menjadi kunci utama keberhasilan sebuah program.

The Corporate Social Responsibility program is the focus of this study. Specifically, this study examines the communication strategies undertaken by the organization in achieving the objective of formal CSR programs. Theories that guide in the preparation of this thesis is The Managemen Strategic by Public Realtion proposed by Grunig (1992). Grunig states that to achieve the goals of the organization, it is necessary to seven steps undertaken in stages: analysis of stakeholders, pubic analysis, issue analysis, establish a formal objective, planning strategy and tactics, implementing strategic and tactics and evaluate the impact of the strategy and tactics.
The methodology used in this study is a qualitative methodology to approach the description. The unit of observation in this study is CCFI, SBS and strategic publis of PerpuSeru, namely women, youth and entrepreneurs. Observations were only based on the proximity of cultural background is not enough to understand the characteristics of the target. This study concludes that the target understands the key of the success of a program.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41846
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The paper in essence aims to highlight the transformation of state character in Indonesia as a result of globalization. The framework of analysis employed to highlight the transformation is through comparing the concept of nation-state and that of market-state. The paper argues that in terms of character the concept of nation-state has been slowly removed from policy making and in place of it the concept of market-state has gained more currency. "
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2010
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Irwansyah
""Mudik" adalah kegiatan orang yang pulang ke kampung halaman mereka. Kegiatan ini berhubungan dengzn tradidi tahunan untuk merayakan Lebaran setelah puasa Ramadhan sebulan. Pada saat itu, ada kesempatan untuk berkumpul bersama orang tua, keluaega besar, dan tetangga yang juga melakukan perjalanan dari kampung halaman mereka dan bekerja secara berbeda pada wilayah imigran. Sejak "Mudik" menjadi acara yang penting, saat ini, ada tren individu, kelompok, komunitas, perusahaan, dan pemerintah untuk meminta dan menggiatkan boro orang daerah imigran umtuk berpartisipasi pada kegiatan "pulang ke kampung halaman" ("mudik bareng"). Banyak cara promosi dan publikasi yang digunakan baik dari media konvensional seperti poster, pamflet, banner jalan, termasuk meeia masa, dan media baeu seperti Facebook dan Twotter. Penelitian ini berfokus tentang bagaimana alat teknologi komunikasi dimanfaatkan tidak hanya untuk promosi atau program publik tapi juga menggerakkan orang-orang. Tulisan ini berfokus pada bagaimana komunitas kampung Pule di Jakarta menggdrakkan anggota kelompok mereka untuk program tersebut dengan mengginakan teknologi komunikasi handphond. Kajian ini menggunakan beragam jenis, sentralitas, dan eigen yang didasari pada analisis jaringan osial untuk menggambarkan jaringan teknologi komunikasi hanphone diantara anggpta kelompok. Analisis jaringan sosial bertujuan untuk mengidektifikasi tingkat perusahaan dan kordinasi dari komunitas kepemimpinan yang disentralisasikan, dan diidentifikasi jaringan kohesi dan integrasi. Sementara, sentraliti dari analisis jaringan sosial memilimi keobjektifan untuk mengidentifikasi komunitas kepemimpinan dari jaringan dan untuk mengobservasi akses dan kontrol terhadap jaringan. Selain itu, eigen dari analisis jaeingan sosial digunakan untuk mengidentifikasi pengaturan tokoh jaringan yang memiliki aturan jaringan yang sama. Penelitian ini menemukan bahwa walaupun teknologi komunikasi handphone sulit digunakan diantara anggota. Komunitas kepemimpinan masij mementingkan bagian populer dan pengaruh pemimpin untuk menggerakan anggota kelompok komunitas pada acara spesial seperti acara "Mudik".

"Mudik" is the activity of boro people which is going back to their villages. This activity is related to annual tradition to clebrate Eid ul-Fitr ("Lebaran") after fasting ("Ramadhan") month. At that time, there is an opportunity to gather with parents, extended families, and neighbours which have also traveled from their village and worked diversely at the migrant regions. Since "Mudik" is important event, nowadays, there is a trend of individuals, groups, communities, companies, and government to ask and encourage boro people at migrant areas to participate in "going back to village together" ("mudik bareng") program. Most of the ways of program promotion and publication ised both conventional media such as poster, phamplet, (street) banner, including mass media, and new media including facebook and twitter. This study focused on how communication technology tool utilized not only to promote or publicize the progra, but also to mobilize boro people. This study focused on how one of boro communites from Pule village at Jakarta mobilize their own group members to the program using communication technology of cellular ohone. The study used density, centrality, and eigenvalue based-social network analysis (SNA) to depict the communication technology network of cellular phone among the group member of boro community. The density of SNA aimed to identify level of corporation or coordination of community leadership decentralized, and identified the cohesion and integration of network. While, the centrality of SNA had an objective to identify the community leadership of network and to observe the access and control toward the network tool. FUurthermore, the eigenvalue of SNA was used tp identify the set of network actors which have the same role at the network. This study found that although the communication technology of cellular phone were heavily used among members. The leadership of community was still important part both as a popular and an influential leader to mobilize group member of community in special event such as "Mudik" Program."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2012
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Suzie Sri Suparin S. Sudarman
"ABSTRAK
The discussion of regional leadership in South East Asia tends to be dominated by analysis of the relationship between the United States and China. Looking beyond great power competition this paper examines Indonesia`s perception of China in Southeast Asia. This is worth studying because Indonesia is the largest country in Southeast Asia and has its own aspirations of regional leadership.
This paper analyses how China`s leadership is perceived by the Indonesian government and national media through a content analysis of government documents and media reports from 2008-2015. This
paper argues that overall China had been portrayed positively by both the Indonesian government documents and media. However, despite this positive portrayal of China, concerns regarding Beijing?s leadership aspirations in SEA continues to have an impact on Indonesian policy. Concerns include the impact of China?s trade policies upon Indonesia`s economy, the potential use of joint port infrastructure projects under China`s 21st Century Maritime Silk Road program for military purposes,
and Beijing`s territorial claims which overlap with Indonesian territory. This concern has manifested in an Indonesian hedging strategy regarding China. This strategy includes the introduction of Indonesia?s Maritime Axis initiative and the militarisation of Indonesian territory adjacent to the South China Sea. It is therefore apparent that while China is, on the surface, perceived positively there are areas of potential tension which continue to affect Indonesia`s decisions and actions."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Suzie Sri Suparin S. Sudarman
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia],
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Suzie Sri Suparin S. Sudarman
"ABSTRAK
This article will focus specifically on US foreign policy implications of the creation of a public diplomacy network in Indonesia and the views that are commonly expressed with regard to US interaction with Indonesia. By studying the attributes of each discourse the study has been able to determine the contrast between the networks that supported the Embassy messaging strategies and the dominant networks that were untouched or remained resistant towards the US Embassy influence attempts in Twitter cyber space by lndonesian Tweeps. The study has focused on the unfolding relationship placed in a spatial and temporal context."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia],
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Elkhaira Zulkifli
"Mempertimbangkan kesuksesan film musikal Disney seperti The Little Mermaid, yang memulai Renaisans mereka dalam musikal animasi, dan musikal panggung terkenal seperti Wicked, yang masih berlangsung sejak dibuka pada tahun 2003, artikel ini menguraikan fungsi lagu dalam narasi musikal, baik di atas panggung maupun di bioskop. Memanfaatkan teori lagu diegetik dan non-diegetik dalam musikal (Plemenitaš, 2016), paradigma naratif, selain menonton musikal, makalah ini akan mempelajari bagaimana musik akan beresonansi dan mendukung alur cerita. Selain itu, artikel ini juga akan membedah adaptasi musikal dari panggung ke film dan bagaimana bentuk seni yang berbeda memiliki tantangan unik dalam menyajikan plotnya. Artikel ini mengeksplorasi mengapa penyertaan musik mengangkat aspek penceritaan, seperti pengulangan melodi dalam sebuah lagu.
Considering the notable success of Disney film musicals such as The Little Mermaid, which started their Renaissance in animated musicals, and acclaimed stage musicals like Wicked, which is been ongoing since its opening in 2003, this article elaborates on the function of songs in the narrative of a musical, both on stage or in cinema. Utilizing the theory of diegetic and non-diegetic songs in musicals (Plemenitaš, 2016) and, the narrative paradigm, alongside watching musicals, this paper will study how music resonates and supports the storyline. Moreover, this article will also dissect the adaptation of musicals from stage to film and how the different art forms have unique challenges in presenting the plot. This article explores why the inclusion of music elevates the storytelling aspect, such as melodic repetition in a song."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Evania Maharani Setiowati
"Hubungan emosional muncul sebagai pendorong terkuat untuk membeli barang yang berhubungan dengan idola K-Pop favorit mereka. Tan Xuan Ni (2023) menemukan bahwa respons emosional dan kognitif yang kuat mendorong niat membeli barang idola yang lebih tinggi. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh hubungan emosional ketika idola K-Pop ditunjuk menjadi duta merek terhadap perilaku pembelian terhadap produk atau layanan yang didukung, di Asia Tenggara, dengan fokus di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Peran idola K-Pop sebagai duta merek berdampak signifikan terhadap perilaku pembelian. Kusumawardhany dan Karya (2024) menyoroti bahwa kesukaan dan daya tarik idola K-Pop menjadikannya alat periklanan yang kuat, sehingga meningkatkan penjualan produk yang didukung. Temuan ini didukung oleh Kirana (2021), yang mencatat bahwa peluncuran produk terkait secara terus-menerus meningkatkan efek idola, sehingga meningkatkan antusiasme dan loyalitas konsumen dalam fandom. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, yaitu analisis dan evaluasi kritis terhadap penelitian-penelitian yang sudah ada dan berhubungan langsung dengan topik yang dituju. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan emosional dan kolektibilitas duta merek mendorong pembelian merchandise K-Pop di Asia Tenggara, memberikan pemahaman komprehensif tentang interaksi antara emosi konsumen dan strategi pemasaran dalam konteks budaya yang unik ini.
Emotional connection emerges as the strongest driver, with consumers expressing a greater intent to purchase items related to their favorite K-Pop idols. Tan Xuan Ni (2023) found that strong emotional and cognitive responses drive higher purchase intentions for idol goods. This study explores the influence of emotional connection when K-Pop idols are appointed to be a brand ambassador on purchasing behavior towards products or services endorsed, in South-East Asia, focusing on Indonesia, Malaysia and Thailand. The role of K-Pop idols as brand ambassadors significantly impacts purchasing behavior. Kusumawardhany and Karya (2024) emphasized that the attractiveness and charm of K-Pop idols render them influential marketing instruments, enhancing the sales of sponsored merchandise. As Kirana (2021) found, the regular introduction of related products intensifies the idol effect and increases fanbase enthusiasm and loyalty. The approach used is a literature review, which means carefully assessing and analyzing earlier studies that have a direct bearing on the chosen topic. Clarifying how collectability of brand ambassadors and emotional connection affect K-Pop product purchases in South East Asia is the aim of this study. It attempts to provide a thorough knowledge of how, in this particular cultural setting, consumer emotions and marketing tactics interact."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>