Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Audentya Widoretno
"Skripsi ini membahas mengenai peran teknik visualisasi terhadap kemungkinan ruang yang terbentuk di dalam film. Arsitektur dan film merupakan dua disiplin ilmu yang dapat dikaitkan bila berbicara mengenai ruang, waktu dan perpindahan. Film sebagai media yang memungkinkan seseorang untuk merancang ruang tanpa batas, yang kemudian membuat jelas bahwa ruang dan waktu menjadi sesuatu yang dapat dimanipulasi. Tulisan ini mengacu pada pernyataan arsitektur dan film sama-sama menghasilkan ruang untuk dihidupi (lived space) demi pemahaman ruang apa yang dihidupi di dalam film. Skripsi ini juga membahas mengenai narasi sebagai unsur pembentuk ruang yang bercerita dan pengaruh memori serta mimpi dalam pembentukkan persepsi seseorang akan ruang.

This thesis discusses the role of visualization techniques towards spatial possibilities formalized in film. Architecture and film are two disciplines that can be linked when we talking about space, time, and movement. Film as a medium allows one to design a space without boundaries, which then makes clear that space and time manipulable materials. This thesis refers to a statement about architecture and film that both of them produce lived space. This thesis also discusses narration as an element of spatial production that can narrate a story (narrative space) and influence the formation of memory and dream on forming one's perception of space."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57679
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdullah Muhammad Taqy Arraihan
"ABSTRAK
Penulisan skripsi ini merupakan bentuk kritik terhadap buku Ketukangan: Kesadaran Material yang ditulis oleh Tim Kurator Paviliun Indonesia sebagai hasil dari keikutsertaannya dalam Pameran Arsitektur Internasional Ke-14 – La Biennale di Venezia. Pembahasan mencakup ketukangan di Indonesia dan perjalanannya dalam kurun waktu seratus tahun yang bersinggungan dengan modernisasi yakni terkait dengan singularitas, kemajuan teknologi – industrialisasi, dan kapitalisme.

ABSTRACT
This essay is critic on Craftsmanship: Material Consciousness a book written by Indonesian Pavilion Curatorial Team for its participation in The 14th International Architecture Exhibition – la Biennale di Venezia. The research is about craftsmanship in Indonesia and its experiences in a hundred years encountering modernity, in relationship with singularity, technology-industrialization, and capitalism.
"
2015
S60297
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dic Fla Vidya Kriss Tanny
"Arsitektur dan proses pembuatan roti baking terdengar seperti dua dunia yang berbeda. Namun ternyata pembentukan ruang menjadi kunci penting dalam proses pembuatan roti. Ruang-ruang yang terbentuk dalam proses pembuatan roti terjadi secara alami dan menjadi struktur dalam rigiditas roti. Tugas akhir ini mencoba untuk memandang transformasi yang terjadi pada proses pembuatan roti baking dari kacamata arsitektur. Dengan melakukan pemahaman mengenai bagaimana setiap elemen material berperan dalam transformasi ruang yang terjadi. Studi ini bertujuan untuk memahami, merekam dan mencari potensi untuk mengontrol pertumbuhan ruang yang terjadi secara mandiri namun ternyata memiliki elemen kontrol.

The architecture and the baking process sound like two different worlds. But it turns out the formation of space becomes an important key in the process of making bread. The spaces formed in the baking process occur naturally and become structures in bread rigidity. This final project tries to look at the transformation that occurs in the baking process from the architectural view. By understanding how each material element plays a role in the transformation of space. This study aims to understand, record and seek the potential to control the growth of space that occurs independently but apparently has a element of control."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Putra Pamungkas
"Tulisan ini membahas bagaimana fotografi bisa dijadikan media pembelajaran arsitektur Fotografi adalah salah satu media representatif bagi arsitektur karena sifatnya yang dapat dipahami seperti sebuah teks Saya melihat kemampuan sebuah foto sebagai elemen generatif keruangan Tulisan ini membahas bagaimana fotografi bisa dijadikan media pembelajaran arsitektur. Fotografi adalah salah satu media representatif bagi arsitektur, karena sifatnya yang dapat dipahami seperti sebuah teks. Saya melihat kemampuan sebuah foto sebagai elemen generatif keruangan. Di sini, saya membuat diagram yang saya awali dari foto ke dalam bentuk denah dan pemodelan tiga dimensi. Saya menganalisis studi kasus melalui pendekatan arsitektur interior, pemahaman fotografi, hingga persepsi.

This paper discusses how photography can be used as a media for architectural study. Photography can serve as a representative media for architecture, as it can also be understood just as a text. Here I see how photographic works can be a spatial generative element in architecture. I convert photos into diagrams, in the forms of floor plans and three-dimensional modelling. Analysis of the case study is done using approaches of interior architecture, photographical understanding, and the theory of perception."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57690
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasrudin Yan Wijaya
"ABSTRAK

Arsitektur bukan hanya persoalan gambar, bangunan, atau bentuk semata, melainkan juga manusia dan bagaimana manusia hidup. Sebuah novel berjudul Metro 2033 menceritakan bagaimana kehidupan manusia ketika harus dilanjutkan di stasiun-stasiun bawah tanah (metro) karena keadaan di atas tanah yang tidak mungkin dilakukan aktivitas karena radiasi nuklir, sebagai dampak dari perang nuklir. Tulisan ini akan membahas bagaimana faktor-faktor seperti perubahan cara hidup, affordance, dan sense of place mempengaruhi manipulasi ruang yang dilakukan di metro, yang tidak dirancang untuk keperluan pertahanan atau untuk melanjutkan kehidupan manusia, agar mampu melanjutkan kehidupan manusia yang berlindung di dalamnya.


ABSTRACT

Architecture isn’t all about drawings, buildings, or shapes, but is also about human and how human lives. A novel titled Metro 2033 tells a story of how mankind must continue their live inside a metro because the surface condition, caused by nuclear radiation as an effect of a nuclear war, renders activities impossible to occur. This paper analyzes how factors such as changes of the way one lives, affordance, and sense of place affect how metro, which is not designed for sheltering or living purposes, is manipulated in such ways so as to enable it to sustain the human’s life taking shelter in it.

"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fariz Hirzan
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas inflection sebagai metode produksi ruang potensial dari
proses modulasi fabrikasi digital. Walau berpotensi, ruang negatif sebagai hasil
dari inflection saat ini hanya dianggap sebagai residu dari hasil pemotongan.
Untuk itu, studi terhadap penggunaan ruang negatif sebagai inflection dari
pembentukan ruang positifnya saya lakukan. Saya menemukan bahwa
keterhubungan antara permukaan ruang positif dan negatif dari proses modulasi
fabrikasi digital dapat dimanfaatkan untuk memproduksi ruang baik sebagai satu
sistem ataupun dua objek yang berbeda. Walau saat ini efisiensi lebih
diprioritaskan dalam proses modulasi fabrikasi digital, bukan tidak mungkin
inflection dapat dimanfaatkan sebagai metode merancang yang tidak
menghasilkan residu sama sekali. Inflection memberikan sebuah perspektif baru
terhadap penggunaan material lembaran.

ABSTRACT
This paper presents inflection as a potential method for space production from
digital fabrication modulation process. Despite this potential, negative space as a
result of inflection is still merely considered as cutting leftovers. A study about
applications of negative space as the inflection of positive space creation is
therefore conducted. As a conclusion, I found that the relationship between
positive and negative space surface from digital fabrication modulation process
could be used to produce space either as a system or two different objects.
Although the notion of efficiency still holds priority in digital fabrication
modulation process these days, it?s possible that inflection can be used as a design
method that might not produce leftover at all. Inflection gives a new perspective
to the possible use of sheet materials"
2015
S60178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harishazka Fauzan
"ABSTRAK
Kemunculan Anamorphic Art tercatat pada sejarah yang tertuang pada Codex Atlanticus 1485 , sebagai sebuah cara lain untuk membuat suatu karya seni visual dengan satu sudut pandang tertentu. Eksplorasi seniman dengan metode ini sudah terjadi sejak jaman Renaissance, dalam bentuk lukisan fresco di langit-langit gereja St. Igantius-nya Andrea Pozzo, hingga Felice Varini saat ini.Anamorphic Art bisa dilibatkan dan akan menjadi suatu pengalaman ruang tersendiri apabila diterapkan di dalam ruang interior. Skripsi ini mencoba untuk mengulas pengalaman ruang interior yang tercipta oleh elemen ruang yang berasal dari karya Felice Varini. Dengan melakukan perbandingan dalam studi kasus akan didapatkan faktor apa saja yang mempengaruhi karya Felice Varini untuk dapat menghasilkan pengalaman ruang yang tidak biasa.

ABSTRACT
The emergence of Anamorphic Art is recorded in the Codex Atlanticus 1485 , as a method to create visual artworks based on a particular point of view. Varioud artists have been experimenting with this method, from the time of the Renaissance, in the form of frescoes on the ceiling of the Church of St. Igantius by Andrea Pozzo, to Felice Varini in the contemporary era.Anamorphic Art could be utilized and could offer a different experience when applied in interior space. This thesis attempts to describe the experience of interior space created by the elements of Felice Varini rsquo s works. By doing comparative case studies, factors that affects particular spatial experience in Felice Varini rsquo s works will be obtained. "
2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Aditama Fikri
"Sebuah substansi bernama Sikadelik yang dapat mengalterasi persepsi input indra ditemukan banyak berdampak kepada keadaan psikologis pengguna. Banyak ditemukan laporan mengenai perubahan-perubahan psikologis kepada pengguna sikadelik. Diantaranya adalah persepsi tentang kematian yang dapat diterima oleh pasien pengidap kanker dimana pasien sadar bahwa kematian adalah 'bagian dari proses kehidupan' setelah dilakukan pengujian, ditemukan tingkat kecemasan dan rasa tertekan berkurang setelah satu sesi penggunaan. Ditambah contoh lain adalah tentang bagaimana efek meningkatnya kreatifitas setelah menggunakan substansi. Tugas akhir ini mencoba untuk mengeksplor wujud ruang dari keadaan fisik, mental, emosi, dan spiritual seseorang ketika sedang dalam pengaruh substansi sikadelik, dan data yang ditemukan akan diterjemahkan sebagai program penyembuhan mental. Studi ini dilakukan untuk melihat sebuah potensi dari ruang yang muncul dari dalam pikiran menjadi wujud terbangun, secara fisik, maupun secara program.

A substance called Psychedelic that able to alter perception of the sense has found to affect its user's psychology. Many of the report about changes in behavior of its users. Some of them are how the user perceives death on cancer patient, accepting death as 'part of life processes' after given some tests, the user is reported to have lower level of anxiety and depression. Another example is how the substance increases the creativity from its user after taken some dose of the substance. This final project tried to explore spatial context from physical, mental, emotional, and spiritual state of user when under the effect of psychedelic. Thus, the data collected would be translated into a mental healing program. This study is done to look at the spatial potential that comes from the mind into build forms, physically and programmatically."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Isma Ghani
"Berkembangnya tren film dengan genre superhero beberapa tahun terkahir ini menyebabkan tumbuhnya ketertarikan terhadap tokoh superhero dari barat yang muncul pada film-film tersebut. Bagi orang awam, mungkin film-film tersebut dilihat sebagai sumber awal dari munculnya para superhero tersebut, namun pada kenyataannya para superhero tersebut sudah muncul dari beberapa decade yang lalu melalui media komik. Tugas akhir ini menjadikan buku komik sebagai subjek utama, lebih spesifiknya adalah buku comic DC Comics untuk dilihat berbagai komponennya yang menjadi daya tarik sebagai sebuah media kreatif. Pendalaman dari buku komik ini kemudian akan dibawa ke dalam sebuah arsitektur yang dibangun dari segala aspek yang ada dari komik itu sendiri.

The spread of trend with the superhero genre-based movies in recent years triggered the curiousity for these specific superhero characters that appeared on those movies. For a newcomers, these movies might be seen as the origin of the appeared characters, while in fact that they have been around for centuries in a form of a comic books. This final project take comic book, DC Comic comic book specifically, as a main subject to be explored further for every components that it consists of, that appealing as a form of creative media. As a research materials, these will be brought to the architecture domain that are built based on every details that comic book has to offer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hani Ramadhani Widyastuti
"Manusia hidup dan beraktivitas dalam ruang dan ruang hadir karena eksistensi manusia sehingga keduanya menjadi bagian yang saling berkaitan erat. Motion yang dilakukan oleh manusia dalam aktivitasnya akan mempengaruhi ruang yang tercipta. Capoeira sebagai sebuah seni bela diri asal Brazil yang memiliki gerakan yang dinamis dan distingtif menjadi tajuk yang menarik untuk melihat hubungan antara gerak yang diciptakan dari capoeira dan ruang yang digunakan oleh pemain capoeira atau capoeirista ruang pasif. Nantinya, penelitian ini akan mentranslasikan ruang abstrak capoeira menjadi sebuah forma nyata yang dapat dijadikan sebagai ruang aktivitas untuk manusia.

Human live and do certain activities in space and space presents due to humans' existence, hence both become inseperable with one another. Motions which are done by humans in their activities will influence the formed space. On the other hand, capoeira as a martial arts from Brazil has movements which are dynamic and distinctive becomes an interesting topic in order to see the correlation between that are formed by capoeira and used space by capoeirista negative space. Later on, this research will translate abstract space of capoeira into real forms which could be made as human's activity space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>