Ditemukan 75 dokumen yang sesuai dengan query
Shaby Hanifa Dwinanda
"
ABSTRAK
Skripsi ini berisi tentang kajian mengenai bagaimana informasi spasial pada ruang virtual 3D video game yang merupakan unfamiliar environment dapat memfasilitasi wayfinding yang dilakukan pemain di dalamnya. Pendekatan studi kasus dilakukan dengan cara mengalami langsung wayfinding dalam ruang virtual 3D video game, dan menganalisis informasi spasial yang diterima di sepanjang perjalanan berdasarkan teori. Akhirnya ditemukan bahwa informasi spasial dapat memfasilitiasi wayfinding dengan variasi jenis informasi spasial yang diterima sehingga dapat memenuhi goal tertentu. Selain dari ...
"
2016
S63526
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fayadiva
"
ABSTRACT
Wayfinding merupakan suatu kegiatan oleh manusia dalam memilih jalur untuk mencapai tempat tujuannya. Proses wayfinding akan bergantung kepada bagaimana sebuah lingkungan dapat terbaca dengan jelas bagi penggunanya. Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara peran citra dan konfigurasi ruang yang terkait dengan fungsi dan strategi yang digunakan dalam wayfinding. Studi kasus dengan beberapa responden di sebuah pusat perbelanjaan dilakukan untuk memahami lebih lanjut mengenai hubungan peran citra dan konfigurasi dalam wayfinding. Dari hasil studi kasus dapat ...
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noor Fajrina
"
Ruang belanja terbentuk oleh display dan perilaku belanja. Display sebagai bagian dari arsitektur ritel merupakan sarana yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini display bukan hanya berupa produk yang ditata dan diperlihatkan dalam ruang belanja namun sebagai satu kesatuan ruang yang membentuk fungsi tersendiri. Display dialami melalui perjalanan belanja. Perjalanan belanja akan menjadi berbeda apabila dilakukan dalam keluarga secara bersama karena setiap anggota keluarga yaitu, anak, ibu, dan ayah memiliki variasi dalam perilaku ...
"
Jakarta: Universitas Indonesia, 2012
S42458
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Putra Alit Djarot
"
Diagram dalam arsitektur digunakan ketika sifat tidak berwujud dari objek nyata tidak dapat ditetapkan dalam bentuk grafis. Beberapa diagram arsitektur memiliki kemiripan dengan notasi musik, bahkan meminjam pemahaman dari notasi musik. Diagram arsitektur dan notasi musik memiliki keterkaitan, di mana keduanya merupakan sesuatu yang belum dan akan direalisasikan. Dalam skripsi ini akan dibahas mengenai pembacaan properti notasi pada diagram arsitektur. Sebagaimana semua notasi adalah diagram, tetapi tidak semua diagram bekerja secara notasional.
Skripsi ini menyimpulkan bahwa ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sarah Marciana Indriani
"
ABSTRAK
Skripsi ini membahas penggunaan tipe dan tipe ?lain? dalam sebuah rancangan
arsitektur. Kehadiran tipe dalam dunia arsitektur kerap membuat arsitek terlalu terikat
dan terbatas kreativitasnya. Tipe muncul sebagai ringkasan hasil pembelajaran
terhadap solusi-solusi masalah yang muncul sebelumnya dan berulang sepanjang
sejarah. Solusi generik ini dianggap oleh arsitek modern sebagai standar, sedangkan
tipe ?lain? merupakan hal yang berada di luar standar. Tipe ?lain? sebagai oposisi dari
tipe ingin menunjukkan bahwa tanpa standar, sebuah rancangan arsitektur akan
menjadi lebih baik dan bermakna. Namun hasil ...
"
2015
S60692
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Annisa Dyah Lazuardini
"
ABSTRAK
Lingkungan multisensori dapat dimanfaatkan untuk terapi kemampuan indra berbagai penyakit, salah satunya cerebral palsy. Stimulasi yang dihadirkan lingkungan multisensori dapat melatih proses multisensori sekaligus menciptakan ruang yang nyaman untuk dieksplorasi penderita cerebral palsy dalam kekurangan indra dan motoriknya. Kebutuhan penderita cerebral palsy akan dianalisis dan diperbandingkan dengan stimulasi yang hadir pada dua kasus yang diambil: Mohawk College Multisensory Lab dan Sensory Space. Melalui analisis ini dapat dipahami bahwa stimulasi dari elemen ruang multisensori berupa suasana ...
"
2015
S60084
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marita Fitriyanti
"
ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan memahami ide penjara di dalam film sebagai uncanny space. Uncanny merupakan kondisi ketika terkuaknya sesuatu yang tersembunyi. Penguakan tersebut menciptakan kondisi perubahan dari familiar menjadi unfamiliar. Pembahasan mencakup kondisi uncanny di dalam arsitektur maupun di dalam film. Kemudian dilakukan studi kasus melihat representasi penjara di dalam film fiksi The Shawshank Redemption dan Starred Up yang menceritakan kehidupan di dalam penjara. Hasil pengamatan pada studi kasus mengemukakan kualitas-kualitas di dalam film yang ...
"
2016
S64217
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amanda Larissa M.S.P.
"
Penulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana sebuah lingkungan interior dapat menghadirkan kualitas spasial yang menciptakan kontrol terhadap pergerakan (movement) dalam konsep continuous interior. Proses pemahaman ini ditelusuri melalui studi mengenai pembentukan sistem persepsi yang melibatkan fungsi sensori dan gerak tubuh.
Studi kasus dilakukan dengan melakukan penelusuran terhadap lingkungan interior melalui perspektif penyandang low vision. Ketidakoptimuman fungsi sensori visual terkait persepsi ruang, berdampak pada kesulitan berorientasi dan bernavigasi.
Studi terhadap penelusuran memberikan temuan bahwa beberapa perlakuan terhadap elemen-elemen ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65351
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nadya Azalia
"
ABSTRAK
Sebagai pengguna tangan kiri, saya menyadari banyaknya proses adaptasi yang saya lakukan dalam mengalami ruang yang dibentuk berkebalikan mengikuti kebutuhan pengguna tangan kanan. Pengguna tangan kiri dianggap berbeda dan berseberangan langsung dengan pengguna tangan kanan dalam arsitektur keseharian. Tubuh pengguna tangan kiri berperan sebagai bagian dari susunan ruang singular dan plural. Susunan ruang tersebut dapat dibaca secara mendalam melalui pendekatan mikroanalisis dan makroanalisis melalui mathematical space yang rigid dan experiential space yang fleksibel. Perbedaan cara ...
"
2016
S63195
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Khodijah Salimah
"
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang anak autis yang mengalami permasalahan pada
penerimaan dan pemrosesan integrasi sensori. Permasalahan ini dapat di-treatment
dengan penyesuaian pada pengalaman sensori dan integrasinya melalui aspek
arsitektural berupa penyesuaian atribut sensori dan narasi sequence. Penanganan ini
juga dapat dilakukan melalui game komputer. Skripsi ini menganalisis game Rufus
Goes to School dan keterkaitan aspek arsitektural tersebut dengan ruang game. Atribut
sensori visual hadir melalui representasi game komputer dengan treatment sensori
secara spesifik. Sedangkan narasi sequence diciptakan dari sifat yang muncul dalam
assigned ...
"
2016
S64015
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library